Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Jangan Ngaku Fans Garis Keras Kpop Kalau Tidak Tahu 10 Grup Kpop Legendaris Ini!

Wajib tahu semua grup ini!

Bobobox.co.id — Para fans KPop zaman sekarang tentu tak asing dengan BTS, Blackpink, EXO, dan lainnya. Namun, sebelum demam KPop meluas secara masif saat ini, KPop diisi oleh grup KPop legendaris.

Grup KPop legendaris tersebut malang melintang pada tahun 1990an dan 2000an. Kehadiran grup KPop legendaris inilah yang membuka jalan lebar bagi grup KPop saat ini untuk menembus pasar internasional.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini merupakan 10 grup KPop legendaris yang wajib kamu ketahui. Bagi fans garis keras KPop, jangan mengakui diri sebagai fans garis keras jika tidak tahu grup-grup KPop ini.

H.O.T

Grup Kpop legendaris pertama dibuka oleh H.O.T. Pada era 1990an, H.O.T merupakan salah satu grup Kpop pertama yang dinaungi oleh SM Entertainment. Mereka sendiri memulai debut pada tahun 1996.

Beranggotakan lima orang, H.O.T disebut-sebut sebagai blueprint bagi boygroup yang melakukan debut setelahnya. Pasalnya, grup ini tak hanya sukses di pasar Korea Selatan saja tetapi juga Jepang dan Tiongkok.

Namun, grup ini hanya berkarir selama lima tahun saja. Tepat pada tahun 2001, grup yang terkenal lewat tembang My Lecon ini memutuskan untuk mengakhiri kontrak mereka bersama SM dengan alasan pribadi.

grup kpop legendaris h.o.t
h.o.t via nst.com.my

S.E.S

Grup Kpop legendaris lainnya di era 90an adalah S.E.S. Masih dinaungi oleh SM Entertainment, S.E.S merupakan salah satu grup KPop pertama dan mengawali debut mereka setahun setelah H.O.T yakni tahun 1997.

S.E.S sendiri terdiri dari tiga personel yakni Bada, Engene, dan Shoo. Album debut pertama mereka sukses memuncaki setiap tanggu lagu di Korea Selatan dan diterima secara positif juga di Jepang pada tahun 1999.

Sama seperti halnya H.O.T, grup Kpop ini sudah tidak aktif lagi di industri musik Korea Selatan. S.E.S bubar pada Desember 2002 setelah Bada dan Eugene memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak.

S.E.S via pinterest.co.kr

Sechs Kies

Era 90an diisi oleh banyak grup KPop generasi pertama yang bersinar. Sechs Kies adalah salah satu grup KPop legendaris. Bahkan, mereka sendiri disebut-sebut sebagai salah satu rival dari H.O.T.

Memulai debut pada tahun 1997, Sechs Kies mampu mengebrak industri Korea pada zamannya. Popularitas pun langsung dirasakan oleh grup yang pada awalnya beranggotakan enam personel ini.

Sayangnya, Sechs Kies harus bubar pada tahun 2000. Setelah berpisah setelah 16 tahun, Sechs Kies pun kembali aktif bersama YG Entertainment. Namun, Sechs Kies kembali aktif beranggotakan empat personel saja.

Sechs Kies via aminoapps.com

Baca Juga: Yuk Berwisata Ala Calon CEO Di 7 Lokasi Syuting Start-Up Berikut Ini


g.o.d

Setelah H.O.T, banjir grup KPop pria yang menuai popularitas tertinggi pada era 200an awal. Salah satu grup Kpop legendaris tersebut adalah Groove Over Dose, atau mungkin yang lebih dikenal dengan nama g.o.d.

Memulai debut 1999, grup Kpop ini sendiri dibentuk oleh JYP. Beranggotakan lima personel, grup ini langsung diterima oleh para pencinta KPop pada zamannya dengan lagu-lagu yang begitu emosional.

Setelah sukses dengan lagu populer macam Dear Mother, Road, dan One Candle, g.o.d harus bubar pada tahun 2005. Pasca bubar, masing-masing personalnya menjalani karier, baik sebagai penyanyi atau aktor.

G.O.D via kpopkollective.com

Fin.K.L

Jika sebelumnya, grup Kpop yang dibahas mengenai rivalitas grup Kpop pria, kali ini ada ‘rival’ dari S.E.S. Bersama S.E.S, Fin.K.L berhasil mewarnai musik Korea Selatan setelah melakukan debut pada tahun 1998.

Beranggotakan empat personel, Fin.K.L sendiri adalah singkat dari Fin Killing Liberty. Dinaungi oleh SM Entertainment, debut dari grup ini terbilang moncer berkat berbagai penghargaan yang mereka terima.

Walaupun tidak pernah bubar secara resmi, Fin.K.L sudah tidak aktif pada tahun 2005. Pada tahun 2019, mereka melakukan reuni dengan sebuah variety show dan juga mengeluarkan single terbaru.

Fin.K.L via koreaboo.com

SHINHWA

Satu lagi grup Kpop legendaris yang mewarnai industri musik Korea Selatan di era 90an. Melakukan debut pada tahun 1998, SHINHWA berhasil mencuri perhatian para penikmati musik KPop pada era tersebut.

Grup KPop ini bisa dibilang berhasil lepas dari kutukan tujuh yang dialami grup KPop pada era 90an. Mereka berhasil untuk tetap eksis hingga saat ini dan berulang tahun yang kedua puluh dua tahun kemarin.

Dengan waktu yang lama dalam berkarir, SHINHWA sendiri kerap diterpa perseteruan. Salah satu yang paling membuat heboh adalah perseteruan dengan SM Entertainment sebagai agensi terdahulu grup KPop ini.

SHINHWA via id.pinterest.com

SNSD (Girls’ Generation)

Setelah ‘kehilangan’ S.E.S, SM Entertainment pun akhirnya mendapatkan pengganti yang sepadan. Pada tahun 2007, SM Entertainment membentuk SNSD atau dikenal juga dengan sebutan Girls’ Generation.

Pada awal debut, Girls’ Generation beranggotakan sembilan orang personel. Mereka berhasil menghentak pasar musik Korea Selatan dan juga internasional dengan lagu-lagu seperti Gee dan The Boys.

Namun, pada tahun 2014, Jessica keluar dari grup hingga membuat SNSD digawangi oleh delapan personel. Saat ini, SNSD memutuskan untuk hiatus dan membiarkan personelnya meniti karier solo masing-masing.

SNSD via pinterest.com

Baca Juga: 10 Sajian Korea Populer Berkat Idol K-Pop Dan Drama Korea


2PM

2PM adalah grup KPop legendaris lainnya yang wajib Bob masukkan di daftar ini. Grup yang terbentuk pada tahun 2008 ini harus kehilangan leader mereka, Jay Park, pada tahun pertama mereka debut.

Walaupun begitu, dengan berbekal enam anggota saja, grup yang dinaungi oleh JYP Entertaiment masih tetap eksis hingga saat ini. Bahkan, tidak ada pergantian member setelah 13 tahun aktif.

Setelah sempat hiatus pada tahun 2017, 2PM sedang menggodok album terbaru mereka. Hal ini sendiri untuk menunaikan janji mereka di mana akan mengeluarkan album setelah semua personel selesai wajib militer.

2PM via soompi.com

Big Bang

Grup KPop legendaris berikutnya adalah Bing Bang. Big Bang sendiri merupakan grup jebolan YG Entertainment ini meraih kesuksesan berkat lagu-lagu yang pasti booming setiap kali dirilis.

Memulai karir pada tahun 2006, kesuksesan yang diraih tak hanya dalam bentuk grup saja. Masing-masing personelnya memiliki karier yang terbilang cemerlang dan mampu menelurkan karya-karya terbaik.

Sayangnya, bagi para fans garis keras Bing Bang, V.I.P., grup ini rasanya tak lagi sama. Pasalnya, Seungri memutuskan keluar dan berhenti dari dunia entertainment pada tahun 2019 akibat kasus burning sun.

Big Bang via kbizoom.com

Baca Juga: 10 Variety Show Korea Paling Seru. Siap Bikin Kamu Ketagihan!


Super Junior

Grup KPop legendaris terakhir di daftar ini adalah Super Junior. Pada zamannya, SuJu, panggilan dari grup ini, berhasil menggebrak pasar Asia seperti Jepang, Tiongkok, dan beberapa negara Asia lainnya.

Grup andalan SM Entertaiment ini memulai debut pada tahun 2005 dengan beranggotakan 12 orang. Mereka berhasil membius jutaan fans garis keras KPop dengan lagu-lagu seperti Sorry Sorry.

Hingga saat ini, mereka masih tetap aktif mengeluarkan album. Walaupun begitu, Super Junior sendiri kini hanya beranggotakan delapan personel setelah kehilang tiga personel dan satu personel tak aktif.

Super Junior via k-popped.com

Menginap sambil Menonton KDrama Terbaru? Ya di Bobobox

Sedang ingin menginap di luar rumah untuk mendapatkan pengalaman yang pas saat nonton rekomendasi drama korea favorit? Jika iya, tidak usah ragu untuk datang ke Bobobox.

Hotel kapsul ini memiliki fasilitas-fasilitas keren yang dijamin membuat pengalaman menonton drama koreamu akan jauh lebih menyenangkan. Apalagi harga yang ditawarkan pun termasuk harga yang bersahabat dengan dompet.

Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak datang ke Bobobox, bukan? Soal pemesanan podnya, kamu tidak perlu ribet datang ke Bobobox. Cukup unduh aplikasi Bobobox di sini dan pesan podnya di manapun dan kapanpun.

backpacker di bandung bobobox

You might also like