Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Selamat Hari Kesehatan Jiwa Sedunia! Ini Dia 10 Tips untuk Membuat Hidupmu Lebih Tenang dan Bahagia!

Raih kebahagiaanmu!

Hidup bahagia dan penuh ketenangan tentu menjadi mimpi bagi banyak orang. Namun, bukan hidup namanya jika tidak diselingi dengan berbagai ujian dan cobaan yang mungkin akan menggoyahkan pertahanan mental kamu.

Sebagaimana kamu tahu, tingkat kebahagiaan seseorang dapat berpengaruh pada kesehatan mentalnya. Karena itu, guncangan hidup baik kecil maupu besar bisa saja menjadikan hidup bahagia terasa seperti angan belaka.

Untuk itu, di Hari Kesehatan Jiwa Sedunia adatau World Mental Health Day yang jatuh pada tanggal 10 Oktober ini, Bob sudah merangkum 10 tips hidup bahagia yang bisa kamu coba agar bisa tetap tenang dan semangat dalam menjalani hidup yang penuh cobaan.

Selalu Bersyukur

@prochurchmedia via Unsplash

Tips hidup bahagia paling pertama adalah selalu bersyukur. Hidup memang tidak sempurna dan pasti ada kekurangannya. Meski begitu, bukan berarti kamu tidak bisa hidup dengan tenang dan bahagia. Dengan bersyukur, kamu bisa berfokus pada hal yang sudah kamu miliki dibandingkan pada hal yang tidak kamu punya.

Karenanya, kamu akan selalu merasa cukup dan tidak dibebani dengan keserakahan atau rasa haus akan hal-hal yang tidak perlu. Kamu juga akan selalu berterima kasih atas segala kesenangan yang kamu miliki. Dengan begitu, kamu bisa merasa lebih tenang dan bahagia.

Menghargai Hal-Hal Kecil

Dalam hidup, kamu mungkin terlalu fokus pada hal-hal besar hingga melupakan bahwa ada hal-hal kecil lainnya yang berkntribusi dalam hidup kamu. Menghargai hal-hal kecil bisa kamu lakukan dengan memfokuskan diri pada hal-hal yang menyenangkan dan menguatkan serta menjauhkan diri-diri dari hal-hal besar yang menyakitkan, menyebalkan, dan mengecewakan.

Tentunya ada banyak hal kecil yang tanpa kamu sadari justru membuat hari kamu semakin cerah. Bangun di tempat yang nyaman dan hangat, menghirup udara segar di pagi hari, cahaya matahari yang menembus jendela di pagi hari, pelukan orang terkasih, wangi tanah setelah terkena air hujan, mendapatkan senyuman tulus, dan kehadiran hewan peliharaan yang selalu membuat kamu gemas adalah segelintir hal kecil yang bisa kamu apresiasi.

Dengan menghargai hal-hal kecil yang sering luput dari perhatian kamu, kamu akan merasa lebih bahagia dan mensyukuri hidup kamu karena pada dasarnya hal-hal kecil itu adalah bagian dari semesta hidup kamu.

Berpikir Positif

Tips hidup bahagia berikutnya yang bisa kamu coba adalah dengan selalu berpikir positif. Buang jauh segala pikiran negatif yang kerap kali membuat kamu berpikiran buruk dan tertekan hingga kamu merasa jauh dari kebahagiaan.

Sebaliknya, fokuskan pikiran kamu pada hal-hal positif sehingga kamu bisa terhindar dari beban-beban yang membuat kamu tidak tenang. Dengan berpikir positif, kamu juga bisa lebih bijak menyikapi cobaan yang datang dan melihat hikmah serta pelajaran berharga di baliknya.

Tidur yang Cukup

@brucemars via Unsplash

Tidur yang cukup dan berkualitas adalah tips hidup bahagia lainnya yang perlu kamu lakukan. Kesibukan serta beban hidup mungkin membuat kamu melupakan kegiatan yang satu ini padahal tidur sendiri sangat berpengaruh pada kesehatan fisik dan mental kamu. Hal ini sudah tentu memiliki andil dalam membuat hidup kamu lebih bahagia.

Karenanya, pastikan untuk tidur selama tujuh sampai sembilan jam sehari. Selain itu, pastikan bahwa kamar kamu dalam keadaan bersih, tenang, dan gelap agar kualitas tidur kamu juga baik. Dengan cukup tidur, kamu memberikan waktu pada tubuh untuk memulihkan diri sehingga kamu akan terbangun dengan tubuh yang segar dan perasaan bahagia.

Olahraga

Kamu tentu sudah sering mendengar ungkapan “Mens Sana in Corpore Sano” yang berarti “Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”. Dalam hal ini, kebahagiaan juga bisa didapat jika kamu memiliki tubuh yang sehat.

Maka dari itu, lakukanlah olahraga secara teratur. Kamu tidak perlu repot melakukannya tempat fitness atau semacamnya. Tips hidup bahagia yang satu ini bisa kamu lakukan di rumah atau sekitar rumah kamu, misalnya dengan jogging, jalan santai setiap hari (kurang lebih 30 menit) atau melakukan workout sendiri di dalam kamar. Dengan berolahraga, produksi hormon dopamin dan serotonin akan meningkat dan hal tersebut dapat memicu rasa bahagia dalam pikiran kamu.

Berhenti Membandingkan Diri

Ungkapan rumput tetangga lebih hijau juga mungkin sudah sering kamu dengar atau bahkan seringkali kamu rasakan. Kamu kerap kali membandingkan diri dengan kondisi orang lain yang kamu anggap lebih baik dan sukses dari kamu.

Jika kamu terus bergelut dengan perasaan iri terhadap kehidupan orang lain dan merasa kalau kamu banyak kekurangan, kamu akan semakin terjerat dalam pikiran-pikiran negatif. Akhirnya, kamu merasa tertekan dan jauh dari bahagia dan ketenangan.

Karenanya, sebisa mungkin hindari membandingkan diri dengan orang lain. Kamu harus percaya bahwa setiap orang memiliki porsi kebahagiannya masing-masing, yang tentunya berbeda satu sama lainnya. Hidup ini tidak sempurna dan setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Menjauh dari Ponsel dan Media Sosial

@austindistel via Unsplash

Jauhkan diri kamu dari ponsel serta media sosial setidaknya satu jam setiap harinya. Jangan khawatir, mereka masih tetap ada buat kamu meskipun kamu mengabaikannya hanya sebentar saja.

Dengan mengikuti tips hidup bahagia ini, kamu memberikan waktu bagi pikiran kamu untuk berkelana dan bebas. Sebagai gantinya, kamu bisa melakukan kegiatan lain seperti membaca buku, pergi ke taman, meditasi, menekuni hobi, dan semacamnya.

Berbagi

Berbagi dengan orang lain merupakan hal sederhana yang berdampak besar baik bagi yang memberi maupun menerima. Kamu bisa memulainya dari rumah, misal dengan membantu membereskan rumah atau memasak di dapur.

Selain itu, kamu juga bisa mengalokasikan rezeki kamu untuk yang membutuhkan. Kamu bisa memberi makan hewan di jalanan atau menyumbang pada orang-orang yang membutuhkan. Melihat kebahagiaan mereka karena kebaikan kamu juga akan menumbuhkan kebahagiaan dalam diri kamu sendiri.

Maafkan dan Hilangkan Dendam

Seringkali, kamu merasakan amarah mendalam akibat rasa dendam dan sakit hati yang dilakukan orang lain. Hal tersebut  umumnya akan memicu rasa tertekan terutama jika kamu tetap memikirkannya dan tidak akan puas jika rasa sakit tersebut belum terbalaskan.

Untuk menghilangkan beban tersebut, ada baiknya kamu mulai menghilangkan dendam yang sudah kamu pendam. Maafkanlah orang yang membuat kamu sakit agar kamu tidak memupuk rasa benci yang berkepanjangan sehingga membuat hidup kamu tidak tenang dan bahagia.

Luangkan Waktu untuk Sendiri

Tidak peduli sesibuk apapun kamu, kamu perlu waktu untuk memanjakan diri kamu sendiri. Untuk itu, luangkanlah waktu agar kamu memiliki momen me-time yang bisa kamu jadikan ajang untuk mengevaluasi diri sendiri. Selain itu, menghabiskan waktu sendiri juga akan memberi kamu kesempatan untuk terhubung dengan aktivitas-aktivitas yang membuat kamu bahagia.

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mempraktikkan tips hidup bahagia ini seperti makan sendiri di restoran favorit, menonton film di bioskop, berlibur ke tempat yang kamu suka  hingga melakukan staycation.

Jika staycation adalah agenda kamu saat ini, kamu bisa melakukannya di Bobobox. Hotel kapsul ini sudah hadir di empat kota besar Indonesia yaitu Bandung, Jakarta, Semarang dan Yogyakarta.

Konsepnya minimalis namun futuristik dengan sentuhan teknologi yang siap membuat masa staycation kamu mudah dan menyenangkan. Kamu akan ditemani dengan kasur empuk nan luas sehingga memberi kamu ruang gerak kamu tidak terbatasi.

Ada juga fitur QR code untuk akses kamar kamu sehingga kamu tidak perlu repot membawa-bawa kunci dan khawatir akan keamanan barang bawaan kamu. Selain itu, kamar kamu juga dilengkapi dengan Bluetooth speaker yang bisa kamu pakai untuk mendengarkan alunan lagu favorit kamu serta fitur moodlamp yang memungkinkan kamu mengubah warna lampu LED dalam kamar sesuai mood kamu.

Asyik, futuristik, dan tidak pelik! Yuk segera unduh aplikasinya agar kamu tidak ketinggalan promo-promo menariknya.

You might also like