Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Sambut Hari Laut Sedunia dengan Fakta Seputar Laut Berikut!

Apa saja yang bisa kita lakukan di hari laut sedunia? Yuk simak informasinya!

Hari laut sedunia diperingati setiap tahunnya di tanggal 8 Juni, penduduk dunia memperingati Hari Laut Sedunia atau World Ocean Day. Tujuan dari adanya peringatan yang ditetapkan oleh PBB ini adalah untuk meningkatkan kesadaran manusia akan pentingnya laut bagi kehidupan.

1. Hari Laut Sedunia: Kampanye Hari Laut

Sejarah di balik peringatan hari laut sedunia bermula pada tahun 1998 silam saat Intergovernmental Oceanographic Commission dari UNESCO melakukan upaya kampanye.

Kampanye yang ditawarkan adalah untuk menjadikan Hari Laut sebagai hari peringatan internasional. Tak hanya UNESCO saja, World Ocean Network dan The Ocean Project, yang merupakan dua organisasi konservasi dunia bersama sejumlah kelompok lingkungan lain turut melakukan kampanye.

2. Hari Laut Sedunia: 70% Bumi Adalah Lautan

Mengapa laut merupakan prioritas dan menjadi sesuatu hal yang penting untuk diperhatikan masyarakat dunia? Hal ini salah satunya dikarenakan 70 persen dari planet bumi diselimuti oleh lautan.

Selain itu laut juga menghasilkan sekitar 50% oksigen bagi manusia dan mahluk hidup lainnya di bumi. Jika berbicara dari sudut pandang ekonomi, industri laut di seluruh dunia juga memberikan pekerjaan kepada sekitar 40 juta penduduk.

3. Hari Laut Sedunia: 50% Terumbu Karang Hancur

@Hipwee

Hari laut sedunia merupakan momen penting bagi kita untuk mempelajari dan sadar akan kondisi laut kita. Laut di bumi memiliki sejumlah tantangan yang cukup besar yang harus kita jjaga kelestariannya. Dilansir dari sejumlah data yang dirilis oleh PBB, populasi ikan besar di lautan dunia telah habis.

Tak hanya itu saja, 50 persen terumbu karang dunia juga dinyatakan hancur yang salah satunya disebabkan oleh ulah manusia karena upaya eksploitasi secara besar-besaran. Eksploitasi ini kemudian tidak diseimbangi dengan upaya regenerasi terumbu karang.

Fakta Menarik Tentang Laut Indonesia

Hari laut sedunia ini menjadi mmen penting bagi kita untuk melihat lebih jauh dan menjaga kondisi laut kita. Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang laut Indonesia.

Baca Juga: Simak Fakta Seputar Dewi Penguasa Lautan Mitologi Indonesia Berikut Ini

1. Hari Laut Sedunia: Memiliki Terumbu Karang Terluas

Dilansir dari laman Kementerian Kelautan dan Perikanan, Indonesia memiliki terumbu karang terluas di dunia dengan luas mencapai 39.500 km persegi atau sekitar 16 persen habitat karang dunia.

2. Hari Laut Sedunia: Arus Besar

Letaknya yang berada di antara Samudera Pasifik dan Samudera Hindia membuat laut Indonesia memiliki arus besar yang  mencapai 15 juta meter kubik per detik.

3. Hari Laut Sedunia: Spesies Penyu Terbanyak

Apakah kamu tahu jika enam dari tujuh spesies penyu yang hidup di dunia ternyata ada di Indonesia? Beberapa penyu yang terkenal ini diantaranya adah penyu sisik (Eretmochelys imbricata), penyu belimbing (Dermochelys coriacea), dan penyu tempayan (Caretta caretta).

4. Hari Laut Sedunia: Penghasil Ikan Terbesar di Dunia

Indonesia memiliki laut yang luas sehingga menjadi negara penghasil ikan terbesar di dunia. Berdasarkan laporan FAO, terdapat sekitar 5,4 juta ton ikan diproduksi pada tahun 2012 silam dengan potensi total produksi mencapai sekitar 9,93 juta ton. Walaupun jumlah ikan di Indonesia ini fantastis berdasarkan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan No.47/2016, jumlah tangkapan yang diizinkan hanya mencapai 7,95 juta ton.

Cara Memperingati Hari Laut

1. Perhatikan Jejak Karbon dan Kurangi Penggunaan Energi

Kamu bisa mengurangi efek perubahan iklim di laut dengan mengurangi penggunaan mobil dna kendaraan pribadi. Beberapa contoh upaya penyimpanan energi yang bisa kamu lakukan adalah lebih memilih naik tangga daripada lift, matikan komputer, dan gunakan kipas angin untuk menghindari pengaturan termostat yang berlebihan.

2. Pilih Makanan Laut yang Aman dan Berkelanjutan

Aktivitas penangkapan ikan harus dilakukan dalam jumlah yang wajar sesuai dengan peraturan dengan cara yang tepat. Hal ini dikarenakan rusaknya kondisi ekosistem laut membuat populasi ikan global berkurang dengan cepat habis karena tingginya permintaan.

Tingginya permintaan ini juga bisa timbul karena hilangnya habitat dan praktik penangkapan ikan yang tidak berkelanjutan. Kamu bisa kurangi permintaan spesies yang dieksploitasi secara berlebihan dengan memilih makanan laut yang menyehatkan dan berkelanjutan saat berbelanja.

3. Gunakan Lebih Sedikit Produk Plastik

Plastik merupakan masalah besar di darat maupun lautan. Sampah plastik di darat sebagian besar terbawa ke laut hingga menyebabkan perusakan habitat dan menjerat serta membunuh puluhan ribu hewan laut setiap tahun.

Kamu bisa coba membawa botol air yang dapat digunakan kembali, simpan makanan dalam wadah sekali pakai, bawa tas kain saat belanja, dan lakukan daur ulang bila memungkinkan.

4. Bantu Jaga Pantai

Kebersihan dan kemanan pantai merupakan tanggung jawab kita semua. Oleh karena itu kamu bisa  jelajahi dan hargai lautan tanpa mengganggu satwa liar atau menghilangkan bebatuan dan karang. Kamu juga bisa berpartisipasi dalam pembersihan pantai setempat.

5. Jangan Membeli Barang yang Mengeksploitasi Kehidupan Laut

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan menghindari membeli produk tertentu yang berkontribusi pada perusakan terumbu karang.

Tak hanya merusak terumbu karang, beberapa produk tertentu juga dapat membuat populasi laut lainnya menjadi terancam. Salah satu contohnya adalah dengan menghindari membeli barang-barang seperti perhiasan karang, aksesoris rambut kulit penyu (terbuat dari penyu sisik), dan produk dari hiu.

Baca Juga: Simak Daftar Gunung Api Bawah Laut di Dunia Berikut Ini Untuk Menambah Wawasanmu!

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Bobocabin by Bobobox Indonesia

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain pengalaman menginap di Bobobox Gunung Mas, yuk! Menginap di Bobobox bisa jadi sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota. Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

You might also like