Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Viral di TikTok, Ini Dia 7 Fakta tentang Bukit Jamur Ciwidey dengan Lokasi dan Harga Tiket

Keindahan pohon-pohon jamur di atas ketinggian

Mencari tempat untuk melepas penat dari kesibukan sehari-hari tentu tidak sulit, hanya saja cukup membingunkan karena kamu pasti memiliki banyak pilihan. Kalau yang kamu cari adalah tempat sejuk yang bisa menyegarkan pikiran serta tubuh kamu, Ciwidey dan sekitanya di Bandung Selatan adalah pilihan yang tepat.

Wisata di sekitar Ciwidey sendiri memang identik dengan pemandangan alam hijau dan udaranya yang dingin nan menyegarkan. Selain itu, Ciwidey juga identik dengan tempat-tempat wisata seperti Kawah Putih, Ranca Upas dan Situ Patenggang.

Kalau kamu masih tetap ingin berkunjung ke Ciwidey namun menginginkan suasana baru, kamu bisa mencoba datang ke Bukit Jamur Ciwidey. Bagi sebagian orang, tempat ini mungkin masih terdengar asing sementara sebagian yang lain mungkin pernah mendengar nama tempat tersebut karena tempat ini sendiri sempat viral di TikTok.

Mau tahu lebih lanjut tentang harga tiket Bukit Jamur Ciwidey beserta lokasi dan fakta-fakta menariknya? Yuk simak ulasannya berikut ini!

Penamaan Bukit Jamur

@yudhiphoto via Instagram

Sebelum mengetahui harga tiket Bukit Jamur Ciwidey, kamu juga perlu tahu mengapa tempat ini dikenal dengan nama Bukit Jamur. Saat mendengar namanya, kamu mungkin membayangkan sebuah bukit yang penuh denga jamur atau rumah-rumahan atau aksesori berbentuk jamur. Jika itu yang terlintas di pikiran kamu, enyahkan pikiran tersebut.

Bukit jamur yang satu ini merupakan sebuah taman di dataran tinggi yang memiliki pepohonan cemara yang pendek. Pohon-pohon cemara tidak dibiarkan terlihat seperti pohon cemara pada umumnya, melainkan dipangkas menyerupai jamur payung. Nah, dari sanalah nama Bukit Jamur berasal. Selain disebut sebagai Bukit Jamur, tempat ini juga dikenal dengan nama Kampung Jamur karena keunikannya itu.

Pohon ‘jamur’ berwarna hijau tersebut tentu sangat menarik perhatian dan merupakan spot yang wajib dijadikan latar foto saat berkunjung ke sana. Dengan pohon-pohon jamur yang berjajar rapi sebagai latarnya, kamu terlihat seolah-seolah berada di negeri dongeng.

Di sekitar pohon-pohon tersebut, kamu akan menjumpai beberapa meja dan kursi kayu, kayu-kayu gelondongan yang disulap menjadi kursi serta sebuah gazebo yang bisa kamu manfaatkan untuk pengambilan gambar. Selain menjadi spot foto wajib, pemandangan pohon jamur ini juga kerap dijadikan spot untuk melangsungkan sesi foto pre-wedding.

Milik PTPN Rancabolang

Selain mengetahui harga tiket Bukit Jamur Ciwidey, kamu juga perlu tahu di mana lokasi Bukit Jamur ini. Bukit Jamur ini tepatnya berada di Desa Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Lebih lanjut, Bukit Jamur ini berada dalam kawasan Kebun Teh Rancabolang milik PT Perkebunan Nusantara VIII (PTPN) Rancabolang. Karenanya, selain menikmati keindahan pohon-pohon jamur, kamu juga akan disuguhkan dengan hamparan kebun teh yang menyejukkan mata. Sebelum menjadi tempat wisata seperti sekarang ini, kawasan berisi pohon-pohon cemara tersebut merupakan bagian dari kantor PTPN.

Sudah Ada Sejak Zaman Belanda

Sebelum masuk ke informasi harga tiket, Bob juga mau kasih tahu kamu bahwa Kebun Teh Rancabolang tersebut kabarnya sudah ada sejak zaman Belanda, yakni semenjak masa penjajahan. Karenanya, kamu akan menjumpai beberapa bangunan klasik khas Eropa yang ditandai dengan adanya cerobong asap.

Cerobong itu sendiri digunakan sebagai penghangat ruangan mengingat suhu udara di dataran tinggi yang sangat menusuk tulang. Tentunya bangunan tersebut juga bisa kamu manfaatkan sebagai spot berfoto yang unik.

Kebun Teh dan Jembatan Kayu di Atasnya

@dessyratna27 via Instagram

Karena letaknya yang berada di kawasan kebun teh, kamu tentunya juga akan menjumpai kebun teh setelah membayar harga tiket Bukit Jamur Ciwidey. Letaknya tidak begitu jauh dari deretan pohon jamur. Hanya saja, posisinya berada di atas dan kamu harus menyiapkan tenaga untuk berjalan menanjak menuju kebun teh tersebut.

Sesampainya di atas, kamu akan disambut oleh hamparan pohon-pohon teh yang sangat luas dan memanjakan mata. Selain menikmati keindahannya, kamu juga bisa berfoto di sela-sela pohon teh tersebut.

