@imam buhori

Diperingati Sebentar Lagi, Ini Sejarah Hari Pasar Modal Indonesia!

Hari pasar modal Indonesia diperingati setiap tahunnya tepat pada 3 Juni. Di tanggal tersebut pada tahun 1952 di bawah pemerintahan Presiden Soekarno, Bursa Efek Jakarta atau yang sekarang dikenal sebagai Bursa Efek Indonesia dibuka kembali. Pembukaan Bursa Efek Indonesia ini merupakan kali pertama setelah kemerdekaan Republik Indonesia dengan nama Perserikatan Perdagangan Uang dan Efek.

Bursa Efek Indonesia kala itu beranggotakan bank negara, bank swasta dan para piala efek. Peristiwa apa sajakah yang terjadi di masa lalu yang membuat tanggal tanggal 3 Juni ini menjadi hari bersejarah bagi perkembangan pasar modal Indonesia? Berikut ini adalah penjelasannya!

Sejarah Hari Pasar Modal Indonesia

Investasi

@kreditgogo.com

Sebelum membahas lebih jauh mengenai sejarah dibalik hari pasar modal Indonesia, Bob akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu pasar modal. Pasar modal adalah suatu bentuk kegiatan yang berkaitan dengan efek seperti penawaran umum, perdagangan efek serta perusahaan publik hingga lembaga dan profesi yang berkaitan dengan efek.

Selain itu pasar modal juga dapat bertindak sebagai penghubung antara investor dengan perusahaan atau institusi pemerintah melalui instrumen perdagangan yang memiliki jangka panjang seperti obligasi, saham dan lainnya. Berdasarkan buku berjudul “Effectengids” yang dirilis pada 1939 oleh Vereniging voor den Effectenhandel, transaksi efek telah berlangsung sejak 1880. Pada saat itu transaksi efek ini dilakukan tanpa organisasi resmi sehingga catatan mengenai transaksi tersebut tidak lengkap.

Baca Juga: Kenali Lebih Dekat Apa Itu NFT, Aset Digital yang Sedang Populer Diinvestasikan

Pada 1892, perusahaan perkebunan bernama Cultuur Maatschappij Goalpara di Batavia mengeluarkan prospektus penjualan 400 saham dengan harga 500 gulden per saham. Empat tahun berikutnya atau pada 1896, harian Het Centrum dari Djoejacarta mengeluarkan prospektus penjualan saham senilai 105 ribu gulden dengan harga perdana 100 gulden per saham.

Bursa ini pada awalnya hanya melakukan jual beli saham dan obligasi perusahaan atau perkebunan Belanda yang beroperasi di Indonesia. Oleh karena itu obligasi diterbitkan pemerintah, lalu sertifikat saham perusahaan-perusahaan Amerika yang diterbitkan oleh kantor administrasi di negeri Belanda dan efek perusahaan Belanda lainnya.

Hari Pasar Modal Indonesia: Pasar Modal Paska Perang Dunia

Pada 1914 bursa di batavia sempat ditutup sesaat dikarenakan mulainya perang dunia 1 dan akhirnya kembali dibuka pada tahun 1918 setelah perang tersebut mereda. Karena perkembangan yang cukup baik akhirnya 2 bursa efek dibuka masing-masing pada 11 Januari 1925 di kota Surabaya dan 1 Agustus 1925 di Semarang.

Tetapi, karena pertumbuhan pasar modal yang belum stabil berubah anjlok ketika terjadi resesi ekonomi di tahun 1929 lalu ditambah dengan pecahnya perang dunia ke 2. Semakin memburuk dengan dua bursa efek yang baru dibuka tersebut akhirnya ditutup. Lalu, akhirnya pada 10 Mei 1940 di susul oleh Bursa Efek Batavia.

Awal Terbentuknya Hari Pasar Modal Indonesia

Hari Pasar Modal Indonesia

Setelah Indonesia meraih kemerdekaannya, pada 3 Juni 1952 saat Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Soekarno Bursa Efek Jakarta kembali dibuka. Pada tanggal 26 September 1952 dikeluarkan Undang-Undang No. 15 Tahun 1952 sebagai Undang-Undang Darurat yang kemudian ditetapkan sebagai Undang-Undang Bursa.

Tak lama kemudian Indonesia mengalami krisis ekonomi yang menyebabkan inflasi melambung tinggi sehingga terpaksa pasar modal kembali ditutup. Pada masa order ekonomi di Indonesia kembali mengalami peningkatan di bawah kepemimpinan Presiden Soeharto dan mengeluarkan keputusan presiden No. 52 tahun 1976.

Keputusan presiden ini mengenai pendirian pasar modal, membentuk badan pembina pasar modal, serta membentuk Badan Pelaksana Pasar Modal (BAPEPAM). Di era sekarang melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia (BEI) memiliki wewenang untuk mengawasi pasar modal di Indonesia.

Hari Pasar Modal Indonesia: Apa itu Bursa Efek?

Bursa efek terdiri dari dua kata yang memiliki arti masing-masing. Kata pertama adalah bursa yang memiliki arti tempat jual beli. Kata kedua adalah efek yang menurut Undang-undang No. 8 tahun 1995 tentang pasar modal adalah barang yang didagangkan di tempat jual beli tersebut. Barang yang diperdagangkan dalam istilah efek ini meliputi surat-surat berharga seperti saham dan obligasi.

Oleh karena itu bisa dibilang bursa efek adalah pasar di mana terjadi jual beli efek dari suatu perusahaan. Di Indonesia, tempat jual beli efek ini dikenal dengan nama Bursa Efek Indonesia (BEI) atau Indonesia Stock Exchange (IDX). Bursa Efek Indonesia ini berkantor di Jakarta dan memiliki kantor perwakilan di kota lainnya. BEI merupakan lembaga resmi dari pemerintah Indonesia yang memfasilitasi segala kegiatan jual beli saham perusahaan go public.

Baca Juga: Ingin Mulai Investasi NFT? Simak Tips Investasi NFT Ini Terlebih Dahulu, Ya!

Hari Pasar Modal Indonesia: Cara Kerja Bursa Efek

Bagaimana Bursa Efek Indonsia bekerja? Perusahaan yang terdaftar di bursa efek merupaka perusahaan yang terbuka untuk publik sehingga perusahaan tersebut bisa dimiliki (dibeli) publik. Bursa Efek Indonesia kemudian akan memfasilitasi semuanya sehingga perusahaan tersebut bisa melantai di bursa yang harus memenuhi persyaratan atau listing dari Bursa Efek Indonesia.

Hari Pasar Modal Indonesia: Peran Bursa Efek Indonesia

Hari Pasar Modal Indonesia

  1. Fasilitator Perdagangan Efek
    • Menyediakan sarana untuk perdagangan efek
    • Membuat peraturan terkait kegiatan di bursa
    • Mencatat semua instrumen efek
    • Melakukan upaya likuiditas instrumen.
    • Melakukan transparansi terkait informasi bursa.
  2. Pengontrol Jalannya Transaksi Efek
    • Memantau kegiatan transaksi efek yang terjadi
    • Mencegah terjadinya manipulasi harga tidak wajar yang dilarang oleh undang-undang.
    • Menangguhkan perdagangan untuk emiten saham yang terbukti melanggar ketentuan (suspending).
    • Mencabut efek di bursa yang yang terbukti melanggar ketentuan (delisting)

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Lorong Pods bobobox bandung

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain pengalaman menginap di Bobobox Gunung Mas, yuk! Menginap di Bobobox bisa jadi sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota. Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles