Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Alien? Meteor? Ini Dia Kejadian Luar Angkasa yang Paling Ditakutkan oleh Astronaut!

Kira-kira apa ya?

Ketika mendengar kata astronaut, kamu mungkin langsung teringat akan ruang angkasa dengan segala kehampaan dan misterinya. Kamu pasti sudah sering mendengar tentang teori alien, black hole, hingga rekaman penampakan benda-benda ruang angkasa yang menyeramkan. Hal tersebut mungkin menimbulkan tanya apakah alien, black hole, meteor dan semacamnya merupakan hal-hal yang ditakutkan astronaut selama mereka bertugas di ruang angkasa.
Ataukah ada hal lainnya ditakutkan astronaut? Kira-kira apa ya? Simak informasinya berikut ini yuk!

Pekerjaan Astronaut

@histroyhd via Unsplash

Sebelum mengetahui hal yang paling ditakuti astronaut, kamu perlu tahu seperti apa sebenarnya pekerjaan yang mengharuskan mereka menetap di ruang angkasa ini. Sebagaimana kamu tahu, lingkungan pekerjaan astronaut tentu sangat berbeda dengan lingkungan pekerjaan pada umumnya.

Karenanya astronaut harus siap secara fisik dan mental agar siap menghadapi segala kemungkinan. Untuk menjadi astronaut sendiri, kamu tidak perlu memikirkan masalah umur. Bagi mereka yang sudah tua pun, kesempatan selalu terbuka.

Hanya saja, para pelamar harus memiliki pemahaman tentang bahasa asing (seperti Inggris dan Rusia) serta latar belakang pendidikan dalam bidang tertentu, misal teknik, ilmu komputer, matematika, fisika, atau biologi. Para pelamar juga akan menjalani serangkaian seleksi yang sangat ketat untuk bisa sampai melakukan perjalanan ke ruang angkasa. Selain itu, pengalaman menerbangkan pesawat jet dengan jam terbang 1.000 jam juga diperlukan.

Perjalanannya tentu bukan sampai situ saja, setelah terpilih menjadi kandidat astronaut, mereka kemudian akan menjalani serangkaian tes seperti tes kelangsungan hidup, menyelam, hingga berenang dengan pakaian ruang angkasa. Kalau kamu tidakbisa berenang, sebaiknya segera latih diri kamu dalam bidang ini jika ingin mencoba untuk menjadi astronaut.

Setelah merampungkan berbagai ujian serta pelatihan ketat, mereka pun akan diberikan suatu misi khusus. Inilah saatnya mereka melakukan perjalanan ke ruang angkasa dan disana mungkin mereka akan bertemu dengan hal-hal yang ditakutkan astronaut.

Selama berada di ruang angkasa, astronaut diberi tugas untuk mengatur satelit yang menunjang kebutuhan teknologi dan komunikasi dunia, melakukan pengecekan pada sistem, membersihkan filter hingga memperbaiki komputer dan platform orbit Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Mereka juga kerap kali melakukan eksperimen sains, melakukan kegiatan eksplorasi, mengamati dan mendokumentasikan lingkungan tempat tujuan mereka di ruang angkasa, serta mengambil sampel untuk diteliti di Bumi. Selain itu, mereka juga melakun monitor mengenai pengaruh lingkungan dengan tekanan rendah terhadap kondisi fisik.

Hal yang Paling Ditakutkan Astronaut

@stationcdrkelly via Instagram

Setelah mengetahui garis besar pekerjaan dan perjuangan untuk bisa menjadi seorang astronaut, sekarang Bob akan membahas tentang hal yang ditakutkan oleh astronaut. Hal ini mungkin akan berbeda bergantung pada sudut pandang dan pengalaman masing-masing astronaut.

Nah, kalau menurut astronaut NASA Scott Kelly, hal yang ditakutkan astronaut adalah air seni. Mungkin terdengar aneh saat kamu mengetahui bahwa alien, black hole, radiasi matahari ataupun benda-benda angkasa lainnya bukanlah hal-hal yang ditakutkan astronaut.

Berdasarkan pengalamannya selama tinggal di ISS, menghadapi zat bocoran dari toilet ISS adalah pengalaman paling mengerikan. Sebagaimana kamu tahu, astronaut harus hidup di lingkungan dengan zero gravity yang membuat segalanya melayang bebas. Karenanya, hal yang berhubungan dengan toilet dirasa sangat menakutkan.

Zat bocoran tersebut merupakan campuran air seni atau urin dengan asam belerang. Asam belerang sendiri ditambahkan pada urin agar urin tidak merusak dan menyumbat toilet.

Suatu waktu, Kelly pernah memiliki pengalaman untuk mebersihkan urin bercampur asam belerang seukuran galon. Bisa dibayangkan bukan bagaimana jika campuran tersebut mengenai wajah Kelly. Selain menjijikkan, campuran tersebut juga bisa saja memberikan dampak lainnya yang tak kalah menakutkan.

Meski begitu, pengalaman yang ditakutkan astronaut tersebut memberinya perspektif baru tentang umat manusia. Karena kejadian tersebut, Kelly menjadi lebih berempati pada lingkungan serta kondisi umat manusia.

Selain hal tersebut, Kelly mengaku bahwa dia tidak merasa takut saat berada di ruang angkasa meskipun saat itu dia merupakan satu-satunya astronaut Amerika yang bertugas di ISS. Yang ditakutkan astronaut tersebut justru jika ada panggilan dari Bumi dan audionya dialihkan jadi privat. Hal tersebut biasanya mengindikasikan sesuatu yang buruk.

Apakah Risiko Pekerjaan Ditakutkan Astronaut?

@stationcdrkelly via Instagram

Setiap pekerjaan selalu ada risikonya, begitu pula bagi astronaut. Sebagaimana kamu tahu, profesi ini sangat berisiko dan membahayakan. Karenanya selama pelatihan, mereka dididik untuk bisa mengatasi berbagai situasi berbahaya sehingga mereka selalu siap dan tidak takut jika terjadi hal-hal tidak terduga saat berada di ruang angkasa.

Sebut saja kemungkinan terjadinya depressurization, adanya lubang akibat mikrometeoroid atau benda angkasa lainnya, atau kebocoran atmosfer bisa. Hal tersebut bisa saja ditakutkan astronaut. Namun, Drew Morgan, astronaut NASA lainnya mengungkapkan bahwa kemungkinan tersebut memang bisa saja terjadi.

Namun, dia sadar akan bahaya profesi seorang astronaut dan telah dilatih untuk itu. Pada dasarnya, meskipun mereka dilatih untuk menghadapi situasi berbahaya, nyatanya mereka tidak terus menerus memikirkan hal tersebut setiap harinya. Mereka hanya perlu fokus pada pekerjaan mereka agar tugas terlaksana dengan baik dan mereka tidak akan mempermalukan agensi masing-masing.

Selain itu, astronaut dari Badan Antariksa Eropa, Luca Parmitano berpendapat bahwa satu-satunya yang ditakutkan astronaut adalah hal-hal yang tak diketahui. Maka dari itu, hal-hal yang sudah siap mereka hadapi justru tidak ditakutkan astronaut.

Nyaman dan Terjangkau di Bobobox

Kalau kamu, apa yang membuat kamu takut? Kalau yang kamu takutkan adalah harga akomodasi untuk liburan atau sekadar staycation, Bobobox adalah solusinya!

Hotel berkonsep kapsul ini mengedepankan kesederhaan dan kenyaman bagi pelanggan. Masalah harga pun tidak perlu dikhawatirkan karena hotel yang satu ini menawarkan harga yang terjangkau dibarengi dengan fasilitas yang memukau.
Ada banyak kemudahan yang ditawarkan Bobobox, mulai dari proses booking, check-in hingga check-out. Pengaturan fasilitas pun dibuat mudah dengan kehadiran teknologi canggih yang terintegrasi dengan fasilitas tersebut.

Ada fitur keyless access yang memudahkan kamu dalam mengakses kamar yang kamu pilih. Setelah melakukan booking dan pembayaran, kamu akan memperoleh QR code untuk akses kamar kamu. Dengan begitu, kamu tidak perlu repot meminta hingga membawa kunci kamar kemana-mana. Cukup scan QR code kamu dan pintu kamar pun terbuka secara otomatis!

Selain itu, hal ini juga akan memberikan keamanan bagi kamu. Kamu tidak perlu khawatir jika meninggalkan barang-barang kamu di kamar karena QR code itu hanya milik kamu.

Fasilitas lainnya juga tak kalah menarik, ada Bluetooth speaker yang siap menemani kamu mendengarkan lagu-lagu favorit sambil bersantai dalam kamar.

Ada juga fasilitas moodlamp untuk meningkatkan mood kamu biar makin nyaman selama di Bobobox. Fitur yang satu ini memungkinkan kamu untuk mengganti warna cahaya lampu LED dalam kamar sesuai dengan keinginan kamu. Tersedia 16 yang bisa kamu pilih untuk membuat mood di kamar kamu semakin asyik.

Tertarik mencoba? Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di PlayStore atau App Store dan rasakan kemudahan itu!

You might also like