@keiislands_indonesia via Instagram

Keindahan yang Tersembunyi: Ini Dia 10 Tempat Wisata “Hidden Gems” di Indonesia yang Menakjubkan dan Jarang Diketahui Orang

Indonesia merupakan negara kepulauan yang menyimpan sejuta pesona dan keindahan alam. Saking luasnya, kamu akan membutuhkan banyak waktu untuk bisa menjelajahi semua pesona tersebut dari Sabang hingga Merauke.

Karena itu, umumnya orang-orang cenderung mengunjungi tempat yang sudah cukup terkenal karena aksesnya yang sudah mudah serta fasilitasnya yang cukup memadai. Kalau kamu sudah puas menjelajahi tempat-tempat yang banyak dikenal orang, kini saatnya kamu menelusuri keindahan tersembunyi yang ada di Indonesia. Jumlahnya mungkin tak terhitung, namun di sini Bob akan memberikan rekomendasi 10 wisata hidden gems Indonesia yang bisa masuk bucket list kamu. Yuk simak informasinya berikut ini!

Pulau Kakaban

@amos_pls ia Instagram

Wisata hidden gems Indonesia yang satu ini bernama Pulau Kakaban dan merupakan bagian dari Kepulauan Derawan di povinsi Kalimantan Timur. Pulau yang satu ini terkenal dengan wisata bawah airnya yang sangat memukau. Karenanya, snorkeling dan diving merupakan kegiatan favorit bagi para pengunjung yang berlibur di sini.

Salah satu yang sangat menarik perhatian dari Pulau Kakaban sendiri adalah Danau Kakaban dan makhluk-makhluk lucu yang menghuni danau tersebut. Air di Danau Kakaban tersebut berasal dari air hujan serta rembesan air laut dari pori-pori tanah sehingga menghasilkan habitat endemik yang lain dari biasanya.

Di dalam danau tersebut, kamu akan berjumpa dengan ubur-ubur mini berjenis golden dan moon jellyfish yang tidak menyengat. Akibat terjebak hingga ribuan tahun dalam danau tersebut, ubur-ubur itu pun kehilangan sengatnya. Karena sifatnya yang jinak, kamu bisa bebas berenang dan menikmati keindahan ubur-ubur cantik tersebut.

Kepulauan Kei

@keiislands_indonesia via Instagram

Wisata hidden gems Indonesia berikutnya menawarkan keindahan yang tak kalah memukau, Kepulau Kei. Kepulauan Kei ini termasuk ke dalam wilayah Maluku dan masih jarang terjamah oleh wisatawan sehingga kondisinya masih sangat asri dan bersih.

Di kepulauan ini, kamu akan disuguhkan dengan keindahan Pantai Ngurtafur dengan pemandangan jalur pantai berpasir putih yang di kelilingi oleh air jernih. Pantai ini juga kerap dijadikan tempat migrasi burung pelikan dari Australia.

Selain itu, Kepulauan Kei juga memiliki Goa Hawang yang terletak di Pulau Kei Kecil. Di dalam goa tersebut, kamu bisa menikmati keindahan stalaktit sambil berenang dalam kolam berair jernih. Keindahan lainnya yang akan membuat kamu takjub adalah kawasan Pulau Bair dengan airnya yang berwarna hijau toska serta pemandangannya yang serupa dengan Raja Ampat di Papua.

Kepulauan Widi

@trippyfolks via Instagram

Selain Kepulauan Kei, Maluku juga memiliki kepulauan lain yang tak kalah indah yaitu Kepulauan Widi. Terdiri dari sekitar 100 pulau, Kepulauan Widi sangat cocok buat kamu yang menyukai aktivitas snorkeling, diving hingga island hopping.

Hamparan pasir putih, air laut yang jernih, keindahan alam bahwa laut, serta suara burung maleo yang bersahutan akan menyambut kedatangan kamu. Karena keindahannya tersebut, wisata hidden gems Indonesia yang satu ini kerap kali disebut Maldives Baru.

Selain itu, kepulauan ini juga terkenal sebagai surganya para pemancing terutama karena keberadaan ikan tuna sirip kuning dan tuna gigi anjingnya yang berlimpah. Jika kamu berlibur ke sana, kamu juga bisa lho memancing sepuasnya. Cukup beritahu para nelayan di sekitar pantai tentang keinginan kamu, mereka akan siap sedia mengajarkan kamu cara menangkap ikan yang baik dan benar.

Pulau Weh

@foziefho via Instagram

Pulau Weh merupakan tempat di mana kota Sabang berada. Wisata hidden gems Indonesia yang satu ini menawarkan berbagai pesona mulai dari keindahan alam hingga kekayaan budaya. Karena terbentuk secara vulkanik, tanah di Pulau Weh ini cukup subur, yang dibuktikan dengan adanya hutan hijau utuh di bagian barat pulau. Selain itu, kamu juga akan menjumpai batu-batu khas vulkanik di tepian lautnya.

Sebagai penanda ujung barat Indonesia, di pulau ini kamu akan menjumpai Monumen Nol Kilometer yang dibangun sebagai simbol kesatuan Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Untuk penikmat biota laut, Pulau Weh juga memiliki Taman Laut Pulau Rubiah yang menyuguhkan pemandangan berbagai ikan tropis, terumbu karang serta spesies hewan laut menarik lainnya.

