Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Inilah 10 Gua Terindah di Dunia Versi Bob the Koala

Gua terindah di dunia bakal bikin kamu bengong!

Objek wisata di dunia tak terbatas hanya pada pantai, gunung, dan hutan saja lho. Gua juga memiliki daya tarik tersendiri. Nah, berikut adalah 10 gua terindah di dunia versi Bob yang harus kamu kunjungi.

Gua Carlsbad – New Mexico, Amerika Serikat

gua terindah di dunia
nps.gov

Gua Carlsbad adalah salah satu gual paling terkenal di Amerika Serikat. Gua terindah di dunia ini berada di Taman Nasional Carlsbad Caverns dan memiliki bilik gua yang sangat besar. Salah satu di antaranya adalah “Big Room”. Bilik ini memiliki panjang 1.220 meter, lebar 191 meter, dan tinggi 78 meter. Selain itu, yang menjadi daya tarik dari gua ini adalah kelelawarnya. Ada sekitar 17 spesies dan 793.000 kelelawar yang tinggal di dalam gua terindah di dunia ini.

Cave of Crystals – Chihuahua, Mexico

gua terindah di dunia
Photo by USGS on Unsplash

Gua terindah di dunia berikutnya ditemukan oleh Juan dan Pedro Sanchez pada tahun 2000 saat mereka sedang melakukan pengeboran tambang. Seperti namanya, kamu dapat menemukan kristal-kristal yang sangat indah di dalam gua ini.

Bilik utamanya memiliki kristal selenite yang sangat besar dan termasuk kristal alami terbesar yang pernah ditemukan. Sayangnya, gua ini sangatlah panas dengan suhu udara mencapai 58 derajat Celsius.

Para peneliti diharuskan mengenakan pakaian khusus untuk bisa masuk ke dalamnya. Meskipun begitu, kristal di gua terindah di dunia ini sangat spesial karena berbeda dengan kebanyakan kristal yang ada di dunia.

Gua Es Eisriesenwelt – Salzburg, Austria

gua terindah di dunia
Photo by Friggas Schleier via eisriesenwelt.at

Dalam bahasa Jerman, eisriesenwelt berarti dunia es raksasa. Wajar saja, soalnya gua terindah di dunia ini sekaligus yang terpanjang di dunia. Panjangnya saja mencapai lebih dari 42 kilometer. Di Gua Es Eisriesenwelt, kamu bisa menyaksikan bilik-bilik es yang sangat indah.

Kamu juga akan menemukan air terjun beku dan formasi-formasi es yang menakjubkan. Formasi-formasi es ini menyerupai stalaktit, stalakmit, dan pilar yang biasa ditemukan di gua-gua kapur. Kepopuleran gua terindah di dunia ini mengundang setidaknya 200.000 pengunjung setiap tahun.

Gua Hang Son Doong – Provinsi Quảng Bình, Vietnam

gua terindah di dunia
sondoongcave.info

Di Vietnam, kamu akan menemukan Hang Son Doong, salah satu gua terindah di dunia yang terbentuk secara alami. Gua ini memiliki sungai arus deras bawah tanah terbesar di dunia.

Selain itu, karena ukurannya yang sangat besar, Hang Son Doong mengembangkan iklim mikro yang menghasilkan ekosistem unik yang berbeda dari daerah manapun di bumi.

Gua Luray – Virginia, Amerika Serikat

gua terindah di dunia
Photo by Robert Thiemann on Unsplash

Sejak ditemukan pada tahun 1878, Gua Luray menjadi daya tarik Virginia, Amerika Serikat karena speleothem-nya yang beragam. Kamu hampir bisa menemukan segala jenis speleothem berbasis kalsit seperti aliran lumpur, stalaktit, stalagmit, flowstone, dan kolam cermin.

Gua terindah di dunia ini berjajar dengan kolam-kolam dan dihubungkan dengan jalan beraspal yang menuju 11 bilik berbeda. Oleh karena itu, seluruh isi gua terindah di dunia ini mudah untuk diakses.

