Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Mulai dari Tribute untuk Chadwick Boseman dan Pakaian Unik Lady Gaga, Ini Dia Highlights Dari VMAs 2020!

Komplain masker bikin sesak? Lady Gaga bernyanyi dan menari full dengan masker lho!

Pandemi Covid-19 ternyata tidak menghentikan MTV untuk menyelenggarakan VMA 2020 (Video Music Awards) hari Minggu, 30 Agustus kemarin. Ketika sebelumnya VMA diadakan dalam satu panggung dengan arena penuh dengan penonton, kondisi pandemi membuat VMA 2020 dihelat di berbagai lokasi. Keke Palmer, aktris fenomenal yang tampil di beberapa film blockbuster seperti Hustlers (2019) dan Joyful Noise (2012) menjadi host untuk VMA 2020 ini.

VMA 2020 menghadirkan seniman-seniman teratas untuk mengisi segmennya mulai dari Lady Gaga, The Weeknd, boyband asal Korea BTS dan duo kakak beradik Chloe x Halle. Selain itu, Miley Cyrus pun mengadakan comeback pada VMA 2020 dan memberikan homage terhadap lagu Wrecking Ball. Yuk kita kupas semua highlights dari VMA 2020 ini!

 

1. Intro dari Keke Palmer

intro keke palmer
Keke Palmer – VMA 2020

Jika biasanya pada acara awards para host akan memberikan intro dengan berbagai lelucon, pada VMA 2020 ini Keke Palmer menunjukan kalau ada hal yang lebih penting dari itu. Pada intronya, ia menjelaskan bagaimana kacaunya kondisi di Amerika dan seluruh dunia ini. Terutama, karena beberapa bulan yang lalu mereka sedang berjuang untuk menegakkan keadilan untuk orang-orang kulit hitam yang diperlakukan tidak manusiawi oleh polisi-polisi di sana. Namun, Palmer dengan cerdasnya menyampaikan monolog tersebut dengan menggarisbawahi kesempatan generasi-generasi muda untuk berubah.

 

2. Ungodly Hour bersama Chloe x Halle

Chloe x Halle – Hugo Gloss

Duo R&B kakak beradik ini merupakan salah satu dari beberapa seniman yang mengisi pre-show untuk VMA 2020 secara remote. Dengan pakaian serba metalik dan visual yang dreamy, mereka membawakan lagu Ungodly Hour. Lagu yang namanya sama dengan album baru mereka pada bulan Juni kemarin dinyanyikan dengan sangat etheral. Beberapa orang pun merasa bahwa mereka (pihak VMA 2020) adalah orang yang bodoh untuk menyimpan Chloe x Halle di bagian pembuka.

Mereka beralasan bahwa orang-orang kurang merekognisi karya-karya dari Chloe x Halle ini. Meskipun begitu, Chloe x Halle mendapatkan dua nominasi pada VMA 2020. Nominasi pertama adalah nominasi lagu R&B terbaik tahun ini untuk lagu “Do It” dan nominasi kedua untuk best quarantine performance.

 

3. Performance The Weekend yang Dikelilingi Blinding Lights

The Weeknd – Tampa Bay

The Weeknd memukau para penonton dengan live performancenya pada VMA 2020 dengan membawakan Blinding Lights. Abel ‘The Weeknd’ Tesfaye memulai setnya dengan mencoba bangun di suatu ruangan gelap dengan cahaya remang-remang. Diikuti kamera, kita dituntunnya sampai pada bagian chorus ia berdiri di sebuah platform kaca pada puncak gedung di Kota New York. Direkam menggunakan helikopter, kita bisa melihat bagaimana ia menyanyi dan benar-benar dikeliliingi oleh ‘Blinding Lights’ di kota yang tidak pernah tidur tersebut.

Pada malam VMA 2020 itu, ia menggunakan setelan jas warna merah dan makeup lebam-lebam yang sama persis dengan konsep video klipnya. The Weeknd dinobatkan sebagai pemenang dalam kategori video klip dan video klip R&B terbaik tahun itu. Namanya disebut dalam daftar nominasi di tujuh kategori. Saat menyampaikan acceptance speech, ia berkata bahwa berat baginya untuk menerima kemenangan ini disaat banyak orang kulit hitam di Amerika yang diperlakukan semena-mena. Ia pun tidak lupa untuk menyampaikan tuntutan keadilan atas Breonna Taylor dan korban-korban kekerasan polisi lainnya.

 

4. Tribute untuk Chadwick Boseman

Chadwick Boseman Tribute – Explica

Kematian Chadwick Boseman beberapa hari yang lalu karena kanker kolorektal pun meninggalkan dampak yang cukup besar di industri hiburan. Seiring berjalannya acara VMA 2020, beberapa tribute pun didedikasikan untuk aktor yang terkenal sebagai pemain Black Panther ini. Tribute pertama kali diberikan pada saat mulai acara oleh sang host, Keke Palmer. Pada pertengahan acara, diputar sebuah klip dari MTV Movie Awards pada saat Boseman menyampaikan acceptance speech yang emosional. Tribute diakhiri dengan sebuah klip montage para seniman-seniman yang sudah tutup usia.

 

5. Homage Miley Cyrus untuk Wrecking Ball

Miley Cyrus – Insider

Pada saat Miley Cyrus menyanyikan lead single Midnight Sky untuk album terbarunya, ia mengejutkan penonton dengan salah satu homage untuk karya-karyanya terdahulu. Setelah diperkenalkan oleh Keke Palmer bahwa dirinya mempunyai banyak momen-momen ikonik di VMA, Miley memulai setnya dengan dress hitam dan stage light berwarna merah terang. Pada saat lagunya menuju akhir, sebuah tangga muncul dan dia merubah pakaiannya sebelum menaiki sebuah disco ball besar untuk mengakhiri lagunya. Ya, tampak seperti saat era wrecking ball.

 

6. Full-on Mask Performance oleh Lady Gaga dan Ariana Grande untuk Rain Over Me

Lady Gaga & Ariana Grande – Pitchfork

Salah satu hal ikonik yang terjadi pada VMA 2020 bisa dibilang merupakan live performance dari Lady Gaga dan Ariana Grande yang membawakan lagu Rain On Me. Namun, yang membuat penonton terkesima bukanlah pilihan wardrobe, koreografi ataupun suara mereka yang merdu (meskipun sebenarnya ketiga aspek itu super duper keren juga). Semua mata tertuju pada masker yang digunakan Lady Gaga dan Ariana Grande selama satu set penuh. Untuk kalian yang masih suka menolak memakai masker selama pandemi ini, kalian kalah dengan Lady Gaga dan Ariana Grande! Hahahah.

Pada malam VMA 2020 itu, Lady Gaga menjadi pemborong lima piala moonman dengan total 10 nominasi. Selain dinobatkan menjadi artist of the year, kolaborasinya dengan Ariana Grande pun yang menggaet banyak nominasi. Setiap akan menyampaikan acceptance speechnya, Lady Gaga keluar menuju podium dengan pakaian yang berbeda-beda. Hal ini tidak terkecuali oleh masker-masker kerennya.

 

7. Debut Dynamite oleh BTS

BTS – Style Caster

The Bangtan Boys mengejutkan penonton VMA 2020 dengan penampilan perdana dari single terbaru mereka, Dynamite. Grup boyband asal Korea Selata dengan penggemar yang tersebar di seluruh dunia ini menggandeng banyak nominasi dan memenangkan empat kategori. Kategori tersebut merupakan kategori Best K-Pop, Best Pop, Best Choreography dan Best Group. Tahun ini merupakan tahun kedua mereka memenangkan VMA, setelah penampilan debut mereka di panggung VMA tahun lalu.

 

8. Ke Luar Angkasa bersama Doja Cat

Doja Cat – Pitchfork

Diawali dengan spoof ala MTV jadul, Doja Cat mengawali set nya di VMA 2020 dengan berperan menjadi presenter yang bahkan tidak tahu siapa itu Doja Cat. Lalu, penonton dibuat terpesona dengan settingan panggung dan juga kostum yang dikenakan Doja Cat ketika ia membawakan dua lagu. Dua lagu tersebut merupakan Say So dan Like That, yang merupakan salah satu lagu paling banyak digunakan di aplikasi TikTok.

Kostum Doja Cat yang extraterrestrial dan warna-warni bak sebuah alien di luar angkasa itu didesain oleh Asher Levine, yang juga merupakan desainer kostum Lady Gaga pada saat tur Enigma. Menggunakan beberapa koreografi dari TikTok viralnya Haley Sharpe, Doja Cat memberikan penampilan yang luar biasa. Ia memenangkan kategori PUSH Best New Artist di VMA 2020 malam itu.

 

9. Penutupan Ikonik oleh Black Eyed Peas

Black Eyed Peas – MTV

Setelah lama tidak terlihat, VMA 2020 pun ditutup oleh Black Eyed Peas. Membawakan lagu-lagu lama seperti I Gotta Feeling yang seringkali dimainkan saat berpesta sejak circa 2009an, mereka pun membawakan single terbarunya yang berjudul Ritmo. The Black Eyed Peas mengakhiri setnya dengan menyampaikan pesan Black Lives Matter.

 

Nonton Replay VMA 2020 di Bobobox

nginep di bobobox

Tidak sempat menonton VMA 2020 kemarin? Tenang, ketika kamu staycation di Boboboxpods mu yang dilengkapi dengan bluetooth speaker, adjustable lights serta Wi-Fi yang kencang pas banget untuk setting up the mood menonton replay VMA 2020. Yuk download aplikasinya sekarang dan dapatkan promo menarik lainnya!

You might also like