Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Punya Gangguan Cemas atau Anxiety? Ini Dia 10 Cara Terbaik Menanganinya

Tarik napas yang dalam, embuskan perlahan

Kecemasan merupakan hal yang wajar dirasakan oleh semua orang terutama saat mereka tertekan atau menghadapi rasa takut. Bagi sebagian orang, rasa cemas tersebut bisa dengan mudah diatasi. Namun, bagi sebagian yang lain kecemasan tersebut bisa bertahan cukup lama dan sulit untuk dikendalikan hingga menjadi gangguan cemas. Gangguan tersebut kemudian dapat menimbulkan pikiran-pikiran negatif yang justru membuat rasa cemas itu semakin menjadi-jadi tanpa alasan pasti.

Jika dibiarkan terus menerus, gangguan ini bisa menimbulkan tanda-tanda gangguan kecemasan yang dapat mengganggu kegiatan sehari-hari penderita. Tanda-tanda yang muncul bisa bersifat fisik (gangguan tidur), emosional (resah, gelisah, cemas, khawatir dan takut berlebihan) hingga behavioral (menunda-nunda pekerjaan).

Tanda-tanda tersebut bisa saja muncul sejak anak-anak atau saat dewasa. Sementara itu, faktor pemicunya cukup beragam. Gangguan tersebut bisa terjadi akibat faktor keturunan, kondisi medis (penyakit kronis), pengaruh obat-obatan tertentu dan alkohol, lingkungan, kejadian traumatis, dan sebagainya.

Karena dampaknya yang bisa mengacaukan kehidupan sehari-hari sang penderita, gangguan ini harus segera diatasi. Lalu, apa saja tips menangani gangguan cemas ini? 10 di antaranya bisa kamu lihat di bawah ini!

Berbagi Cerita

@jcomp via Freepik

Dukungan dari orang lain adalah hal yang penting dalam mengatasi gangguan cemas. Karenanya, saat kamu mengalami gangguan tersebut, berbagi cerita dengan orang yang kamu percaya. Tips menangani gangguan cemas ini dapat membantu menenangkan sistem saraf kamu sehingga kecemasan pun bisa teredam.

Saat kecemasan tersebut berulah, bicarakanlah dengan orang kepercayaan kamu misal salah satu anggota keluarga, teman, atau partner kamu. Pastikan kamu berbicara dengan orang yang tepat, yakni orang yang mau mendengarkan kamu meksi dalam waktu lama tanpa menghakimi, mengecam atau tidak mudah terdistraksi oleh ponsel atau kehadiran orang lain.

Seberapa pun kamu dekat dengan seseorang, bahkan ibu kamu, jika dia juga sesama pencemas berlebih. Orang tersebut bukanlah orang yang tepat untuk mengaplikasikan tips menangani gangguan cemas ini. Nilailah sendiri dengan siapa kamu merasa paling nyaman saat mengeluarkan keluh kesah kamu.

Gunakan Indra Kamu

Saat kecemasan hebat melanda, kamu mungkin tidak bisa langsung menemukan orang yang tepat untuk diajak bicara. Jika kasusnya seperti itu, kamu bisa menenangkan diri sendiri dengan menggunakan indra kamu.

Misalnya, kamu bisa mendengarkan musik atau suara alam (langsung ataupun rekaman) yang menenangkan. Kamu juga bisa menggunakan indra penglihatan sebagai pengalihan dari rasa cemas kamu. Pandangilah hal yang membuat kamu merasa nyaman entah itu gambar pemandangan alam, foto-foto kucing, foto keluarga, dan semacamnya.

Selain itu, kamu bisa memanfaatkan indra penciuman dengan menghirup udara segar, wangi bunga-bunga, atau aroma lilin aromaterapi. Gunakan juga indra perasa kamu dengan memanjakan diri dengan makanan atau minuman favorit kamu, secukupnya saja ya!

Alternatif lainnya adalah dengan memanjakan indra peraba kamu dengan pijatan atau massage, mengelus peliharaan kesayangan, berendam air hangat atau bungkus tubuh kamu dengan selimut yang lembut. Tips menangani gangguan cemas ini bisa membantu kamu belajar untuk menenangkan diri sendiri saat tidak ada bahu yang bisa kamu sandari.

Relaksasi

Tips menangani gangguan cemas berikutnya adalah dengan melakukan teknik relaksasi seperti meditasi dan pernapasan. Latihan meditasi yang teratur dipercaya dapat meningkatkan aktivitas di bagian kiri korteks prefrontal, bagian otak yang bertanggung jawab untuk perasaan senang dan tenang.

Saat kamu merasa cemas, kamu cenderung bernapas dengan cepat sehingga menyebabkan sesak, pusing, hingga kesemutan. Namun, jika kamu bernapas dengan dalam, kamu bisa mengembalikan keadaan dari efek-efek tersebut dan kembali tenang.

Kamu bisa mencoba berbaring, letakkan satu tangan di atas perut dan satu lagi di dada. Tarik napas dalam dan perlahan dan pastikan perut kamu menggembung saat bernapas. Tahan beberapa detik, lalu keluarkan perlahan.

Olahraga dengan Teratur

@ArthurHidden via Freepik

Olahraga merupakan kegiatan yang dapat dilakukan untuk melawan rasa cemas. Tips menangani gangguan cemas yang satu ini akan membantu menghilangkan ketegangan, mengurangi hormon stres dan memproduksi hormon-hormon baik seperti serotonin dan endorfin yang berperan meningkatkan suasana hati kamu.

Untuk permulaan, kamu tidak perlu langsung melakukan olahraga berlebihan, cukup 10 sampai 30 menit saja. Pilihannya pun banyak, kamu bisa jogging, senam, bersepeda hingga melakukan yoga.

Batasi Konsumsi Kafein dan Alkohol

Sebisa mungkin kamu menghentikan atau setidaknya kurangi konsumsi kafein yang umumnya terkandung dalam soda, kopi coklat, teh, obat diet, dan beberapa jenis obat sakit kepala. Kafein sendiri dikenal sebagai stimulan yang dapat memicu debaran jantung, tangan gemetar hingga keresahan. Selain itu, zat ini juga bisa memperparah tanda-tanda gangguan kecemasan seperti insomnia bahkan serangan panik.

Berbeda dengan kafein yang memicu perasaan berlebih, alkohol lebih sering digunakan untuk membuat seseorang lebih tenang. Namun, sifatnya hanya jangka pendek. Jika terus dikonsumsi, alkohol justru akan membuat gangguan cemas kamu semakin berat.

Perhatikan Pola Tidur Kamu

Kualitas dan kuantitas tidur sangat berperan dalam memperoleh tidur yang baik. Kuantitas tidur yang dianjurkan adalah tujuh sampai delapan jam. Jangan sampai kurang atau kelebihan. Agar kamu bisa berkonsentrasi untuk tidur, pastikan pencahayaan, kenyamanan serta suhu kamar kamu sudah nyaman. Hindari juga memainkan ponsel kamu saat hendak tidur.

Tips menangani gangguan cemas ini akan membantu menyeimbangkan emosi kamu. Keseimbangan emosi sendiri merupakan faktor kunci dalam mengatasi kecemasan dan berhenti merasa khawatir.

Makan dan Minum dengan Baik

@user6694312 via Freepik

Saat merasa cemas berlebih, kamu mungkin malas makan dan minum. Hal tersebut cukup sering terjadi pada banyak orang namun bukan berarti bisa terus kamu biarkan. Malas makan sendiri akan membuat kadar gula kamu rendah yang pada akhirnya membuat emosi kamu tidak stabil. Kekurangan cairan juga bisa membuat jantung kamu berdetak lebih cepat sehingga rasa cemas kamu semakin menjadi.

Untuk menghindari hal tersebut, minumlah air putih yang cukup dan konsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah. Tips menangani gangguan cemas yang satu ini dapat membantu kamu berdiri tegak dan memperoleh rasa tenang dari hormon serotonin yang dikeluarkan dari sayur dan buah.

Cari Tahu Pemicunya

Ingat-ingatlah tempat atau waktu saat kamu merasa sangat cemas. Tuliskan jika perlu. Saat kamu melakukan tips menangani gangguan cemas ini, kamu bisa mencari pola-pola yang membuat kamu mengalami kecemasan berlebih.

Setelah mendapatkan hasilnya, kamu bisa mencari cara untuk menghindari atau bahkan menghadapi perasaan cemas tersebut. Dengan mengetahui sumber kecemasan kamu, kamu akan lebih bisa mengatur stres kamu dan siap menghadapi gangguan tersebut.

Berpikir Positif

Kecemasan biasanya berasal dari hal-hal negatif yang kamu pikir mungkin akan terjadi dalam waktu dekat atau di masa depan. Untuk itu, tips menangani gangguan cemas yang tepat adalah dengan berpikiran positif. Selain itu, kamu juga perlu menerima bahwa memang ada hal-hal yang tidak bisa kamu kontrol. Karena itu, ada baiknya kamu berfokus pada sekarang dibandingkan mengkhawatirkan hal mendatang yang belum pasti.

Menyatu dengan Alam

Menikmati alam bisa menjadi tips menangani gangguan cemas berikutnya yang layak kamu coba. Kamu bisa sekadar keluar rumah dan menikmati sorotan cahaya matahari di pagi hari yang siap menghangatkan dan menyegarkan hari kamu.

Kamu juga bisa berjalan santai ke taman dekat rumah kamu. Jika kamu punya waktu dan dana berlebih, pergilah ke hutan dan resapi kesejukan dan keindahan yang ditawarkannya. Kamu pun bisa memilih pantai dan rasakan terpaan angin serta deburan ombak yang memanjakan telinga. Apapun pilihannya, yang penting kamu merasa aman dan rileks serta menikmati pemandangan sekitar kamu. Ajak teman atau keluarga kamu dan nikmati perasaan terhubung dengan orang lain.

Sebelum memutuskan untuk pergi ke tempat yang jauh, pastikan kamu telah mendapatkan penginapan yang nyaman dan aman sehingga kamu tidak perlu resah akan gangguan-gangguan tidak berarti. Salah satu akomodasi yang wajib masuk daftar menginap kamu adalah Bobobox.

Hotel kapsul ini menyediakan fasilitas canggih yang akan membuat kamu bisa tidur dengan nyenyak dan betah berlama-lama di sana. Ada keyless access, Bluetooth speaker hingga moodlamp yang memiliki pilihan warna lampu hingga 16 warna. Kamu bisa mengubah warna lampu tersebut sesuai kebutuhan dan mood kamu. Pilihan warna yang tepat tentu akan membuat tidur kamu berkualitas dan kamu merasa refreshed saat bangun. Unduh dulu yuk aplikasinya di Play Store atau App Store!

You might also like