Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

5 Pengalaman Seru Gordon Ramsay Saat ke Indonesia

Penasaran apa yang dilakukan koki ternama Gordon Ramsay di Indonesia?

Siapa sih yang tidak kenal Gordon Ramsay? Koki terkenal asal Skotlandia tersebut sering menghiasi layar kaca di berbagai acara. Beberapa di antaranya adalah sebagai juri di Master Chef, Hell’s Kitchen, dan masih banyak lagi.

Nah, dalam acaranya yang berjudul Gordon Ramsay: Uncharted, ia berkeliling ke pelosok dunia untuk mencari petualangan, pengalaman budaya, dan tentu saja, kuliner. Berita baiknya, Sumatera Barat menjadi tujuan Gordon Ramsay di acara yang ditayangkan oleh National Geographic tersebut.

Penasaran seperti apa petualangan Gordon Ramsay selama di Indonesia? Berikut adalah lima pengalaman seru Gordon Ramsay selama di Indonesia.

Perjalanan untuk membuat rendang

gordon ramsay
@gordongram

Sebagai makanan yang dinobatkan menjadi yang paling enak nomor satu di dunia, tak heran jika Gordon Ramsay jauh-jauh mendatangi Indonesia untuk belajar membuat rendang. Tak tanggung-tanggung, ia belajar langsung dari koki legendaris Indonesia, William Wongso.

Sebelum memulai perjalanan cita rasa rendang, Gordon Ramsay disambut oleh pertunjukkan adat Minang. Ia juga terlihat mengenakan pakaian tradisional berupa peci dan kain songket.

Setelah itu, Gordon dijamu dengan jamuan khas Sumatera Barat. Lauk yang sangat banyak dijejerkan di lantai seperti di rumah makan Padang. Tentu saja rendang yang menjadi bintang utama memikat lidah Gordon Ramsay.

Ia pun kemudian ditantang untuk bisa memasak rendang yang akan disajikan untuk Gubernur Sumatera Barat. Tak hanya itu, Gordon juga harus berhadapan langsung dengan William Wongso, koki legendaris Indonesia.

1. Jatuh bangun Gordon Ramsay di Pacu Jawi

gordon ramsay
@gordongram

Dalam perjalanannya mencari daging sapi terbaik untuk ia buat sebagai rendang, Gordon Ramsay ditemani oleh Ade Putri Paramadita, seorang pencerita makanan. Ade membawa Gordon menuju orang yang paham tentang daging sapi terbaik. Di sanalah ia pertunjukkan Pacu Jawi berlangsung.

Sebelum diizinkan untuk mengambil daging sapi, Gordon Ramsay ditantang terlebih dahulu untuk merasakan langsung balapan kerbau tersebut. Meski sempat ragu, Gordon pun akhirnya mau melakukannya demi mendapatkan daging sapi untuk rendang yang akan ia buat.

Percobaan pertama membuat Gordon langsung terpelanting. Ia pun berlumuran lumpur. Percobaan kedua, masih sama. Percobaan ketiga, masih jatuh juga. Akhirnya, di percobaan keempat Gordon mampu melesat meskipun hanya sejauh 80 sentimeter.

2. Tumbang gara-gara Durian

gordon ramsay
Photo by National Geographic

Tidak diragukan lagi bahwa durian memiliki penggemar dan pembencinya, dan sepertinya Gordon Ramsay berada di kategori yang kedua. Gordon terkenal tidak takut untuk mencicipi masakan ekstrim. Akan tetapi, tetap saja ia tidak bisa menahan aroma, tekstur, dan rasa unik dari durian.

Gordon mencicipi durian bersama Ade setelah ia merasakan dan mencoba proses membalik Kue Bika.

Oh my God,” Gordon berkata saat bau durian sudah menghampiri hidungnya.

“Ini beda. Ini durian Sumatra, ini yang terbaik,” Ade Putri membalas.

“Jadi ini enggak bau?” Gordon Ramsay bertanya.

“Bau, sih,” jawab Ade Putri kembali.

Sambil diiringi perasaan ragu, Gordon pun akhirnya mengambil buah durian. “Kelihatannya seperti otak manusia,” tambah Gordon lalu memasukkan daging durian ke mulutnya.

3. Diciprati kotoran kerbau

Salah satu menu yang disajikan Gordon Ramsay untuk Gubernur Sumatera Barat dan keluarganya adalah yoghurt yang dicampur dengan ketan. Untuk mendapatkannya, Gordon diajak oleh William Wongso mengambil yoghurt yang tidak biasa. Yoghurt kerbau khas Sumatera Barat atau Dadiah.

