Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Nama-Nama Jajanan Unik yang Aneh Tapi Nikmat

Apalah arti sebuah nama. Yang penting rasa jajanan unik ini enak!

Soal keragaman makanan Indonesia memang juaranya. Dari Sabang sampai Merauke kamu dijamin akan menemukan makanan dan jajanan unik.

Nah, di antara makanan dan jajanan unik itu ada lho yang namanya aneh-aneh. Eh, tapi tenang. Meskipun aneh rasanya tetap nikmat lho. Penasaran dengan jajanan unik dengan nama aneh tapi enak ini? Simak terus di sini ya.

Nasi kentut

jajanan unik
idntimes.com

Jika mendengar namanya, jajanan unik bisa bikin kamu geli. Kok bisa kentut dijadikan makanan? Eits, jangan salah sangka dulu. Kentut di sini bukan berarti buang angin ya tapi daun yang namanya memang kentut atau paederia foetida dalam bahasa latin.

Nasi kentut adalah jajanan khas Medan di mana daun kentut digunakan untuk membungkus nasi selama proses pengukusan. Kalau dibaui begitu saja, daun kentut memang beraroma kurang sedap, tapi jika sudah menjadi nasi dijamin lezat deh. Nasi kentut biasanya disajikan berbagai macam lauk.

Kuku macan

jajanan unik
Tokopedia

Jangan takut dulu. Jajanan unik yang satu ini bukan diolah dari kuku macan asli kok. Dinamakan kuku macan karena camilan khas Balikpapan ini memiliki bentuk seperti kuku macan. Kuku macan merupakan sejenis kerupuk yang dibuat dari adonan ikan tenggiri, tepung tapioka, gula, telur, bawang, merica, jeruk, dan bumbu-bumbu lain.

Teksturnya yang renyah dan rasanya yang khas membuat jajanan unik ini kerap dijadikan oleh-oleh selepas berkunjung ke Balikpapan.

Tahu gimbal

jajanan unik
travel.kompas.com

Selain lumpia, Kota Semarang juga terkenal dengan tahu gimbalnya. Jajanan unik ini merupakan makanan yang terdiri dari campuran potongan tahu, kol mentah, taoge, telur, dan gimbal. Jangan salah sangka dulu. Gimbal di sini bukan rambut ya melainkan bakwan udang yang digoreng secara melebar.

Semua elemen tadi kemudian disiriam oleh kuah kacang yang encer lalu ditaburi bawang goreng. Bumbu kacangnya juga bukan bumbu biasa karena ada campuran petis di dalamnya. Sebagai makanan untuk sarapan, tahu gimbal wajib masuk ke dalam daftar jajanan kamu.

Sate kere

jajanan unik
travel.kompas.com

Jika pada umumnya sate menggunakan daging sebagai bahan utama, jajanan unik yang satu ini justru berbeda. Bahan utama dari sate kere adalah tempe gambus, yaitu tempe yang terbuat dari ampas tahu. Selain tempe, jajanan unik ini juga menggunakan jeroan sapi seperti paru dan usus.

Dari sanalah tercipta nama kere yang berarti miskin. Soalnya, makanan khas Solo ini memiliki nilai sejarah. Pada zaman penjajahan Belanda, sate daging merupakan makanan kelas atas. Oleh karena itu, untuk mendapatkan rasa yang serupa, orang-orang yang tidak mampu mencipakan sate versi mereka sendiri dengan bahan-bahan yang disebutkan tadi.

Sate lalat

jajanan unik
Suara.com

Meskipun namanya lalat, sate yang satu ini bukan berasal dari daging lalat. Disebut demikian karena potongan dagingnya dibuat sangat kecil sehingga menyerupai lalat. Dagingnya bisa dari ayam ataupun sapi. Karena ukurannya yang kecil, sate lalat tidak ditusuk menggunakan bambu melainkan lidi.

Proses pembakarannya pun tidak terlalu lama. Hanya butuh waktu sekitar 2-3 menit. Sajian khas Pamekasan, Jawa Timur ini biasanya disantap dengan bumbu kacang kecap dan juga lontong.

