Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Mengagumkan, Inilah 7 Gereja Tercantik di Indonesia!

Gereja tercantik di Indonesia yang bisa jadi tujuan wisata rohani kamu!

Tinggal menghitung hari, Natal akan tiba. Wah, nggak terasa ya sudah mendekati penghujung tahun! Buat Natal tahun ini, apakah kamu sudah punya rencana dengan keluarga? Mungkin untuk Natal tahun sekarang, kamu sudah bisa mengikuti misa secara langsung. Kamu juga mungkin sudah bisa berkumpul lagi dengan saudara-saudara dari luar kota. Terlepas dari kondisi pandemi, jangan sampai keceriaan dan semangat Natalmu pudar, ya!

Mengikuti misa Natal secara langsung dari gereja tentunya terasa berbeda dibandingkan misa online. Suasana sakral dan syahdu membuat ibadah jadi lebih khusyuk. Ditambah lagi, mungkin gereja kamu juga memiliki desain arsitektur yang unik dan indah. Ibadah pasti akan terasa berbeda deh! Semoga perayaan Natal tahun ini di gereja-gereja bisa berjalan lancar, aman, dan nyaman, ya.

gereja tercantik di indonesia
Sumber: https://www.rappler.com/world/bahasa-indonesia/156554-foto-misa-natal-indonesia-2016/

Baca Juga: Persiapkan Perayaan Natal dengan Ornamen-Ornamen Natal Penuh Makna Berikut Ini!


Nah, bicara soal gereja dan dalam rangka menyambut Natal, Bob ingin ajak kalian melihat beberapa gereja tercantik di Indonesia. Untuk artikel ini, Bob sudah kumpulkan 7 gereja tercantik di Indonesia versi Bob. Apakah gereja kamu termasuk ke dalam list ini? Atau mungkin gereja-gereja di artikel ini bisa jadi destinasi wisata rohanimu yang berikutnya. Apa aja gereja-gereja tersebut? Langsung cek dari nomor satu, ya!

1. Gereja Katedral St. Petrus Bandung

Jl. Merdeka No. 14, Bandung

Berada di pusat kota, Gereja Katedral St. Petrus Bandung adalah salah satu gereja tercantik di Indonesia. Dilansir dari situs resminya, gereja ini dibangun di tahun 1921 dan diresmikan pada tahun 1922. Gereja Katedral St. Petrus Bandung ternyata merupakan gereja kedua di Bandung, lho! Bangunan gereja ini menggantikan gereja lama, St. Franciscus Regis yang lebih kecil.

gereja tercantik di indonesia
Sumber: https://registrasi.katedralbandung.org/
gereja tercantik di bandung
Sumber: https://id.m.wikipedia.org/wiki/Berkas:Bandung_Cathedral_03.jpg

Gereja Katolik ini juga termasuk ke dalam 100 bangunan cagar budaya di Bandung, dilansir dari Medium. Bangunannya mengusung gaya arsitektur Neo-Gothic, dengan vaulted ceiling yang khas dan tinggi. Gereja ini didesain oleh C. P. Wolff Schoemaker yang juga mendesain Villa Isola, Gedung Merdeka, dan Hotel Grand Preanger. Buat kamu yang berlibur ke Bandung, nggak ada salahnya singgah sejenak di sini!


Baca Juga: Intip Kemegahan dan Fakta Villa Isola Bandung, Bangunan Ikonik Bersejarah di Kota Kembang!


2. GPIB Immanuel Kediri

Jl. KDP Slamet No.43, Bandar Lor, Kec. Mojoroto, Kota Kediri

Gereja tercantik di Indonesia yang berikutnya ada di Kediri. Dari segi ukuran, gereja ini memang tidak besar. Namun, kalau dilihat dari desainnya, kamu pasti bisa memahami keunikannya. Ya, GPIB Immanuel Kediri dikenal oleh masyarakat sekitar sebagai Gereja Merah. Pasalnya, dinding eksteriornya memang berwarna merah bata yang mencolok. Nggak heran dijuluki demikian.

gereja tercantik di indonesia
Sumber: http://wakhidahk.blogspot.com/2018/
gereja tercantik di indonesia
Sumber: https://zadinda.wordpress.com/2014/08/24/gereja-merah-kediri/

Dilansir dari kekunaan.blogspot.com, gereja bergaya Neo-Gothic ini dibangun di tahun 1904. Di gereja ini juga terdapat Injil kuno dari tahun 1867 dengan ukuran yang cukup besar. Oh, ya! Pada awalnya, menurut Tempo, dinding luar gereja ini bercat putih. Namun, di tahun 1969 dinding luarnya dicat merah hingga sekarang. Beberapa barang seperti kursi, mimbar, dan jendela masih dipertahankan keasliannya hingga sekarang.

