Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Mata lelah dan tegang? Coba gerakan yoga mata berikut ini

Tutup mata, ambil napas yang dalam dan embuskan perlahan

Yoga biasanya identik dengan gerakan tubuh yang menggabungkan olah fisik, meditasi dan pernapasan. Gerakan-gerakannya sendiri melibatkan berbagai pose yang biasanya melibatkan tangan, kaki, otot inti, hingga kepala. Gerakan-gerakan tersebut tentu memiliki fungsi-fungsi yang bermanfaat bagi tubuh seperti daya tahan, kelenturan, penurunan berat badan, pereda stres dan kecemasan, pereda nyeri dan peradangan, dan masih banyak lagi,

Nah, selain gerakan yoga yang identik dengan aktivitas tubuh bagian bawah, ternyata ada juga gerakan yoga mata untuk mengatasi mata lelah dan tegang kamu. Sama halnya seperti tubuh yang harus senantiasa sehat dan tetap fit, kesehatan mata juga perlu kamu jaga apalagi jika kamu sering bekerja di depan layar. Salah satunya adalah dengan yoga mata tersebut.

Lalu, apa sebenarnya gerakan yoga mata ini dan bagaimana cara melakukannya? Simak di bawah!

Apa itu Yoga Mata?

@master1305 via Freepik

Dilansir dari healthline.com, yoga mata bisa diartikan sebagai gerakan yang dianggap dapat memperkuat dan melatih otot-otot di sekitar mata. Untuk masalah yang serius seperti rabun jauh, rabun dekat, dan asigmatis, sebenarnya belum ada bukti yang cukup mendukung bahwa gerakan yoga mata dapat benar-benar mengatasi masalah-masalah tersebut.

Meski begitu, bukan berarti yoga mata tidak memberikan manfaat apapun. Latihan gerakan yoga mata ini diharapkan dapat membantu mereka yang mempraktikkannya untuk mempertajam penglihatan, mengatasi gejala-gejala mata kering dan mengurangi ketegangan pada mata.


Baca Juga: 10 Manfaat Yoga Pada Kesehatan Fisik Dan Mental Kita


Mengingat banyak orang yang menghabiskan waktu mereka di depan layar komputer terutama untuk bekerja dengan durasi sekitar delapan jam sehari, yoga mata ini diharapkan dapat meningkatkan fungsi organ mata. Pasalnya, setelah selesai berkutat dengan pekerjaan, orang-orang cenderung beralih ke layar lainnya, yakni layar ponsel. Kegiatan ini pun terkadang memakan waktu cukup lama sehingga mata kamu hanya beristirahat di kala tidur saja.

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa menyelipkan beberapa gerakan yoga mata di sela-sela aktivitas kamu. Selain melakukan latihan yang berdampak baik untuk mata, kamu juga bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mengistirahatkan mata kamu.

Pemanasan

@cookie_studio via Freepik

Gerakan yoga mata akan terasa efektif jika kamu merasa rileks. Maka dari itu, sebelum melakukan gerakan yoga mata, sebaiknya siapkan diri dengan membasuh mata kamu beberapa kali dengan air dingin sebelum memulai yoga mata. Selama melakukan yoga tersebut, pastikan kepala dan punggung kamu dalam posisi tegak.

Setelah itu, lakukan pemanasan dengan memejamkan mata sambil mengambil napas yang dalam dan mengeluarkannya secara perlahan. Dengan begitu, mata kamu akan menjadi lebih lembap dan terhindar dari rasa kering. Sementara itu, kegiatan pernapasan akan membuat tubuh kamu semakin rileks sehingga siap untuk segara berolahraga mata.

Gerakan Yoga Mata

Sudah siap untuk memulai latihan yoga mata? Berikut ini gerakan-gerakan yoga mata yang bisa kamu coba.

Berkedip

@user2707116 via Freepik

Meskipun gerakan yoga tubuh identik dengan gerakan yang rumit, hal ini tidak berlaku pada yoga mata. Dengan berkedip saja kamu sudah melakukan salah satu gerakan yoga mata. Terdengar sederhana bukan? Namun dampaknya cukup kuat. Ingat, kamu mungkin sering luka berkedip karena terlalu fokus pada layar-layar di depan mata kamu selama berjam-jam.


