Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

10 Hewan Peliharaan yang Cocok untuk Rumah Sempit

Banyak hewan yang menggemaskan lho!

Bobobox.co.id — Memelihara hewan peliharaan merupakan salah satu kegiatan yang memberikan kesenangan tersendiri. Pandemi virus corona ini menjadikan kegiatan ini banyak dilakukan banyak orang.

Salah satu alasan banyak orang mulai memelihara hewan peliharaan adalah rasa bosan yang mulai dirasakan. Dengan kegiatan yang itu-itu saja, memelihara hewan peliharaan mampu mengurangi stres dan menambah kegiatan baru.

Walaupun mampu mengurangi stres, memelihara hewan peliharaan bukan hal mudah apalagi jika rumahmu sempit. Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Salah satunya adalah apakah hewan tersebut cocok tinggal di tempat sempit.

Nah, untuk mempermudahmu dalam menentukan hewan peliharaan apa yang cocok untuk rumah sempit, berikut ini merupakan 10 hewan yang Bob rekomendasikan untuk kondisi tersebut.

Hewan Peliharaan Marmut

Hewan pertama yang bisa kamu pelihara di rumah yang sempit adalah marmut. Banyak orang yang tertukar dalam membedakan mana hamster dan mana marmut.

Harus diakui jika kedua hewan peliharaan ini terlihat hampir mirip. Kamu bisa membedakannya dari ukuran marmut yang jauh lebih besar. Sama seperti halnya hamster, marmut pun bisa dipelihara dengan kandang yang tidak terlalu besar.

Landak Mini

Saat mendengar nama hewan ini, mungkin kamu berpikir bahwa hewan ini termasuk hewan yang berbahaya. Padahal, kamu tidak usah khawatir karena hewan ini termasuk hewan jinak dan sudah dipelihara oleh orang banyak.

Hewan peliharaan yang dimaksud adalah landak mini. Mamalia yang berasal dari keluarga Erinaceinae memiliki duri yang tidak mengandung racun. Hal inilah yang membuatnya berbeda dengan landak hutan.

Untuk memelihara hewan peliharaan ini, kamu cukup menyiapkan kandang berdiameter 40 centimeter dengan kotak kecil untuk berisitrahat dan bersembunyi. Asalkan sudah disiapkan, landak mini akan bahagia kok.

hewan peliharaan landak

Kucing

Dari hewan peliharaan yang ada di daftar ini, kucing merupakan hewan peliharaan yang paling familiar bagi banyak orang. Pasalnya, hewan satu ini dikenal sebagai teman yang baik untuk menghilang stres di rumah.

Kelakuannya yang lucu membuat luluh hati para pemilknya. Tak heran jika hewan peliharaan ini seringkali menjadi bahan untuk diposting di media sosial seperti Instagram, Twitter, dan TikTok yang kini tengah populer.

Beberapa jenis kucing yang bisa kamu pilih sebagai hewan peliharaan di rumah sempitmu antara lain british shorthair, burmese, persia, dan birman. Kamu bisa memilih beberapa jenis kucing tersebut sesuai yang kamu mau.

Burung Kakatua

Kelakukan hewan menggemaskan tak hanya didapat dari kucing saja. Burung kakatua termasuk salah satu hewan peliharaan yang banyak dipilih karena kemampuannya yang unik nan menggemaskan.

Kemampuan dalam menirukan suara tersebut mampu didapat dengan latihan. Nah, soal kandang burung kakatua, kandang kakatua tidaklah harus besar dan akan cocok untuk rumah yang mempunyai luas relatif sempit.

Walaupun dirasa cocok untuk dipelihara di tempat yang sempit, satu hal yang perlu kamu perhatikan adalah izin tertentu dalam memelihara binatang ini. Pasalnya, hewan ini merupakan spesies liar yang dilindungi.

Hamster

Bagi kamu pencinta anime Jepang, tentu tidak asing dengan Hamtaro. Anime yang diadaptasi dari manga karya Ritsuko Kawai ini menampilkan kelucuan seekor hamster dalam kehidupan sehari-hari.

Nah, dari anime tersebut, hamster menjadi salah satu hewan peliharaan yang bisa dipelihara dengan menggunakan kandang yang kecil. Bahkan, tergolong kecil dibanding kandang mamalia lainnya.

Tubuhnya yang imut dengan bulu yang halus menjadikan banyak orang gemas dan ingin memeliharanya. Soal makanannya, kamu hanya perlu memberi biji bunga matahari, gabah, beras merah, jagung, dan kacang-kacangan.

