Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

6 Hormon yang Mempengaruhi Mood Kerja Kamu

Hmm kira-kira apa saja ya?

Pengaruh Hormon Terhadap Emosi

Saat kita bekerja seringkali ada saat di mana kita merasa sulit untuk fokus pada pekerjaan. Hal itu biasanya terjadi ketika kita sedang mengalami mood atau emosi yang tak tentu. Perasaan yang timbul tersebut merupakan efek yang dihasilkan oleh hormon-hormon di dalam tubuh kita. Perasaan positif atau perasaan negatifkah yang dihasilkan.

Reaksi kimia yang berupa hormon-hormon di dalam tubuh bertanggung jawab terhadap perasaan seseorang. Hormon memiliki pengaruh terhadap emosi yang muncul, seperti rasa sedih, rasa sakit, bahagia, dan lain-lain. Kemudian hormon dan otak saling memengaruhi sehingga timbulnya reaksi pada tubuh. Misalnya, menangis, tertawa, atau berteriak.

6 Hormon yang Berpengaruh Terhadap Mood 

Nah, supaya kamu bisa lebih fokus dan mengerjakan pekerjaanmu dengan lebih baik, ada hormon-hormon yang bisa memperbaiki mood kamu saat bekerja. Berikut adalah 6 hormon dalam tubuh yang berpengaruh terhadap mood saat bekerja:

Hormon Endorfin

Hormon endorfin merupakan hormon yang berfungsi sebagai painkiller alami di tubuh kita. Hormon ini mampu menghilangkan rasa sakit yang kita rasakan. Endorfin juga membuat kita memiliki daya tahan tinggi. Ia mendorong kita untuk melakukan hal-hal yang challenging.

Nah, endorfin membuat kita tetap senang melakukan suatu pekerjaan walaupun sulit dan berat. Kamu bisa merangsang hormon ini dengan melakukan olahraga atau mengkonsumsi makanan pedas.

Hormon Serotonin

Serotonin sering disebut sebagai hormon kebahagiaan. Hal ini karena serotonin memang berfungsi untuk mengatur suasana hati agar menjadi lebih baik. Hormon ini juga berfungsi sebagai hormon pencegah timbulnya stress atau depresi pada seseorang.

hormon yang berpengaruh terhadap mood kerja

Cara yang bisa kamu lakukan untuk merangsang hormon serotonin salah satunya dengan memikirkan hal-hal yang membahagiakan. Berada di bawah sinar matahari dan mengkonsumsi makanan yang mengandung tryptophan juga dapat meningkatkan serotonin.

Hormon Dopamin

hormon yang berpengaruh terhadap mood kerja

Hormon dopamin adalah hormon kesenangan atau kenikmatan yang dilepaskan ketika kita mencapai suatu tujuan. Hormon ini membantu kita supaya termotivasi dan fokus untuk melakukan suatu pencapaian. Hal yang bisa kamu lakukan untuk merangsang hormon ini adalah dengan membuat perencanaan tujuan dan makan makanan kaya protein.

Hormon Oksitosin

hormon yang berpengaruh terhadap mood kerja

Oksitosin lebih dikenal dengan hormon cinta. Hormon ini dapat meningkatkan perasaan cinta dan kepercayaan terhadap seseorang. Hal yang bisa kamu lakukan untuk memicu pelepasan hormon ini adalah dengan menunjukan rasa sayang kepada orang yang kamu kasihi. Misalnya dengan berpelukan, berbuat kebaikan, dan melakukan pijatan.

Hormon GABA (Gamma Amino Butyric Acid)

hormon yang berpengaruh terhadap mood kerja

Hormon ini berfungsi sebagai untuk mengurangi rasa grogi pada seseorang. Ia bisa membuat seseorang lebih tenang dan rileks. Untuk memicu pelepasan hormon GABA adalah dengan melakukan yoga dan makan makanan yang kaya akan asam glutamat.

Hormon Noradrenalin

hormon yang berpengaruh terhadap mood kerja

Noradrenaline berfungsi untuk memotivasi otak dan tubuh untuk bertindak. Hormon in meningkatkan gairah dan kewaspadaan serta membantu seseorang lebih fokus. Kamu bisa melakukan olahraga ekstrim, menonton film horror, atau bermain game.

Perbaiki Mood -mu dengan Menginap di Bobobox!

Pekerjaan yang menumpuk bisa membuat perasaanmu menjadi tidak karuan dan lebih emosional lho! Kamu butuh liburan sejenak untuk meningkatkan hormon serotonin di dalam tubuhmu supaya kamu tidak cepat depresi. Bobobox siap memberimu kenyamanan dan pengalaman yang menyenangkan.

bobobox

Kamu tidak perlu khawatir gajimu habis. Dengan harga terjangkau, kamu bisa mendapatkan pod dengan kasur super-empuk dan dilengkapi dengan teknologi canggih. Kamu bisa berelaksasi dengan nyaman di Bobobox. Tunggu apa lagi? Pesan pods –nya melalui aplikasi Bobobox atau kunjungi websitenya.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.