Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ingin Coba Skincare, Tapi Mulai Dari Mana Ya? Ini dia Tipsnya!

Mulai dari basic dan lakukan secara bertahap

Merawat tubuh dengan rangkaian skincare mungkin terasa membingungkan bagi pemula, karenanya tips skincare bisa dijadikan langkah awal sebelum memutuskan untuk menggunakan hal tersebut. Banyaknya produk serta tahapan skincare merupakan beberapa fakktor yang terkadang membuat banyak orang takut salah mengambil langkah.

Maka dari itu, kamu tidak perlu langsung mempraktikan tren skincare routine ala Korea hingga 10 tahapan. Kamu juga perlu membedakan mana produk yang penting dan mana yang bisa kamu skip untuk sekarang ini. Nah, biar kamu tidak semakin bingung dan takut untuk memulai, ada baiknya kamu mengikuti beberapa tips skincare berikut ini.

Ketahui Jenis Kulit Kamu

medicalnewstoday.com

Sebelum memulai perawatan kulit, tips skincare pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengenali jenis kulit kamu. Jenis kulit sendiri terdiri dari kulit normal, berminyak, kering, kombinasi normal dan berminyak, serta kulit sensitif.

Jenis kulit kamu akan berpengaruh pada pemilihan produk yang akan kamu coba. Orang dengan kulit kering umumnya ingin mengatasi rasa kering tersebut sehingga yang dia butuhkan adalah hidrasi pada kulitnya dan menghilangkan kulit yang mengelupas sehingga permukaan kulit lebih halus. Sementara itu, orang dengan kulit berminyak atau kombinasi biasanya ingin berfokus untuk mengecilkan ukuran pori-pori dan mengatasi jerawat.

Jika masih bingung menentukan jenis kulit kamu, kamu bisa menggunakan tisu atau face paper. Pertama-tama, cucilah wajah kamu lalu biarkan selama satu jam tanpa make-up. Selanjutnya, ambillah beberapa lembar tisu atau face paper. Letakkan pada beberapa titik seperti dahi, hidung, dagu, dan kedua pipi.

Tekan-tekan dan perhatikan minyak yang terangkat dari wajah. Lihatlah kertas mana yang paling banyak menyerap minyak. Jika kamu mendapati minyak yang menumpuk di daerah hidung dan dahi saja, berarti kulit kamu termasuk jenis kombinasi.

Jika hampir semua kertasnya berminyak, maka kulit kamu termasuk jenis berminyak. Sementara itu, jika tidak ada minyak yang menempel, makan kulit kamu bisa disebut kulit kering.

Setelah tahu jenis kulit kamu, kamu bisa menentukan produk skincare yang sesuai. Misal, untuk kulit kering bisa menggunakan produk dengan kandungan moisturizer tinggi. Sementara itu, kulit berminyak bisa diakali dengan produk berbahan ringan agar tidak menutup pori-pori, seperti kandungan aloe vera, tea tree, air, dan timun..

Mulai dengan yang dasar

purehealthyliving.com

Salah satu tips skincare yang bisa kamu coba untuk memuluskan jalan kamu mendapatkan kulit sehat adalah dengan memulainya dari hal mendasar atau basic. Tepislah godaan untuk langsung membeli dan mencoba banyak produk.

Jangan sampai kamu lapar mata dan membeli setiap produk skincare lalu malah menyesal di kemudian hari. Selain bahaya untuk keuangan kamu, hal itu juga bisa saja merusak kulit wajah kamu karena mungkin saja ada produk yang tidak cocok di kulit.

Maka dari itu, kamu disarankan untuk memulainya dengan produk dasar skincare seperti cleanser, toner, moisturizer, dan sunscreen. Setiap produk tersebut memiliki fungsi yang berbeda namun sangat dianjurkan dalam tips skincare bagi kamu yang baru memulai.

Cleanser umumnya berupa sabun pencuci muka dan berfungsi membersihkan serta mengangkat kotoran dan minyak berlebih di wajah. Dengan wajah yang bersih, kulit kamu pun siap untuk tahapan skincare berikutnya sehingga produk selanjutnya dapat bekerja lebih maksimal.

Selanjutnya, ada produk toner yang memiliki fungsi untuk mengembalikan pH kulit ke level normal. Jika pH kulit sudah normal, produk berikutnya akan mudah terserap oleh kulit dan berfungsi dengan baik.

Untuk bagian toner, kamu bisa memilih exfoliating atau hydrating toner, tergantung kebutuhan kulit. Exfoliating toner umumnya digunakan untuk membersihkan wajah dari sisa kotoran yang kemungkinan tidak terangkat oleh cleanser. Namun, jika fokus kamu adalah melembapkan kulit, kamu bisa memilih tipe hydrating. Toner jenis ini akan membantu menghidrasi kulit yang kering akibat penggunaan cleanser.