Kerupuk melarat

jajanan unik
Tokopedia

Jajanan unik yang satu ini merupakan makanan khas Cirebon. Mungkin dinamakan melarat karena proses penggorengannya. Kerupuk melarat tidak digoreng dengan minyak melainkan dengan pasir. Oleh sebab itu citarasa dari kerupuk melarat terbilang unik. Teksturnya pun berbeda dengan kerupuk pada umumnya.

Pasir yang digunakan untuk memasak jajanan unik ini bukan pasir biasa. Kerupuk melarat digoreng menggunakan pasir hitam yang diambil dari gunung. Sebelum digunakan, pasir harus terlebih dahulu disangrai lalu dijemur supaya kering dan bersih.

Jajanan unik kuping gajah

jajanan unik
Tokopedia

Orang Indonesia memang kreatif dalam memberikan nama makanan. Salah satunya adalah jajanan unik ini. Dinamakan kuping gajah karena bentuk dari keripik ini terlihat seperti kuping gajah. Rasanya manis dan teksturnya renyah. Dalam satu keping keripik kuping gajah, terdapat dua rasa sekaligus, yaitu vanilla dan coklat.

Soalnya jajanan unik ini dibuat dengan cara menimpa satu adonan dengan adonan yang lain sehingga berlapis-lapis. Satu adonan diberi rasa coklat sedangkan adonan yang lain dibiarkan tawar atau diberi rasa vanilla.

Nasi kucing

jajanan unik
Tokopedia

Jajanan unik yang satu ini biasanya memiliki harga yang terjangkau dan porsi yang kecil. Itulah mengapa jajanan ini disebut nasi kucing. Nasi kucing pada umumnya dibungkus oleh daun pisang dengan lauk yang sederhana. Ada yang diisi ikan teri, tempe, atau ayam.

Jajanan unik ini mudah ditemukan di warung angkringan. Kamu bisa menyantapnya dengan berbagai macam lauk yang disediakan seperti sate telur puyuh, tahu goreng, sate usus, dan masih banyak lagi. Kalau kamu makan nasi kucing, dijamin nggak akan puas kalau hanya satu.

Lidah kucing

jajanan unik
Cookpad.com

Jika jajanan unik sebelumnya sangat khas Indonesia, makanan yang satu ini merupakan jajanan yang diadopsi dari Belanda. Katte tong dalam bahasa Belanda berarti lidah kucing dalam bahasa Indonesia. Dinamakan demikian karena bentuknya panjang dan pipih, menyerupai lidah kucing.

Kue kering ini sering dibuat saat hari raya Lebaran, baik untuk dimakan bersama keluarga atau menyuguhi tamu. Rasanya manis dan teksturnya mudah hancur ketika digigit. Selain yang original, jajanan unik ini juga hadir dalam rasa lain, mengikuti perkembangan zaman. Ada yang rasa lemon, tiramisu, hingga green tea.

Oseng mercon

jajanan unik
resepkoki.id

Oseng mercon diketahui merupakan jajanan unik khas Yogyakarta. Makanan ini adalah sejenis tumisan yang menggunakan tetelan (potongan daging sapi kecil) dan koyoran (lemak daging sapi).

Disebut mercon karena jajanan khas ini menggunakan cabai rawit yang banyak sehingga menghasilkan citarasa pedas seperti sedang makan mercon. Meletup-letup di mulut.

Meskipun berasal dari Yogyakarta, jajanan unik bisa kamu temukan di berbagai daerah di Indonesia. Mungkin karena kepedasannyalah yang membuat makanan ini menjadi populer.

Tetap bahagia dengan menginap di Bobobox

bobobox

Perut sudah kenyang nih. Saatnya kamu beristirahat sejenak. Kalau kamu bosan dengan suasana rumah yang begitu-begitu saja, cobain deh staycation di Bobobox.

Bobobox adalah hotel kapsul yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya.

Hotel kapsul ini pas banget untuk kamu yang sedang ingin lepas dari kesibukan sehari-hari. Selain itu, desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati. Untuk kamu yang hobi berfoto, desain interior Bobobox bisa jadi latar yang unik dan anti-mainstream.

Nggak cuma itu, teknologi yang digunakan juga canggih. Untuk memesan kamar, kamu bisa melakukannya melalui aplikasi Bobobox. Aplikasi ini, selain untuk memesan, juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Tinggal pindai saja QR code-nya. Gampang banget kan?

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak!

You might also like