Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Yuk Coba 7 Hal Positif untuk Kesehatan Mental yang Baik Berikut!

Obati stresmu dengan melakukan hal positif untuk kesehatan mental yang baik!

Hal positif untuk kesehatan mental yang baik sepatutnya dapat dipraktekkan siapapun dan kapanpun. Hal positif untuk kesehatan mental yang baik ini pun tak terkecuali sepatutnya dipraktekkan bagi kamu yang mengalami kelelahan. Di masa pandemi ini banyak orang yang mengalami pandemic fatigue. Apa itu pandemic fatigue?  Pandemic fatigue atau kelelahan karena situasi pandemi adalah sebuah kondisi saat seseorang merasa lelah dengan ketidakpastian pandemi.

Durasi pandemi yang panjang membuat sebagian besar orang merasa pesimis seakan-akan kondisi ini tak akan berakhir. Rasa lelah ini kemudian dapat membuat banyak orang mulai melanggar dan tidak mematuhi protokol kesehatan yang sebenarnya ditetapkan untuk mencegah penularan virus Covid-19.

Gawat! Ini Dia 7 Tanda Kamu Harus Mulai Keluar dari Zona Nyaman
@punttim via Unsplash

Pandemic fatigue ini kemudian perlahan-lahan memperngaruhi kesehatan mental dan kesehatan fisik kamu jika dibiarkan berlarut-larut. Beberapa tanda yang biasanya ditampilkan saat seseorang mengalami pandemic fatigue adalah perubahan mood yang cepat, takut, mudah lelah meskipun tak melakukan banyak aktivitas, dan sulit mengendalikan amarah. Hal inilah yang menjadi penyebab mengapa tubuh kamu terasa lesu dan kamu merasa tidak bersemangat untuk melakukan apa pun.

Alhasil yang kamu hanya lakukan hanya berbaring. Selain itu minimnya interaksi sosial dan kegiatan yang terbatas hanya di dalam rumah juga turut berkontribusi dan tanpa sadar membuat kondisi pandemic fatigue kamu semakin parah. Lalu apa yang harus kamu lakukan untuk mengatasi pandemic fatigue ini? Yuk coba terapkan beberapa hal positif untuk kesehatan mental yang baik berikut ini.

1. Hal Positif untuk Kesehatan Mental yang Baik: Menulis Gratitude Journal 

Hal positif untuk kesehatan mental yang baik pertama adalah dengan memulai kebiasan menulis gratitude journal. Secara singkat gratitude journal adalah sebuah catatan yang berisi hal-hal yang kamu syukuri dan membuat kamu bahagia setiap harinya bahkan untuk hal-hal kecil. Dilansir dari Greater Good in Action untuk bisa menulis jurnal ini kamu bisa meluangkan waktu setidaknya 15 menit per hari minimal 1-2 kali seminggu.

Dalam rentang waktu 1-2 minggu ini tanpa disadari kamu bisa mendapat dampak kebahagiaan yang lebih besar, lho. Agar kamu bisa lebih mudah untuk menulis gratitude journal milik kamu, kamu bisa mulai menulis hal-hal sederhana. Hal positif untuk kesehatan mental yang baik yang kamu tulis di dalam jurnal bisa membuat kamu bahagia dan lebih banyak bersukur.

 Hal Positif untuk Kesehatan Mental yang Baik

2. Hal Positif untuk Kesehatan Mental yang Baik: Berkomunikasi Hal-hal Positif

Hal positif untuk kesehatan mental yang baik selanjutnya adalah dengan membiasakan mengkomunikasikan hal-hal positif. Mulailah untuk memulai hal positif untuk kesehatan mental yang baik ini dengan orang-orang terdekat kamu seperti keluarga dan sahabat. Keluarga di rumah dan sahabat merupakan salah satu tumber energi yang sangat memengaruhi suasana hati kamu. Di saat orang-orang terdekat kamu dapat berkomunikasi hal-hal positif maka kamu pun akan mendapatkan energi yang positif pula.

