Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Indahnya Wisata Ke Danau Linow

Penyuka wisata air wajib berkunjung nih!

danau linow
pegipegi.com

Indonesia sangat kaya dengan keindahan alamnya terutama wisata airnya. Begitu banyak pantai-pantai indah, sungai, air terjun, serta danau yang pemandangannya bisa memanjakan mata. Salah satu tempat wisata danau yang memiliki keindahan yang menakjubkan adalah Danau Linow, Sulawesi Utara.

Keindahan Danau Linow

danau linow
pegipegi.com

Nama Danau Linow berasal dari bahasa Minahasa yaitu ‘lilinowan’ yang berarti tempat berkumpulnya air. Terletak di Provinsi Sulawesi Utara, tepatnya di Kelurahan Lahendong, Tomohon. Danau Linow merupakan danau vulkanik dengan luas sekitar 34 hektar yang memiliki kandungan belerang yang cukup tinggi. Danau ini terkenal dengan sebutan Danau Tiga Warna.

Hal tersebut dikarenakan pengaruh cahaya sehingga jika dilihat dari sudut pandang yang berbeda-beda seolah warna airnya berubah-ubah. Pantulan cahaya matahari juga memantulkan kilauan warna seperti pelangi di permukaan danau. Bisa dibayangkan kan betapa indahnya danau ini.

Di danau ini, kita bisa melihat warna air yang dapat berubah-ubah warna menjadi hijau, biru dan kuning kecoklatan. Perubahan terjadi karena kandungan belerang yang tertimbun di dalam danau serta pembiasan dan pantulan cahaya matahari yang menyebabkan warna air danau berubah warna.

Meskipun bau belerangnya menyengat hidung, kandungan sulfur dan magnesium sulfat pada air danau dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Akan tetapi pengunjung harus berhati-hati terhadap kubangan lumpur panas mendidih yang berada di tepian danau ini.

Ekosistem Danau Linow

danau linow
arenahewan.com

Selain keindahan air danau dengan tiga warnanya, Danau Linow juga memiliki daya tarik lainnya. Kamu bisa menjumpai satwa endemik berupa burung Belibis dan sayok atau komo hidup di sekitar danau. Sayok atau komo merupakan serangga unik yang hidup di air dengan sayap dan bisa terbang. Selain itu, serangga ini juga biasa dikonsumsi oleh penduduk sekitar.

Selain burung Belibis, hidup juga berbagai jenis burung yang membangun sarangnya di sekitar danau. Sehingga kamu bisa mendengar suara kicauan mereka sambil menikmati keindahan alamnya. Tidak hanya satwa, aneka ragam tumbuhan juga tumbuh di sekitar danau ini.

Hamparan padang rumput hijau di tepi danau dengan pohon-pohon seolah melengkapi keindahan alam yang ada di Danau Linow. Berteduh di bawah pohon dengan hembusan angin yang sejuk akan membuat badan dan pikiranmu fresh kembali.

Rute Menuju Danau Linow

Lokasi Danau Lindow cukup strategis dan cukup mudah. Kamu bisa mencapainya dengan menggunakan angkutan umum atau mikrolet dari terminal bus Kota Tomohon. Lalu lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 700 meter menuju Danau Linow.

Jika kamu datang dari Bandara Sam Ratulangi, kamu bisa menggunakan transportasi umum untuk menuju Kota Tomohon. Danau Linow ini berjarak antara 37 km dari kota Tomohon. Kemudian jika kamu sudah sampai di dekat Danau Linow, kamu harus berjalan kaki sejauh kurang lebih 1 km untuk sampai ke danaunya.

Selama perjalanan menuju danau, kamu akan dibuat kagum dengan indahnya pemandangan hijau dan perbukitan dengan pepohonan besar. Lalu kamu akan melihat pemandangan Gunung Lokon yang masih aktif dan berbentuk segitiga hampir sempurna.

Selain itu, kamu akan mencium aroma bau telur busuk yang menyengat selama perjalanan menuju Danau LInow. Bau tersebut berasal dari sulfur atau belerang yang terkandung di danau. Belerang tersebut merupakan sisa dari letusan Gunung Mahawu yang terjadii ratusan tahun yang lalu.

