Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Bingung Pilih Hewan Peliharaan? Yuk Simak Jenis-Jenis Hamster dan Karakternya!

Kenalan dengan jenis-jenis hamster berikut supaya tahu karakternya!

“Apa yang paling dia senangi? Biji bunga matahari!” Hayo siapa yang masih ingat penggalan lirik tersebut? Ya, itu adalah penggalan lirik dari soundtrack Hamtaro, kartun yang menemani Minggu pagi kita dulu. Serial kartun ini, dilansir dari TV Tropes, diadaptasi dari komik Hamtaro karya Ritsuko Kawai. Kartun Hamtaro ditayangkan dari tahun 2000-2006, dan ternyata, serial ini punya lebih 300 episode, lho!

Sejak Hamtaro ditayangkan, banyak orang, terutama anak-anak tertarik untuk memelihara hamster. Ya, hewan pengerat yang satu ini memang menggemaskan. Badannya yang kecil dan bulunya yang halus bikin hamster terlihat menggemaskan! Apalagi kalau hamster peliharaan kita sedang asyik bermain, menggigiti kayu, atau berlari di roda. Duh! Bikin geregetan pengen unyel-unyel!

jenis-jenis hamster
Sumber: https://unsplash.com/photos/adK3Vu70DEQ

Baca Juga: Nggak Hanya Mengasyikkan, 5 Manfaat Memelihara Hewan Ini Juga Bisa Kamu Rasakan, Lho!


Kamu mungkin tertarik ingin pelihara hamster juga. Namun, jenis-jenis hamster yang ada sangat banyak. Menurut Squeaks and Nibbles, saat ini ada lebih dari 20 spesies hamster. Makin bingung pilihnya! Ditambah lagi, kamu juga ingin cari spesies hamster yang karakternya cocok dengan keinginan atau gaya hidupmu. Hmm… Kira-kira apa saja jenis-jenis hamster yang bisa dipilih, dan seperti apa karakter dan kebutuhan unik setiap spesiesnya? Yuk simak pembahasan di bawah ini!

Hamster Suriah

Hamster Suriah atau Syrian hamster adalah salah satu spesies dari jenis-jenis hamster yang paling ramah. Menurut Omlet, spesies ini memiliki ukuran paling besar di antara spesies-spesies lainnya. Selain itu, hamster ini juga sangat ramah setelah dijinakkan. Karena badannya yang besar, hamster ini tidak segesit spesies-spesies lain, jadi nggak begitu bikin mata “pusing”.

jenis-jenis hamster
Sumber: https://www.versele-laga.com/en/pl/for-your-animal/small-mammals/species/golden-hamster

Keunikan hamster Suriah nggak hanya di sini. Hamster ini juga merupakan spesies soliter. Ini artinya hamster Suriah lebih suka dipelihara sendiri, tanpa teman-teman yang lain. Sifatnya ini membuat hamster Suriah bisa lebih akrab dengan pemiliknya. Karena sifatnya tersebut, Syrian hamster jadi salah satu spesies hamster terpopuler yang banyak dipelihara orang.


Baca Juga: Bermain Sambil Belajar Tentang Hewan di 5 Rekomendasi Kebun Binatang Indonesia Terbaik Ini!


Buat kamu yang punya anak, hamster Suriah termasuk jenis-jenis hamster yang ramah bagi si kecil. Menurut Animal Club, spesies yang dikenal dengan sebutan teddy bear ini jadi spesies terpopuler untuk anak. Beberapa hamster Suriah punya bulu yang panjang dan halus. Spesies ini bisa tumbuh hingga sepanjang 15 sentimeter dan hidup hingga 2 tahun.

Hamster Winter White Dwarf

Ingin pelihara beberapa ekor hamster? Spesies ini termasuk jenis-jenis hamster yang senang berkelompok. Dilansir dari Dwarf Hamster Home, spesies ini memiliki nama Winter White karena di habitatnya, warna bulunya bisa berubah menjadi putih. Perubahan ini terjadi mendekati musim dingin. Namun, bulunya biasanya tidak berubah warna jika hamster dipelihara di dalam rumah.

jenis-jenis hamster
Sumber: https://squeaksandnibbles.com/winter-white-hamster-facts-everything-you-need-to-know/

Meskipun bernama Winter White Dwarf, spesies ini juga ada yang punya bulu berwarna keabuan. Ada juga hamster yang punya pola marble berwarna putih dan abu. Menurut The Spruce Pets, hamster Winter White Dwarf memiliki ukuran 9-10 sentimeter saat dewasa. Hamster ini juga memiliki usia hingga 3 tahun. Selain itu, hamster ini juga relatif senang bersosialisasi dengan hamster lain.


Baca Juga: Yuk Ngopi Bareng Hewan Peliharaanmu di 7 Pet Friendly Cafe Jakarta Ini!


Soal keramahan, hamster Winter White Dwarf pun termasuk jenis-jenis hamster yang paling ramah. Hamster ini juga tidak begitu sering menggigit. Namun, spesies ini sering kali berisik dan bergerak cepat. Untuk kamu yang punya anak-anak, si kecil mungkin akan kesulitan untuk memegang dan berinteraksi langsung dengan hamster ini.