Selanjutnya, ada tahapan moisturizer atau pelembap. Produk ini wajib digunakan untuk semua kulit, bahkan pemilik kulit berminyak. Pemilik kulit kering bisa menggunakan yang berbentuk lotion sedang kulit berminyak disarankan memilih bentuk gel.

Lalu, produk dasar terakhir dalam tips skincare ini adalah sunscreen yang bertugas melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Tanpa produk ini, kulit kamu mungkin rentan akan bercak hitam, garis-garis halus serta kerutan sebelum waktunya.

Fokus pada Kebutuhan

skincare.com

Tips skincare selanjutnya adalah fokus. Saat melihat berbagai macam skincare dengan khasiatnya masing-masing, kamu mungkin tergiur untuk mencoba segalanya. Namun, sebaiknya kamu menahan diri dan fokus pada tujuan kamu untuk merawat wajah.

Setiap orang tentu memiliki tujuannya masing-masing seperti mencerahkan wajah, menghilangkan jerawat, mengecilkan pori-pori dan sebagainya. Dalam hal ini, kamu harus fokus pada kebutuhan kulit kamu. Jika sudah tahu, kamu bisa membeli produk dengan bahan yang sesuai untuk kebutuhan dan jenis kulit.

Misalnya adalah kandungan vitamin  C untuk mencerahkan kulit, menghilangkan jerawat dengan tree tea oil, dan sebagainya. Jika dirasa sudah berhasil, kamu dapat bereksperimen dengan kebutuhan kamu selanjutnya.

Coba Versi Share in Jar

shutterstock

Jika takut salah pilih produk, share in jar adalah tips skincare yang wajib kamu coba. Kamu tentu tahu sebagian produk skincare dibandrol dengan harga yang cukup mahal. Dengan harga fantastis, bukan berarti produk tersebut akan cocok dengan kulit wajah kamu.

Nah, supaya kamu tidak melakukan pemborosan, kamu bisa mengikuti tips skincare membeli produk dalam kemasan share in jar. Produk share in jar biasanya dikemas dalam wadah kecil dan bisa kamu beli di banyak online shop.

Dengan membeli kemasan kecil, kamu bisa memastikan apakah produk yang kamu mau cocok atau tidak pada kulit kamu. Jika terbukti cocok, maka kamu bisa melanjutkan untuk membeli produk tersebut dalam kemasan penuh. Jika tidak, kamu tidak akan rugi karena uang yang kamu keluarkan tidak begitu menguras kantong.

Jarak waktu

@christinhumephoto

Tips skincare selanjutnya adalah adanya jarak waktu pada saat kamu mencoba produk skincare kamu. Meskipun memiliki kandungan yang tepat untuk kebutuhan kulit kamu, produk yang akan kamu coba belum tentu cocok dengan kulit kamu.

Berilah waktu untuk membiasakan kulit kamu dengan produk yang kamu gunakan. Contohnya, saat kamu mencoba satu produk, kamu bisa mulai dengan menggunakannya seminggu sekali.

Setelah itu, tingkatkan frekuensinya menjadi dua kali seminggu kemudian tiga kali seminggu. Dengan memberi waktu pada kulit kamu untuk beradaptasi, kulit kamu tidak akan kaget sehingga menghindari terjadinya efek samping yang tidak baik untuk kulit.

Hentikan pemakaian

everydayhealth.com

Tips skincare selanjutnya yang tak kalah penting adalah menghentikan pemakaian jika produk yang kamu gunakan ternyata memberikan efek samping yang cukup parah pada kulit. Efek tersebut biasanya berupa bruntusan, jerawat yang parah, atau bahkan iritasi dan kemerahan.

Hal tersebut bisa menjadi pertanda bahwa produk yang kamu gunakan tidak cocok di kulit kamu. Agar hal yang sama tidak terulang, periksalah kandungan dalam produk tersebut sehingga ke depannya kamu tidak menggunakan produk dengan kandungan yang sama.

Istirahat yang Cukup di Bobobox

kamar bobobox

Selain mengikuti tips skincare, kamu juga membutuhkan tidur yang cukup dan nyaman agar kulit kamu tetap sehat. Biar kamu bisa tidur nyaman, kamu bisa mencoba mencari suasana baru. Salah satunya adalah dengan menginap di hotel kapsul Bobobox.

Hotel yang satu ini dilengkapi dengan Bluetooth speaker lho. Dengan begitu, kamu bisa tidur nyenyak sambil mendengarkan lagu-lagu favorit kamu. selain itu, Bobobox juga memiliki moodlamp yang warna cahaya bisa kamu ubah sesuai dengan mood kamu. Suasana hati senang, tidur pun nyaman. Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di PlayStore atau App Store dan jangan sampai ketinggalan promo-promo menariknya!

You might also like