Selain diliputi keindahan alam, wisata hidden gems Indonesia ini juga sarat akan nilai sejarah. Di pulau tersebut, kamu bisa melihat sisa-sisa bangunan benteng pertahanan milik Belanda dan Jepang.

Pantai Ngetun

@shodiqmuhammad6 Via Instagram

Sebagai negara bahari, Indonesia dianugerahi dengan banyak keindahan pantai dan laut. Salah satu yang cukup menarik adalah Pantai Ngetun di kawasan Purwodadi, Yogyakarta. Yang unik dari wisata hidden gems Indonesia ini adalah lokasinya yang tersembunyi di balik perbukitan. Karena itulah pantai ini dinamai ‘ngitun’ yang memiliki arti mengintip karena kamu bisa melihat keindahan pantai tersebut dengan mengintipnya dari balik bukit-bukit hijau.

Danau Labuan Cermin

@cerita.kota via Instagram

Selanjutnya, ada Danau Labuan Cermin yang terkenal karena kejernihan airnya yang sangat memanjakan mata. Wisata hidden gems Indonesia yang satu ini tepatnya berada dalam wilayah provinsi Kalimantan Timur.

Saking jernihnya air di danau tersebut, pengunjung bahkan bisa melihat dengan jelas ranting yang tergeletak di dasar danau. Retakan pada tanah di dasar danau pun bisa kamu saksikan dengan gamblang.

Selain kejernihan airnya, danau ini juga dikenal sebagai danau dengan dua rasa. Lapisan atas danau berair tawar sementara lapisan bawahnya air asin. Karena itu, di danau tersebut kamu bisa menikmati pemandangan biota air tawar sekaligus air asin. Kehadiran dua jenis air ini juga meimbulkan adanya lapisan pemisah sehingga airnya dapat memantul seperti cermin.

Danau Napabale

@yurniagustina via Instagram

Wisata hidden gems Indonesia selanjutnya datang dari kawasan Sulawesi Tenggara. Namanya Danau Napabele dengan keunikan yang terletak pada rasa air danau tersebut. Jika Danau Labuan Cermin memiliki dua rasa, Danau Napabele ini hanya didominasi oleh rasa asin karena airnya memang berasal dari laut.

Air laut tersebut masuk melalui terowongan sepanjang 30 meter denga lebar 9 meter. Terowongan itu sendiri merupakan penghubung antara danau dengan pantai di Selat Buton. Saat pasang, terowongan tersebut akan tertutup air yang akan mengisi danau tersebut. Namun saat surut, pengunjung bebas melewati terowong dan menikmati keindahan laut dari terowongan tersebut.

Air Terjun Sipiso-Piso

@aereonwong via Instagram

Nama Danau Toba mungkin sudah sering kamu dengar, namun Air Terjun Sipiso-Piso yang terletak di dekatnya mungkin belum begitu familiar di telinga banyak orang. Dengan tinggi sekitar 120 meter, air terjun tersebut tampak seperti sebilah pisau yang menghujam kolam di bawahnya.

Selain kemegahan airnya, kamu juga bisa mengagumi keindahan hamparan bunga liar di sekitar air terjun yang terlihat seperti permadani mewah. Pepohona hijau di sekitar air terjun juga semakin mempercantik tampilan air terjun ini. Dijamin penat kamu hilang deh!

Air Terjun Kiti Kiti

@myaprika via Instagram

Papua memang dikenal dengan keindahan alamnya yang eksotis. Salah satunya adalah keindahan yang disuguhkan Air Terjun Kiti Kiti di Kabupaten Fakfak, Papua Barat. Jika biasanya air terjun bermuara di sungai, berbeda dengan Air Terjun Kiti Kiti yang airnya justru bermuara di laut lepas di kawasan Teluk Nusalasi.

Wisata hidden gems Indonesia ini bisa membawa kamu menikmati dua wisata sekaligus, yakni bermandikan air terjun sambil bermain di pantai berair asin. Saat sedang surut, kawasan di bawah air terjun tersebut akan membentuk pantai. Pastikan kamu datang saat air surut untuk menikmati paket two-in-one tersebut.

Tanjung Puting

via tanjung-puting.com

Wisata hidden gems Indonesia tidak melulu berkaitan dengan keindahan air. Pemandangan hutan liar beserta satwa-satwa endemik yang ada di dalamnya juga tak kalah menyegarkan.

Salah satu yang menawarkan keindahan tersebut adalah Taman Nasional Tanjung Puting yang berlokasi di Kalimantan Tengah. Memiliki luas setara pulau Bali, di taman nasional ini kamu akan dimanjakan dengan satwa-satwa endemik seperti orang utan, bekantan, lutung merah, beruang, kancil, kucing hutan dan masih banyak lagi.

Sudah tidak sabar ingin mengunjungi tempat-tempat wisata hidden gems Indonesia itu? Sabar dulu ya karena keadaan masih belum normal akibat pandemi. Meski begitu, bukan berarti kamu tidak bisa melepas penat kamu. Sebagai alternatif, lakukan saja hal yang simple, contohnya dengan melakukan staycation di hotel dekat tempat kamu tinggal.

Jika kamu berdomisili di Bandung, Jakarta, Semarang, Yogyakarta atau Solo, kamu bisa nih main-main ke Bobobox yang tersedia di sana. Hotelnya nyaman, harganya terjangkau dan protokol kesehatan tetap jalan. Unduh dulu aplikasinya lalu pesan kamar yang kamu mau!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles