Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tak Perlu Modal Besar, Investasi Saham Pemula Mulai Rp100.000 Lho!

Tips investasi saham pemula ini cuma butuh modal Rp100,000 saja!

Investasi saham pemula ini akan membuka wawasan kamu. Sebenarnya bagi kamu yang ingin mulai investasi kamu tak memerlukan uang jutaan rupiah. Investasi kerap kali dipandang sebagian besar orang sebagai “mainan orang dewasa”. Dewasa dalam konteks ini adalah para pekerja eksekutif, pebisnis, ibu-ibu, dan bapak-bapak. Padahal faktanya selama kamu sudah memiliki KTP di usia 17 tahun maka kamu sudah bisa mulai melakukan investasi saham.

Seperti halnya menanam pohon, waktu yang paling tepat bagi kamu menanam pohon adalah sesegera mungkin. Dengan memulai investasi sedini mungkin maka kamu bisa memiliki keuntungan untuk mengembangkan aset kamu seiring berjalannya waktu. Investasi memiliki banyak sekali jenisnya dan dibedakan dengan cara kerja, bentuk aset, jangka waktu, dan juga tingkat resiko yang berbeda-beda.


Baca Juga: Hati-Hati Berinvestasi! Pelajari Tips Investasi Saham Pemula Ini


Pada kesempatan kali ini Bob akan menjelaskan salah satu jenis investasi yang belakangan ini mulai banyak dibicarakan anak muda terutama di masa pandemi ini. Jenis investasi ini adalah investasi saham yang memiliki karakteristik beresiko tinggi. Kamu tak perlu khawatir, meskipun memiliki karakteristik beresiko tinggi, Bob akan memberikan panduan investasi saham pemula untuk kamu.

Jadi kini kamu tak perlu ragu dan khawatir untuk mulai berinvestasi di usia muda. Dengan berbagai kemudahan teknologi, kini kamu bisa beli saham modal Rp100,000! Dengan berinvestasi kamu memiliki kesempatan untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik. Yuk, disimak panduan investasi saham pemula cukup dengan modal Rp1000.000 berikut ini!

Investasi Saham Pemula: Apa itu Saham?

Agar kamu bisa lebih memahami panduan investasi saham pemula yang akan Bob jelaskan, sebaiknya Bob terlebih dahulu menjelaskan apa itu saham. Pada dasarnya saham merupakan suatu dokumen berharga yang mampu menampilkan bagian kepemilikan dari suatu perusahaan. Dengan kata lain saat kamu memutuskan membeli saham maka kamu sudah membeli sebagian dari kepemilikan suatu perusahaan.

Semakin besar uang yang kamu investasikan ke perusahaan tersebut maka semakin besar pula porsi aset kepemilikan atas perusahaan pilihan kamu. Penjelasan investasi saham pemula secara sederhana adalah suatu alat bukti atas kepemilikan dari sebuah perusahaan dalam bentuk kepemilikan surat berharga.

Investasi Saham Pemula: Pilih Sekuritas dengan Biaya Setoran Awal Rendah

Panduan investasi saham pemula selanjutnya adalah membuka rekening saham di sekuritas pilihan kamu. Dalam berinvestasi saham kamu tak bisa mengandalkan rekening bank biasa untuk menyimpan aset kamu. Oleh karena itu kamu bisa membuka rekening saham di beberapa sekuritas atau pihak kedua yang aman. Kamu juga tidak bisa melakukan proses jual dan beli saham dengan mendatangi Bursa Efek Indonesia (BEI) begitu saja.

Setelah memiliki Rekening Dana Investor (RDI) atas nama kamu sendiri maka selanjutnya kamu bisa gunakan rekening tersebut untuk membeli saham, atau menerima dana hasil penjualan saham. Terdapat banyak sekali pilihan sekuritas. Setiap sekuritas pun memiliki standar biaya setoran yang berbeda-beda. Bagi kamu investasi saham pemula bisa memilih sekuritas dengan biaya setoran awal rendah seperti Rp100,000.