Tiket Masuk Danau Linow

Berkunjung ke Danau Linow dijamin tidak akan membuat kantongmu menangis deh. Untuk masuk ke Danau Linow, kamu cukup membayar tarif sebesar Rp 25.000 saja untuk tiap pengunjung. Cukup terjangkau kan? Selain itu kamu juga akan mendapatkan welcome drink berupa teh atau kopi.

Namun, jika biaya tersebut dirasa masih kurang terjangkau. Kamu bisa turun sedikit ke kedai bagian bawah. Di sana kamu hanya cukup membayar Rp 5.000 saja dan kamu bisa menikmati keindahan Danau Linow dari tepian area danau. Walaupun tidak masuk ke area danau, keindahan Danau Linow masih terlihat menakjubkan lho!

Oh ya, jika kamu ingin berkunjung ke danau ini, kamu harus perhatikan jam operasionalnya juga. Danau Linow dibuka untuk umum dimulai dari pukul 08.00 sampai pukul 17.00 sore hari waktu setempat. Jika kamu belum puas menikmati keindahan Danau Linow, jangan khawatir. Kamu bisa menginap di bungalow-bungalow di dekat danau.

Kegiatan di Danau Linow

danau linow
nativeindonesia.com

Banyak hal yang bisa kamu lakukan di Danau Linow. Dengan sajian pemandangan indah danau tiga warna dan kehijauan pepopohonan yang tumbuh di sekitar danau, kamu bisa berfoto atau berduduk-duduk di tepi danau. Kamu bisa berfoto di jembatan kayu, atau di dekat danau.

Danau Linow juga sering dimanfaatkan untuk melakukan sesi foto prewedding bagi banyak pasangan yang akan menikah. Dengan latar pemandangan danau yang begitu indah dan romantis, hasil foto kamu pasti akan memuaskan. Selain itu, kamu juga bisa bermain sepeda air, berpiknik, atau menaiki kayak.

Kamu bisa membawa bekal dan alat piknik lainnya lalu berpiknik bersama keluargamu. Sambil menyantap bekal, kamu disuguhkan pemandangan danau yang memukau. Jika kamu terlalu repot untuk membawa bekal, kamu bisa membeli makanan yang dijajakan di sekitar Danau Linow. Namun, siap-siap untuk merogoh kocek lebih dalam ya.

Jadi, kalau kamu sedang berkunjung ke Provinsi Sulawesi Utara, jangan lupa datang ke Danau Linow kebanggaan Minahasa ini ya! Ajak serta teman dan keluargamu ke sini. Selamat berlibur!

Liburan Bersama Keluarga? Bobobox aja!

Berlibur bersama keluarga sudah pasti menjadi waktu yang ditunggu-tunggu oleh siapapun. Pekan liburan ini mungkin kamu akan sedikit kesulitan untuk menemukan penginapan yang nyaman dan terjangkau. Terutama penginapan yang dekat dengan pusat kota.

Sudah pernah dengar atau mencoba menginap di hotel kapsul? Pasti yang ada di pikiranmu hotel kapsul itu sempit dan tidak nyaman ya kan. Kamu harus mencoba menginap Bobobox! Hotel kapsul berupa pod dengan fasilitas dan ruangan yang leluasa, dijamin kamu akan betah deh.

Pod dengan kelengkapan fasilitas seperti kasur yang empuk, ruangan yang bersih, dan teknologi canggih. Teknologi canggih yang dimiliki semua kamar yaitu berupa lampu LED yang warnanya bisa kamu atur sesuka hati. Kemudian ada juga speaker bluetooth yang bisa kamu gunakan untuk menyalakan musik kesukaanmu. Menarik bukan?

Selain itu, tersedia juga kamar mandi, pantry, dan shoe locker untuk menyimpan sepatumu. Jika kamu bosan berdiam diri di dalam pod, kamu bisa ke luar dan bersantai di communal space. Kamu bisa berduduk-duduk dan berbincang bersama teman atau keluargamu di sini.

Jadi tunggu apa lagi? Ayo ajak teman dan keluargamu untuk menginap di Bobobox dan lengkapi liburanmu dengan pengalaman menginap yang menyenangkan. Pesan pods -nya sekarang juga melalui aplikasi Bobobox yang bisa kamu unduh di smartphone-mu atau kunjungi lamannya dengan klik link ini.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.