Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Intip Indahnya Kehidupan di Belahan Dunia yang Tak Terkena Virus Corona

Keindahan yang menakjubkan

Lebih dari setengah tahun berlalu sejak kemunculannya di akhir tahun 2019, COVID-19 kini sudah menyebar ke seluruh dunia hingga dinyatakan sebagai pandemi. Meski begitu, di tengah pandemi COVID-19 ini ternyata ada sejumlah negara tanpa corona.

Negara-negara tanpa corona itu merupakan pulau-pulau kecil dan terletak di kawasan Samudera Pasifik. Negara-negara tersebut meliputi Palau, Mikronesia, Kepulauan Marshall, Nauru, Kiribati, Kepulauan Solomon, Tuvalu, Samoa, Vanuatu dan Tonga. Kesepuluh negara tersebut diklaim sebagai negara tanpa corona karena tidak adanya laporan tentang kasus yang terjangkit virus tersebut serta letaknya yang cukup jauh dari negara-negara yang terinfeksi corona.

Bisa terbayangkan betapa indahnya kehidupan di pulau-pulau eksotis terpencil dengan pesona lautnya yang memukau? Kalau ingin tahu lebih lanjut tentang kehidupan di pulau-pulau tersebut, yuk simak informasinya berikut ini!

Palau

@scuba.morgan via Instagram

Palau merupakan sebuah negara kepulauan yang terletak sekitar 255 km dari provinsi Maluku Utara, Indonesia. Di negara tersebut, ada delapan pulau besar dan sekitar 250 pulau kecil dengan daya tariknya tersendiri.

Di tengah pandemi COVID-19 yang menjangkit sebagian besar negara di dunia, Palau justru dianggap bebas dari virus corona karena letaknya yang cukup jauh dari negara-negara terinfeksi. Kepulauan ini sendiri identik dengan pantai serta teluknya yang memanjakan mata. ‘

Karena keindahan yang dimilikinya, kehidupan di pulau ini kerap kali diramaikan dengan kehadiran wisatawan asing yang ingin mengunjungi spot-spot menarik di negara tersebut. Salah satu di antaranya adalah Rock Island dengan pantai dan dunia bawah lautnya yang menakjubkan serta danau ubur-uburnya yang tidak menyengat. Kamu bisa memanjakan diri kamu dengan banyak kegiatan air jika hidup di sana, seperti berenang, snorkeling dan juga diving.

Satu hal yang kamu perlu tahu tentang kebijakan di Palau. Kamu dilarang menggunakan tabir surya selama berada di sana karena kandungan di dalamnya yang berbahaya untuk keberlangsungan hidup terumbu karang. Sebagai gantinya, penduduk setempat menggunakan bahan-bahan alami untuk menghalau panasanya matahari pada kulit.

Mikronesia

@islandsunbound via Instagram

Kesigapannya dalam menerapkan larangan perjalanan sejak awal Februari berhasil membuat Negara Federasi Mikronesia dinyatakan sebagai salah satu negara tanpa corona. Terdiri dari sekitar 600-an pulau, Mikronesia menjanjikan keindahan yang layak kamu jelajahi. Garis pantainya begitu indah, airnya begitu jernih, dan terumbu karangnya akan memanjakan mata kamu.

Negara dengan bahasa Inggris sebagai bahasa resminya ini memiliki spot diving favorit bernama Chuuk Lagoon. Di tempat tersebut, kamu akan disuguhkan dengan kehidupan bawah laut berhiaskan banyak bangkai kapal perang Jepang yang tenggelam pada masa Perang Dunia II.

Kepulauan Marshall

@marshallislands via Instagram

Sama halnya dengan negara-negara tanpa corona lainnya, Kepulauan Marshall juga telah menutup akses ke kepulauan tersebut sejak dini, tepatnya per tanggal 21 Maret 2020. Karena termasuk negara kecil, penduduk di sana tidak khawatir akan tersesat saat menjelajahi kota-kota yang ada di sana.

Soal keindahan alam, tidak usah diragukan lagi. Lautnya sejernih kristal. Saat kamu berada di udara, kamu bisa melihat betapa bersih dan jernihnya laut di kepulauan tersebut. Saking jernihnya, kamu bahkan bisa melihat sisa-sia kapal karam peninggalan Perang Dunia II dari permukaan laut.

Kepulauan ini juga dianugerahi dengan biota laut yang memesona termasuk 160 spesies terumbu karang yang bisa dinikmati kala menyelam. Selain itu, di sini juga ada penangkaran hiu lho. Asik banget ya hidup dikelilingi keindahan tersebut. Sayangnya, Kepulauan Marshall terancam tenggelam dalam jangka 50 tahun ke depan akibat pemanasan global.

Nauru

@island_paradise_nauru via Instagram

Negara tanpa corona yang satu ini adalah negara ke tiga terkecil di dunia. Saking kecilnya, kamu bisa menjelajahi pulau ini dalam satu hari saja dengan berjalan kaki. Meskipun hanya mencakup 21 kilometer persegi, Nauru menawarkan keindahan bawah laut yang menakjubkan, apalagi bagi pecinta sisa-sisa peninggalan Perang Dunia II. Selain itu, ada juga pantai, danau hingga tebing bekas penggalian di masa lalu.

Kiribati

@brianskerry via Instagram

Selain mengeksplorasi keindahan bawah laut di Kiribati, salah satu negara tanpa corona, pulau ini juga menawarkan berbagai kegiatan menarik lainnya. Kamu bisa memancing, melihat burung, trekking, dan juga camping. Selain itu, setiap tahunnya penduduk Kiribati juga selalu merayakan Festival Hari Yap di mana mereka akan menari dan berparade dengan mengenakan pakaian tradisional mereka.

Hal menarik lainnya dari Kiribati adalah negara ini menjadi tempat pertama di bumi yang mendapatkan sinar matahari. Karenanya, tahun baru pertama kali akan terjadi di Kiribati.

Kepulauan Solomon

@raidershoteldive via Instagram

Kepulauan Solomon adalah negara tanpa corona lainnya yang terletak di Samudera Pasifik. Berlokasi di timur Papua Nugini, kepulauan yang satu ini merupakan tempat yang paling sedikit dikunjungi.

Meski begitu, bukan berarti kehidupan di sana tidak menarik. Banyak keindahan yang bisa diexplore. Sebut saja fauna bawah lautnya yang mengagumkan. Kamu bisa melihat ikan pari manta, hiu karang, barakuda, kuda laut, ikan kalajengking daun, dan masih banyak lagi.

Tuvalu

@therealtuvalu via Instagram

Selanjutnya, ada negara tanpa corona bernama Tuvalu. Sama halnya seperti Nauru, Tuvalu juga termasuk pulau kecil (dengan luas 2 kilometer persegi) yang sepi karena jumlah penduduknya terbilang sedikit dan jarang dikunjungi oleh wisatawan. Suasana tenang dan alami otomatis akan menemani hari-hari kamu di Tuvalu.

Hal ini menjadi semakin sempurna dengan adanya spot-spot yang eksotis seperti Laguna Fanafuti dengan gradasi warna lautnya yang menakjubkan. Kamu akan melihat gradasi warna biru tua yang berpadu dengan biru muda lalu kehijauan.

Selain itu, kamu juga akan menjumpai keindahan laut yang beragam, situs-situs peninggalan masa Perang Dunia II (seperti kapal karam dan bunker bawah tanah), serta pulau-pulau kecil tak berpenghuni yang kerap kali disinggahi burung-burung laut.

Samoa

@samoatourism via Instagram

Di negara tanpa corona ini, kamu bisa menikmati keindahan To Sua Ocean Trench, sebuah kolam alami yang berlokasi di Pulau  Upolu (satu dari dua pulau utama di Samoa). Karena keindahannya tersebut, kola mini mendapat julukan kolam terindah di dunia. Diamternya mencapai 30 meter dan terbentuk akibat letusan gunung berapi purba di masa lalu.

Selain itu, kamu juga bisa bermain di pantainya yang berpasir putih, air terjunnya yang asri serta lubang semburnya yang menakjubkan. Lubang sembur tersebut bernama Alofaaga Blowhole dan merupakan karang berlubang yang dapat menyemburkan air hingga 10 meter.  Hal ini bergantung pada kencangnya gelombang laut yang menerjang karang.

Vanuatu

@vanuatuislands via Instagram

Negara tanpa corona selanjutnya adalah Vanuatu, negara kepulauan yang menawarkan keindahan alam berupa pantai, air terjun, hingga gunung berapi aktif. Gunung Yasur merupakan salah satu spot yang paling menarik wisatawan. Statusnya yang aktif bukannya membuat takut justru menjadi daya tarik tersendiri. Di gunung tersebut, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan pijaran lava yang menyembur-nyembur ke tepian kawahnya.

Tonga

@tonga_holiday via Instagram

Kehidupan di Kerajaan Tonga kerap dihiasi dengan kembalinya ikan paus ke tempat kelahirannya. Negara tanpa corona yang satu ini rupanya merupakan jalur migrasi ikan paus tersebut. Selain melihat atraksi alami tersebut, kamu juga bisa berenang bersama ikan-ikan paus tersebut.

Untuk saat ini, kamu belum bisa mengunjungi negara-negara tanpa corona tersebut. Selain lokasinya yang terpencil, penerbangan pun belum dibuka demi pencegahan penularan COVID-19. Kalau kamu mulai jenuh di rumah dan ingin suasan baru, kamu menginap saja di Bobobox

Nyaman tapi aman kok! Hotel kapsul ini menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox. Aturannya meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tamu lain, dan menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod.

Selain itu, kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Jangan lupa untuk membawa alat makan dan alat salat pribadi demi keamanan diri.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store  dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

You might also like