Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

10 Hidangan Wajib Coba ketika Mengunjungi Restoran Italia

Tidak boleh sampai terlewatkan!

Bobobox.co.id — Selain menjadi salah satu negara yang banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai penjuru dunia, Italia pun dikenal akan kulinernya yang bercita rasa maknyus.

Untuk mencoba hidangan khas Italia,kamu tidak perlu lagi untuk langsung terbang ke negeri pizza tersebut. Pasalnya, di Indonesia, sudah banyak restoran Italia yang menyajikan menu yang tidak terlalu berbeda dengan di negara asalnya.

Di beberapa kota, kamu bisa dengan mudah menemukan restoran Italia yang Bob maksud. Dari sekian banyak hidangan di menu restoran Italia, ada beberapa hidangan wajib seperti antipasto, primo, secondo, contorni, dan dolci.

Nama-nama itu maksudnya menu pembuka, utama, pendamping, hingga penutup. Dari kelima kategori tersebut, berikut ini merupakan 10 hidangan wajib yang wajib dicoba saat kamu mengunjungi restoran Italia.

Antipasto Platter

Menu yang pertama kali wajib untuk dicoba adalah antipasto platter. Menu satu ini merupakan menu pembuka atau antipasto sebelum menuju menu-menu selanjutnya.

Salah satu menu pembuka yang paling terkenal dan sering disantap oleh wisatawan yang datang ke Italia adalah antipasto platter. Hidangan tersebut teridiri dari kombinasi daging, sayuran, dan keju.

Jika di restoran Italia yang ada di Indonesia menawarkan menu ini, rasanya kamu tidak boleh sampai untuk terlewat mencoba antipasto platter.

https://elements.envato.com/appetizer-table-with-antipasto-snacks-EXD39BP

Carpaccio

Selain antipasto platter, menu pembuka lainnya yang bisa jadi alternatif pilihan adalah carpaccio. Carpaccio merupakan hidangan yang terbuat dari daging mentah seperti daging sapi dan rusa atau ikan mentah seperti salmon dan tuna.

Bisa dibilang carpaccio akan mengingatkanmu pada sashimi yang merupakan kuliner khas Jepang. Hidangan ini ditemukan oleh Giuseppe Cipriani di Venesia pada tahun 1950.

Beberapa jenis carpaccio yang bisa kamu coba saat restoran Italia adalah beef carpaccio, salmon carpaccio, tuna carpaccio, hirame carpaccio, dan masih banyak lainnya.

https://elements.envato.com/fruit-and-berry-carpaccio-PYRQVB6

Gnocchi

Menu wajib berikutnya yang wajib dicoba adalah gnocchi. Bisa dibilang jika gnocchi ini termasuk salah satu makanan Italia yang menjadi favorit banyak orang. Sehingga, wajar saja jika menu ini sering muncul di restoran Italia yang ada di seluruh dunia.

Gnocchi sendiri merupakan pangsit yang dibuat dalam berbagai rasa dan bentuk. Jadi, jangan heran jika memesan gnocchi ada banyak variannya seperti isi daging dan isi sayuran.

Misalkan kamu telah memesan satu porsi gnocchi, cobalah cocol pangsit tersebut ke saus dan keju yang disediakan. Bersiaplah untuk mendapatkan kelezatan yang sulit untuk kamu ungkapkan dengan kata-kata.

https://elements.envato.com/potatoes-pumpkin-gnocchi-with-bacon-cilantro-and-m-P7JXYEC

Ravioli

Bagi kamu yang seorang vegetarian dan berencana untuk mengunjungi restoran Italia, menu wajib yang harus kamu pesan adalah ravioli. Makanan ini tidak menggunakan daging sehingga aman untuk dikonsumsi vegetarian.

Berbahan dasar bayam dan ricotta, makanan yang satu ini mulai berkembang dan terkenal sejak masa romawi dulu. Ravioli sendiri termasuk salah satu jenis pasta yang ada di Italia.

Tidak hanya cocok untuk vegetarian, kamu yang sedang diet pun akan cocok untuk menyantap ravioli. Pasalnya, ravioli biasa disajikan dalam porsi yang relatif kecil.

https://elements.envato.com/ravioli-with-ricotta-and-young-green-peas-PZ948TJ

Pasta Carbonara

Menu wajib selanjutnya yang mesti kamu coba saat mengunjungi restoran Italia adalah pasta carbonara. Makanan satu ini menjadi satu dari sekian banyak makanan khas Italia yang sudah dijual di luar restoran Italia.

Namun, tentu saja pasta carbonara yang dijual di restoran Italia memiliki daya tarik tersendiri. Pastinya, mereka berusaha sebaik mungkin dalam menduplikasi dari resep yang biasa dijual di Italia.

Pasalnya, harus diakui bahwa kebanyakan pasta carbonara yang dijual di luar Italia sudah mengalami modifikasi seperti bahannya yang berbeda. Walaupun begitu, cita rasa di kebanyakan restoran Italia hampir mirip dengan yang dijual di Italia.

https://elements.envato.com/carbonara-pasta-spaghetti-with-pancetta-egg-W4FV74N

Fettucini Alfredo

Setelah sebelumnya ada pasta carbonara yang wajib kamu coba, menu lainnya yang juga harus kamu cicipi adalah fettucini alfredo. Salah satu jenis pasta ini sudah banyak orang ketahui kelezatannya.

Fettucini alfredo biasanya disajikan dengan menggunakan saus krim. Sehingga, warna dominan yang terlihat dari makanan ini adalah putih. Berbeda halnya dengan spageti yang menggunakan saus tomat.

Selain penggunaan sausnya yang berbeda, hal lainnya yang membuat fettucini menjadi khas adalah pastanya yang berukuran lebih lebar jika kamu bandingkan dengan spageti.

https://elements.envato.com/fettucine-white-cream-sauce-with-shrimp-and-mushro-K8YV3BC

Lasagna

Hidangan yang satu ini mungkin kamu kenal melalui komik strip yang sudah diadaptasi ke layar lebar yaitu Garfield. Kucing berwarna oranye dan hitam itu menyukai makanan khas Italia yakni lasagna.

Lasagna sendiri biasanya berisikan daging, keju mozzarella, sosis, sayuran, seafood, dan lainnya. Menu satu ini sudah umum disajikan di berbagai restoran yang walaupun tidak menyajikan makanan khas Italia.

Walau begitu, cita rasa yang ditawarkan oleh restoran Italia tentunya akan berbeda. Sehingga, kalaupun kamu akhirnya menyantap lasagna di restoran Italia, hal tersebut dijamin worth it dengan apa yang kamu keluarkan.

https://elements.envato.com/lasagna-with-pesto-PEB7VPM

Pizza

Mungkin tidak lengkap rasanya jika ke restoran Italia tanpa mencicipi kuliner khas negara asal Valentino Rossi tersebut. Nama kuliner ini melekat sebagai julukan untuk Italia.

Yap, apalagi kalau bukan Pizza. Sekarang ini, kamu bisa dengan mudah menemukan restoran yang menjual pizza. Walaupun begitu, ada cita rasa yang berbeda yang disuguhkan oleh restoran Italia.

Nah, jika kamu berkunjung ke beberapa di antaranya, pizza margherita menjadi hidangan yang wajib kamu coba. Pizza yang cukup sederhana ini merupakan kombinasi tepat antara saus tomat dan keju mozzarellanya.

https://elements.envato.com/ham-pizza-AGK4WR6

Tiramisu

Setelah kamu menyantap hidangan utama dan pendamping, kamu perlu untuk menutup wisata kulinermu di restoran Italia dengan mencicipi hidangan penutup yang biasa disajikan di restoran tersebut.

Salah satunya adalah tiramisu. Mungkin kamu akan mengerutkan dahi saat mendengarnya. Ternyata, makanan yang memadukan kue dan krim ini sendiri berasal dari Italia.

Biasanya, rasa yang dipilih untuk membuat tiramisu ini adalah kopi dan cokelat yang dipadukan dengan krim vanilla yang lembut. Rasanya yang manis dan sedikit pahit dari kopi menjadikannya cocok sebagai menu penutup.

https://elements.envato.com/tiramisu-cake-on-a-plate-PMA5VGE

Gelato

Menu terakhir yang wajib kamu coba saat mengunjungi restoran Italia adalah gelato. Nah, gelato sendiri bisa menjadi alternatif lain jika kamu memang tidak terlalu ingin mencoba tiramisu.

Es krim khas Italia ini memiliki tekstur yang berbeda dibandingkan es krim pada umumnya. Tekstur gelato yang lebih padat dan rasanya yang lebih lezat menjadi ciri khas dari es krim yang sudah dikenal di seluruh dunia ini.

Sekarang ini, kamu bisa mencoba berbagai varian rasa yang ditawarkan oleh restoran-restoran Italia yang ada di Indonesia. Soal rasa mana yang wajib dicoba, Bob serahkan ke kamu.

restoran italia gelato

Ingin Mencoba Menginap di Hotel Kapsul? Wajib Memilih Bobobox

Merasa ragu untuk menginap di hotel kapsul? Tidak perlu lagi. Pasalnya, ada Bobobox yang siap memupus keraguan yang ada di kepalamu dan wajib menjadi pilihanmu saat menginap.

Fasilitas kekinian siap memanjakanmu saat menginap di Bobobox. Mulai dari pod yang luas hingga koneksi WiFi yang bisa diandalkan ada untukmu. Pemesanan podnya bisa kamu lakukan melalui aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.