Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Hati-Hati Saat Mendaki! Ini Dia 10 Gunung Paling Angker di Indonesia

Dari hilang hingga jadi tempat makhluk halus bersemayam!

Bobobox.co.id — Dibalik pesona alam yang begitu menakjubkan, banyak gunung di Indonesia diselimuti oleh berbagai cerita mistis. Gunung-gunung tersebut bisa disebut sebagai gunung paling angker di Indonesia.

Gunung yang disebut-sebut angker ini bukannya tanpa bukti. Kesaksian dari banyak pendaki hingga pemberitaan di media terkait kejadian janggal yang terjadi adalah bukti yang membuat gunung-gunung tersebut angker.

Dirangkum dari berbagai sumber, Bob akan membagikan 10 gunung paling angker di Indonesia. Hati-hati saat akan mendaki, ya! Jangan lupa untuk mematuhi aturan dan menghindari pantangan di tiap gunungnya.

Gunung Sumbing (Jawa Tengah)

Gunung paling angker di Indonesia pertama di daftar ini adalah Gunung Sumbing. Status angker yang disandang oleh gunung yang terletak di tiga kabupaten di Jawa Tengah ini bukannya tanpa alasan yang jelas.

Sudah banyak yang menjadi saksi bisu dari kejadian mistis yang terjadi di gunung seram di Pulau Jawa ini. Kebanyakan cerita-cerita yang dialami oleh pendaki sendiri berhubungan dengan makhluk halus.

Mulai dari makhluk bercahaya, penampakan sekumpulan orang tengah duduk melingkar hingga penunggu tak kasat mata. Beberapa di antaranya tak hanya dialami oleh banyak pendaki tetapi juga warga sekitar.

Gunung Sumbing via gunungtrip.com

Gunung Arjuno (Jawa Timur)

Gunung paling angker di Indonesia berikutnya adalah Gunung Arjuno. Soal keangkeran, gunung seram di Pulau Jawa ini sudah terkenal di kalangan para pendaki dengan kisah nyata yang dialami oleh banyak orang.

Salah spot yang terkenal akan cerita mistisnya adalah Alas Lali Jiwo. Sangat disarankan untuk melewati area ini untuk selalu fokus dan jangan sampai terpencar dengan kawan saat mendaki gunung ini.

Pasalnya, banyak kejadian yang membuat orang hilang di area ini. Kejadian tersebut pernah dialami oleh Faiqus Syamsi yang menghilang selama 100 hari saat mendaki Gunung Arjuno hingga ditemukan tewas.

Gunung Arjuno via shuttertstock/mohammad aldi purnomo

Gunung Salak (Jawa Barat)

Jika berbicara soal keangkeran sebuah gunung, Gunung Salak adalah gunung yang kemungkinan besar bakal disebut oleh para pendaki. Kesan angker sudah menempel lama pada gunung di Bogor ini.

Salah satu kejadian yang menghebohkankan publik nasional adalah jatuhnya pesawat setelah melewati Gunung Salak. Pada tahun 2012, bencana jatuhnya pesawat tersebut memakan 45 korban meninggal dunia.

Anggapan mistis lainnya sendiri didukung dengan kabar di mana banyak pendaki tersesat hingga hilang. Masyarakat sekitar mempercayai bahwa kejadian mistis terjadi saat berpapasan dengan tentara gaib.

Gunung Salak/Pebi Yudha Krisnapati via flickr.com/photos/pebiyudha/

Baca Juga: 10 Pengalaman Mistis Pendakian Gunung Di Indonesia Yang Paling Mencekam


Gunung Lawu (Jawa Tengah-Jawa Timur)

Bagi pendaki asal Jawa Timur, Gunung Lawu adalah salah satu gunung yang kerap dijadikan tujuan mendaki. Namun, banyak pendaki tersebut yang mengetahui dengan jelas gunung seram di Pulau Jawa ini.

Sudah banyak kejadian mistis yang terjadi kepada banyak pendaki. Kejadian mistis seperti tersesat hingga hilang berhari-hari menjadi bukti keangkeran dari salah satu gunung paling angker di Indonesia.

Bahkan, saking angkernya, banyak mitos yang bertebaran. Mulai dari mendaki harus menggenapkan jumlah rombongan para pendaki hingga dilarang untuk mengenakan baju hijau agar tidak tersesat saat mendaki.

Gunung paling angker di Indonesia
Gunung Lawu via Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya

Gunung Rinjani (Nusa Tenggara Barat)

Pulau Lombok terkenal dengan hamparan pasir pantai yang menakjubkan dengan pesona alam yang memanjakan mata. Namun, dibalik itu semua, provinsi ini pun memiliki salah satu gunung paling angker di Indonesia.

Gunung tersebut adalah Gunung Rinjani. Memiliki ketinggian 3.726 mdpl, keindahan alam gunung ini menyimpan berbagai misteri. Berbagai cerita mistis menyelimuti gunung yang kerap jadi tujuan para pendaki ini.

Mitos keberadaan Dewi Anjani adalah salah satu cerita mistis paling terkenal. Selain itu, ada pula cerita mistis di mana gunung ini adalah tempat berkumpulnya makhluk gaib yang membentuk kehidupan yang sama seperti manusia.

