Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Sering Berkeringat Bahkan Saat Tidak Aktif? Kenali Gejala Hiper Hidrosis

Gejala hiper hidrosis berikut penting untuk kamu ketahui jika sering berkeringat.

Gejala hiper hidrosis adalah kondisi ketika seseorang berkeringat secara berlebihan. Gejala hiper hidrosis berupa keringat berlebih ini bisa muncul tak hanya karena faktor lingkungan seperti suhu panas ataupun olahraga. Faktanya berkeringat merupakan sesutu hal yang wajar. Keringat yang dikeluarkan tubuh manusia memiliki fungsi dalam mendinginkan suhu tubuh yang terlalu panas. Namun gejala hiper hidrosis berupa keringat berlebih ini berbeda dengan yang terjadi pada orang nroal.

Merka yang mennderita hiper hidrosis umumnya akan mengeluarkan keringat lebih banyak dari normal walaupun tubuh tidak perlu pendinginan. Keringat tersebut bahkan bisa sampai memenuhi seluruh tubuh hingga baju basah. Sebagian penderita lainnya menunjukkan gejala hiper hidrosis berupa keringat yang muncul hanya di bagian tertentu saja seperti pada telapak tangan. Lalu kira-kira apa sajakah gejala hiper hidrosis lainnya? Berikut adalah informasinya.

Gejala Hiper Hidrosis

Gejala hiper hidrosis yang pertama kali bisa kamu kenali adalah keluarnya keringat jauh melebihi batas normal meskipuntubuh tidak memerlukan pendinginan yang disebabkan udara panas atau berolahraga. Gejala hiper hidrosis ini juga bisa terlihat dari butiran keringat yang menetes atau baju yang menjadi basah. Gejala hiper hidrosis selanjutnya adalah mengalami gangguan saat menjalani aktivitas rutin seperti sulit membuka pintu atau memegang pena karena tangan basah oleh keringat.

Selain itu kamu jjuga bisa memperhatikan gejala hiper hidrosis berupa tekstur kulit yang menjadi lembut, berwarna putih, atau terkelupas di area tertentu. gejala hiper hidrosis ini bisa terjadi akibat kulit terus menerus basah oleh keringat. Gejala hiper hidrosis ini kemudian dapat mengakibatkan gejala hiper hidrosis lainnya berupa infeksi kulit. Mereka yang sering mengalami infeksi kulit pada bagian tubuh yang mengeluarkan keringat terlalu banyak merupakan gejala hiper hidrosis

Gejala Hiper Hidrosis Primer atau Terfokus

Berdasarkan gejala hiper hidrosis yang kamu alami, hiper hidrosis dibagi menjadi dua jenis dan salah satunya adalah gejala hiper hidrosis primer atau terfokus. Gejala hiper hidrosis ini tidak disebabkan oleh suatu kondisi medis dan biasanya muncul pada satu atau beberapa area tubuh. Beberapa bagian tubuh ini di antaranya adalah ketiak, tangan, kaki, atau dahi. Keluarnya keringat berlebih ini juga dapat terjadi pada kedua sisi tubuh.

Baca Juga: Tak Disangka-Sangka! Inilah 7 Olahraga Bikin Panjang Umur yang Wajib Kamu Lakukan

Gejala Hiper Hidrosis Sekunder

Jenis ini terjadi karena dilatarbelakangi kondisi medis. Gejala yang bisa terlihat adalah seluruh tubuh mengeluarkan keringat secara berlebihan dan berkeringat saat sedang tidur. Penderita biasanya mengalami kondisi ini setelah usia dewasa. Terkadang, berkeringat secara berlebihan dapat menjadi tanda adanya kondisi medis serius. Konsultasikan pada dokter jika keringat berlebihan diikuti rasa pening, nyeri dada, atau mual.

Penyebab Hiper Hidrosis

Apa yang menyebabkan hiper hidrosis bisa muncul? Berkringat adalah mekanisme natural pada tubuh untuk mendinginkan suhu tubuh. Namun pada hiper hidrosis, sistem saraf tubuh secara langsung memicu kelenjar keringat sehingga keringat keluar secara berlebihan. Keringat berlebih ini umumnya sering terjadi pada telapak tangan terutama saat merasa gugup. Pada gejala hiper hidrosis primer atau terfokus, sistem saraf berperan mendorong kelenjar keringat bekerja lebih aktif.

Gejala Hiper Hidrosis

Pada hiper hidrosis sekunder kondisi ini bisa terjadi karena adanya kondisi medis meliputi penyakit diabetes, frostbite, hipertiroidisme, tumor, penyakit asam urat, menopause, obesitas, serta cedera pada tubuh. Selain akibat kondisi medis, hiper hidrosis sekunder juga bisa muncul sebagai efek samping dari mengonsumsi makanan atau suplemen tertentu.

Diagnosis Hiper Hidrosis

Dalam mengatasi gejala hiper hidrosis ini kamu bisa melakukan beberapa pemeriksaan yang dibutuhkan dokter untuk menetapkan diagnosis hiper hidrosis. Beberapa diagnosis hiper hidrosis ini meliputi pemeriksaan fisik. Dokter akan memeriksa kondisi fisik pasien dan mempelajari riwayat kesehatan pasien. Jika dibutuhkan pasien akan diminta untuk melakukan tes darah dan urine terutama jika hiper hidrosis disebabkan oleh suatu kondisi medis seperti hiper tiroidisme atau hipoglikemia.

Baca Juga: Kenali Gejala dan Cara Mengatasi Panic Attack Berikut Ini

Pengobatan Gejala Hiper Hidrosis

Penanganan hiper hidrosis umumnya akan diberikan berdasarkan penyebabnya. Jika hiper hidrosis yang pasien alami merupakan masalah medis, maka penanganan kondisi medis akan didahulukan sebelum mengatasi keringat yang belebihan. Namun jika tidak ada penyebab pasti hiper hidrosis maka fokus penanganan adalah mengendalikan keringat yang keluar secara berlebihan.

Salah satu langkah penanganan yang biasanya dilakukan dokter untuk mengobati hiper hidrosis adalah dengan memberikan obat-obatan seperti antiperspirant. Obat antiperspirant ini mengandung alumunum klorida dan dapat menyumbat kelenjar keringat agar berhenti memproduksi banyak keringat. Meskipun demikian, penting untuk diingat bahwa obat jenis ini dapat menimbulkan iritasi mata dan kulit.

Selain obat antiperspirant ada juga obat antidepresan yang bisa diberikan untuk meredam kegelisahan yang memperparah hiper hidrosis agar tidak berkeringat berlebih. Selain itu ada juga tindakan lontophoresis (alat penghambat keringat) yang dilakukan jika hiper hidrosis terjadi di salah satu tangan dan kaki, atau keduanya. Dengan melakukan terapi ini, kelenjar keringat dihambat sementara dengan aliran listrik.

Komplikasi Hiper Hidrosis

Hiper hidrosis dapat menimbulkan komplikasi berupa infeksi akibat kulit sering mengeluarkan banyak keringat. Selain itu, penyakit ini juga dapat menimbulkan  perasaan malu, karena baju atau tangan yang tampak basah, sehingga berisiko mengganggu pekerjaan maupun kegiatan belajar.

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Lorong Pods bobobox bandung

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

You might also like