Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Throwback ke 5 HP Jadul yang Ikonik di Eranya. Ada HP Kamu, Nggak?

Bukan hanya Nokia loh HP jadul yang keren pada masanya!

Perkembangan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari seiring berjalannya waktu. Nggak bisa dipungkiri, teknologi sudah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari. Produk-produk teknologi sudah banyak membantu kita. Dibandingkan beberapa dekade ke belakang, teknologi saat ini sudah jauh lebih maju dan bisa memenuhi berbagai kebutuhan. Dulu, berbelanja harus dilakukan di toko langsung. Sekarang, kamu bisa beli berbagai kebutuhan lewat ponsel atau komputer. Praktis banget, ‘kan?

Eh, tapi Bob akan ngajak kalian throwback ke era tahun 2000an. Pada dua dekade sebelumnya, teknologi memang belum semaju sekarang. Namun, kita bisa menemukan banyak produk teknologi yang keren, seperti ponsel dan music player. Memang sih, ponsel di era itu sudah jadi HP jadul di masa sekarang, tapi coba pikirkan deh! Zaman dulu, ponsel-ponsel tersebut canggih banget dan terkadang menjadi claim to fame seseorang. Apalagi kalau ponselnya sudah dilengkapi kamera dan Bluetooth. Duh! Kece badai, deh!

hp jadul
Sumber: JetGirl Art

Di tahun 2000an, ada beberapa brand ternama yang menguasai pasar ponsel. Nokia adalah salah satu merek yang paling unggul. Dilansir dari GIGAOM, brand asal Finlandia ini menempati urutan pertama sebagai pemenang pasar smartphone di tahun 2008 di Amerika Serikat. Rekor ini tidak mengejutkan karena Nokia sering hadir dengan perangkat-perangkat unik. Di tahun 2002, Nokia meluncurkan ponsel kamera pertamanya, Nokia 7650. Dilansir dari blog Windows, ponsel ini merupakan ponsel pertama Nokia yang dilengkapi kamera, layar berwarna, dan sistem operasi Symbian. Hmm… Ada yang pernah punya?

Selain Nokia, ada juga beberapa brand lain yang beredar di pasaran. Sony Ericsson salah satunya. Berdasarkan informasi dari Sourcewatch, Sony Ericsson merupakan perusahaan gabungan antara perusahaan asal Jepang, Sony dengan perusahaan Swedia, Ericsson. Ponsel-ponsel keluarannya pun nggak kalah keren, lho! Nah, kalian mungkin nggak sabar ingin bernostalgia dengan beragam HP jadul keren pada masanya. Bob sudah kumpulkan 5 pilihan perangkat lawas nge-hits dan ikonik. Check these out!

1. Nokia 3650

hp jadul
Credit: Mobile Review (YouTube)

Nggak afdal rasanya kalau membahas HP jadul tanpa menyebutkan perangkat yang satu ini. Dirilis pertama kali pada kuartal pertama 2003, Nokia 3650 bisa dibilang sebagai game changer. Gimana nggak? Dari bentuknya saja sudah unik. Ponsel candybar ini punya bagian bawah yang melingkar dengan layout keyboard yang nyeleneh. Berdasarkan informasi dari GSM Arena, Nokia 3650 dilengkapi kamera 0,3 megapiksel, memori internal 4 MB, dan baterai 850 mAh.

Di kuartal ketiga 2003, Nokia merilis Nokia 3660. Dilansir dari Phonescoop, perangkat ini merupakan upgrade dari Nokia 3650 yang menawarkan layar 65 ribu warna. Versi ini pun punya keyboard konvensional. Namun, fitur lain seperti kamera, Bluetooth, dan sistem operasi sih tetap sama. Baik Nokia 3650 dan Nokia 3660 jadi salah satu HP jadul favorit pada masanya. Ada yang pernah punya ponsel ini? Jangan bilang kalian pernah pasang UltraMP3 dengan background Final Fantasy X!

2. Sony Ericsson W550i

hp jadul
Credit: Pal Berge (Wikimedia)

Dirilis tahuh 2005, HP jadul yang satu ini pasti nggak asing lagi. Sony Ericsson W550i menarik perhatian para penggemar musik dengan fitur Walkman-nya. Dilansir dari GSM Arena, ponsel ini dipersenjatai memori internal 256 MB, kamera 1,3 MP, dan baterai 900 mAh. Wah! Zaman dulu ruang penyimpanan sebesar itu terbilang besar, lho! Ponsel swivel ini juga tampil ikonik dengan warna perak dan oranye yang vibran. Meskipun demikian, ada pula opsi warna biru tua dan putih sebagai alternatif.

Untuk yang suka selfie, ponsel ini cocok banget. Di bagian belakang perangkat, terdapat kamera dan cermin kecil sebagai panduan untuk berfoto. Ya, Sony Ericsson W550i memang tidak dilengkapi kamera depan. Namun, dengan cermin kecil di samping kamera, kamu tetap bisa mengambil selfie yang keren, kok! Bahkan, dilansir dari video pemilik akun YouTube Putra ID, ponsel langka ini dicari para kolektor, lho! Hmm… Berminat buat beli lagi sebagai koleksi?

3. Motorola Razr V3

hp jadul
Sumber: The Rahnuma Daily

Meskipun sekarang sudah terbilang HP jadul, ponsel yang satu ini sebetulnya terlihat trendi. Motorola Razr V3 adalah ponsel keluaran Motorola yang dirilis pada tahun 2004. Menurut halaman Wikipedia-nya, Motorola Razr V3 awalnya diluncurkan sebagai fashion phone eksklusif. Gimana nggak? Dengan bentuk clamshell dan bodi yang ramping, ponsel ini terlihat classy dan bergaya. Motorola Razr V3 hadir dalam tiga warna: silver, hitam, dan pink. Namun, ponsel ini dipersenjatai kamera 0,3 MP dan memori internal 5,5 MB saja, menurut GSM Arena.