Hamster Campbell’s Dwarf

Spesies yang satu ini masih bersaudara dengan hamster Winter White Dwarf karena tergolong jenis-jenis hamster kerdil. Dilansir dari Info Binatang, hamster ini ditemukan pertama kali di kawasan Mongolia, dekat perbatasan Tiongkok dan Rusia. Nama Campbell diambil dari Charles William Campbell, sosok yang mengambil spesimen pertama hamster ini di tahun 1902.

jenis-jenis hamster
Sumber: https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Dwarf_campbell_hamster_male_2012.jpg

Hamster Campbell’s Dwarf punya ukuran yang kecil. Hamster dewasanya bisa tumbuh hingga tubuhnya mencapai 5 sentimeter saja. Hamster ini juga bisa hidup hingga usianya mencapai sekitar 2 tahun. Salah satu ciri khas hamster Campbell’s Dwarf adalah bulunya. Hamster ini biasanya memiliki bulu berwarna abu-abu. Sebagian memiliki pola garis memanjang di bagian punggungnya.


Baca Juga: Bukan Marmot! Yuk Kenali 5 Fakta Guinea Pig yang Imut dan Menggemaskan!


Soal karakter, hamster Campbell’s Dwarf ini cenderung kagetan. Dilansir dari Orami, spesies yang satu ini cenderung agresif, meskipun badannya kecil. Duh! Kecil-kecil cabe rawit! Kalau ketakutan atau terancam, dia bisa menggigit. Makanya, hamster ini bisa dibilang kurang cocok untuk anak-anak. Ada baiknya kamu memilih jenis-jenis hamster yang lebih ramah untuk keluarga.

Hamster Roborovski

Hamster Roborovski pun termasuk jenis-jenis hamster kerdil. Dilansir dari WikiHow, hamster ini bisa tumbuh hingga tubuhnya mencapai 4-6 sentimeter. Hamster Roborovski juga merupakan hamster soliter. Uniknya, kamu bisa memeliharanya secara berpasangan dengan Roborovski sesama jenis. Kalau dipelihara dengan lawan jenis, hamster ini bisa beranak pinak banyak!

jenis-jenis hamster
Sumber: https://www.flickr.com/photos/roborovskihamsters/2384860817

Dilansir dari Halodoc, hamster Roborovski punya rentang usia yang cukup panjang, yaitu 3-4 tahun. Untuk kamu yang ingin mencari hamster yang panjang umur, Roborovski bisa jadi pilihan. Sayangnya, hamster ini cenderung galak dan suka gigit. Buat si kecil, sepertinya hamster ini bukan pilihan yang cocok. Namun, masih banyak kok jenis-jenis hamster lain yang lebih ramah.


Baca Juga: Sangat Unik! Kenali 11 Hewan dengan Nama Karakter Fiktif Berikut Ini


Menurut Petco, hamster Roborovski merupakan yang terkecil di antara jenis-jenis hamster kerdil lainnya. Namun, hamster ini cenderung lebih aktif dan gesit. Karena keaktifannya, hamster ini bisa jadi lebih sulit dijinakkan. Buat kamu yang senang melihat hamster berlarian, hamster Roborovski bisa jadi pilihan yang tepat. Pastikan kamu menyediakan banyak mainan, ya.

Hamster Cina

Hamster Cina adalah spesies hamster terakhir yang kamu bisa pertimbangkan. Dilansir dari The Spruce Pet, hamster ini umumnya punya karakter yang ramah dan nyaman dipegang, terutama jika sudah terbiasa sejak kecil. Meskipun demikian, hamster ini tidak begitu senang bersosialisasi dengan manusia. Namun, kalau sudah akrab, dia akan mendekati kamu saat kamu datang.

jenis-jenis hamster
Sumber: https://www.animalwised.com/hamsters/chinese-hamster.html

Berbeda dari hamster lain, hamster Cina punya penampilan fisik yang “unik”. Hamster ini bertubuh kecil dan kurus, dan justru terlihat seperti tikus. Duh! Semoga nggak bikin kamu ngeri, ya. Menurut sebuah artikel dari Science Direct, hamster Cina punya bulu cokelat keabuan dengan garis-garis hitam. Hamster Cina juga sering kali digunakan dalam penelitian-penelitian biomedis, lho!


Baca Juga: Kenalan Dengan Quokka, Hewan Gemas yang Murah Senyum!


Berasal dari Tiongkok dan kawasan gurun Mongolia, hamster Cina termasuk jenis-jenis hamster yang antiribet. Menurut Pet Emporium, hamster ini mudah dijinakkan dan dirawat. Tubuhnya bisa mencapai 7,5-10 sentimeter. Hamster ini juga bisa hidup hingga 2-3 tahun. Kamu bisa memeliharanya sendiri, atau berpasangan dengan sesama jenis atau kelompok kecil.

Sudah Tahu Jenis-Jenis Hamster yang Cocok Buatmu?

Apa pun spesies hamster pilihanmu, yang terpenting adalah kamu harus bisa merawatnya dengan baik. Sediakan kandang yang besar agar hamster bisa berlarian dan bermain dengan bebas. Masukkan juga beragam mainan yang bisa menstimulasinya. Pastikan makanan dan air minum selalu tersedia, dan bawa hamstermu ke dokter kalau ia terlihat sakit.

Nah, nggak cuman hamster yang harus dirawat. Pikiran kamu juga harus dirawat. Yuk staycation di Bobobox buat menyegarkan otak dan menenangkan pikiran sejenak! Kamu bisa tiduran, internetan, main game, atau maraton di pod Bobobox yang luas dan nyaman. Koneksi internet yang reliable, pencahayaan pod yang bisa diatur sesuai keinginan, dan Bluetooth speaker di pod akan bikin kamu betah!

Di Bobobox, kamu juga bisa memanfaatkan fasilitas seperti pantry, shared bathroom, musala, communal space, dan vending machine. Ada juga banyak spot Instagrammable buat foto-foto. Jangan lupa download aplikasi Bobobox ke ponselmu, ya! Aplikasi ini tersedia untuk platform iOS dan Android, gratis! Ada banyak promo menarik yang tentunya sayang kalau dilewatkan!

You might also like