Akan tetapi, seperti biasanya, proses untuk mendapatkannya tidaklah mudah. Karena pemilik peternakan kerbau ingin menyelesaikan memerah susu kerbau terlebih dahulu, Gordon tidak bisa segera mendapatkannya. Padahal Bapak Gubernur dan keluarganya sudah menunggu.

Mereka pun membuat perjanjian. Gordon memerah susu kerbau dan pemilik peternakan mengambil Dadiah. Namun, karena kerbau lebih sensitif dibandingkan sapi, kerbau yang Gordon Ramsay perah susunya menjadi stres sehingga ia membuang kotoran saat itu juga. Seperti yang sudah kamu duga, Gordon kena cipratannya. Ia pun langsung mengumpat.

“Astaga, kini tubuhku penuh dengan kotoran kerbau,” ujar Gordon.

William Wongso yang berada di sampingnya tertawa lepas. Ia pun membantu Gordon membersihkan kotoran yang mengenainya.

4. Berduel dengan William Wongso di saat hujan

gordon ramsay
@gordongram

Setelah melalui petualangan yang seru seperti berpartisipasi dalam Pacu Jawi, menangkap ikan cakalang di laut lepas, hingga berburu udang air tawar di Goa yang sempit, Gordon Ramsey harus menghadapi ujian terakhir, memasak.

Bersama dengan William Wongso, Gordon Ramsay memasak rendang yang bumbunya sudah ia masak terlebih dahulu di pasar tradisional selama delapan hingga sepuluh jam. Di pasar itu pun Gordon belajar mengulek dengan salah satu pedagang wanita.

Uniknya, selama proses memasak, hujan sempat mengguyur set syuting. Saat itu, Gordon dan William Wongso terlihat kebingungan, namun masakan harus tetap selesai.

Gordon Ramsay berinisiatif mengambil dua buah wajan dan menjadikannya sebagai payung, lalu memberikan satu untuk William Wongso. Mereka pun tertawa bersama sambil melanjutkan memasak. Untungnya, hujan tidak turun terlalu lama dan masakan bisa diselesaikan tepat waktu.

Selain rendang daging, Gordon juga memasak rendang ikan cakalang, sambel goreng terong, dan ketan yang disajikan dengan dadiah. Di sisi lain, William Wongso menyajjikan rendang daging, kari pakis dan udang, dan udang panggang.

Saat makanan disajikan, Gubernur Sumatera Barat dan keluarganya memberi acungan jempol kepada makanan buatan Gordon. “Lamak bana”, begitu kata mereka yang berarti sangat enak.

5. Membuat Telur Orak-Arik Rendang

gordon ramsay
@gordongram

Nah, tadi itu adalah beberapa momen unik saat Gordon Ramsay berkunjung ke Indonesia. Meskipun perjalanannya di Indonesia sudah berakhir, ia tak menyia-nyiakan bumbu rendang yang ia buat. Melalui akun Instagram miliknya, Gordon mengunggah video di mana ia membuat telur orak-arik dengan bumbu rendang sisa yang ia gunakan sebelumnya.

Jika kamu belum puas melihat koki kharismatik yang satu ini, kamu bisa megikuti perjalanannya di Gordon Ramsay: Uncharted di mana ia berkeliling dunia mengunjungi Hawaii, Tasmania, Afrika Selatan, India, dan masih banyak lagi.

Menginap di hotel kapsul yang kekinian

bobobox

Menyaksikan Gordon Ramsay yang keliling dunia, Bob juga jadi ingin liburan. Ya, nggak usah yang jauh-jauh dulu deh. Staycation di dalam kota juga bisa. Kalau kamu ingin staycation juga, Bobobox bisa jadi pilihan tempat menginap kamu.

Bobobox adalah hotel kapsul yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Selain itu, desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati.

Nggak cuma itu, teknologi yang digunakan juga canggih. Untuk memesan kamar, kamu bisa melakukannya melalui aplikasi Bobobox. Aplikasi ini, selain untuk memesan, juga berfungsi sebagai kunci kamar lho! Tinggal pindai saja QR code-nya.

Di kamarnya juga kamu akan menemukan lampu led yang bisa kamu atur sesuai dengan suasana hati kamu. Modenya pun ada banyak. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox sekarang juga!