Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Liburan ke Malaysia? Kunjungi 5 Hidden Gem Kuala Lumpur yang Sayang Kalau Dilewatkan!

Jadi yang pertama di antara teman-teman buat main ke hidden gem Kuala Lumpur ini!

Liburan ke luar negeri? Wih serunya! Kesempatan emas ini tentunya sayang kalau disia-siakan. Untuk yang baru mau coba liburan ke luar negeri, negara-negara ASEAN bisa jadi pilihan pertama yang pas. Selain karena dari segi budaya mungkin tidak berbeda jauh, kamu juga nggak perlu siapkan visa. Ya, hitung-hitung “latihan” dulu sebelum kamu menjelajahi negara-negara lain yang lebih jauh!

Bicara soal liburan ke luar negeri, biasanya Singapura jadi pilihan pertama buat para pemula. Lokasinya juga paling dekat dengan Indonesia. Namun, selain Singapura, Malaysia juga jadi pilihan negara tujuan liburan internasional yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Karena serumpun, kita bisa menemukan banyak kesamaan budaya dan bahasa di sana. Sebagian produk pop culture Indonesia juga ngetren di sana!

hidden gem kuala lumpur
Credit: Yulia via Pexels

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Gratis yang Bisa Dikunjungi di Malaysia


Kalau Malaysia jadi tujuan liburanmu, tentunya Kuala Lumpur adalah kota yang wajib dikunjungi. Kurang afdol rasanya kalau kita liburan ke luar negeri tanpa mengunjungi ibukotanya. Tempat-tempat seperti Petronas Twin Tower, kawasan Bukit Bintang, dan Central Market jadi beberapa destinasi wajib. Namun, Bob punya loh 5 hidden gem Kuala Lumpur buat kamu yang ingin something unique. Penasaran apa saja hidden gem Kuala Lumpur? Cek dari nomor satu, ya!

1. Nonton Film Bollywood di Coliseum Theatre

Kamu penggemar film-film Bollywood? Kunjungan ke hidden gem Kuala Lumpur yang satu ini nggak boleh terlewatkan! Saksikan akting para aktor dan aktris Bollywood pujaanmu di Coliseum Theatre. Keunikan bioskop ini adalah bangunannya. Dilansir dari Cinema Treasures, Coliseum Theatre dibangun pada tahun 1920 dan masih beroperasi hingga saat ini. Bioskop ini adalah salah satu yang tertua di Kuala Lumpur, lho!

hidden gem kuala lumpur
Credit: argory (Flickr) via Skyscrapper City

Di masa-masa operasi awalnya, Coliseum Theatre bisa menampung sekitar 900 pengunjung. Para penonton bisa menikmati pertunjukan dari lantai orkestra dan balkon. Dilansir dari Wikipedia, bioskop bergaya Art Deco ini hampir ditutup di tahun 2006 oleh pemerintah Malaysia. Bahkan, bangunannya sempat akan dialihfungsikan menjadi pusat warisan budaya. Namun, keputusan tersebut dibatalkan dan bioskop ini masih beroperasi hingga sekarang.

hidden gem kuala lumpur
Sumber: The Star

Dikenal sebagai LFS Coliseum, hidden gem Kuala Lumpur ini memiliki 2 teater, dilansir dari Popcorn. Bioskop ini sering memutar film-film Bollywood. Uniknya lagi, di belakang bioskop terdapat kafe legendaris bernama Coliseum Cafe. Sajian khas Hainan menjadi daya tarik kafe ini. Kafe ini beroperasi sejak tahun 1921 dan menjadi favorit banyak figur publik penting di Malaysia! Sayangnya, dilansir dari New Straits Times, kafe ini terpaksa tutup permanen di tahun 2021 akibat pandemi.


Baca Juga: Deretan Bioskop Keren Sekaligus Unik yang Ada di Dunia


2. Foto-Foto di Hidden Gem Kuala Lumpur, Kwai Chai Hong

Liburan tentunya kurang lengkap tanpa foto-foto. Kalau kamu perlu stok foto untuk Instagram, hidden gem Kuala Lumpur yang satu ini jangan terlewatkan. Kwai Chai Hong adalah kawasan, atau lebih tepatnya gang, yang menonjolkan budaya dan warisan Tionghoa. Dilansir dari situs web pengelolanya, Kwai Chai Hong akan mengajakmu kembali ke era keemasan Pecinan Kuala Lumpur di tahun 1960an. Namun, siapa sangka kalau gang ini dulunya dianggap sebagai kawasan yang mengerikan atau berbahaya?

hidden gem kuala lumpur
Sumber: 2Cents

Dilansir dari Malay Mail, Kwai Chai Hong dikenal pula sebagai Lorong Panggung. Dalam dialek Kanton, Kwai Chai Hong berarti “Gang Hantu”. Sebutan ini diberikan ternyata bukan karena kisah horor. Konon, dulu banyak anak-anak bandel yang sering berlarian di gang ini sampai disebut “setan kecil”. Aduh! Nggak hanya itu! Gang ini juga konon dulu menjadi markasnya pejudi, pemabuk, hingga pengguna obat-obatan.

hidden gem kuala lumpur
Sumber: Vision KL

Kesan mengerikan sekarang sudah hilang dari Kwai Chai Hong. Dilansir dari August Man, di tahun 2019 diadakan proyek restorasi gang dan 10 rumah toko bersejarah di kawasan ini. Instalasi seni dan aktivitas-aktivitas seru pun sering diadakan di sini. Di sekitar kawasan ini juga terdapat banyak kafe dan galeri seni yang sayang untuk dilewatkan. Buat foto-foto? Tentunya Instagrammable, dong!


Baca Juga: 7 Tempat Wisata Bandung Saat Musim Hujan Ini Cocok Banget untuk Nge-date!


3. Serba Mini di MinNature Malaysia

Buat kamu penggemar museum, hidden gem Kuala Lumpur yang ini bisa jadi pilihan. Berlokasi di Sungei Wang Plaza, MinNature Malaysia menghadirkan beragam cerita tentang Malaysia dalam skala mini. Dilansir dari situs resminya, museum miniatur ini dirancang oleh para pegiat seni miniatur di Malaysia. MinNature menghadirkan karya-karya miniatur bangunan dan diorama kebudayaan Malaysia. Bisa jadi destinasi wisata edukatif Kuala Lumpur nih!

hidden gem kuala lumpur
Sumber: MinNature Malaysia

Dilansir dari Malaysia Traveller, MinNature Malaysia konon merupakan museum miniatur indoor terbesar di Asia, dan ketiga terbesar di dunia. Museum ini dibuka pertama kali di tahun 2016 di Subang Jaya, tetapi direlokasi ke Sungei Wang Plaza di tahun 2020. Semua miniatur dibuat dalam skala 1/87. Berbagai aspek dan kisah kehidupan penuh warna di Malaysia diceritakan lewat diorama-diorama yang mengesankan. Kamu juga bisa main treasure hunt di sini!

hidden gem kuala lumpur
Credit: Wan Cheng Huat via Wikimedia Commons

MinNature Malaysia berlokasi di kawasan Bukit Bintang, salah satu shopping belt terpopuler di Asia Tenggara. Setelah berkunjung ke hidden gem Kuala Lumpur yang satu ini, kamu bisa berbelanja di beberapa mal. Lot10 dan Sungei Wang Plaza bisa jadi opsi belanja murah meriah. Ingin splurge dan lihat barang-barang branded? Pavilion KL bisa jadi destinasi belanja Kuala Lumpur yang pas.


Baca Juga: Inilah 7 Tempat Belanja di Singapura yang Wajib Disambangi Para Shopaholic!


4. Wisata Kuliner di Madras Lane

Petualangan gastronomi adalah salah satu hal yang kalian nggak boleh lewatkan di Kuala Lumpur. Malaysia sendiri terkenal dengan beberapa hidangan khas seperti nasi lemak, roti john, atau mee goreng mamak. Namun, ada lebih banyak sajian yang kamu harus coba di Kuala Lumpur. Dan yang lebih asyik dan nikmat lagi, eat like the locals. Pengalaman tersebut bisa kamu rasakan di Madras Lane.

hidden gem kuala lumpur
Sumber: Hungry Onion

Hidden gem Kuala Lumpur yang ini berada di kawasan Petaling Street. Dilansir dari Hotels.com, Madras Lane sebetulnya bernama Penjaja Gallery. Namun, warga sekitar menyebutnya Madras Lane karena dulu terdapat sebuah bioskop dengan nama yang sama. Sayangnya, bioskop ini hancur akibat kebakaran di tahun 1970an. Selain menjadi pusat kuliner, Madras Lane juga merupakan pasar basah yang menjual daging dan ikan.

hidden gem kuala lumpur
Sumber: Hungry Onion

Menurut ChopinandMysaucepan, Madras Lane terkenal dengan hidangan kari laksa dan chee chong fun. Buat kamu penggemar kedua sajian tersebut, kunjungan ke hidden gem Kuala Lumpur ini pastikan nggak terlewatkan, ya! Madras Lane juga menghadirkan beragam hidangan lain. Kawasan ini sering didatangi warga sekitar dan para pegawai kantoran untuk sarapan dan makan siang.


Baca Juga: Inilah 5 Spot Kuliner Malam Jakarta untuk Melawan Rasa Lapar!2020/07/29


5. Hiking di KL Eco Forest Park

Pernah coba hiking di tengah kota? Ya, tengah kota dan Bob serius! Biasanya kita memilih lokasi seperti pegunungan atau perbukitan yang jauh dari pusat kota sebagai lokasi hiking atau kemah. Namun, di Kuala Lumpur kamu nggak berkendara jauh ke luar kota untuk menikmati pengalaman hiking yang seru. KL Forest Eco Park adalah hidden gem Kuala Lumpur yang bisa kamu jadikan lokasi hiking.

hidden gem kuala lumpur
Sumber: Couple Travel the World

Dilansir dari Hotels.com, KL Forest Eco Park adalah salah satu hutan dan cagar alam tertua di Malaysia. Kawasan ini dikelola sejak tahun 1906 dan menjadi satu-satunya hutan hujan tropis yang ada di pusat Kuala Lumpur. Dengan luas 11 ribu meter persegi, hutan yang dulunya dikenal sebagai Bukit Nanas Forest Reserve ini dekat dari KL Tower. Kamu bisa menapaki trail sepanjang 300 hingga 500 meter dan melihat beragam spesies tanaman.

hidden gem kuala lumpur
Sumber: Timeout

Menurut Visit Selangor, di sini juga terdapat tur yang kamu bisa ikuti. Kamu bisa mendapatkan informasi tur dari pusat pengunjung KL Forest Eco Park. Di kawasan hutan ini juga terdapat beberapa spesies hewan, termasuk dua spesies kera lokal. Ada juga jembatan gantung yang Instagrammable. Dari jembatan ini, kamu juga bisa melihat area hutan dan gedung-gedung pencakar langit di latar.

Itulah 5 hidden gem Kuala Lumpur pilihan Bob buat kamu yang ingin liburan ke Malaysia. Apa nih jenis wisata kesukaanmu? Wisata kuliner? Edukasi? Atau mungkin wisata religi? Di Kuala Lumpur, kamu bisa mencoba beragam wisata tersebut. Yang jelas pastikan kamu tetap menjaga keselamatan diri. Selalu bawa paspormu dan tetap jaga kebersihan dan ketertiban di tempat-tempat yang kamu kunjungi, ya!

Belum Bisa ke Luar Negeri? Ke Bobobox Dulu Aja!

Masih belum memungkinkan buat liburan ke luar negeri? Nggak masalah! Di Bobobox, kamu juga bisa menikmati pengalaman staycation yang seru kok! Dengan pod yang dilengkapi teknologi yang terintegrasi dengan aplikasi ponsel, liburanmu bakalan antiribet deh! Apalagi, Bobobox juga menghadirkan beragam fasilitas seperti shared bathroom, musala, communal space, pantry, dan vending machine. Koneksi WiFi yang tersedia juga pas buat maraton film!

Kamu juga bisa mengunduh aplikasi Bobobox ke ponselmu. Lewat aplikasi ini, kamu bisa melakukan reservasi secara langsung, mengakses pod, dan mengatur pencahayaan interior. Aplikasi ini tersedia untuk pengguna perangkat Android dan iOS. Dan yang pasti, aplikasi ini gratis! Yuk download sekarang!

You might also like