@izzanabila_bila via Instagram

Tak Hanya Lezat, Ikan Lele Juga Ternyata Kaya Akan Manfaat! Ini Dia Khasiat Ikan Lele Bagi Kesehatan Tubuhmu!

Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan tawar yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia karena kelezatannya. Ikan ini terutama seringkali dijumpai dalam bentuk olahan makanan, yang paling populer adalah dalam bentuk pece lele, hidangan berupa ikan lele goreng atau bakar yang disajikan dengan nasi hangat, lalapan dan tentunya sambal pecel.

Nah, di balik kelezatannya tersebut, ternyata ikan lele memiliki khasiat yang baik untuk tubuh. Apa saja khasiat ikan lele itu? Simak ulasannya di bawah ini!

Kandungan dalam Ikan Lele

@ohhhphoto via Freepik

Sebelum mengenali khasiat ikan lele, kamu perlu mengetahui terlebih dulu kandungan yang ada di dalamnya karena dari situlah khasiat tersebut berasal. Per 100 gramnya, ikan lele mengandung sekitar 105 kalori dan 2,9 gram lemak.

Selain itu, ikan lele juga mengandung elemen-elemen bermanfaat seperti asam lemak omega-3 dan omega-6, protein (sekitar 18 gram), vitamin B12, vitamin D, sodium, fosfor, potasium, selenium dan lainnya. Berdasarkan kandungan-kandungan tersebut, bisa disimpulkan bahwa ikan lele ini merupakan makanan rendah kalori dan lemak sehingga sangat baik untuk program diet.

Untuk memperoleh khasiat ikan lele, kamu tentu perlu mengonsumsi ikan tersebut secukupnya dan mengolahnya dengan benar. Cara terbaik untuk mendapatkan khasiat ikan lele adalah memasaknya dengan cara dikukus (bisa kamu pepes), direbus (dalam bentuk sup), ditumis atau dipanggang.

Dengan kata lain, hindarilah mengolah ikan tersebut dengan cara digoreng karena jika tidak, kadar kalori, lemak dan kolesterolnya justru akan meningkat. Metode menggoreng ikan lele akan meningkatkan kadar kalori hingga 124 dan lebih dari 10 gram lemak.

Bagus untuk Diet

@yunmai via Unsplash

Kandungannya yang rendah lemak dan kalori menjadikan ikan lele menu yang tepat untuk kamu yang ingin melakukan program diet. Protein sendiri merupakan kandungan yang cepat membuat kenyang dan dapat mengurangi rasa lebar sehingga membantu kamu makan lebih sedikit kalori. Khasiat ikan lele yang satu ini tentu tidak akan membuat khawatir dengan risiko bertambahnya berat badan.

Konsumsi protein juga dapat memenuhi kebutuhan asam amino kamu sehingga kamu bisa membangun massa otot tanpa menggunakan lemak. Hal ini juga akan membuat kamu lebih kuat dan kekebalan tubuh pun meningkat.

Selain itu, kandungan vitamin D dalam ikan lele juga sangat cocok untuk menurunkan berat badan atau menu diet rendah kalori. Jika kamu mengonsumsi sekitar 115 gram ikan lele, setiap harinya kamu akan memperoleh asupan vitamin tersebut.

Kesehatan Otak dan Jantung

Khasiat ikan lele tidak hanya baik untuk menurunkan berat badan, namun juga sangat bermanfaat untuk kesehatan otak. Alasannya adalah kandungan omega-3 di dalamnya yang memang dikenal memiliki peran untuk menyehatkan otak. Salah satu contohnya adalah menghindarkan diri dari risiko penyakit Alzheimer.

Selain untuk kesehatan otak, omega-3 juga kerap kali dikaitkan dengan perbaikan dalam kekuatan otot rangka, kesehatan jantung dan mikrobioma usus. Konsumi ikan lele secara berkala (setidaknya seminggu sekali) dapat menurunkan risiko masalah jantung hingga sekitar 15%.

Menguatkan Tulang

@sompong_tom via Freepik

Seperti yang Bob sebutkan sebelumnya, ikan lele ini kaya akan vitamin D yang sangat penting untuk penyerapan kalsium pembentuk tulang. Selain itu, terdapat pula kandungan fosfor yang berperan penting dalam pembentukan tulang dan gusi.

Orang yang kekurangan fosfor umumnya akan mudah lelah, mengalami nyeri sendi dan otot hingga masalah tulang lainnya seperti osteoporosis dan kelumpuhan. Khasiat ikan lele ini tentunya dapat memenuhi kebutuhan tubuh kamu akan fosfor.

Mencegah Anemia

Selain kaya akan protein dan vitamin D, ikan lele juga memiliki vitamin B12 yang baik untuk tubuh. Vitamin B12 ini dipercaya dapat melindungi tubuh dari masalah jantung, meningkatkan kesehatan mental hingga mencegah anemia. Selain itu, vitamin B12 juga juga berperan dalam sintesis DNA dan pemebentukan sel darah merah.

Saat kamu mengalami anemia, tubuh biasanya tidak memiliki cukup sel darah merah untuk mengedarkan oksigen ke seluruh organ penting. Karenanya, tubuh pun mudah lelah dan kamu seringkali merasakan sakit kepala berlebihan. Dengan mengonsumsi ikan lele, kamu bisa meningkatkan produksi sel darah merah yang dapat mencegah serta meringankan gejala anemia kamu.

Rendah Merkuri

Beberapa tahun belakangan ini, ada kekhawatiran tentang kandungan logam berat dalam ikan, terutama kandungan merkurinya. Merkuri sendiri merupakan logam berat yang berasal dari limbah rumah tangga dan pabrik. Jika kamu mengonsumsi ikan yang mengandung merkuri dalam jangka panjang, logam berat tersebut akan menumpuk dalam tubuh dan menyebabkan gangguan seperti kerusakan saraf hingga menganggu tumbuh kembang bayi dan anak-anak.

Logam berat itu sendiri umumnya ditemukan di hampir semua ikan. Untungnya, ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang rendah merkuri. Untuk itu, kamu perlu memperhatikan dari mana asal lele yang akan kamu konsumsi. Selain itu, sebaiknya ikan lele dikonsumsi sewajarnya saja sekitar dua sampai tiga kali seminggu untuk menghindarkan diri dari paparan merkuri sehingga khasiat ikan lele bisa dirasakan secara maksimal.

Perlindungan terhadap Penyakit Autoimun

Konsumsi ikan lele dipercaya bisa mengurangi risiko berkembangnya penyakit autoimun. Lele sendiri memiliki cukup kandungan lemak dan minyak untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini sangat baik untuk anak-anak maupun dewasa.

Mengatasi Gangguan Tidur

Kandungan vitamin D dalam ikan lele dapat membantu memperbaiki kualitas tidur kamu, apalagi jika kamu kerap mengalami gangguan tidur. Untuk memperoleh khasiat ikan lele ini, kamu bisa mencoba memasukkan ikan lele ke dalam menu makan malam kamu.

Mengatasi Depresi

Saat kamu merasa menunjukkan tanda-tanda  depresi, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengatur pola makan kamu. Kamu bisa menambahkan ikan lele ke dalam menu makanan kamu mengingat ikan lele kaya akan omega-3 dan vitamin-vitamin lainnya yang bisa meningkatkan suasan hati kamu. Sebagian orang mungkin lebih memilih obat-obatan untuk meredakan kekalutan dalam diri. Namun, bahan-bahan alami seperti ikan tentunya lebih baik untuk tubuh.

Kesehatan Mata

Khasiat ikan lele lainnya adalah untuk menjaga kesehatan mata. Kondisi mata sendiri biasanya akan semakin menurun seiring dengan bertambahnya usia. Untuk menjaga agar mata kamu tetap sehat dalam jangka waktu yang lama, konsumsilah ikan lele dengan kandungan omega-3nya yang sangat baik untuk kesehatan mata kamu.

Khasiat ikan lele tentunya dapat diperoleh secara maksimal jika kamu juga sering olahraga secara teratur dan tidur yang cukup serta berkualitas. Sesekali kamu juga perlu merefresh pikiran dan tubuh kamu dengan berlibur.

Saat menentukan pilihan tempat menginap, pastikan tempat tersebut menawarkan kenyamanan dan keamanan yang baik sehingga kamu bisa beristirahat tanpa gangguan berarti. Kalau masih masalah akomodasi, jatuhkan saja pilihan kamu di Bobobox.

Hotel kapsul yang satu ini sudah tersebar di beberapa kota besar di Indonesia, yakni Bandung, Jakarta, Semarang, Yogyakarta dan Solo. Semuanya dilengkapi dengan fasilitas canggih yang siap membuat masa menginap kamu terasa mudah dan menyenangkan. Yuk rasakan sendiri pengalamannya. Namun sebelum itu, unduh dulu aplikasi Bobobox untuk memudahkan kamu melakukan booking, pembayaran serta mengakses fitur-fitur menarik di Bobobox.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles