Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ini Dia 10 Perayaan Ulang Tahun Unik Di Berbagai Belahan Dunia

Bosan dengan perayaan ulang tahun yang itu-itu saja? Kamu bisa coba cara perayaan ulang tahun yang unik dari berbagai belahan dunia.

Siapa sih yang tidak suka jika ulang tahunnya dirayakan? Bob yakin hampir semua orang senang jika pada hari ulang tahunnya diberikan kejutan yang istimewa. Perayaan ulang tahun merupakan momen setahun sekali yang sangat spesial bagi hampir semua orang dan sangat pas untuk dirayakan bersama.

Hari ulang tahun biasanya selalu identik dengan kue ulang tahun, hadiah, balon, dan acara tiup lilin. Namun, perayaan ulang tahun yang selalu sama setiap tahunnya mungkin membuatmu bosan. Belum lagi balon-balon helium yang menjadi penghias di acara ulang tahun rentan terbakar saat acara tiup lilin. Perayaan ulang tahun yang harusnya menyenangkan bisa menjadi penuh dengan risiko. 

Nah, di ulasan kali ini, Bob akan memperkenalkan berbagai perayaan ulang tahun yang unik dari beberapa negara. Perayaan-perayaan ini ulang tahun mungkin bisa menjadi referensi untuk acara ulang tahunmu tahun depan. 

Mie Umur Panjang China

Perayaan ulang tahun
@GerardRichard Via unsplash.com

Mie memang telah menjadi budaya di China. Sebagai negara penemu makanan yang satu ini, mie harus selalu ada dalam setiap perayaan di China termasuk perayaan ulang tahun. DI China, mie disajikan sebagai pengganti kue saat perayaan ulang tahun tiba. 

Namun, mie yang dimakan saat perayaan ulang tahun bukanlah sembarang mie melainkan mie umur panjang. Sesuai dengan namanya, mie yang satu ini sangatlah panjang yang memiliki makna harapan dan doa supaya yang menyantapnya juga memiliki umur panjang. 

Selain mie umur panjang, China juga memiliki tradisi ulang tahun yang berbeda. Warga China tidak menggunakan kalender masehi dalam merayakan ulang tahun, loh, melainkan menggunakan kalender China. 

Cara penghitungan hari lahir di kalender China pun cukup unik dimana saat kamu lahir, kamu sudah berusia satu tahun. Sehingga warga China memiliki usia satu tahun lebih tua daripada kamu yang hari lahirnya dihitung menggunakan kalender masehi. 

Kue Pai dan Jemuran di Rusia

perayaan ulang tahun
@DavidFedulov via Unsplash.com

Selain China yang memiliki tradisi unik saat perayaan ulang tahun, Rusia juga tidak mau kalah, nih. Tradisi unik dari Rusia juga bisa menjadi referensi untukmu saat merayakan hari ulang tahun. 

Sama seperti China, Rusia jarang menggunakan kue untuk perayaan ulang tahun melainkan menggantinya dengan pai yang cukup besar. Kue pai buatan rumah ini akan ditulis pesan-pesan bagi yang berulang tahun tepat di atas adonan pai tersebut. 

Rasa Pai yang manis yang lezat selalu menjadi favorit siapa saja terutama anak-anak saat sedang berulang tahun. Jika kamu ingin coba membuat pai ulang tahun ala Rusia, kamu bisa mencobanya dengan mudah di rumah, loh. Saran dari Bob, kamu bisa coba membuat pai kayu manis yang juga cukup digemari oleh anak-anak muda di Rusia saat hari ulang tahunnya tiba. 

Selain pai, Rusia juga memiliki tradisi unik lainnya yaitu menggantungkan hadiah-hadiah kecil di jemuran bagi tamu-tamu undangan acara ulang tahun. Tradisi ini lazim dilakukan saat anak kecil berulang tahun. Jika kamu memiliki adik kecil, ide ini bisa dipakai juga saat perayaan ulang tahun adikmu, loh. 

Tahun Mahkota di Belanda

Lain perayaan ulang tahun di China dan Rusia, lain juga di Belanda. Makanan khas yang wajib ada saat warga Belanda ulang tahun adalah kue tart. Namun, berbeda dengan kue tart ulang tahun ala Indonesia, kue tart Belanda ini lebih sederhana. Kue tart ala Belanda hanya diisi oleh buah-buahan dan dihiasi whipped cream di atasnya. 

Selain kue tart, Belanda juga terkenal dengan perayaan ulang tahun khusus yang disebut Crown Year  atau Tahun Mahkota. Saat seseorang menginjak usia 5, 10, 15, 20, dan 21, perayaan ulang tahun mereka akan dirayakan dengan cara Tahun Mahkota atau dengan acara yang lebih istimewa. 

Saat perayaan Tahun mahkota, si anak akan mendapatkan hadiah-hadiah yang lebih besar serta makanan-makanan yang lebih banyak seperti lemonade, coklat panas, maupun tambahan panekuk saat perayaan ulang tahunnya. Seru, ya.

Pinata dan Puding Beras Ala Meksiko

perayaan ulang tahun
@VictorBallesteros via unsplash.com

Tidak ada perayaan ulang tahun di Meksiko tanpa pinata. Pinata adalah boneka yang yang berisi berbagai permen-permen manis yang digantung pada saat perayaan ulang tahun. Anak yang sedang berulang tahun akan ditutup matanya dan diminta untuk memukul pinata dengan tongkat hingga pinata tersebut pecah dan isinya permennya berhamburan. 

Berebutan isi pinata merupakan tradisi perayaan ulang tahun terutama bagi anak-anak di Meksiko. Seru, kan? Kamu bisa coba juga loh, mengadopsi tradisi ini untuk perayaan ulang tahun adikmu. 

Selain pinata, makanan khas yang hampir selalu ada di perayaan ulang tahun Meksiko adalah Arroz con Leche atau lebih dikenal dengan puding beras. Makanan perayaan ulang tahun yang satu ini selalu dicari baik oleh anak-anak maupun orang dewasa saat ada acara perayaan ulang tahun. 

Tarik Telinga Ala Italia

Di Italia terdapat sebuah tradisi yang unik untuk merayakan hari ulang tahun. Saat hari ulang tahunmu tiba, telingamu akan ditarik sebanyak jumlah umurmu. Jika umurmu 17 tahun maka telingamu akan ditarik sebanyak 17 kali. Apakah sakit? Tidak, kok, selama kamu menariknya dengan lembut. 

Tradisi tarik telinga ini tidak hanya di Italia saja namun juga di beberapa negara lainnya di Eropa salah satunya di Hungaria. Selain tradisi tarik telinga, jika kamu mengadakan perayaan ulang tahun di Italia, kamu harus membuka hadiahmu di depan si pemberi hadiah. Di Italia, kamu akan dianggap tidak sopan jika tidak membuka hadiah di depan si pemberi hadiah saat kamu berulang tahun. 

Colek Mentega Ala Kanada

Perayaan ulang tahun di Kanada juga tidak kalah seru, loh. Jika kamu sedang berada di Kanada saat kamu berulang tahun, kamu akan “diserang” dengan mentega. Eits, tidak seram, kok. Biasanya keluarga dan teman-teman akan mencolek hidung yang berulang tahun dengan mentega.

Tradisi perayaan ulang tahun ini tampaknya sudah lama dilakukan terutama pada anak-anak. Meskipun berpotensi menimbulkan kekacauan karena biasanya yang berulang tahun menghindar dari serangan mentega dan kejar mengejar pun tidak terhindarkan, tradisi ini memiliki makna keberuntungan untuk tahun-tahun ke depan bagi yang sedang berulang tahun. Seru sekali, ya.

Jadi, kira-kira perayaan ulang tahun dari negara mana yang akan kamu coba di pesta ulang tahunmu? 

Momen Perayaan Ulang Tahun di Bobobox

perayaan ulang tahun

Jika kamu ingin suasana yang berbeda untuk perayaan ulang tahunmu, kamu bisa coba merayakan hari ulang tahun di Bobobox. Di Bobobox kamu bisa merayakan ulang tahunmu dengan lebih intim bersama orang-orang terdekat. Selain itu, di Bobobox juga terdapat ruang bersama yang bisa dijadikan tempat bercengkrama dengan orang terdekat saat ulang tahunmu. 

Kenapa Bobobox menjadi pilihan? Bobobox merupakan hotel kapsul pertama di Indoensia yang sudah terintegrasi IoT yang menjadikan Bobobox tempat menginap yang sangat aman. Untuk masuk ke pods Bobobox, kamu hanya bisa mengaksesnya dengan menggunakan telepon pintarmu saja. Sangat aman bukan? 

Bobobox juga dikenal sangat nyaman dimana podsnya bisa muat untuk dua orang, loh. Sehingga kamu dan temanmu bisa berbagi pods bersama. Seru, kan? Bagi kamu yang masih pensaran dengan Bobobox, kamu bisa terus cek semua info tentang Bobobox di sini. Jangan lupa mampir ke Bobobox, ya. 

Kamu juga bisa keliling-keliling pods Bobobox dari rumah, lho! Klik di sini untuk memulai virtual tour.

You might also like