Untuk semakin menarik perhatian pengunjung, dibangunlah sebuah jembatan kayu panjang di atas hamparan kebun teh tersebut. Pemandangan dari atas jembatan tentu tak kalah indahnya. Dari jembatan tersebut, kamu bisa menyaksikan hamparan kebun teh yang hijau yang sangat menyegarkan mata. Jembatan ini sendiri sangat mirp dengan jembatan yang ada di Wayang Windu Pangalengan. Selain itu, jembatan ini juga menjadi favorit para pemburu foto karena keindahan yang disuguhkannya.

Agar tetap nyaman saat beraktivitas di atas jembatan serta untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, jembatan ini dibatasi untuk 20 orang saja. Sambil menunggu giliran naik, kamu bisa menjelajahi kebun teh yang ada di bawahnya atau duduk-duduk santai di kursi kayu yang tersedia di dekat jembatan.

Sempat Viral

Kepopuleran Bukit Jamur Ciwidey tidak lepas dari peran serta media sosial yang membuat banyak orang menyadari kehadirannya. Tempat ini sendiri kabarnya sudah dijadikan tempat wisata sejak tiga tahun lalu. Sejak dilakukan pemugaran tiga bulan ke belakang, tempat ini pun menjadi semakin hits apalagi dengan adanya pohon-pohon jamur yang unik serta hijaunya hamparan kebun teh.

Harga Tiket Bukit Jamur Ciwidey Lama

Sebelum hits seperti sekarang ini, pengunjung yang datang tidak perlu membayar harga tiket Bukit Jamur Ciwidey. Namun, pengunjung dikenakan biaya untuk parkir motor atau mobil.

Keindahan Berseslimutkan Kabut

Sebagaimana yang Bob sebutkan sebelumnya, Bukit Jamur Ciwidey ini berlokasi di dataran tinggi. Karenanya, tidak jarang kehadiran kabut akan menemani kamu saat berwisata di Bukit Jamur Ciwidey.

Kehadiran kabut ini di satu sisi memberikan keindahan tersendiri, membuat kamu seolah-olah terpisah dari dunia lainnya. Hal ini juga memberikan kesan menarik untuk foto-foto yang kamu ambil di sana.

Namun di sisi lain, kehadiran kabut juga bisa memperpendek jarak pandag kamu sehingga kamu haru sangat berhati-hati agar tidak terjatuh atau terpeleset karena suasana yang gelap akibat kabut. Selain itu, kabut ini juga bisa saja turun di siang hari dan bisa membahayakan pengunjung yang sedang dalam perjalanan menuju tempat wisata ini. Untuk, pengunjung harus ekstra hati-hati selama di perjalanan juga saat berada di Bukit Jamur.

Maka dari itu, kamu disarankan untuk datang pagi hingga siang hari. Menjelang sore, kabut bisa saja turun dan menghambat perjalanan kamu apalagi jalan menuju Bukit Jamur masih berbatu-batu.

Harga Tiket Bukit Jamur Ciwidey

@riverflows03 via Instagram

Setelah mengenali beberapa fakta tentang Bukit Jamur, sekarang saatnya kamu mengetahui harga tiket Bukit Jamur Ciwidey ini. Harga Tiket Jamur Ciwidey sendiri masih cukup terjangkau, yakni Rp 12.000,00 per orang. Uniknya, setelah membayar harga tiket Bukit Jamur Ciwidey, petugas akan memberi kamu teh bubuk gratis. Asyik kan!

Selain membayar harga tiket Jamur Ciwidey, kamu juga akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2.000,00 untuk motor dan Rp 5.000,00 untuk mobil. Untuk fasilitasnya sendiri, kelengkapannya cukup memadai.

Selain lahan parkir luas baik untuk motor dan mobil, kamu juga akan menjumpai toilet, musala, gazebo, serta warung-warung kecil yang menjajakan makanan dan minuman. Selain itu, tempat wisata ini juga menyediakan jasa cetak foto 4R yang dihargai sekitar Rp 20.000,00 per lembar.

Jika tertarik berkunjung, kamu bisa datang mulai pukul 07.00 hingga 18.00. Jika ingin lebih santai dalam menikmati pemandangan di sini, sebaiknya kamu menghindari weekend karena tempat tersebut akan sangat penuh.

Masih ingin mengexplore wisata lainnya di kota Bandung namun bingung mau menginap di mana? Coba saja mampir ke Bobobox!

Hotel kapsul yang satu ini menawarkan akomodasi berkonsep minimalis dan futuristik dengan harga terjangkau. Terdapat banyak fasilitas menarik yang akan menemani serta memudahkan kamu selama menginap di sini.

Wi-Fi sudah pasti ada, kencang lagi. Kuncinya tidak konvensional melainkan berupa QR code di aplikasi Bobobox dari ponsel kamu yang kamu dapat setelah menyelsaikan proses booking. Selain itu, ada juga Bluetooth speaker supaya kamu bisa mendengarkan alunan musik favorit kamu dan moodlamp untuk menyesuaikan warna cahaya LED dalam kamar sesuai mood kamu.

Yuk segera unduh aplikasinya dan dapatkan pengalaman menyenangkan bersama Bobobox!

You might also like