Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Sedang Ingin Hiking? Cobalah untuk Hiking ke Ungaran, Semarang

Pengalaman seru yang sulit untuk kamu lupakan

Bobobox.co.id — Guna mengisi waktu luang di akhir pekan, pastinya kamu membutuhkan aktivitas seru guna mengusir kebosananmu. Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah hiking atau mendaki gunung.

Hiking sendiri semakin mendapat tempat di kalangan anak muda saat film 5cm mulai booming pada tahun awal tahun 2013 yang lalu. Dari situlah, popularitas hiking gunung semakin meningkat.

Soal gunung, Indonesia sendiri dikenal oleh dunia sebagai salah satu yang pemegang gunung berapi terbanyak di dunia selain Jepang dan Amerika Serikat. Walaupun demikian, untuk hiking, para pendaki biasanya memilih gunung yang tidak aktif sebagai tujuan hiking.

Salah satu yang bisa dituju adalah hiking ke Ungaran. Gunung yang termasuk salah satu gunung tertinggi di Jawa Tengah ini termasuk salah satu destinasi favorit bagi para pendaki.

Lantas apa sajakah yang harus kamu ketahui dari gunung di Semarang ini jika akan memutuskan untuk hiking ke Ungaran? Simak langsung ulasan singkatnya dari Bob berikut ini.

Harus Menerjang Jalan Terjal dan Berbatu

Hal yang pertama yang harus kamu tahu saat akan hiking ke Ungaran adalah kamu harus menempuh jalan terjal serta berbatu. Jika kamu masih seorang pemula soal daki-mendaki gunung, persiapkan dirimu sebaik mungkin.

Walaupun ketinggiannya hanya 2.050 mdpl, relatif lebih rendah dibandingkan gunung-gunung terkenal lainnya di Pulau Jawa, medannya cukup ekstrem dan cukup licin namun tetap ramah untuk pemula.

Apalagi di saat ini yang memasuki musim penghujan, jalan hiking ke Ungaran tentu akan semakin licin lagi. Ditambah jika waktu hiking ke Ungaran yang kamu pilih termasuk waktu yang di mana banyak pendaki lainnya yang datang ke Gunung Ungaran.

Sehingga, sangat disarankan untuk semakin berhati-hati. Pakailah sepatu yang anti slip saat pendakian. Selain mengurangi kemungkinan tergelincir, sepatu pun bisa melindungi kakimu dari benda-benda yang tidak diinginkan.

medan hiking ke ungaran
via batcaveminis.blogspot.com

Ada Tiga Jalur yang bisa Dipilih

Masih seputar jalur perjalanan saat hiking ke Ungaran, ada tiga jalur pendakian yang bisa kamu pilih untuk menuju puncak Ungaran. Ketiga jalur tersebut di antaranya adalah jalur Promasan, jalur Jimbaran (Mawar), dan jalur Gedongsongo.

Dari ketiga jalur pendakian tersebut, jalur Jimbaran atau jalur Mawar biasa banyak orangnya menyebutnya merupakan jalur favorit para pendaki. Sehingga, tidak heran jika bakal banyak berjumpa dengan pendaki lainnya saat hiking ke Ungaran melalui jalur ini.

Selain itu, dari ketiga jalur pendakian tersebut juga, hanya jalur Gedongsongo yang bukan merupakan jalur pendakian resmi. Jalur ini sendiri dilalui oleh para pencari kayu. Sekarang ini, jalur Gedongsongo tidak bisa digunakan karena tempat wisata Gedong Songo sedang direnovasi.

  • Jalur Jimbaran (Mawar) jalur lama: Pasar Jimbaran – Basecamp Mawar – pos Pronojiwo – kolam renang pos 3 – kebun teh (bayar Rp3.000 untuk masuk kebun teh) – puncak Ungaran
  • Jalur Jimbaran (Mawar) jalur baru: Pasar Jimbaran – Basecamp Mawar – pos 1 – pos 2 – persimpangan jalur lama – puncak Ungaran
  • Jalur Promasan: Desa Gonoharjo – Medini – Promasan – kebun teh – puncak ungaran
via delapanmataangin.com

Berkemahlah di Mawar Camp Ground

Jika kamu memang hanya sekadar mencari tempat berkemah saat hiking ke Ungaran, Mawar Camping Ground menjadi tempat berkemah yang cocok. Untuk sampai ke sini, kamu tidak perlu becek-becekan karena jalannya sudah mulus sekarang ini.

Fasilitas di Mawar Camp Ground sendiri terbilang lengkap. Beberapa fasilitas yang ditawarkan di antaranya adalah petugas yang siap melayani 24 jam, warung, toilet, tempat parkir, musala, dan perlengkapan berkemah jika kamu tidak membawanya.

via tenda-inspirasi.com

Untuk masuk, kamu dikenai biaya Rp5.000 per orang. Namun, untuk biaya menginapnya, biayanya bervariasi mulai dari Rp7.000 hingga Rp11.000 yang memiliki durasi menginap yang berbeda.

Jika kamu ingin menyewa tenda, kamu harus mengeluarkan Rp45.000 per malamnya. Perlengkapan tambahan seperti sleeping bag dan matras disewakan seharga Rp8.000 dan Rp5.000 per malam.

Kamu yang menggunakan kendaraan saat ke Mawar Camp Ground, ada lahar parkir luas yang dijaga oleh petugasnya selama 24 jam penuh. Biaya parkirnya sebesar Rp3.000 untuk roda dua dan Rp10.000 untuk roda empat.

via limakaki.com

Semakin Seru Jika Menginap di Puncak Gunung Ungaran

Namun, bagi kamu yang suka tantangan dan ingin mendapatkan pengalaman yang semakin seru saat hiking ke Ungaran, cobalah untuk melanjutkan perjalananmu ke puncak Gunung Ungaran.

Perjalanan menuju puncak saat hiking ke Ungaran sendiri bisa menjadi salah satu pengalaman yang menyenangkan. Jalannya yang dipenuhi oleh pepohonan yang asri menjadi teman setiamu saat lelah melanda.

Tak hanya pepohonan rindang saja, kamu pun bisa menemukan air terjun sembunyi di perjalanan menuju puncak saat hiking ke Ungaran. Menjadi selingan saat beristirahat sejenak.

Ada juga Kebun Teh Promasan yang menjadi tempat wisata lainnya yang bisa dikunjungi sebelum sampai puncak. Hanya tinggal Rp3.000 untuk bisa menikmati keindahan kebun tehnya.

Pasalnya, sesampainya di puncak, kamu akan disuguhi dengan panorama alamnya yang siap membuat berdecak kagum. Khususnya saat kamu sampai menjelang malam hari, kamu bisa melihat lanskap kota Semarang di malam hari.

via limakaki.com

Di puncaknya juga, kamu bisa melihat secara langsung beberapa gunung yang ada di sekitaran kota Semarang dan sekitarnya. Mulai dari Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, hingga Gunung Andong di sisi pertama.

Jika kamu berbalik badan, ada pula gunung lainnya yang bisa kamu lihat kemegahannya. Beberapa gunung tersebut di antaranya adalah Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, dan Gunung Prau.

Selepas beristirahat dan menjelang pagi hari, usahakanlah untuk bangun lebih pagi dari biasanya. Jika cuara sedang cerah, kamu akan dibuat takjub dengan keindahan matahari terbit yang tentu saja menjadi pengalaman yang sulit untuk kamu lupakan.

via dolanyok.com

Menginap Selepas Hiking ke Ungaran? Datang ke Bobobox Pods Kota Lama

Selepas hiking ke Ungaran, rasa pegal biasanya akan menerpamu. Dengan barang-barang bawaan yang cukup berat saat menggendong tas carriermu, kamu pastinya membutuhkan istirahat yang mumpuni.

Jika kamu ingin menambah liburan selama satu hari dan membutuhkan tempat menginap untuk hal tersebut, coba datang ke Bobobox yang berlokasi di kawasan Kota Lama Semarang.

Hotel kapsul satu ini siap memberikan kenyamanan yang kamu butuhkan sehabis hiking ke Ungaran. Fasilitas-fasilitas keren yang tidak kalah dengan hotel bintang lima menjadi faktor penunjang guna mendapatkan momen beristirahat yang berkualitas.

Beberapa fasilitas yang ditawarkan di antaranya adalah kamar yang luas, lampu led yang bisa diubah sesuka hati, pengeras suara Bluetooth, pantri, musala, koneksi WiFi, dan masih banyak lainnya.

Harga inap per malamnya pun cukup bersahabat apalagi bagi kamu yang sedang liburan murah di Semarang. Cukup keluarkan uang sebesar Rp119.000 untuk Earth dan Sky Single serta Rp159.000 untuk Earth dan Sky Double.

Kamu yang ingin memesan podnya bisa langsung melakukannya melalui aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.