Kelinci Fuzzy Lop

Sudah menjadi rahasia umum jika kelinci merupakan hewan peliharaan yang aktif dan sangat senang untuk pergi ke sana ke mari. Nah, jenis kelinci satu ini justru berbeda dengan jenis kelinci lainnya yang aktif bergerak.

Jenis kelinci tersebut adalah kelinci fuzzy lop. Jenis kelinci justru lebih senang untuk berdiam diri. Tak heran jika dalam sehari, hewan peliharaan ini akan sering terlihat tidur dan bermanja-manja di kandangnya.

Oleh karena itu, kandang yang disediakan untuk kelinci fuzzy lop tidak diharuskan seluas jenis kelinci lainnya. Sediakan kandang berukuran dan perhatian yang cukup sudah pas dalam membuat hewan ini merasa bahagia.

Sugar Glider

Hewan peliharaan berukuran kecil biasanya banyak yang menggemaskan. Salah satunya adalah sugar glider. Hewan menggemaskan ini nyatanya mudah dipelihara bahkan dengan kandang yang kecil sekalipun.

Untuk memelihara sugar glider, kamu hanya perlu memberikan perhatian yang cukup dan kandang yang berukuran sedang. Kamu juga hanya perlu memastikan bahwa kandangnya nyaman untuk mereka.

Menyangkut makanan sugar glider, hewan peliharaan menggemaskan ini menyukai makanan manis seperti nektar bunga. Tak heran jika hewan ini dipanggil sugar glider karena kesukaannya terhadap makanan manis.

Iguana

Jika kamu ingin memelihara hewan peliharaan yang tidak umum, ada baiknya kamu mengalihkan perhatianmu ke hewan satu ini. Pasalnya, jenis hewan ini terlihat berbahaya padahal cukup jinak untuk dipelihara.

Hewan yang dimaksud adalah iguana. Dengan tampilan garang namun bisa dipelihara, tak heran jika banyak orang tertarik untuk memelihara jenis spesies kadal ini. Bisa jadi kamu adalah salah satunya.

Kandang untuk iguana pun cukup disediakan yang berdimensi 100 x 100 centimeter saja. Satu hal yang pasti adalah hewan peliharaan ini termasuk hewan yang tidak mudah untuk dirawat. Jadi, pikirkan baik-baik ya!

Ikan Cupang

Masa pandemi virus corona menjadi berkah tersendiri bagi pedagang ikan cupang. Pasalnya, banyak orang yang mulai memelihara ikan cupang ini saat mereka tidak diperbolehkan untuk keluar rumah.

Kelebihan dari hewan peliharaan ini adalah wadah untuk tempat tinggalnya yang tidak perlu wadah yang cukup besar. Kamu bisa memelihara ikan cupang di wadah dengan dimensi 20 x 15 x 15 centimeter.

Tak hanya wadah tempat tinggal yang tidak terlalu besar, kelebihan memelihara hewan peliharaan ini adalah makanan ikan ini yang relatif murah dan mudah ditemukan di pasar tradisional sekalipun.

Kura Kura Air

Hewan peliharaan terakhir yang bisa kamu pelihara di rumah yang relatif sempit adalah kura-kura air. Hewan satu ini termasuk hewan yang lucu dan lumayan populer di kalangan pencinta hewan reptil.

Hewan yang bisa hidup di air tawar maupun air laut ini biasanya disimpan di akuarium bersama dengan ikan lainnya. Oleh karena itu, kamu tidak perlu menyediakan kandang khusus untuk kura-kura airmu.

Bagi kamu yang tertarik, kura-kura air sendiri bisa kamu temukan dengan mudah di toko hewan peliharaan. Salah satu jenis yang paling banyak dicari adalah jenis kura-kura brazil dan mungkin bisa kamu pertimbangkan untuk dipelihara.

Menginap dengan Nyaman dan Aman? Bobobox Jawabannya

Kenyamanan dan keamanan menjadi dua hal penting yang harus kamu perhitungkan dalam memesan sebuah penginapan. Dari sekian banyak penginapan, Bobobox adalah penginapan yang terdepan dalam menyediakan keduanya.

Penasaran ingin mencoba kenyamanan dan keamanan yang Bob maksud? Unduh aplikasi Bobobox di sini untuk pemesanan podnya.

main lampu kuning bobobox