3. Hal Positif untuk Kesehatan Mental yang Baik: Renungkan dan Terima

Hal positif untuk kesehatan mental yang baik berikutnya adalah dengan mencoba merenungkan dan menerima keadaan. Tak ada gunanya kamu menyalahkan kondisi dan waktu yang tak mampu kamu kendalikan. Pandemi ini bukanlah keinginan semua orang di dunia dan kita semua mengalami rasa lelah ini. Daripada menguras energi kamu untuk menyalahkan keadaan kamu bisa coba luangkan waktu untuk introspeksi diri sendiri dan merenung.

Hal positif untuk kesehatan mental yang baik ini akan membantu kamu mengurangi rasa jengkel, tidak sabar, marah, lelah, cemas, dan stres. Dengan merenung maka akan lebih mudah bagi kamu untuk menerima bahwa semua yang sedang kamu hadapi saat ini normal dan dapat dimengerti selama masa sulit ini.

4. Hal Positif untuk Kesehatan Mental yang Baik: Berlatih Meditasi dan Olahraga

Tak kalah penting dengan hal positif untuk kesehatan mental yang baik di atas, hal positif untuk kesehatan mental yang baik yang satu ini pun terbilang efektif, lho. Saat kamu mulai merasa penat berada di rumah saja kamu bisa meluangkan waktu untuk melakukan meditasi atau olahraga seperti yoga. Meditasi dinilai efektif untuk memperbaiki suasana hati kamu yang sedang buruk. Kamu bisa siapkan alas duduk yang nyaman, pakaian yang longgar, dan timer.

Fokuskan piliran kamu dan mulai rasakan nafas masuk dan keluar dengan menggunakan hitungan satu sampai dengan sepuluh. Pastikan tubuh kamu dalam keadaaan rileks sehingga tubuh dan pikiran kamu akan terasa lebih ringan setelah melakukan meditasi. Imbangi juga dengan gaya hidup sehat lainnya agar tubuh menjadi sehat dan kuat.

Smartphone
Photo by Jamie Street on Unsplash

5. Hal Positif untuk Kesehatan Mental yang Baik: Stop Scrolling Berita Negatif

Energi negatif yang kamu rasakan bisa jadi berasala dari berbagai berita negatif yang salah satunya kamu terima di TV, internet, maupun sosial media. Untuk menanganinya kamu bisa praktekkan hal positif untuk kesehatan mental yang baik berikut ini. Kurangilah terlalu lama mengakses kanal berita yang menampilan berbagai informasi negatif. Istirahatkan mata dan pikiran kamu dari berbagai berita yang menggangu kesehatan mental kamu.

6. Hal Positif untuk Kesehatan Mental yang Baik: Rutin Berlatih Pernapasan

Kebiasaan ini mungkin terdengar sepele bagi kamu, namun faktanya dengan rutin melatih pernafasan dapat mengurangi stres dan kecemasan yang kamu alami. Caranya pun terbilang sangat mudah. kamu hanya perlu menarik napas dalam-dalam secara perlahan dan kemudian hembuskan secara perlahan pula.

7. Hal Positif untuk Kesehatan Mental yang Baik: Pulihkan Diri dengan Beristirahat

Hal positif untuk kesehatan mental yang baik yang terakhir adalah dengan memulihkan diri dan beristirahat yang cukup. Kamu mungkin terlalu keras pada diri kamu sendiri agar kamu dapat selalu memiliki kegiatan produktif selama di rumah saja sehingga kamu mulai merasa lelah dan stres. Ambillah waktu libur sejenak dan memanjakkan diri kamu. Kamu hebat sudah melewati masa-masa sulit ini dengan baik!

Bukan hanya kesehatan fisik yang mesti kamu jaga di masa sulit seperti ini, namun kesehatan mental juga sangat penting. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mentalmu, salah satunya adalah dengan staycation dan liburan! Kamu nggak perlu bingung mau pilih hotel yang mana. Datang aja ke Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel.

Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama nginap di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu. Pesan kamarnya pun nggak ribet, tinggal download aja aplikasinya di siniQR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox! Stay happy, stay healthy!

You might also like