Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Kehujanan di Jalan Pulang? Ini Dia Tips untuk Mengeringkan HP yang basah!

Keringkan dengan cara yang tepat

Musim hujan sudah kembali mengguyur sebagian wilayah di Indonesia. Hujan tersebut terkadang datang secara tiba-tiba sehingga membuat kamu yang belum mempersiapkan apapun kewalahan. Tak hanya badan dan baju yang basah kuyup, terkadang barang-barang bawaan kamu pun ikut jadi korban. Salah satunya adalah ponsel atau HP.

Hal ini tentu sangat menjengkelkan mengingat HP adalah salah satu barang penting yang mungkin akan mengalami kerusakan hingga tidak bisa dipakai lagi jika terkena air. Lalu bagaimana kamu mengeringkan HP yang basah tersebut? Simak informasinya di bawah ini!

Cara Mengeringkan HP yang Basah

@AEyZRiO via Freepik

Langkah pertama untuk mengeringkan HP yang basah tentunya adalah menjauhkan benda tersebut dari air yang menyebabkan dia basah agar kelembapan tidak semakin terserap oleh permukaan HP. Setelah itu, jangan coba-coba langsung gunakan HP kamu. Hal tersebut dilakukan untuk mematikan aliran listrik di dalam HP. Dengan begitu, HP kamu bisa terhindar dari kerusakan yang mungkin akan menyebar kemana-mana.

Langkah selanjutnya, lepaskanlah hard case, SIM card, memory card dan bagian lainnya yang bisa diakses (misal baterai jika HP bukan baterai tanam). Langkah ini sebagai antisipasi jikalau HP kamu tidak bisa diselamatkan namun kamu masih memiliki data-data dalam SIM card atau memory card.

Gunakanlah handuk, kain atau tisu kering atau bahan kering lainnya yang lembut untuk mengeringkan HP yang basah tersebut. Dalam hal ini, sebainya kamu tidak menggosok-gosok bagian yang basah agar air tidak semakin menyebar. Tempelkan saja di bagian yang basahnya.

Saat membersihkan air, LCD dan baterai (jika bisa dilepas) adalah dua hal yang perlu kamu keringkan dan selamatkan.Jika dibiarkan basah, kemungkinan akan muncul flek hitam di layar LCD HP kamu.

Jika kamu memiliki vacuum cleaner USB atau penghisap debu keyboard, kamu bisa menggunakan benda tersebut untuk membantu mengeringkan HP yang basah. Hanya saja, jangan sampai kamu menggunakannya terlalu dekat dengan permukaan mesin karena hal tersebut justru bisa membuat komponen di dalamnya menjadi longgar.

Setelah melakukan langkah-langkah tersebut, tindakan selanjutnya unntuk mengeringkan HP basah adalah dengan menimbunnya dalam beras atau silica gel. Beras sendiri memiliki sifat elektrostatis yang mampu menyerap kadar air sehingga mengurangi kelembapan dalam HP. Sementara itu, silica gel juga berfungsi untuk menyerap kelembapan sehingga pengembunan dalam HP kamu bisa dicegah.

Kamu bisa menimbun HP kamu kurang lebih 24 hingga 72 jam. Meski begitu, hal ini tidak bisa dijadikan jaminan untuk menyelamatkan HP kamu. Penimbunan ini hanyalah langkah untuk mengeringkan HP yang basah.

Jangan Lakukan Ini

@atlascompany via Freepik

Dalam mengeringkan HP yang basah, pastikan kamu tidak:

Langsung menggunakan atau menyalakan HP (diamkan setidaknya satu sampai tiga hari)

Menggunakan hair dryer (suhu panasnya bisa saja merusak bagian dalam HP kamu)

Menjemur HP di bawah terik matahari (sama halnya seperti hair dryer, hal ini akan merusak komponen dalam HP dan lebih baik kamu keringkan di tempat terbuka yang sejuk dan kering)

Digoyang-goyang (alih-alih mengeluarkan air, airnya justru semakin masuk ke dalam hardware)

Langsung mencharge HP

Menekan semabarang tombol di HP (air bisa semakin masuk)

Sudah berhasil mengeringkan HP yang basah? Berarti kamu sudah siap beraktivitas dengan normal lagi karena HP kamu sudah kembali seperti sedia kala. Untuk mengganti penantian kamu menunggu HP kamu kering, kamu bisa memanjakan diri dengan menginap di Bobobox.

Hotel kapsul yang satu ini akan membuat kamu serasa di masa depan dengan segala teknologi canggihnya. Di tempat ini, kamu bisa merasakan contactless acces sehingga kamu tidak perlu dipusingkan dengan kunci konvensional yang kadang membuat repot.

Sebagai gantinya, Bob memberi kamu QR code untuk mengakses kamar yang kamu pilih. Tinggal pindai dan pintu kamar pun terbuka. Mudah, simple, no ribet-ribet! Yuk segera unduh aplikasi Bobobox sekarang juga!

You might also like