Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tangan atau Kakimu Sering Gemetar? Kenali Penyebab Tremor dan Cara Menanganinya

Sering kesal ketika foto selalu goyang? Cari tahu kenapa tanganmu tremor yuk!

Penyebab tremor pada tangan seringkali terjadi begitu saja tanpa kondisi tertentu. Tangan yang bergetar ini bukanlah masalah yang serius, meskipun dapat memberi dampak kepada aktivitas kita sehari-hari. Kebanyakan orang pun mengalami hal yang sama, dan hal ini akan menonjol apalagi saat kita sedang mengulurkan tangan ke depan. Dalam artikel ini, Bob akan bahas apa saja penyebab tremor dan jenis penyebab tremor, lalu cara-cara menanganinya.

Sebelum Mengetahui Penyebab Tremor, Ketahui Dulu Apa itu Tremor

Elizabeth Tsung via Unsplash

Tremor adalah gerakan ritmis yang tidak disengaja dan tidak terkendali dari satu bagian atau satu anggota tubuh. Getaran ini dapat terjadi di bagian tubuh mana pun dan kapan saja. Biasanya penyebab tremor ini adalah masalah di bagian otak yang berfungsi untuk mengontrol gerakan otot. Tremor sebenarnya tidak selalu serius, tapi dalam beberapa kasus, bisa malah menjadi gangguan serius. Kebanyakan tremor sering kali akan hilang dengan sendirinya, dan tidak ada obat yang akan langsung menyembuhkan.

Penting untuk diperhatikan bahwa penyebab kejang otot, penyebab kedutan otot, dan penyebab tremor bukanlah hal yang sama. Kejang otot adalah kontraksi otot yang tidak disengaja. Kedutan otot adalah gerakan halus yang tidak terkontrol dari sebagian kecil otot yang lebih besar. Kedutan ini mungkin terlihat di bawah kulit.

Jenis Tremor

Tremor dibagi menjadi dua jenis: resting dan action.

Tremor saat resting terjadi saat kita duduk atau berbaring diam. Begitu badan kita mulai bergerak, kita bisa melihat getarannya hilang. Tremor saat resting seringkali hanya mempengaruhi tangan atau jari.

Tremor action terjadi selama gerakan bagian tubuh yang terkena. Penyebab tremor action selanjutnya dibagi menjadi subkategori:

  • Intention tremor terjadi pada gerakan yang dilakukan, seperti menyentuh jari ke hidung.
  • Tremor postural terjadi saat menahan posisi melawan gravitasi, seperti meregangkan lengan atau kaki.
  • Tremor yang terjadi saat mengerjakan aktivitas, seperi menulis
  • Tremor kinetik terjadi saat menggerakkan bagian tubuh, seperti menggerakkan pergelangan tangan ke atas dan ke bawah.
  • Tremor isometrik terjadi selama kontraksi otot yang disengaja tanpa gerakan otot lainnya.

 

Apa Saja Penyebab Tremor?

Milada Vigerova via Unsplash

Masalah-masalah pada otak biasanya menjadi salah satu penyebab terbesar tremor. Meskipun biasanya penyebab tremor tidak diketahui, untuk lebih mudah memahaminya, ada beberapa kondisi yang dapat melatarbelakangi termor ini, yaitu penyebab tremor oleh kondisi syaraf, penyebab tremor oleh kondisi gerak dan penyebab tremor yang tidak diketahui akibatnya.

Penyebab Tremor akibat Kondisi Saraf

Beberapa kondisi saraf yang dapat menjadi penyebab tremor pada tubuh:

  • Multiple sclerosis (MS): Banyak orang dengan MS mengalami tingkatan tremor yang bermacam-macam. Tremor ini sering berkembang ketika penyakit merusak area di jalur sistem saraf pusat yang berfungsi untuk mengontrol gerakan.
  • Stroke: Stroke iskemik terjadi ketika gumpalan darah menghalangi arteri dan mencegah darah mencapai otak. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan permanen pada jalur saraf dan menyebabkan tremor.
  • Cedera otak: Cedera fisik pada otak juga dapat merusak saraf yang berperan dalam mengkoordinasikan gerakan. Tremor tangan dapat terjadi ketika cedera ini memengaruhi saraf tertentu.
  • Penyakit Parkinson: Penyebab tremor akibat penyakit parkinson ini dialami oleh sekitar 25 persen penderitanya. Tremor biasanya dimulai di satu sisi tubuh, dan bisa menyebar ke sisi lain. Tremor ini mungkin menjadi lebih terasa saat kita dalam kondisi stres.

