freepik/yanalya

Sering Menatap Layar Karena WFH? Yuk Ikuti Tips-Tips Berikut ini Agar Matamu Tidak Kelelahan

Kegiatan WFH mungkin memaksa kamu untuk terus bertatapan dengan layar gadget sehingga kondisi mata kamu pun cepat lelah dan tentunya kamu akan membutuhkan tips mengobati mata lelah tersebut. Tidak bisa dipungkiri, karena ruang gerak kamu hanya di rumah, kegiatan menatap layar pun seakan tanpa jeda.

Selain harus bekerja di depan layar, kamu pun terkadang membutuhkan waktu untuk mencari perkembangan informasi di luar serta mencari hiburan agar tidak semakin jenuh lewat gadget karena terus bekerja dari rumah. Hal tersebut terkadang membuat kamu lupa bahwa mata kamu perlu istirahat dan menjauh dari layar gadget. Kondisi seperti ini tentu akan membuat kamu kurang nyaman dan bahkan dapat menganggu aktivitas kamu sehingga kamu kesulitan untuk berkonsentrasi.

Mata yang lelah memiliki ciri-ciri atau gejala-gejala berbeda, tergantung pada kondisi tubuh serta faktor risiko masing-masing individu. Namun, saat mata kamu lelah kamu mungkin merasa bahwa mata menjadi kering atau berair. Selain itu, kamu juga mungkin merasakan sakit di sekitar mata (alis dan pelipis) atau menjadi lebih sensitif terhadap cahaya (silau).

Mata kamu pun bisa saja terasa terbakar atau kamu kesulitan untuk membuka mata kamu. Lebih lanjut, penglihatan kamu bisa terasa kabur dan kamu bisa saja mengalami vertigo atau sakit kepala. Dampak mata lelah juga bisa menyebar ke bagian tubuh lain sehingga menyebabkan nyeri pada leher, bahu dan punggung. Gejala-gejala tersebut akan semakin terasa jika kamu kurang tidur.

Sebagian besar gejala tersebut tidaklah serius dan dapat hilang dengan sendirinya. Meski begitu, hal ini tidak bisa dianggap sepele karena bisa saja menjadi gejala masalah tertentu seperti mata silinder atau rabun dekat. Karena itu, sebaiknya kamu mencoba beberapa tips mengobati mata lelah agar kamu tetap nyaman bekerja dan mata kamu tetap sehat.

Lalu tips mengobati mata lelah apa saja yang bisa kamu coba? Simak informasinya di bawah ini!

Terapkan Rumus 20-20-20

juststand.org

Salah satu tips mengobati mata lelah yang bisa kamu coba adalah rumus 20-20-20. Cara menerapkan rumus ini adalah dengan beristirahatlah setiap 20 menit sekali dan jauhkan pandangan kamu dari layar. Selanjutnya, tataplah sebuah objek yang jauh dengan jarak 20 kaki (sekitar enam meter) selama 20 detik.

Mata lelah akibat terlalu lama menatap layar menyebabkan otot mata kamu menjadi tegang karena mata terfokus pada layar yang terus memancarkan cahaya. Dengan melakukan rumus 20-20-20 ini, kamu dapat melemaskan otot mata kamu dan mengurangi kelelahan dalam organ penglihatan tersebut.

Atur Posisi Layar dan Pencahayaan

freepik/thanyakij-12

Tips mengobati mata lelah selanjutnya atau lebih tepatnya mencegah terjadi mata lelah adalah dengan menyesuaikan posisi layar serta pencahayaan. Dalam hal ini, sebaiknya kamu mengatur jarak duduk dengan layar komputer atau laptop sejauh 50-100 cm dengan posisi duduk yang tegap.

Selain itu, kamu juga perlu mengatur posisi layar sedemikian rupa sehingga pandangan kamu sedikit ke bawah. Hal ini dilakukan untuk mengurangi stres pada mata serta mencegah agar kamu tidak mengalami nyeri pada leher dan bahu karena kamu tidak perlu menekuk bagian tubuh tersebut.

Kamu juga perlu mengatur pencahayaan dalam ruangan agar seimbang. Usahakan agar pencahayaannya tidak terlalu terang agar tidak menyilaukan mata kamu.

Selain itu, kamu juga perlu mengatur kecerahan, kontras, dan ukuran font pada laptop atau komputer sehingga kamu lebih mudah melihatnya. Untuk mengurangi silau dari layar, kamu bisa menggunakan filter layar agar lebih nyaman saat menatapnya.

Sering Berkedip

freepik/cookie_studio

Tips mengobati mata lelah yang satu ini juga bisa kamu coba selama melakukan aktivitas WFH kamu. Menurut studi, orang yang bekerja di depan komputer seringkali lupa untuk banyak banyak berkedip.

Sebagaimana kamu tahu, gerakan berkedip dapat membantu melembapkan atau membasahi mata kamu sehingga kamu terhindar dari mata kering, gatal dan juga iritasi. Jika kamu banyak berkedip, air mata akan menguap lebih cepat dan karena itulah mata kamu jadi mudah kering.

Untuk mengatasinya, kamu disarankan untuk membiasakan diri berkedip sekitar 10-20 kali setiap menit agar ketegangan mata dapat berkurang. Jika belum terbiasa, setiap 20 menit kamu bisa berkedip 10 kali dengan gerakan lambat dan tutup mata kamu seolah-olah kamu tertidur. Hal tersebut dapat membantu melembapkan mata kamu.

Lakukan Perawatan pada Mata

freepik

Tips mengobati mata lelah selanjutnya adalah dengan melakukan perawatan pada mata. Ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk melakukan perawatan ini. Salah satunya adalah mengompres mata dengan kain yang sudah dibasahi dengan air hangat.

Kompres dengan air hangat ini dapat membantu memaksimalkan kerja kelenjar minyak yang berada di sekitar kelopak mata. Hal ini secara tidak langsung akan mengurangi kekeringan pada mata kamu.

Gejala mata kering juga dapat diatasi dengan menggunakan obat tetes mata. Obat tetes mata dapat digunakan sebagai pelumas sehingga kamu terhindar dari mata kering. Agar lebih aman, kamu sebaiknya menggunakan obat yang tidak mengandung zat pengawet. Bila perlu, kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter mata terkait penggunaan obat tetes mata tersebut.

Agar mata kamu lebih segar lagi, kamu juga bisa menggunakan irisan timun pada mata. Kandungan vitamin C pada timun dapat bertindak sebagai antioksidan yang membantu mencegah iritasi pada mata.

Kamu bisa langsung menempelkan potongan timun di mata kamu selama 15-20 menit. Alternatifnya, kamu bisa menggunakan kapas yang dicelupkan ke dalam jus timun. Lalu tepuk-tepuk kapas tersebut dengan lembut di area sekeliling mata. Selain menyegarkan mata, timun juga dapat mengurangi lingkar hitam serta bengkak pada mata.

Tips mengobati mata lelah lainnya dengan perawatan mata dapat kamu lakukan dengan menggunakan teh celup. Kamu bisa menggunakan the celup yang sudah kamu gunakan untuk menyeduh teh.

Setelah selesai menyeduh the untuk kamu konsumsi, kamu bisa menyimpan kantong tehnya di dalam lemari pendingin. Setelah cukup dingin, kamu bisa menggunakan kantong tersebut untuk mengompres mata kamu agar lebih segar dan rileks.

Selain itu, mencuci mata dengan air dingin bisa menjadi salah satu tips mengobati mata lelah yang bisa kamu coba. Percikan air dingin pada mata dapat membuat sistem saraf di wajah menjadi lebih rileks. Dengan begitu, ketegangan yang memicu mata lelah pun berkurang.

Hilangkan Lelah di Bobobox

Selain mencoba tips mengobati mata lelah di atas, kamu juga perlu istirahat dan tidur yang cukup agar mata kamu tidak cepat lelah. Jika kamu sesekali memerlukan suasana tidur baru namun tetap nyaman, kamu bisa menginap di hotel kapsul Bobobox.

Selain kenyamanan, Bobobox juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang terintegrasi dengan teknologi canggih lho. Salah satunya adalah fitur moodlamp yang memungkinkan kamu untuk mengubah pencahayaan dalam kamar yang kamu inapi.

Fitur ini memiliki sekitar 16 warna lighting yang bisa kamu ubah sesuai mood kamu. Selain memberikan efek yang tampak Instragammable, fitur ini juga dapat membantu meningkatkan kenyamanan serta kualitas tidur kamu. Nyenyak tidur di Bobobox, pulang-pulang pasti segar!

Tunggu apa lagi? Segera unduh aplikasinya di PlayStore atau App Store dan dapatkan pengalaman tidur berkualitas di Bobobox.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles