Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Lagi Diet? Jangan Sampai Lewatkan Sarapan, Ya!

Diet yang sehat dan tepat

Banyak cara dilakukan untuk bisa menurunkan berat badan dan memperoleh bentuk tubuh yang diinginkan. Salah satunya adalah dengan melakukan diet. Diet sendiri sangat identik dengan kegiatan mengurangi porsi makan sehingga timbullah asumsi untuk melewatkan sarapan sebagai salah satu alur melakukan diet.

Namun, melewatkan sarapan sendiri dinilai sebagai langkah yang kurang tepat untuk menurunkan berat badan. Sebagai makanan pertama di pagi hari, sarapan memerankan peranan yang sangat penting untuk metabolisme tubuh kamu. Alih-alih menurutkan berat badan, melewatkan sarapan bisa saja semakin menambah berat badan kamu.

Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk melakukan diet, kamu perlu tahu apa saja bahaya lewatkan sarapan saat diet. Yuk simak informasinya di bawah ini!

Risiko Bertambahnya Berat Badan

@totalshape via Unsplash

Salah satu bahaya lewatkan sarapan saat diet adalah meningkatnya risiko pertambahan berat badan. Orang-orang yang melewatkan sarapan cenderung makan lebih banyak di waktu makan berikutnya.

Sementara itu, orang-orang yang terbiasa sarapan biasanya memiliki berat badan yang lebih terjaga karena menerapkan pola makan yang seimbang dan sehat. Hal ini terutama berlaku jika menu sarapannya kaya akan protein dengan porsi yang tepat sehingga mencegah terjadinya penumpukan lemak yang berujung kenaikan berat badan.

Dengan sarapan, tubuh lebih berenergi dan tentunya perut lebih kenyang karena asupan kalori pun lebih terkontrol. Sarapan sendiri dapat membantu proses metabolisme kembali normal sehingga kalori yang dibakar lebih efisien. Hal ini berbeda jika pasokan energi kamu berkurang, maka kalori pun dibakar perlahan untuk menghemat energi.

Hal tersebut akan menjaga kamu tetap kenyang sampai waktu makan siang dan porsi makan kamu akan lebih terkontrol di jam tersebut. Sementara itu, melewatkan sarapan justru membuat kamu merasa cepat lapar bahkan sebelum memasuki waktu makan.

Hal ini cenderung mendorong kamu untuk memakan apapun demi mengganjal perut, misal makanan dengan kandungan lemak, gula dan pati yang tinggi. Kandungan tersebut biasanya akan membuat kamu mudah lapar lagi setelah makan.

Penyakit Jantung

@jcomp via Freepik

Bahaya lewatkan sarapan saat diet berikutnya adalah meningkatnya risiko terkena penyakit jantung. Jika kamu tidak makan di pagi hari, metabolism tubuh akan berubah karena tubuh bekerja lebih keras. Akibatnya, terjadi penumpukan plak pada arteri yang kemudian dapat meningkatkan kemungkinan penyakit jantung.

Diabetes Tipe 2

Bahaya lewatkan sarapan saat diet lainnya adalah meningkatnya risiko terkena diabetes tipe 2. Saat melewatkan makan pagi, kadar insulin akan menurun lalu naik lagi setelah makan siang. Dengan kata lain, saat perut kamu yang kosong tiba-tiba diberi makan dalam jumlah banyak, tubuh kamu akan mengalami resistensi insulin yang dapat memicu risiko penyakit diabetes tipe 2.

Kinerja Menurun

@wavebreakermedia via Freepik

Tubuh tidak berenergi umumnya menyebabkan rasa lemas, pusing, sulit mengingat yang kemudian membuat kamu tidak fokus sehingga kinerja kamu pun menurun. Dengan mengonsumsi makanan sehat di pagi hari, kamu bisa menghindari bahaya lewatkan sarapan saat diet yang satu ini. Makanan berupa buah-buahan, sayuran serta protein dapat membantu meningkatkan konsestrasi sehingga kamu tetap produktif meski sedang diet.

Kekurangan Nutrisi

Bahaya lewatkan sarapan saat diet lainnya yang perlu kamu perhatikan adalah kemungkinan kekurang nutrisi. Saat melewatkan makan pagi, kamu juga kehilangan kesempatan untuk menutrisi tubuh kamu dengan gizi yang dibutuhkannya.

Pencernaan Terganggu

Bahaya lewatkan sarapan saat diet selanjutnya adalah terganggunya pencernaan. Tubuh kamu akan merasa tertekan tanpa makanan dalam waktu yang cukup lama. Hal tersebut kemudian akan mengganggu sistem pencernaan dan jadwal kamar mandi kamu pun bisa tidak menentu. Jika melewatkan sarapan ini dikombinasikan dengan makan besar, sistem pencernaan akan semakin menderita.

Agar diet kamu berhasil, kamu juga perlu memastikan agar pikiran kamu terbebas dari rasa stres. Tentunya ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk menghindari hal tersebut mulai dari olahraga teratur, berkumpul bersama teman atau keluarga, hingga menyediakan waktu untuk diri sendiri atau me time misal dengan melakukan staycation.

Tentu banyak pilihan hotel menarik. Namun jika kamu mencari sesuatu yang sederhana, berbeda, dan memberi kemudahan tetapi dengan harga terjangkau, Bobobox adalah jawabannya. Hotel yang satu ini sudah tersedia di beberapa kota Indonesia seperti Bandung, Jakarta, Semarang, Yogyakarta dan Solo.

Ada banyak fasilitas menarik yang siap menemani me time kamu bersama Bob seperti Bluetooth speaker, Wi-Fi kencang, tempat tidur yang luas, moodlamp, dan masih banyak lagi. Penasaran ingin mencoba? Yuk unduh dulu aplikasinya di Play Store atau App Store!

You might also like