Penyebab Tremor akibat Kondisi Gerak

Berikut adalah contoh kondisi gerak yang dapat menjadi penyebab tremor pada tubuh:

  • Tremor esensial:

Penyebab tremor ini adalah salah satu gangguan gerakan yang paling umum, dan penyebabnya tidak diketahui. Getaran biasanya mempengaruhi kedua sisi tubuh, tetapi mungkin lebih terlihat di tangan yang dominan. Tremor ini cenderung terjadi ketika orang tersebut bergerak dan juga saat berdiri diam. Kondisi genetik  mungkin bertanggung jawab untuk sekitar setengah dari kasus tremor esensial.

  • Tremor dystonic:

Pada orang dengan distonia, otak mengirimkan respons yang salah, mengakibatkan otot terlalu aktif, postur tubuh abnormal, dan gerakan yang tidak diinginkan yang berkelanjutan. Orang dewasa dan mereka yang berusia paruh baya kemungkinan besar mengalami tremor distonik, dan dapat terjadi pada otot mana pun.

Masalah kesehatan berikut juga dapat menjadi penyebab tremor:

  • kondisi kejiwaan, seperti depresi atau gangguan stres pascatrauma
  • kelainan degeneratif bawaan, seperti ataksia herediter atau sindrom X rapuh
  • penyalahgunaan alkohol atau withdrawal
  • keracunan merkuri
  • hipertiroidisme, atau tiroid yang terlalu aktif
  • gagal hati atau ginjal
  • kecemasan atau panik

Obat-obatan tertentu yang dapat menjadi penyebab tremor, seperti:

  • beberapa obat asma
  • amfetamin
  • kafein
  • kortikosteroid
  • obat-obatan yang digunakan untuk mengobati gangguan kejiwaan dan neurologis tertentu

Bagaimana Cara Mengatasi Penyebab Tremor?

Bookblock via Unsplash

Tremor jika bukan menjadi masalah serius biasanya akan hilang dengan sendirinya. Meskipun begitu, kadang tremor bisa bersifat mengganggu aktivitas sehari-hari. Berikut beberapa cara mengatasi tremor yang bisa kamu lakukan.

Pengobatan

Ada beberapa obat yang biasanya digunakan untuk mengobati tremor itu sendiri, seperti:

  • Beta-blocker biasanya digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi atau penyakit jantung. Namun, obat-obatan tersebut telah terbukti mengurangi getaran pada beberapa orang.
  • Obat penenang, seperti alprazolam (Xanax), dapat meredakan tremor yang dipicu oleh kecemasan.
  • Obat antikejang terkadang diresepkan untuk orang yang tidak dapat menggunakan beta-blocker atau yang mengalami tremor yang tidak tertolong oleh beta-blocker.
  • Suntikan botoks juga dapat meredakan tremor. Suntikan kimiawi ini sering diberikan kepada orang yang mengalami tremor yang memengaruhi wajah dan kepala.

Terapi fisik

Terapi fisik dapat membantu memperkuat otot dan meningkatkan koordinasimu. Penggunaan beban pergelangan tangan dan perangkat adaptif, seperti peralatan yang lebih berat, juga dapat membantu meredakan tremor.

Operasi stimulasi otak

Operasi stimulasi otak mungkin satu-satunya pilihan bagi mereka yang mengalami tremor yang melemahkan. Selama operasi ini, ahli bedah memasukkan probe listrik ke bagian otak yang berfungsi untuk mengontrol getaran tersebut. Setelah probe terpasang, sebuah kawat masuk dari probe ke bagian dada, di bawah kulit. Perangkat ini mengirimkan pulse ke probe untuk menghentikan otak memproduksi tremor.

 

Apa yang Harus Dilakukan Jika Kamu Kurang Istirahat?

kamar bobobox

Terkadang, tremor pun akan sering terjadi kepadamu jika kurang istirahat atau sedang stres. Untuk itu, kamu bisa coba melakukan self-care dan jangan terlalu mendorong diri sendiri. Beri dirimu reward kecil seperti staycation di Bobobox untuk me-recharge kembali energimu.

Di Bobobox, setiap podsnya dilengkapi dengan adjustable LED lightsbluetooth speaker dan juga temperatur yang bisa kamu atur sesuka hati. Selain itu, kamu juga tidak perlu khawatir karena podsmu akan disanitasi secara berkala juga! Yuk download aplikasinya sekarang dan dapatkan promo menarik lainnya! Masih penasaran? Bobobox juga punya virtual tour yang bisa kamu lihat sebelum kunjunganmu! Cek di sini ya. Selamat staycation!

 

You might also like