Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Kamu Menikah Dalam Waktu Dekat? Ini Dia Hal-Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Kehidupan Setelah Menikah

Karena nggak semuanya seindah fairytale. :)

Pernikahan tidak akan selamanya terasa indah seperti di dongeng-dongeng. Sepanjang kehidupan pernikahan pasti ada ups and downs yang akan kamu dan pasangan hadapi kelak. So, penting banget untuk mengetahui hal-hal seputar kehidupan setelah menikah agar kamu siap untuk mengarungi bahtera pernikahan kelak.

kehidupan setelah menikah

(Photo by @SandroCrepulja via Pexels)

1. Mengetahui Semua Kebiasaan Pasangan

Kehidupan setelah menikah pertama yang perlu kamu ketahui adalah bahwa saat memasuki jenjang pernikahan nanti, semua kebiasaan pasanganmu akan terungkap. Kamu akan tahu apa saja dan bagaimana kebiasaannya dari mulai bangun tidur sampai mau tidur lagi.


Baca Juga: Ingin Nikahan Hemat? Ini Dia 10 Tips Menikah Hemat 2021!


Yang tadinya semua hal tentang pasanganmu terlihat sempurna, maka di kehidupan setelah menikah semuanya akan terungkap. Namun, bukan berarti hal ini menjadi suatu penyesalan di hati. Ingatlah, saat mengikrarkan janji sehidup-semati, itu berarti kamu juga berjanji menerima baik-buruk pasanganmu.

2. Menemui Masalah Finansial

Masalah finansial merupakan salah satu masalah yang hampir selalu ditemui oleh setiap pasangan di kehidupan setelah menikah kelak. Masalah yang satu ini memang sangat sensitif dan kerap menjadi pemicu hadirnya konflik dalam kehidupan setelah menikah kelak.

Bukan hanya pendapatan yang kurang saja yang bisa memicu masalah finansial dalam kehidupan berumahtangga, namun hal-hal lain seperti pasanganmu ternyata terlibat utang-piutang, atau mungkin salah satu berpenghasilan lebih besar sehingga menimbulkan kecemburuan.

Untuk menghindari hal semacam ini terjadi di kehidupan setelah menikah kelak, ada baiknya kamu dan pasangan membicarakan perihal keadaan finansial masing-masing sebelum maju ke jenjang pernikahan. Selain itu, perencanaan keuangan setelah nanti memasuki kehidupan berumahtangga pun sebaiknya direncanakan dengan sangat matang.

3. Masa Depan Anak Nomor Satu

Saat memasuki kehidupan setelah menikah kelak, hal yang menjadi prioritas utama bukanlah hanya seputar dirimu dan pasanganmu saja. Hadirnya anak akan menjadi hal utama yang memicu kamu dan pasanganmu untuk menata hidup sebaik mungkin demi masa depannya.

Kamu dan pasangan akan berusaha memberikan yang terbaik demi sang anak. Mulai dari merencanakan biaya pendidikan terbaik hingga tunjangan kesehatan, serta semua yang anak butuhkan di masa depan. Pokoknya, di kehidupan setelah menikah nanti, semua bukan hanya tentangmu dan pasangan.

4. Semakin Kompak dalam Kerjasama

Jika saat pacaran kamu dan pasangan sudah terbiasa bekerjasama dalam berbagai hal, maka dalam kehidupan setelah menikah kamu dan pasangan akan benar-benar bekerja sama dalam semua hal. Benar-benar semua hal.

Kamu akan semakin tahu akan kelebihan dan kekurangan pasangan, dan belajar berkompromi dengan hal itu. Semua ini akan menjadikanmu dan pasanganmu semakin erat dan kompak dalam melakukan hal-hal apapun di kehidupan setelah menikah kelak.

kehidupan setelah menikah

(Photo by @VladaKarpovich via Pexels)

5. Keluarga Menjadi Prioritas Utama

Jika saat single kamu bisa bebas pergi kemanapun dan kapanpun, lain halnya ketika kamu memasuki kehidupan setelah menikah yang akan kamu jalani kelak. Kamu tidak akan lagi bebas hangout sampai malam setiap pulang kerja. Sebab, ada orang-orang tersayang yang menunggumu di rumah.

Selain itu, kamu juga akan berpikir dua kali saat akan membeli sesuatu yang kamu inginkan. Kamu akan lebih mempertimbangkan apakah hal tersebut benar-benar penting, atau lebih baik uangnya ditabung untuk kebutuhan keluargamu.

Pokoknya, di kehidupan setelah menikah nanti, prioritas utamamu adalah keluarga. Nggak ada lagi deh kamu yang egois seperti kamu yang dulu.

6. Pembagian Tugas dalam Rumah Tangga

Saat hendak memasuki kehidupan setelah menikah nanti, perlu kamu ketahui bahwa pembagian tugas dalam rumah tangga bersama pasangan itu penting adanya. Banyak yang sungkan atau menganggap remeh hal ini.

Padahal, jika tidak dibicarakan sejak awal, bukan tidak mungkin bahwa hal ini akan menimbulkan masalah di kemudian hari. Jangan sampai kelak kamu tidak ikhlas dan sepenuh hati saat mengerjakan tugas dan menjalani peranmu dalam berumah tangga.

Ingat, kamu dan pasanganmu adalah partner seumur hidup. Semua hal sebaiknya dikerjakan bersama-sama, bahu-membahu, dan penuh cinta. Maka, sangat penting untuk mendiskusikan pembagian tugas ini sebelum kamu dan pasangan memasuki kehidupan setelah menikah kelak.

7. Campur Tangan Keluarga Besar

Meski sudah menikah dan cukup dewasa untuk mengambil semua keputusan dalam hidup berumah tangga sendiri, namun tidak dapat dipungkiri bahwa kelak akan ada saja campur tangan keluarga besar dalam hal-hal apapun di pernikahanmu.

Meski kadang membuatmu risih atau stress, namun hal seperti ini biasanya tidak dapat kamu hindari di kehidupan setelah menikah nanti. Dan, yang akan ikut campur urusan rumah tanggamu pun bukan hanya orang tua atau mertua saja. Tak jarang keluarga lain seperti paman, bibi, kakek, nenek, serta saudara ipar pun ikut-ikutan dalam perihal kehidupan pernikahanmu.


Baca Juga: Ingin Menikah? Eits, Tunggu Dulu! Ini Dia 20 Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Kamu Nikah!


Meski begitu, tak selamanya hal ini buruk, loh. Mereka pun pasti berniat baik untuk memberikan nasehat dan petuah yang akan berguna untuk kehidupan setelah menikah yang akan kamu jalani di kemudian hari.

8. Berbagai Komentar dari Lingkungan Sekitar

Nah, kalau hal yang satu ini memang menjengkelkan dan terkadang toxic banget, sih. Kalau sebelum menikah dulu kamu sering mendengar pertanyaan “kapan nikah?” dari orang-orang di sekitarmu, bersiaplah bahwa hal tersebut tak akan berhenti ketika kelak kamu memasuki kehidupan setelah menikah.

Orang-orang biasanya akan terus bertanya hal-hal yang sebenarnya sangat pribadi dan tak perlu ditanyakan seperti “kapan punya anak?”. Mereka juga terkadang sangat gemar berkomentar tentang karirmu, tentang tumbuh kembang anakmu, tentang kondisi finansialmu dan lain-lain. Mereka seakan nggak ada puasnya.

Namun, jangan sampai kamu dan pasangan dipusingkan dengan komentar-komentar miring dari lingkungan sekitar, ya. Kamu dan pasanganmu harus terus bertumbuh kuat dalam pernikahan, agar kehidupan setelah menikah kelak selalu terasa bahagia.

9. Selamanya Saling Berbagi

Perlu kamu ketahui, bahwa di kehidupan setelah menikah kelak, kamu harus siap untuk berbagi segalanya dengan pasangan. Seperti janji yang telah diucapkan, kamu dan pasangan akan berbagi segalanya dalam suka maupun duka, dalam sehat maupun sakit.

10. Akan Datang Masa-Masa Jenuh

Hal terakhir dalam kehidupan setelah menikah yang sebaiknya kamu ketahui adalah bahwa kelak akan datang masa dimana kamu jenuh dengan kehidupan pernikahanmu. Kamu merasa pasanganmu tidak semenarik dulu, atau kamu merasa lelah mengurus rumah dan anak.

Perasaan seperti ini sangat wajar muncul dalam kehidupan setelah menikah nanti. Yang paling penting adalah bagaimana caranya kamu mengembalikan lagi api asmara yang dahulu pernah membara. Eits… Bacanya jangan sambil nyanyi, ya! 😀

kehidupan setelah menikah

(Photo by @freestocks.org via Pexels)

Pasti happy staycation di Bobobox!

Agar siap menikah, bukan hanya fisik dan materi saja yang perlu dipersiapkan, namun kesehatan dan kesiapan mentalmu juga, loh! Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga mentalmu tetap sehat, salah satunya adalah dengan staycation dan liburan! ;D

Kamu nggak perlu bingung mau pilih hotel yang mana. Datang aja ke Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel.

Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama nginap di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Pesan kamarnya pun nggak ribet, tinggal download aja aplikasinya di siniQR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox! Stay Happy, Stay Healthy!

Oh iya, kamu juga bisa melihat langsung pods Bobobox lewat virtual 360° tour lho!

hotel kapsul bobobo

You might also like