Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Membelah Lautan, Ini Dia Potret 12 Jalanan Paling Berbahaya di Dunia!

Berani nggak kalau kamu harus lewatin jalanan berbahaya berikut ini?

Untuk mencapai suatu daerah diperlukan infrastruktur yang memadai, salah satunya adalah jalan. Namun ternyata tidak semua jalanan yang ada di dunia ini mulus dan aman, seperti 12 jalanan paling berbahaya di dunia yang sudah Bob rangkum di bawah ini khusus untuk kamu.

1. Old Yungas Road (Bolivia)

jalanan paling berbahaya di dunia

(Image by @bumtv_1 via Instagram)

Jalanan paling berbahaya di dunia yang pertama terletak di Bolivia, yaitu Old Yungas Road. Jalan paling berbahaya di dunia yang satu ini juga dijuluki sebagai Road of Death atau jalanan kematian.

Jalanan selebar 3,5 meter dengan panjang 69 kilometer ini menghubungkan ibu kota La Paz dengan kota Coroico. Namun sayangnya, setiap tahunnya jalan mematikan ini memakan korban sebanyak kurang lebih 200 hingga 300 wisatawan yang melintas.

Hal ini disebabkan oleh adanya beberapa bagian jalan yang tidak beraspal, tidak dilengkapi pagar, tanah longsor, hujan deras yang kerap terjadi, hingga kabut yang bisa mengurangi jarak pandang para pengendara dan mengakibatkan para korban jatuh ke jurang di bawah jalan.

Jangan heran jika saat ini di sepanjang jalan Old Yungas Road terdapat banyak papan peringatan dan salib untuk mengingatkan para pengendara agar tetap berhati-hati.

2. Jalan Atlantic (Norwegia)

jalanan paling berbahaya di dunia

(Image by @engineeringandarchitecture via Instagram)

Tidak kalah berbahaya daripada Old Yungas Road, jalan yang berada di Norwegia ini juga dinobatkan sebagai salah satu jalanan paling berbahaya di dunia. Meski melewati pulau-pulau yang indah, jalan Atlantic ini berbahaya karena berada di tengah laut dan jaraknya sangat dekat dengan bawah laut.

Selain itu, jalan yang dibangun pada tahun 1980-an ini juga sangat curam dan tinggi risiko tersambar petir. Nggak heran, ya, kalau jalan Atlantic ini masuk ke dalam daftar jalanan paling berbahaya di dunia.

3. Patiopoulo – Perdikaki Road (Yunani)

jalanan paling berbahaya di dunia

(Image by @Pintaeologia via Pinterest)

Jalanan paling berbahaya di dunia selanjutnya adalah Patiopoulo – Perdikaki Road yang berada di wilayah Agrafa, Yunani. Medan jalan yang curam, sempit, penuh lubang dan kerikil, serta berada di wilayah yang bergunung-gunung membuat para pengendara harus ekstra hati-hati dan berkonsentrasi penuh saat melintas.

Tak hanya itu, terdapat pula faktor-faktor lainnya yang membuat jalan ini masuk ke dalam daftar jalanan paling berbahaya di dunia, seperti padatnya lalu lintas serta gangguan dari pejalan kaki dan hewan ternak yang melintas.

4. Fairy Meadows Road (Pakistan)

jalanan paling berbahaya di dunia (Image by @muneeeeebahmed via Instagram)

Meski Fairy Meadows merupakan destinasi yang sangat indah dan kerap diburu oleh para fotografer dunia, namun butuh perjuangan yang sangat tinggi untuk bisa sampai ke sana. Oleh karena itu, jalanan ekstrem yang berada di Pakistan ini juga dinobatkan sebagai salah satu jalanan paling berbahaya di dunia.

Bagaimana tidak, kamu harus melewati jalanan setapak tidak stabil sepanjang 9 kilometer yang terbuat dari kerikil. Belum lagi medannya yang sempit, curam, dan diapit oleh jurang tinggi.

5. Guoliang Tunnel Road (Tiongkok)

jalanan paling berbahaya di dunia

(Image by @trailschina via Instagram)

Jangankan untuk melintasi jalanan paling berbahaya di dunia yang satu ini, melihatnya saja pasti sudah merinding. Yup! Jalanan yang berada di pegunungan ini merupakan jalan terowongan paling berbahaya dan terkenal di Tiongkok.

Medan jalan yang sempit, berkelok-kelok, naik-turun, licin saat musim dingin, serta terdapat beberapa titik blind spot (titik buta), menjadi tantangan terbesar bagi para pengendara. Untuk melintasi jalanan paling berbahaya di dunia yang satu ini para pengendara harus ekstra hati-hati, atau nyawa menjadi taruhannya.

6. Jalan Dalton (Alaska)

jalanan paling berbahaya di dunia

(Image by @walker_wlk via Instagram)

Untuk melewati jalanan paling berbahaya di dunia yang satu ini, sebaiknya kamu mempersiapkan segala hal sebelum memulai perjalanan. Sebab, selain medan jalan yang tidak terlalu mendukung, di jalanan ini kamu juga tidak akan menemukan satupun pom bensin, hotel, atau restoran.

Sebagian besar jalanan di jalan Dalton Alaska ini pun hanya terbuat dari kerikil dan tidak diaspal. Tak hanya itu, saat musim dingin jalanan cenderung menjadi licin dan ber-es, serta kerap terjadi longsor salju.

7. Jalan Karakoram (Pakistan-Tiongkok)

jalanan paling berbahaya di dunia

(Image by @KimberlyWies via Pinterest)

Tak hanya di jalan Dalton Alaska, di jalanan paling berbahaya di dunia yang satu ini juga kerap terjadi longsor akibat badai salju yang melanda saat musim dingin. Belum lagi bencana alam lainnya yang juga kerap terjadi seperti tanah longsor yang merenggut korban jiwa.

Banyak kecelakaan yang terjadi di jalan yang dibangun pada tahun 1959-an ini, termasuk kecelakaan bus pada tahun 2018 lalu yang menewaskan 17 orang. Tak hanya pengendara yang melintas, sebanyak 1.000 pekerja yang membangun jalanan paling berbahaya di dunia satu ini pun tewas dalam proses pembangunan karena longsor atau ledakan.

8. Jalan Kabul-Jalalabad (Afganistan)

jalanan paling berbahaya di dunia

(Image by @pintxo.starr via Instagram)

Tak hanya di jalan Karakoram, jalanan paling berbahaya di dunia yang terletak di Afganistan ini juga telah memakan banyak korban tewas. Tak heran jika jalanan paling berbahaya di dunia yang satu ini pun disebut dengan julukan Death Road oleh masyarakat sekitar.

Medan jalan yang sempit, curam, dan berliku membuat mobil-mobil sulit melintas. Banyak truk besar yang juga kesulitan saat harus mendaki tanjakan yang sangat curam. Belum lagi para pengendara yang melintas terganggu dengan bom bunuh diri yang dipimpin oleh Taliban. Ngeri banget. 🙁

9. Zoji La Pass (India)

jalanan paling berbahaya di dunia

(Image by @chris.caldicott via Instagram)

Jalanan paling berbahaya di dunia selanjutnya berada di India, yaitu Zoji La Pass. Zoji La Pass merupakan salah satu jalan terpenting di India yang menghubungkan daerah Kashmir dan Ladakh.

Jalanan paling berbahaya di dunia yang terletak di ketinggian 3.528 meter di atas permukaan laut ini dikenal berbahaya karena medannya yang sempit, curam, dan tidak dilengkapi dengan pagar pembatas.

Saat musim dingin, Zoji La Pass akan tertutup salju tebal sehingga tidak bisa dilewati para pengendara. Sedangkan pada musim hujan, jalanan ini akan menjadi licin dan berlumpur.

10. Siberian Road to Yakutsk (Rusia)

jalanan paling berbahaya di dunia

(Image by @siberian_awful_roads via Instagram)

Entah kenapa jalanan paling berbahaya di dunia yang berada di Rusia ini dijuluki Road of Bones atau Jalan Tulang. Namun, tidak dapat dipungkiri jika memang Siberian Road to Yakutsk ini merupakan salah satu jalanan paling berbahaya di dunia.

Ini dikarenakan sebagian besar jalanannya (sepanjang 1.046 kilometer) yang tidak beraspal terutama di bagian utara. Road of Bones ini pun sebagian besar dipenuhi dengan lumpur yang bisa membuat mobil-mobil yang melintas terbenam dalam lumpur, tergelincir, oleng, lalu terbalik.

11. Sichuan-Tibet Highway (Tiongkok)

jalanan paling berbahaya di dunia

(Image by @xana_sun via Instagram)

Satu lagi jalanan paling berbahaya di dunia yang berada di negeri tirai bambu, Tiongkok. Sichuan-Tibet Highway merupakan jalan tertinggi di Tiongkok yang menghubungkan daerah Chengdu Sichuan di timur dengan Lasha yang berada di Tibet bagian barat.

Jalanan paling berbahaya di dunia yang satu ini merupakan rute yang rutin dilintasi truk di daerah tersebut. Namun, para pengemudi tentunya harus sangat berhati-hati saat melintasi jalanan ini disebabkan medan jalannya yang sempit, tinggi, dan berkelok-kelok, bahkan kerap terjadi longsor.

12. Passage du Gois (Prancis)

jalanan paling berbahaya di dunia

(Image by @davlemansdav72 via Instagram)

Jalanan paling berbahaya di dunia yang terakhir adalah Passage du Gogis yang terletak di Teluk Bourgneuf Prancis. Jalanan sepanjang 4 kilometer ini sangat unik namun berbahaya karena dapat timbul tenggelam karena terendam air laut.

Setiap harinya, air yang berada di sisi kiri dan kanan jalanan ini akan surut selama kurang lebih 1-2 jam sehingga dapat diakses oleh para pengguna jalan yang hendak melintas. Namun, air pasang bisa datang kembali sewaktu-waktu.

Meski terdapat tanda peringatan di kanan-kiri jalan, namun tetap saja masih banyak pengunjung yang terjebak air laut pasang. Jika terjadi seperti ini, para pengunjung harus berusaha memanjat menara-menara penyelamatan dan bertahan hingga air surut atau menunggu hingga diselamatkan.

Teman liburan yang pas, pasti Bobobox!

Nggak perlu menguji adrenalin untuk mendapat pengalaman liburan yang seru, staycation di hotel juga asik kok. Berarti ini saatnya kamu datang ke Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel. Jgn lupa yah ada produk baru dari bobobox, untuk nuansa alam yaitu bobocabin, sebuah solusi untuk kamu yang ingin berkemah.

Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama staycation di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Untuk memesan kamar, kamu nggak usah khawatir bakal ribet, tinggal download aja aplikasinya. QR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox! Happy staycation!

Oh iya, kamu juga bisa melihat langsung pods Bobobox lewat virtual 360° tour lho!

backpacker di bandung bobobox

You might also like