Baca Juga: Mengalami Gangguan Tidur? Lakukan Gerakan-Gerakan Yoga Ini Untuk

Meningkatkan Kualitas Tidurmu!


Berkediplah sebanyak 10 kali dengan cepat. Setelah itu, tutup mata dan istirahat selama 20 detik sambil kembali mengatur pernapasan. Kemudian ulangi gerakan yoga mata ini hingga lima kali. Dengan meluangkan waktu untuk berkedip, mata kamu bisa lebih sehat dan kuat.

Palming

@cookie_studio via Freepik

Gerakan yoga mata berikutnya yang bisa kamu coba adalah palming. Palming ini merupakan gerakan yang membutuhkan bantuan tangan kamu. Setelah duduk dengan posisi yang tepat dan melakukan pemanasan, gosokkanlah kedua telapak tangan kamu dengan kuat hingga terasa hangat. Letakkan kedua telapak tangan kamu di atas kelopa mata kamu.

Rasakan kehangatan yang menjalar melalui otot-otot mata kamu yang mulai mengendur. Pertahankan posisi tersebut hingga rasa hangatnya hilang terserap oleh organ penglihatan tersebut. Masih dengan mata tertutup, turunkan tangan kamu lalu ulangi kegiatan tadi setidaknya hingga tiga kali.

Sideways Viewing
via selfhealingonline.com

Gerakana yoga mata berikutnya adalah sideways viewing atau melihat ke samping. Pertama-tama, duduklah dengan kedua kaki lurus ke depan. Lalu, angkat kedua tangan kamu dengan tangan terkepal dan posisi jempol menghadap ke atas. Lihat pada satu titik di depan kamu yang sejajar dengan mata.

Dengan kepala tetap dalam posisi tersebut, berfokuslah pada hal-hal berikut secara bergantian dan berurutan dengan mengalihkan pandangan kamu pada:

  • Ruang di antara alis
  • Jempol kiri
  • Ruang di antara alis
  • Jempol kanan
  • Ruang di antara alis
  • Jempol kiri

Lakukan gerakan yoga mata ini 10 sampai 20 kali. Saat kamu berada pada posisi netral, yakni pandangan lurus ke depan, tariklah napas. Lalu, saat pandangan kamu beralih ke samping (jempol kiri dan kanan), buang napas kamu. Setelah menyelesaikan gerakan ini, tutup mata dan beristirahatlah.

Front and Sideways Viewing

via selfhealingonline.com

Sama halnya dengan gerakan yoga mata sebelumnya, untuk melakukan front and sideway viewing (melihat ke depan dan samping), duduklah dengan kaki lurus di depan tubuh kamu. Kepalkan tangan kiri dan letakkan di atas lutut kiri dengan posisi ibu jari menghadap ke atas.

Lihat pada satu titik di depan kamu yang sejajar dengan mata. Jaga posisi kepala tetap seperti itu. Lalu, embuskan napas sambil mengalihkan pandangan ke ibu jari kiri. Saat mengambil napas, kembali pada titik di depan kamu yang sejajar dengan mata. Lakukan hal yang sama pada ibu jari kanan kamu. Setelah itu, tutup mata dan istirahat.


Baca Juga: Yuk Coba 7 Hal Positif Untuk Kesehatan Mental Yang Baik Berikut!


Alternatif lainnya adalah. Posisi kepalan tangan kiri di atas lutut kiri sementara tangan kanan merentang di sisi kanan dengan tangan terkepal dan ibu jari menghadap atas. Fokuskan mata ke ibu jari kiri lalu ke ibu jari kanan dan kembali lagi ke kiri. Ulangi hingga 15-20 kali untuk masing-masing kiri dan kanan.

Rotational Viewing
via selfhealingonline.com

Gerakan yoga mata berikutnya, rotational viewing (melihat berputar), dilakukan dengan posisi kaki yang sama seperti sebelumnya. Selanjutnya, letakkan tangan kiri di atas lutut kiri. Sementara itu, tangan kanan diletakkan di atas lutut kanan dengan posisi terkepal dan jempol menghadap atas. Pastikan posisi siku lurus.

Setelah itu, dengan posisi kepala diam, fokuskan pandangan kamu pada ibu jempol kanan. Buat lingkaran dengan jempol tersebut namun siku tetap lurus. Ulangi gerakan ini hingga lima kali masing-masing dengan gerakan searah dan berlawanan arah jarum jam. Lakukan juga dengan ibu jari kiri kamu. Setelahnya, kamu bisa menutup mata dan istirahat.

Up and Down Viewing
via selfhealingonline.com

Selanjutnya, ada gerakan yoga mata up and down viewing (melihat ke atas dan ke bawah). Seperti sebelumnya, kaki lurus ke depan lalu letakan kepalan tangan di masing-masing lutut dengan ibu jari menghadap atas. Perlahan-lahan, angkat ibu jari kanan dengan posisi tangan tetap lurus. Ikuti pergerakan ibu jar itu dengan mata kamu.

Setelah ibu jari terangkat hingga maksimal, turunkan perlahan-lahan ke posisi semula. Tetap arahkan mata kamu pada pergerakan ibu jari itu namun kepala masih diam. Lakukan gerakan yang sama pada ibu jari kiri.

Gerakan ini dapat kamu lakukan masing-masing lima kali dan pastikan kepala serta punggung kamu dalam posisi tegak selama latihan. Selain itu, tariklah napas saat ke atas dan embuskan saat ke bawah. Setelah selesai, tutup mata dan istirahat.

Preliminary Nose Tip Gazing
via selfhealingonline.com

Gerakan yoga mata preliminary nose tip gazing bisa kamu lakukan dengan kaki lurus ke depan atau duduk bersila. Selanjutnya, angkatlah tangan kamu dengan lurus tepat di depan hidung. Kepalkan tangan tersebut dan pastikan ibu jari menghadap atas. Fokuskan mata pada ujung ibu jari.

Selanjutnya, tekuk tangan kamu dan perlahan-lahan bawa ibu jari kanan itu ke ujung hidung kamu sementara mata tetap fokus ke ujung ibu jari. Tahan posisi ini, yakni ibu jari di ujung hidung dan mata pada ujung ibu jari.

Sambil tetap menatap ujung ibu jari, perlahan luruskan kembali tangan kamu. Lakukan latihan ini hingga lima kali. Untuk pernapasan, tarik napas saat ibu jari ditarik ke hidung, tahan napas saat ibu jari di ujung hidung, lalu embuskan ketika tangan diluruskan.

Near and Distant Viewing
@wuttichai1983 via Freepik

Gerakan yoga mata terkahir adalah near and distant viewing yang bisa kamu lakukan dengan duduk atau berdiri di dekat jendela terbuka terutama dengan pemadangan cakrawala yang jelas. Kedua tangan di sisi tubuh, fokuskan pandangan pada ujung hidung selama lima detik lalu pada objek yang jauh selama lima detik. Kamu bisa mengulangi gerakan ini hingga 10-20 kali. Setelah itu tutuplah mata dan rileks. Tarik napas kamu saat menatap ujung hidung dan embuskan saat melihat benda jauh.

Selain gerakan yoga mata, kamu juga bisa memanjakan mata dengan berlibur sambil mengasingkan diri ke tempat yang asri, segar dan penuh warna hijau yang menyejukkan. Bingung tempatnya di mana? Ke Bobocabin Rancaupas saja!

Bobocabin ini merupakan produk terbaru Bobobox yang berkonsep glamping di tengah alam yang menyegarkan. Dengan dilengkapi teknologi Internet of Things, Bobocabin siap menemani kamu meresapi kesegaran dan ketenangan alam dengan berbalutkan teknologi modern sehingga segalanya tetap terasa mudah, aman dan nyaman. Unduh dulu yuk aplikasinya untuk booking serta informasi dan promo-promo terbaru Bobobox.

You might also like