Dari segi fitur sih memang kurang, tetapi ponsel ini tetap jadi favorit banyak orang, lho! Dilansir dari Telegraph, perangkat ini terjual sebanyak 130 juta unit dan menjadi ponsel clamshell terlaku di dunia! Di tahun 2019, Motorola menghidupkan kembali brand Razr, lho! Berdasarkan informasi dari situs resmi Motorola, Razr baru hadir dengan sistem operasi Android 10. Ponsel ini juga memiliki memori internal 128 GB, RAM 6 GB, dan fitur terkini seperti GPS dan fingerprint reader.

4. BlackBerry Curve 8520

hp jadul
Sumber: Tech Radar

“Eh, PIN BB kamu apa?”. Kamu mungkin nggak asing dengan pertanyaan itu. Ya, BlackBerry sempat populer di era tahun 2000an hingga pertengahan 2010an. Salah satu HP jadul yang cukup populer dari BlackBerry adalah BlackBerry Curve 8520. Di Indonesia, ponsel ini mungkin lebih dikenal dengan nama BlackBerry Gemini. Bentuknya yang khas dengan keyboard QWERTY dan tentunya fitur BBM membuatnya cukup laku di pasaran.

Dilansir dari Tech Radar, BlackBerry Curve 8520 dipersenjatai ruang penyimpanan internal sebesar 256 MB. Selain itu, perangkat ini dibekali optical pad sebagai pengganti trackball. Nah, salah satu fitur seru yang bisa dinikmati saat menggunakan BlackBerry adalah media sosial. Unggahan Facebook, Twitter, dan media sosial lainnya biasanya dipercantik dengan autotext unik. Kamu paling sering pakai autotext apa? Bob sih suka yang ini: Щ(ºДºщ)

5. Samsung Corby

hp jadul
Sumber: Mobilissimo

Perusahaan asal Korea Selatan, Samsung merilis ponsel yang cukup nge-hits di era 2000an akhir. Ponsel dengan nama resmi Samsung S3650 ini hadir dengan layar sentuh dan desain yang simpel. Di Indonesia, HP jadul ini dikenal dengan brand Samsung Corby. Kamu mungkin pernah melihat iklannya di televisi. Menampilkan Nicholas Saputra dan Dian Sastro, iklan Samsung Corby dimeriahkan oleh lagu Technicolor milik Paloma Faith. Dilansir dari GSM Arena, Samsung S3650 dibekali kamera 2 MP, memori internal 50 MB, dan capacitive touchscreen 256 ribu warna.

Oh, ya! Si Corby ini juga hadir dalam beberapa versi, lho! Salah satunya adalah Corby TXT atau Samsung B3210. Versi ini tidak memiliki touchscreen memang. Sebagai gantinya, Samsung Corby TXT dipersenjatai keyboard QWERTY buat kamu yang sering chatting. Dilansir dari Tabloid Pulsa, Samsung Corby TXT memiliki layar 256 ribu warna, memori 40 MB, dan jack audio 3,5 mm. Tinggal pasang headset, kamu sudah bisa menikmati musik sambil chatting dengan teman-teman!

Nah, itulah 5 HP jadul yang nge-hits pada zamannya. Sebetulnya, masih ada lebih banyak ponsel-ponsel lawas yang trendi dan ikonik. Nah, apa ada ponsel kalian yang disebutkan di listicle Bob? Atau mungkin ada ponsel impian kalian zaman dulu di daftar rekomendasi Bob? Kalau ada atau nggak ada, kasih tahu Bob, dong, ponsel jadul punya kalian!

Perkembangan teknologi membuat ponsel-ponsel bermetamorfosis menjadi perangkat serbabisa. Terlebih dengan adanya internet, kegiatan-kegiatan yang dulunya harus dilakukan secara manual bisa dikerjakan lewat ponsel. Nah, teknologi yang di-update ini juga berlaku untuk hal-hal lain, termasuk hotel! Hmm… Nggak percaya?

Coba Deh Menginap di Bobobox!

Akomodasi yang satu ini bukan hotel kapsul biasa! Bobobox mengintegrasikan teknologi dalam pod dengan perangkat seluler untuk menunjang kenyamanan dan kemudahanmu. Jadi, di sini kamu nggak perlu repot-repot bawa room card. Untuk mengakses pod, kamu tinggal scan barcode pada aplikasi Bobobox di ponselmu. Praktis, ‘kan? Kamu juga bisa mengatur pencahayaan pod dan mengunci pintu lewat aplikasi. Butuh teman chat? Ada fitur obrolan juga, lho, di aplikasi!

Teknologi keren ini juga didukung oleh interior pod yang nyaman. Dengan desain futuristik dan balutan warna putih yang keren, kamu bisa beristirahat dengan nyaman. Mau kerja, maraton drama Korea, atau rebahan juga bisa kok! Kebersihan pod juga terjaga karena Bobobox menerapkan protokol kebersihan dan keamanan yang ketat. Oh, ya! Bobobox juga dilengkapi pantry, communal space, musala, dan shared bathroom sebagai fasilitas umum. Psst! Tempat-tempat ini juga cukup Instagrammable, lho!

Nah, Bob sempat sebutkan aplikasi Bobobox, ‘kan? Aplikasi ini bisa kamu unduh secara gratis dari App Store maupun Google Play Store. Lewat aplikasi ini, kamu bisa melakukan reservasi secara langsung dan mendapatkan beragam promo menarik. Yuk download aplikasi Bobobox ke ponselmu sekarang!

You might also like