3. Gereja Katolik Santa Maria Puhsarang Kediri

Sukorame, Puhsarang, Kediri

Dari luar, kamu mungkin bingung. Ini gereja atau candi? Ini gereja kok, yaitu Gereja Katolik Santa Maria Puhsarang atau dikenal sebagai Gereja Puhsarang. Dilansir dari situs Kampung Inggris Pare, gereja ini dibangun di tahun 1936. Gereja ini didesain oleh Romo Jan Wolters CM dan Henricus Maclaine Pont. Desainnya menggabungkan unsur Jawa Majapahit dengan elemen-elemen Katolik Eropa.

gereja tercantik di indonesia
Sumber: https://nova.grid.id/read/051961091/ini-rekomendasi-5-tempat-wisata-aman-di-kediri-untuk-solo-traveler-perempuan?page=all
gereja tercantik di indonesia
Sumber: https://riuisme.blogspot.com/2014/01/gereja-dan-goa-maria-lourdes-pohsarang.html

Keunikan Gereja Puhsarang nggak hanya ada di desainnya. Dilansir dari Pegipegi, di sini terdapat replika Gua Lourdes dengan patung Maria Lourdes setinggi 3,5 meter. Gereja Puhsarang pun punya Tiga Jalan Salib, gedung serbaguna, dan wisma untuk kunjungan wisata rohani. Berada di kaki Gunung Wilis, udara di kawasan gereja juga sangat sejuk!


Baca Juga: 7 Destinasi Wisata Kediri yang Instagrammable dan Sayang untuk Dilewatkan


4. Gereja Katedral Jakarta

Jl. Katedral No.7B, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat

Berseberangan dengan Masjid Istiqlal, Gereja Katedral Jakarta adalah salah satu gereja tercantik di Indonesia. Memiliki nama lengkap Gereja Santa Maria Perawan Diangkat ke Surga, gereja ini juga merupakan salah satu yang tertua di Jakarta. Dilansir dari situs resminya, gereja ini diresmikan pada tahun 1901 dan mengusung gaya Neo-Gothic. Dua menaranya menjadi elemen ikonik yang mempercantik gereja ini.

gereja tercantik di indonesia
Sumber: http://www.akhsadew.com/2015/08/menjadi-saksi-kemegahan-gereja-katedral.html
gereja tercantik di indonesia
Sumber: https://artikel.rumah123.com/melongok-pesona-gereja-katedral-jakarta-33878

Begitu masuk, kamu akan terpana dengan kecantikan interiornya. Ada mimbar kuno bergaya Gothic di tengah-tengah ruangan. Di dinding samping area utama, terdapat lukisan-lukisan yang menggambarkan Jalan Salib. Nggak hanya itu, di Katedral Jakarta juga terdapat Museum Katedral yang boleh dikunjungi siapa pun. Beragam koleksi benda bersejarah tersimpan rapi di museum ini.

5. Gereja Santo Yusuf Semarang

Jl. Ronggowarsito No. 11, Rejomulyo, Semarang

Pernah nonton film Ave Maryam besutan sutradara Ertanto Robby? Kamu pasti pernah melihat gereja tercantik di Indonesia yang satu ini. Pasalnya, Gereja Santo Yusuf atau Gereja Gedangan menjadi salah satu lokasi syuting film tersebut. Dilansir dari Tribun Jateng, gereja ini dibangun pada tahun 1870. Sayangnya, di tahun 1873, menara gereja sempat runtuh. Gereja ini akhirnya diresmikan pada tahun 1875.

gereja tercantik di indonesia
Sumber: https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Exterior,_Gedangan_Church,_2014-06-18.jpg
gereja tercantik di indonesia
Sumber: https://id.m.wikipedia.org/wiki/Berkas:Interior,_Gedangan_Church,_2014-06-21_03.jpg

Dilansir dari Ayo Semarang, Gereja Gedangan juga disebut sebagai cikal bakal gereja Katolik di Indonesia. Barang-barang antik seperti patung Empat Tokoh Agung Perjanjian Lama dan organ pipa masih terawat baik. Ukiran 14 stasi Jalan Salib juga ditampilkan di sisi kiri dan kanan interior gereja. Ada juga dua lonceng yang masih berfungsi hingga sekarang. Kalau kamu main ke Semarang, boleh dong berkunjung ke sini!


Baca Juga: 6 Tempat Wisata Semarang di Dekat Kota Lama Ini Wajib Kamu Sambangi!


6. Gereja Katedral Reinha Rosari Larantuka Flores

Jl. Pastoran Katolik, Postoh, Larantuka, Kabupaten Flores Timur, NTT

Gereja tercantik di Indonesia yang berikutnya ada di kawasan timur Indonesia, yaitu Flores. Dari jauh, bangunannya tampak seperti istana Disney, ya? Gereja Katedral Reinha Rosari Larantuka, dilansir dari Kataomed, dibangun pada tahun 1884. Pada awalnya, gereja ini dibangun dari kayu dan bambu, dengan atap rumput ilalang, lho! Akhirnya, gereja dibangun menggunakan bata.

gereja tercantik di indonesia
Sumber: https://travel.wego.com/berita/tradisi-paskah-umat-kristiani-di-indonesia/gereja-katedral-located-larantuka-east-flores-nusa-tenggara-timur-indonesia/
gereja tercantik di indonesia
Sumber: http://sofyanard.com/wp/2016/03/13/semana-santa-larantuka/

Menurut tulisan Francis Lamanepa di Facebook, gereja ini mengalami perluasan di tahun 1961. Dengan perluasan bagian sayap bangunan, salah satu gereja tercantik di Indonesia ini bisa menerima lebih banyak umat. Sudah berusia lebih dari 100 tahun, gereja ini cukup dekat dari Pelabuhan Larantukan. Buat kalian yang berkunjung ke Larantuka, jangan lupa mampir ke sini, ya!

7. Graha Maria Annai Velangkanni Medan

Jl. Sakura III No.7-10, Tj. Selamat, Kec. Medan Tuntungan, Medan

Gereja tercantik di Indonesia yang terakhir pilihan Bob ada di Medan. Dari luar, kamu mungkin mengira bangunan ini adalah kuil Hindu, seperti kuil-kuil Hindu di Singapura. Namun, ternyata bangunan ini adalah sebuah gereja Katolik. Dilansir dari Kumparan, gereja ini dibangun di tahun 2001 dan diresmikan pada tahun 2005. Sesuai namanya, gereja ini didedikasikan untuk Annai Velangkanni atau Bunda Maria Penyembuh.

gereja tercantik di indonesia
Sumber: https://www.validnews.id/kultura/indahnya-akulturasi-dalam-arsitektur-graha-maria-annai-velangkanni
gereja tercantik di indonesia
Sumber: https://getlost.id/2021/09/28/berburu-foto-di-graha-maria-annai-velangkanni-gereja-tamil-di-medan/

Gaya arsitektur bangunan gereja ini memang unik. Mengusung elemen-elemen Indo-Mogul, gereja ini, dilansir dari Liputan6, memiliki interior yang cantik dan unik. Patung-patung para Rasul mewarnai sudut-sudut gereja. Oh, ya! Gereja ini juga boleh dikunjungi oleh siapa pun, lho! Di lantai dasar gereja pun terdapat ruang serbaguna yang bisa disewa.


Baca Juga: Yuk Intip Wisata Rumah Tjong A Fie Medan yang Bersejarah!


Tertarik Berkunjung ke 7 Gereja Tercantik di Indonesia di Atas?

Pastikan kondisi kamu sudah fit untuk berlibur dan tentunya kamu sudah divaksinasi. Lakukan persiapan yang mumpuni sebelum melakukan perjalanan supaya liburan dan kunjungan kamu nyaman. Yang jelas, setibanya di gereja, kamu harus tetap menjaga ketertiban dan kebersihan. Jangan berisik atau mengganggu jalannya ibadah yang berlangsung, ya!

Soal akomodasi, kamu bisa percayakan ke Bobobox! Nggak perlu keluar kocek besar untuk menikmati istirahat berkualitas dengan nyaman. Di Bobobox, kamu bisa merasakan pengalaman menginap di hotel kapsul yang terintegrasi dengan teknologi canggih! Setiap pod juga punya interior bergaya futuristik yang keren dan Insta-worthy. Asyik deh buat rebahan, kerja, atau nonton!

Tentang fasilitas, kamu juga nggak usah khawatir. Bobobox memiliki beberapa fasilitas seperti pantry, communal space, musala, dan vending machine. Kamu juga bisa mengunduh aplikasi Bobobox sebelum menginap. Lewat aplikasi ini, kamu bisa memesan pod secara langsung, mengakses kapsul, mengatur pencahayaan, hingga berkomunikasi dengan staf. Ada beragam promo seru juga, lho!

You might also like