Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Panduan Lengkap Memulai Hobi Model Kit: Definisi, Jenis, Hingga Tingkat Kerumitannya

Segala sesuatu yang harus kamu persiapkan sebelum mulai!

Bobobox.co.id — Model kit merupakan salah satu jenis mainan yang dapat mengasah otak. Tak seperti mainan lainnya, ada keunikan dan sensasi tersendiri saat memulai hobi model kit ini.

Pasalnya, saat membelinya, kamu tidak akan mendapatkan mainan dalam bentuk utuh. Malah, kamu diminta untuk merakit mainan ini dari partikel-partikel kecil. Ini tentu berbeda dengan kebanyakan mainan.

Walau terlihat sulit, biasanya setiap mainan model kit disertai dengan petunjuk bagaimana cara merancangnya. Hal tersebut tentu akan mempermudahmu dalam merakit mainannya.

Nah, jika kamu ingin memulai hobi model kit, tak usah ragu. Kamu sedang berada di tempat yang tepat karena Bob sudah merangkum informasi sedetail mungkin soal salah satu hobi yang tengah populer tersebut.

Bagi kamu yang tertarik memulainya, berikut adalah panduan praktis yang akan membahas pertanyaan orang awam terkait model kit. Penjelasannya sendiri mulai dari definisi, ukuran skala, jenis, hingga hal yang perlu dipersiapkan.

Apa Itu Hobi Model Kit?

Sebelum membahas soal hobi model kit, kamu wajib mengetahui apa itu sebenarnya model kit. Model kit merupakan mainan yang berawal dari beberapa partikel yang harus dirakit untuk menghasilkan bentuk akhirnya.

Biasanya, mainan tersebut dibuat dari beberapa material seperti plastik, metal, dan kayu. Dalam perangkaiannya, kamu membutuhkan alat seperti lem, skrup, paku kecil atau kombinasi ketiganya.

Jika kamu memiliki ketiga alat di atas, tak usah risau. Pasalnya, alat pembantu seperti sekrup dan paku kecil sudah tersedia dalam paket penjual model kit yang kamu beli sebelumnya.

Di samping itu, kebanyakan model kit sudah menyertakan stiker dan panduannya. Jadi, kamu hanya tinggal mengikuti panduannya saja. Namun, jika mau, kamu bisa kok melakukan sentuhan custom.

apa itu hobi model kit
sumber: blibli.com

Ukuran Skala

Di pasaran, kamu bisa dengan mudah menemukan model kit dalam berbagai varian skala. Secara umum, varian skala yang biasa dijual di pasaran antara lain 1:10 hingga 1:2500.

Skala tersebut menunjukkan perbandingan antara ukuran model kit dengan ukuran sebenarnya. Jika skala 1:10, itu berarti satu kaki pada model berukuran sepersepuluh dari ukuran aslinya.

skala model kit
sumber: model-car-world.co.uk

Baca Juga: Ingin Mulai Investasi NFT? Simak Tips Investasi NFT Ini Terlebih Dahulu, Ya!


Jenis Model Kit

Setelah mengetahui skala yang biasa ditemukan, kamu wajib mengetahui jenis sebelum memulai hobi model kit. Sejauh ini, ada setidaknya lima model yang populer di pasaran.

1. Model Kit Pesawat

Model kit pesawat adalah model paling populer saat ini. Model mainan ini hadir dalam banyak bentuk yang bisa dipilih sesuai selera. Tingkat kerumitannya berbeda-beda tergantung model dan skalanya.

Untuk saat ini, ada banyak ukuran skala model kit pesawat, yakni 1:24, 1:32, 1:48, 1:72, 1:100, dan 1:144. Bagi pemula, sangat disarankan untuk membeli skala 1:72 saja.

mainan pesawat
sumber: karousell.com

2. Model Kit Mobil

Selanjutnya, ada model mainan mobil-mobilan dengan jenis model kit. Sejauh ini, jenis model kit sedang naik daun dan menyaingi popularitas mobil RC atau remote control.

Banyak merek yang menjajakan beragam model dan skala. Model kit biasanya memiliki bentuk yang lebih realistis dibanding jenis lainnya. Skala mainan ini mulai dari 1:8 hingga 1:43.

mainan mobil-mobilan
sumber: autonetmagz.com

3. Model Kit Kendaraan Militer

Jika kamu termasuk penyuka hal-hal berbau militer, model kit kendaraan militer adalah jawabannya. Banyak model yang bisa kamu pilih mulai dari tank, pesawat tempur, mobil dan motor tempur, semua ada.

Variannya sendiri juga terbilang sangat banyak, mulai zaman PD 1 hingga militer modern. Skala model kit kendaraan yang tersedia di pasaran mulai dari 1:16 hingga 1:76.

model kit kendaraan militer
sumber: bukalapak.com

4. Model Kit Gundam

Model kit gundam merupakan model kit action figure yang selalu menarik perhatian. Jangan heran jika penggemar mainan ini sudah banyak di seluruh penjuru dunia.

Sejauh ini, banyak sekali pilihan model gundam yang bisa kamu pilih. Untuk skalanya, kamu bisa memilih mulai dari 1:144 hingga 1:60 dengan harga yang tentunya bergantung dengan modelnya.

model kit gundam
sumber: gearhungry.com

5. Model Kit Kapal

Terakhir, ada model kit kapal. Jenis model ini akan sangat cocok untuk dipilih jika kamu termasuk penggemar mainan berukuran besar. Pasalnya, model ini mempunyai skala terkecil 1:700.

Model kit kapal sendiri termasuk salah satu model yang cukup digemari oleh orang dewasa. Hal ini terbilang wajar mengingat model kit ini mampu menambah nilai estetika ruangan.

model kit kapal
sumber: kaskus.id

Tingkat Kerumitan

Tingkat kerumitan dari sebuah model kit akan bergantung dari skala dan grade dari mainannya. Semakin kecil model kitnya, semakin sulit juga saat dirakit karena membutuhkan ketelitian tingkat tinggi.

Beberapa jenis model relatif memiliki hanya satu grade saja. Sejauh ini, baru Gundam yang mempunyai beberapa grade yang disesuaikan dengan tingkat kerumitannya.

Grade paling rendah adalah SD atau Super Deformed. Setelah itu, gradenya meningkat mulai dari HG (High Grade), RG (Real Grade), MG (Master Grade), PG (Perfect Grade), dan Mega Size model.

Dari grade ini, SD terbilang yang paling murah karena dibanderol mulai dari Rp780 hingga Rp200 ribu. Sementara itu, Mega Size model memiliki harga tertinggi, yakni di kisaran Rp1,2 hingga Rp4 juta.

tingkat kerumitan mainan
sumber: gunpla101.com

Baca Juga: Sukar Dipercaya, Simak 10 Controller Game Terunik Di Dunia


Hal yang Dibutuhkan saat Memulai Hobi Model Kit

Setelah mengetahui definisi hingga tingkat kerumitannya, saatnya kamu mengetahui apa saja yang dibutuhkan. Ini demi mengukur sejauh mana biaya dan peralatan yang harus ada nantinya.

Misalkan saja, kamu membeli model kit dengan tingkat kesulitan pemula, cukup sediakan pisau atau gunting kecil. Benda tersebut digunakan untuk melepas partikel kecil dari rangkaian awal.

Untuk model kit dengan level yang lebih dari pemula, siapkan tambahan berupa lem dan cat. Keduanya berfungsi untuk membuat model kit yang terlihat lebih menarik dan mirip seperti yang dicontohkan.

Di samping yang sudah disebutkan, ada dua benda lainnya yang paling kamu butuhkan untuk memulai hobi model kit. Kedua benda lainnya adalah pisau kecil dan papan pemotong.

Pisau kecil dibutuhkan untuk memisahkan partikek-partikel kecil dari rangkaian awal. Sementara itu, papan pemotong bermanfaatkan sebagai alas agar meja yang biasa digunakan alas tidak lecet.

hal yang dibutuhkan untuk hobi model kit
sumber: dictio.id

***

Itulah tadi penjelasan lengkap seputar hobi model kit.

Jangan lupa untuk mengecek juga artikel-artikel menarik lainnya dari Bob yang bisa kamu baca di sini.

Menginap saat Bosan di Rumah? Ya di Bobobox

Bila kamu mulai merasa bosan dan ingin menginap di akomodasi penginapan yang bisa memberi pengalaman yang berbeda, Bob punya rekomendasi untuk hal tersebut lho.

Rekomendasi dari Bob adalah untuk langsung saja datang ke Bobobox. Hotel kapsul ini termasuk akomodasi penginapan yang memadukan antara desain minimalis dan teknologi yang kekinian.

Maksudnya, saat berada di Bobobox, kamu akan disuguhi oleh desain interior hotel kapsul yang minimalis dengan fasilitas-fasilitas keren seperti lampu led, pengeras suara Bluetooth, hingga koneksi WiFi yang bisa diandalkan.

Pemesanan pod bisa kamu lakukan melalui aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

You might also like