Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Indahnya Alam di Pantai Air Manis yang Menakjubkan

Indonesia merupakan negara maritim jadi tak heran jika Indonesia terkenal dengan pantai-pantainya yang indah dan mempesona. Salah satu pantai yang cukup terkenal di wilayah Sumatera yaitu Pantai Air Manis. Sesuai dengan namanya, pantai ini menyuguhkan panorama yang manis bagi siapa saja yang mengunjunginya. Wisatawan asing menyebutnya dengan nama Air Manis Beach and Malin Kundang Stone.

 

Bagi kita masyarakat Indonesia, cerita Malin Kundang merupakan salah satu legenda yang tak asing lagi di telinga. Legenda yang berasal dari Sumatera Barat ini juga sempat diangkat ke dalam film layar lebar dengan berbagai versi. Lalu, apa hubungannya Pantai Air Manis dengan cerita Malin Kundang? Yuk, kita cari tahu jawabannya!

Sekilas Kisah Tentang Malin Kundang Anak Durhaka

Malin Kundang merupakan sebuah legenda yang mengisahkan tentang seorang anak yang durhaka kepada orang tuanya khususnya ibu. Kemurkaan seorang ibu karena anak yang dicintainya tidak mengakuinya berujung malapetaka bagi si anak. Legenda Malin Kundang merupakan cerita yang penuh dengan hikmah dan mengandung pesan moral mengenai pentingnya berbakti dan menghormati orang tua.

Pada jaman dahulu hiduplah seorang anak dengan ibunya. Setelah dewasa si anak meminta ijin kepada ibunya untuk merantau. Setelah bertahun-tahun merantau, akhirnya si anak sukses dan kembali ke kampung halamannya menggunakan kapal besar bersama istri dan para pelayan-pelayannya. Ibu yang selalu merindukan anaknya tersebut selalu menunggu kedatangannya di tepi pantai.

Namun ternyata si anak tidak mengakui ibunya yang miskin dan sudah tua renta. Dia malah mengejek dan mencaci maki sang ibu. Karena merasa kecewa dengan perlakuan si anak akhirnya sang ibu pun mengucapkan kutukan kepada si anak dan anak itupun berubah menjadi batu. Anak tersebut bernama Malin Kundang dan tempat Malin Kundang menyandarkan kapalnya adalah di Pantai Air Manis.

Di sebelah selatan Pantai Air Manis terdapat sebongkah batu yang dipercaya oleh masyarakat sekitar sebagai Malin Kundang. Batu tersebut layaknya orang yang tengah bersujud. Kita juga dapat melihat batu-batu yang menyerupai serpihan-serpihan dinding kapal yang runtuh yang dipercaya merupakan kapal Malin Kundang. Terdapat juga batu yang menyerupai gentong kayu dan tali tambang kapal.

Letak Pantai Air Manis dan Rute Perjalanan

Pantai Air Manis atau biasa orang Padang menyebutnya dengan nama Pantai Aia Manih merupakan pantai yang terletak di sebelah selatan Kota Padang yang berjarak sekitar 10 km dari pusat kota. Pantai ini terletak di Kecamatan Padang selatan dan berada di belakang Gunung Padang. Untuk menuju Pantai Air Manis, wisatawan memiliki banyak cara yang dapat dipilih baik menggunakan transportasi umum maupun pribadi.

Namun alangkah baiknya jika Anda menggunakan transportasi umum karean akan menghindarkan anda dari kemacetan. Anda dapat memilih bus trans Padang dengan rute perjalanan dari lubuk buaya melewati jalan raya teluk bayur untuk sampai ke pasar raya. Setelah sampai di persimpangan, Anda dapat menggunakan ojek atau angkot menuju ke Pantai air Manis.

Bagi Anda yang memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi, di sepanjang jalan Anda akan menemukan penunjuk arah untuk menuju Pantai Air Manis yang dapat Anda ikuti. Penunjuk jalan tersebut dapat menjadi pemandu yang baik untuk perjalanan Anda mengakses Pantai Air Manis.

Harga Tiket Masuk Pantai Air Manis

Untuk dapat menikmati keindahan Pantai Air Manis, Anda tidak harus menguras kantong Anda. Harga tiket masuk Pantai Air Manis yaitu sebesar Rp. 5.000,- per orang. Untuk biaya parkir, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp. 3.000,- untuk sepeda motor dan Rp. 5.000,- untuk mobil. Cukup murah bukan? Bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu liburan Anda, yuk kunjungi Pantai Air Manis.

Indahnya Alam di Pantai air Manis

Selain Batu Malin Kundang dan beberapa serpihan batuan dari puing-puing kapal, Anda juga dapat menikmati hamparan pasir putih nan megah di sepanjang bibir pantai. Satu kata yang dapat melukiskan keindahan Pantai Air Manis yaitu menakjubkan. Selain menikmati hembusan angin pantai dan pemandangan yang mempesona, Anda juga dapat melakukan berbagai aktivitas di bibir pantai.

Anda dapat bermain voli atau sepak bola, duduk santai di hamparan pasir putih, membuat bengunan dari pasir, bermain air di bibir pantai, dan lain sebagainya. Anda dapat mengajak sekitar 3 (tiga) orang agar liburan Anda ke pantai ini menjadi lebih seru. Pantai Air Manis juga tergolong pantai yang memiliki ombak kecil jadi jika Anda aman bagi Anda yang ingin berenang.

Selain itu, Anda juga dapat menyewa ATV untuk berkeliling menyusuri bibir pantai sembari menikmati keindahan alam pantainya. Anda juga dapat menyewa perahu kano maupun perahu motor untuk berkeliling menyusuri pantai.

Pulau Pisang Kecil Dan Pulau Pisang Besar

Daya tarik lain dari Pantai Air Manis yaitu ada sebuah pulau kecil yang terletak di seberang pantai yang dapat Anda kunjungi. untuk mengakses pulau tersebut, Anda harus menempuh jarak sekitar 500 meter. Pulau dengan luas kurang lebih 1 ha tersebut diberi nama Pulau Pisang Kecil atau Pulau Pisang Ketek.

Anda dapat mengunjungi pulau Pisang Kecil kapanpun yang Anda mau. Anda dapat mengunjunginya pagi, siang, sore ataupun malam hari. Saat masih terang dan air tidak pasang, Anda dapat berjalan kaki jika ingin mengunjungi pulau tersebut, namun jika Anda ingin mengunjunginya pada malam hari atau saat air pasang, maka Anda diwajibkan untuk menggunakan jasa perahu.

Selain itu, Anda juga dapat menikmati keindahan Pulau Pisang Besar atau Pulau Pisang Gadang atau ada juga yang menyebutnya dengan nama Pulau Sikuai. Anda dapat mendapatkan penginapan dengan mudah di sini karena pulau ini ditinggali oleh banyak penduduk. Saat sarapan pun, Anda tidak perlu khawatir karena mereka akan memasakkan sarapan bagi tamu yang menginap di rumah mereka.

Anda juga akan disuguhkan keindahan matahari terbit dan terbenam di Pulau Pisang Besar ini. Jadi, jangan lupa untuk mengabadikannya melalui foto sebagai kenang-kenangan jika Anda pernah mengunjungi tempat ini dengan keindahan sunrise dan sunsetnya.

Sajian Kuliner di Pantai Air Manis

Setelah puas bermain di pantai, pasti perut Anda akan merasa lapar dan ingin segera menyantap berbagai hidangan khas Padang. Pantai Air Manis menyediakan sajian kuliner yang dijual oleh warung-warung yang terletak tidak jauh dari pantai. Makanan yang dijual di warung-warung tersebut memiliki rasa yang lezat, yang membuat Anda ketagihan untuk merasakannya lagi.

Anda dapat menikmati sajian ikan fresh yang dijual seharga Rp. 25.000,- dengan bumbu khas Padang yang terkenal pedas. Bagi Anda pecinta kuliner pedas, makanan di sini dijamin akan menggoyang lidah Anda. Namun, bagi Anda yang kurang suka pedas, jangan lupa pesan kepada pelayannya untuk menyajikan makanan yang tidak pedas. Tertarik ingin mencicipi masakan Padang? Silahkan mengunjungi Pantai Air Manis.

Itulah sekilas tentang indahnya alam di Pantai Air Manis yang menakjubkan.

Semoga bermanfaat!

Please rate this

You might also like
Comments
Loading...