Gua Mammoth – Kentucky, Amerika Serikat

gua terindah di dunia
npca.org

Gua Mammoth adalah salah satu gua tertua yang ada di Amerika Serikat. Yang menjadi daya tarik dari gua terindah di dunia ini adalah “Cedar Sink”, lubang pembuangan (sinkhole) sedalam 90 meter yang terbentuk akibat disolusi mineral. Selain itu, di Gua Mammoth juga terdapat ruangan seperti atrium berukuran besar yang bernama Frozen Niagara yang memiliki tembok yang dipenuhi oleh stalaktit yang menyerupai air terjun beku.

Gua Mulu – Borneo

gua terindah di dunia
mulupark.com

Gua Mulu berada di bawah hutan hujan Taman Nasional Mulu, Borneo bagian Malaysia. Gua terindah di dunia ini memiliki ukurasn seluas 200 kilometer. Menurut Kementrian Kehutanan Sarawak, Gua Mulu adalah gua yang memiliki gang dan bilik terbesar di Asia Tenggara.

Hal lain yang menjadi daya tarik Gua Mulu adalah helektitnya, yaitu stalaktit yang tumbuh secara horizontal yang menyerupai ranting. Meskipun begitu, beberapa ahli berpenpadat bahwa dua per tiga bagian gua tersebut masih menjadi misteri. Penelusuran gua terindah di dunia ini masih terus dilakukan untuk menemukan keindahan-keindahan lainnya.

Gua terindah di dunia, Reed Flute – Guangxi, Cina

gua terindah di dunia
Photo by Matze Bob on Unsplash

Gua Reed Flute adalah gua yang sudah sering dikunjungi selama 1.200 tahun silam. Meskipun begitu, gua terindah di dunia ini baru mendapatkan popularitas seperti saat ini sejak tahun 1940-an. Nama Reed Flute diambil dari reed (alang-alang) yang tumbuh lebat di pintu masuk gua.

Kabarnya, alang-alang ini sering dijadikan alat musik yang menyerupai seruling oleh penduduk lokal. Gua terindah di dunia ini memiliki formasi batu dan mineral, timbunan karbon, dan pilar batu yang menajkubkan. Akan tetapi, bintang utama dari gua terindah di dunia ini adalah instalasi lampunya yang fantastis. Instalasi ini membuat Gua Reed Flute memiliki julukan lain, The Palace of Natural Arts.

Gua Skocjan – Slovenia

gua terindah di dunia
park-skocjanske-jame.si

Gua Skocjan adalah salah satu gua terindah di dunia yang memiliki dokumentasi peta yang paling lama, yaitu sejak abad ke 18. Gua ini pun dideklarasikan oleh UNESCO sebagai Warisan Dunia pada tahun 1986 karena peran pentingnya sebagai lahan basah bawah tanah.

Karena keberadaannya yang sudah sangat lama, gua terindah di dunia ini membentuk iklim mikronya sendiri. Hal ini mengakibatkan Gua Skocjan memiliki ekosistem unik dengan spesies yang hanya ada di dalam gua ini.

Gua Waitomo Glowworm – Selandia Baru

gua terindah di dunia
Instagram/@waitomocaves

Gua terindah di dunia ini diberi nama glowworm karena bagian dari gua ini merupakan tempat tinggual dari Arachnocampa luminosa, serangga yang bersinar saat berada di masa larva.

Gua ini berada di bawah samudra purba yang sudah ada sejak 30.000 tahun lalu. Dalamnya berisi stalaktit dan stalakmit yang menakjubkan. Beberapa speleothem-nya berada di tempat bernama The Cathedral dan memiliki panjang sekitar 17 meter. Ini adalah ukuran yang langka mengingat pada umumnya, stalaktit tumbuh hanya satu kubik sentimeter setiap 100 tahun.

“Gua” yang kekinian? Ya Bobobox tempatnya

Ngomongin soal gua, Bob punya satu lagi rekomendasi gua yang bisa kamu kunjungi. Eits tapi bukan gua beneran ya. Nggak jauh, harga terjangkau, dan bisa digunakan untuk tidur. Di mana lagi kalau bukan di Bobobox?

Bobobox adalah hotel kapsul yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Selain itu, desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati.

Nggak cuma itu, teknologi yang digunakan juga canggih. Untuk memesan kamar, kamu bisa melakukannya melalui aplikasi Bobobox.

Aplikasi ini, selain untuk memesan, juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Tinggal pindai saja QR code-nya. Untuk memberikan gambaran pengalaman menginap yang lebih nyata, yuk, keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak.

You might also like