Gunung Rinjani via theculturetrip.com

Gunung Kerinci (Jambi-Sumatra Barat)

Bagi para penikmat tantangan, mendaki gunung tertinggi di Indonesia adalah sebuah keharusan. Gunug Kerinci adalah salah satunya di mana gunung ini termasuk tujuh puncak tertinggi yang dimiliki Indonesia.

Melintas dua provinsi di Pulau Sumatra, Gunung Kerinci memiliki legenda turun temurun. Masyarakat sekitar percaya bahwa Uhang Pandak, makhluk astral menyerupai kera ini bersemayam di gunung ini.

Selain itu, puncak Gunung Kerinci pun menyimpan cerita menakutkan. Konon, banyak pendaki yang mengatakan bahwa mereka seperti tersedot ke dunia lain hingga hilang namun jasadnya tak ditemukan sama sekali.

Gunung Kerinci/Uprising via id.wikipedia.org

Baca Juga: 10 Wisata Alam Di Gunung Kerinci Yang Wajib Kamu Eksplorasi


Gunung Latimojong (Sulawesi Selatan)

Mayoritas gunung paling angker di Indonesia berada di Pulau Jawa. Namun, hal tersebut bukan berarti membuat gunung di luar Pulau Jawa tak seangker itu. Gunung Latimojong adalah salah satu contohnya.

Gunung yang berada di Kabupaten Luwu ini menyimpan berbagai misteri yang sulit dicerna akal sehat. Sosok hantu Poppo adalah makhluk gaib yang dipercaya bersemayam di gunung dengan ketinggian 3.430 mdpl.

Hantu Poppo digambarkan mirip seperti manusia namun bisa terbang dan memiliki mata berwarna merah. Konon, hantu ini gemar mencari mangsa di malam hari dengan sesekali mengeluarkan suara “pok..pok”.

Gunung Latimojong via iradiofm.com

Gunung Merapi (Jawa Tengah-Yogyakarta)

Gunung Merapi merupakan gunung paling angker di Indonesia lainnya. Gunung yang berlokasi di dua provinsi ini sudah lama dikenal sebagai salah satu gunung keramat juga paling aktif di Indonesia.

Tak mengherankan jika banyak sekali kisah mistis yang menyelimuti gunung dengan ketinggian 2.930 mdpl. Misteri yang beredar adalah sebuah istana dari kerajaan gaib yang berada di Kawah Gunung Merapi.

Di samping itu, ada juga area yang disebut-sebut paling angker. Pasar Bubrah adalah tempat berpasir dan berbatu yang dipercaya sebagai tempat berkumpulnya makhluk-makhluk halus yang ada di gunung seram ini.

Gunung Merapi via Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya

Gunung Semeru (Jawa Timur)

Gunung paling angker di Indonesia lainnya adalah Gunung Semeru. Gunung yang terletak di Provinsi Jawa Timur ini dijuluki sebagai kerajaan jin karena dipercaya sebagai tempat bersemayamnya para  dewa.

Sudah tak terhitung berapa banyak para pendaki yang meregang nyawa di Gunung Semeru ini. Bahkan, hal yang lebih mengerikannya lagi adalah tak sedikit yang jasadnya belum diketemukan hingga saat ini.

Banyak kejadian aneh lainnya yang menghantui para pendaki. Selain tersesat hingga hilang, kejadian mistis lainnya dari gunung yang terkenal lewat film nasional adalah keserupan pendaki yang menyerupai binatang.

KOMPAS.com/Anggara Wikan Prasetya

Baca Juga: Jejak Kerajaan Majapahit Di Destinasi Wisata Kaki Gunung Semeru


Gunung Ciremai (Jawa Barat)

Gunung paling angker di Indonesia terakhir adalah Gunung Ciremai. Pemandangan eksotis dengan ketinggian mencapai 3.078 menjadi dua kombinasi tepat sebagai destasi favorit para pendaki gunung.

Namun, dibalik itu semua, Gunung Ciremai memiliki cerita seram dan dikenal angker. Kengerian dari cerita menyeramkan tersebut bisa dilihat dari banyaknya berjatuhan korban dari para pendaki gunung ini.

Salah spot angker di Gunung Ciremai adalah Lintasan Kuburan Kuda. Para pendaki mempercayai bahwa jalan menuju puncak ini kerap terdengar suara langkah kaki kuda dari arwah kuda tentara Jepang yang tewas.

Gunung Ciremai via travelspromo.com

Tak perlu Takut Tidur Sendirian saat Menginap di Bobobox

Setelah membaca beberapa ceritanya di pods Bobobox, kamu mungkin bisa takut untuk tidur sendiri. Namun, kamu tak usah khawatir karena kamu tidak akan tidur sendiri di Bobobox karena konsep shared living yang diusung.

Jadi, banyak orang kok yang ada di luar pod yang sedang kamu inapi. Oleh karenanya, kamu pun bisa tidur nyenyak tanpa takut akan kesendirian yang datang.

Nah, bagi kamu yang ingin mencoba menginap di Bobobox, unduh aplikasi Bobobox di sini untuk informasi lebih lanjutnya ya!

You might also like