Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Makan Sambil Tutup Hidung? Ini Dia Makanan Lezat yang Dianggap Berbau Kurang Sedap!

Baunya tidak sedap tapi rasanya mantap

Makanan lezat umumnya akan menguarkan aroma sedap yang menggugah selera bahkan dari kejauhan. Tidak bisa dipungkiri memang bahwa rasa dan bau itu saling berkaitan. Saat mencium aroma makanan yang sedap, kamu sudah bisa menebak rasanya juga pasti mantap.

Namun, hal itu tidak berlaku pada sejumlah makanan. Bau dan rasa makanan-makanan tersebut justru tidak kompak. Ada yang baunya enak tapi rasanya tidak dan ada juga yang baunya tidak sedap namun rasanya ternyata lezat. Apa saja makanan lezat yang bau itu? Simak di bawah ini!

Durian

@jimteo via Unsplash

Sudah bukan rahasia lagi bahwa durian merupakan salah satu makanan lezat yang bau. Para pecinta durian menganggap baunya terkesan manis dan menyenangkan. Rasanya apa lagi, tekstur creamy berpadu dengan rasa manis serta wanginya yang khas sudah pasti membuat banyak orang nagih.

Namun, bagi yang tidak suka, bau durian kerap kali bikin pusing dan mual. Saking tidak sukanya, aroma buah satu ini juga disamakan dengan bau telur busuk hingga perpaduan bawang dan bangkai hewan. Karena itu, sejumlah ruang publik dan transportasi umum (seperti kereta dan pesawat) melarang keberadaan durian karena dapat mengganggu kenyamanan bersama.

Petai

@dwiputras via Freepik

Makanan lezat yang bau berikutnya adalah petai. Tidak seperti durian yang aromanya sudah tercium dari jauh, bau menyengat dari petai biasanya akan menguar saat dikonsumsi terutama dalam keadaan mentah dan umur petai sudah tua.

Selain di mulut, petai juga akan membuat urine serta kotoran kamu berbau. Karenanya, tidak sedikit juga yang terang-terangan membenci petai padahal makanan ini termasuk banyak serat sehingga bermanfaat untuk mengatasi konstipasi. Berpadu dengan nasi hangat, sambal dan ikan asin, lezatnya petai siap menggoyang lidah kamu.

Jengkol

@encim.gendut via Instagram

Tak kalah populer dari petai, jengkol juga dijuluki makanan lezat yang bau karena akan mengeluarkan aroma tidak sedap saat kamu memakannya. Bau tersebut akan menempel di mulut dan juga tubuh kamu sehingga urine dan kotoran yang kamu keluarkan juga akan berbau kurang sedap.

Namun, di balik baunya tersebut, makanan yang kerap dimasak menjadi semur ini memiliki banyak manfaatnya seperti untuk menurunkan berat badan, mencegah anemia, kesehatan jantung, dan mengatur kadar gula darah. Namun, konsumsinya jangan berlebihan karena bisa menimbulkan terjadinya keracunan akibat penumpukan asam jengkolat.

Locust Fruit

@macrofotografia via Freepik

Makanan lezat yang bau dari kalangan buah tak hanya durian saja, ada juga buah bernama locust fruit asal Karibia yang berbau tidak sedap namun lezat. Karena baunya yang kurang sedap serta bentuknya yang seperti jempol kaki, buah ini juga serngkali disebut buah jempol bau. Buahnya sendiri sebenarnya memiliki rasa yang sangat manis dan kerap dijadikan pilihan rasa untuk es krim. Uniknya, jika kulit buah dibuka dan kamu tidak mencium apapun, artinya buah tersebut mungkin sudah busuk.

Surströmming

@instakocken via Instagram

Di Swedia, kamu akan menjumpai makanan lezat yang bau bernama surströmming, ikan haring kaleng berbau busuk akibat proses fermentasi. Ikan haring tersebut akan direndam dalam cairan garam selama berbulan-bulan sebelum kalengnya ditutup dan disegel.

Orang yang tidak terbiasa mungkin akan langsung muntah-muntah saat pertama kali mencoba makanan ini. Namun, di negaranya sendir, surströmming biasanya disantap sebagai isian sandwich dengan tambahan bawang bombai, krm asam, mentega dan kentang.

Kimchi

@mayura_ben via Freepik

Siapa yang tidak tahu kimchi, makanan lezat yang bau asal negeri gingseng, Korea Selatan. Makanan satu ini merupakan asinan sayuran yang difermentasi dengan menggunakan garam, bubuk cabai merah, udang krill serta tambahan bumbu seperti bawang putih, jahe dan kecap ikan. Sayuran yang umum digunakan adalah sawi putih dan lobak.

Fermentasi tersebut kemudian menghasilkan makanan dengan aroma seperti makanan busuk atau basi. Karenanya, tidak sedikit yang mengatakan bahwa makanan satu ini berbau seperti makanan busuk. Meski begitu, kimchi memiliki cita rasa lezat tersendiri dan kerap dijadikan makanan pendamping untuk hidangan Korea lainnya.

Stinky Tofu

@yc_0423 via Instagram

Selanjutnya, ada makanan lezat yang bau bernama stinky tofu atau tahu bau dan bisa kamu jumpai di Tiongkok, Hongkong atau Taiwan. Makanan satu ini juga mengalami fermentasi sehingga menghasilkan bau selokan tersumbat. Tahu itu sendiri direndam dengan susu yang difermentasi, sayuran dan daging.

Setelah tercampur seperti bubur, olahan akan dibiarkan selama berbulan-bulan hingga padat dan siap disantap. Penyajiannya sendiri biasanya digoreng kering, direbus atau dibuat sup dengan tambahan sambal pedas. Siapa-siap tutup hidung deh!

Century Egg

@rachel_toh002 via Instagram

Selanjutnya, ada makanan lezat yang bau asal Tiongkok yang disebut century egg. Sesuai dengan namanya, makanan ini berbahan dasar telur dengan konsep yang serupa dengan telur asin Indonesia. Hanya saja, century egg ini bisa dibilang merupakan versi lebih parah dari telur asin karena dibiarkan dalam balutan tanah liat bercampur garam, abu kapur tohor hingga sekam selama berminggu-minggu hingga berbulan-bulan.

Alhasil, jadilah telur berbau mengerikan khas belerang dan ammonia dengan tampilan tak kalah seram. Putih telurnya berwarna coklat dan seperti agar-agar sementara kuning telur cenderung berwarna abu-abu.

Natto

@opeko_natto via Instagram

Dari Jepang, ada juga makanan lezat yang bau bernama natto. Natto ini merupakan fermentasi kacang kedelai dengan bentuk lengket dan sangat rekat seperti ada lendirnya. Aromanya sendiri seperti perpaduan antara kaus kaki yang lama tidak dicuci dan keju tua. Meskipun tampa menjijikkan, nyatanya natto ini merupakan menu sarapan populer di Jepang dengan campuran nasi hangat dan telur mentah. Anak-anak pun kerap menyantapnya sebagai camilan. Selain itu, makanan satu ini juga ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan seperti untuk jantung, peredaran darah dan mencegah kegemukan.

Hakarl

@golf.gourmet.traveller via Instagram

Berbeda dengan makanan-makanan lezat yang bau sebelumnya yang berbau busuk, hakarl justru mengeluarkan bau seperti produk pembersih. Tentu bukan bau yang enak untuk disantap dan kerap membuat orang yang tidak terbiasa muntah dibuatnya.

Hakarl sendiri merupakan makanan asal Islandia yang berbahan dasar daging ikan hiu. Ikan hiu tersebut masih beracun saat masih segar. Untuk itu, daging tersebut akan difermentasi selama berbulan-bulan lalu digantung dalam ruangan selama sekitar enam bulan sehingga aman dikonsumsi.

Sauerkraut

@feastingathome via Instagram

Sauerkraut adalah makanan lezat yang bau asal Jerman berupa fermentasi kubis. Banyak yang mengatakan sauerkraut ini beraroma seperti orang seminggu tidak mandi. Namun soal rasa, kamu tidak perlu khawatir. Makanan favorit orang Jerman ini rasanya yummy apalagi jika kamu jadikan topping untuk hotdog.

Keju Limburger

@the_jamesraftery via Instagram

Selanjutnya, ada keju Limburger, makanan lezat yang baunya seperti popok bayi. Keju alas Jerman, Belgia dan Belanda ini terbuat dari susu sapi yang difermentasi dan bagian luar kulit kejunya dicuci sehingga menghasilkan pertumbuhan bakteri. Nah, bakteri tersebutlah yang membuat keju Limburger ini berbau kurang sedap seperti sulfur dan kaus kaki kotor. Meski begitu, keju satu ini memiliki tekstur yang creamy dengan rasa asam dan gurih seperti jamur.

Kiviak

via modernfarmer.com

Berasal dari Greenland, kiviak merupakan makanan lezat yang baunya juga berasal dari fermentasi. Kiviak sendiri terbuat dari sekitar 500 burung laut (auk) utuh yang disimpan dalam kulit anjing laut yang kemudian dijahit dan dilumuri lemak. Setelah itu, makanan tersebut dikubur selama beberapa bulan untuk proses fermentasi. Saat digali, bagian dalamnya sudah membusuk hingga seperti cairan. Cara memakannya adalah dengan menyedotnya melalui lubang di kepala burung tersebut.

Jika makanan bau bikin kamu mual, tentu masih banyak pilihan makanan lain dengan bau enak dan tentunya rasa yang lezat yang bisa kamu coba. Untuk itu, kamu bisa meluangkan waktu lalu berburu kuliner di kota-kota yang khas dengan makanan enaknya.

Jangan lupa siapkan akomodasi yang strategis sehingga kamu tidak kesulitan untuk mengexplore tempat-tempat wisata kuliner dengan bebas namun tetap dalam jangkaun. Salah satu hotel yang menawarkan lokasi strategis namun dengan harga terjangkau adalah Bobobox. Hotel kapsul ini sendiri sudah bisa kamu temukan di beberapa kota di Indonesia seperti Bandung, Jakarta, Semarang, Solo dan Yogyakarta.

Yuk unduh dulu aplikasinya untuk kemudahan dalam booking, check-in hingga check-out!

You might also like