Investasi Saham Pemula: Berinvestasi Pada Saham Murah Namun Potensial

Panduan investasi saham pemula ini pun tak kalah pentingnya dengan panduan investasi saham di atas. Setelah memiliki rekening saham maka kamu harus mulai memilih saham perusahaan yang akan kamu beli. Bagi kamu yang baru saja memulai investasi saham pemula kamu bisa berinvestasi pada saham murah namun memiliki potensi yang baik. Pilihlah perusahaan yang memiliki kinerja yang baik namun memiliki harga saham yang terjangkau.

Saat kamu akan membeli saham kamu akan menemukan begitu banyaknya emiten yang melantai di BEI. Emiten adalah sebutan lain dari perusahaan yang menjual asetnya berupa saham dan telah terdaftar di BEI. Harga saham emiten-emiten pun sangat beragam dimulai dari saham dengan harga yang tinggi, menengah, dan murah. Namun perlu diperhatikan jangan sampai kamu membeli saham murah dengan kualitas perusahaan yang buruk ya.


Baca Juga: Jual Atau Beli: Tips Investasi Emas Batangan Untuk Pemula


Jika kamu menemukan saham berharga Rp 25.000/lembar, maka kamu memerlukan dana investasi minimal sebesar Rp 2.500.000 untuk membeli jumlah minimal pembelian saham yaitu 1 slot atau 100 lembar. Lembar tersebut merujuk pada surat berharga kepemilikan perusahaan yang kamu beli. Dengan modal Rp 100.000, kamu bisa membeli 1 lot saham dengan mencari perusahaan yang menjual saham dengan harga Rp 1000 per lembar sahamnya.

Investasi Saham Pemula: Perhatikan Biaya Transaksi

Selain mempertimbangkan biaya setoran awal yang rendah, panduan saham pemula berikutnya adalah dengan memerhatikan biaya transaksi. Setiap kamu melakukan transaksi jual dan beli saham akan terdapat biaya transaksi yang beragam. Biaya transaksi ini mulai dari 0,15%-0,35%, semua itu tergantung perusahaan sekuritas tempat kamu bertransaksi. Oleh karena itu saat membuat anggaran untuk investasi, pastikan dana investasi tersebut sudah bersih dari potongan-potongan biaya ini.

investasi saham pemula

Investasi Saham Pemula: Gunakan Kesempatan Penurunan

Panduan investasi saham pemula ini juga penting kamu ketahui. Dengan menerapkan teknik investasi saham pemula ini kamu bisa mengakumulasikan aset kamu dengan cepat. Saat saham unggulan mengalami penuruan maka momen ini bisa menjadi kesempatan yang tepat bagi kamu untuk membeli saham. Penurunan harga saham ini bisa terjadi karena beberapa alasan salah satunya karena kondisi perekonomian di perusahaan atau di negara tersebut.

Saat aset kamu mengalami penurunan maka kamu tak perlu khawatir karena saham-saham unggulan yang telah melantai puluhan tahun pun sudah biasa mengalami fluktuasi naik turun harga. Fluktuasi harga saham dan koreksi harga merupakan salah satu pertanda pasar yang sehat. Tips investasi saham pemula ini jadi peluang bagi kamu membeli saham unggulan dengan harga diskon!

Investasi Saham Pemula: Cara Beli Saham Modal 100 Ribu

Panduan investasi saham pemula yang terakhir adalah dengan mencoba mulai investasi bermodal Rp100.000. Salah satu masalah umum investasi saham pemula adalah bingung cara mengelola investasi, memilih saham, dan kurangnya waktu untuk melakukan investasi.

Jika sudah demikian maka kamu bisa mencoba tips investasi saham pemula dengan membeli reksadana saham. Sederhananya investor reksadana akan menyerahkan dana investasi kepada Manajer Investasi yang akan mengelola portfolio investasinya. Semoga panduan investasi saham pemula ini bermanfaat ya!

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Bobobox adalah hotel kapsul yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Selain itu, desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan baru Bobobox bernama Bobocabin!

Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota. Kombinasi dari ketenangan alam yang dibalut dengan sentuhan teknologi membuat pengalaman menginap kamu menjadi tidak terlupakan. Dengan menyediakan aktivitas petualangan yang menarik sekaligus mendukung pemberdayaan masyarakat lokal, Bobocabin siap menjadi bagian dari gaya hidup baru kamu. Yuk segera pilih dan pesan tanggal menginap kamu lewat aplikasi Bobobox!

You might also like