Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Seperti Negeri di Atas Awan, Inilah 7 Gedung Tertinggi di Dunia!

Berada di gedung tertinggi di dunia ini rasanya seperti tinggal di langit!

Apa sih yang terpikirkan kalau kamu dengar kata “kota metropolitan”? Gedung-gedung pencakar langit? Sistem transportasi umum yang keren? Wilayah kota yang luas? Atau penduduk yang lebih beragam? Biasanya sih kamu akan terbayang bangunan-bangunan tinggi yang mewarnai garis langit kota. Apalagi saat malam tiba! Wih! Pemandangan menara-menara yang berhiaskan lampu-lampu jadi pemandangan yang keren untuk dinikmati. Selain itu, pemandangan seperti ini juga bisa melengkapi momen romantis kamu bersama pasangan. Ciyee!

Eh, tapi tahu nggak sih kalian kalau sejarah gedung pencakar langit bermula dari tahun 1880an? Dilansir dari History, ternyata gedung pencakar langit pertama di dunia dibangun pada tahun 1885. Gedung bernama Home Insurance Building ini berlokasi di Chicago, Amerika Serikat dan memiliki tinggi 55 meter. Dengan 12 lantai dan kerangka baja, Home Insurance Building pun dinobatkan cikal bakal gedung pencakar langit modern. Sayangnya, gedung ini sudah dihancurkan dan diubah menjadi gedung bernama Field Building.

gedung tertinggi di dunia
Credit: Bayu Syaits via Unsplash

Di Indonesia sendiri, keberadaan gedung-gedung pencakar langit terpusat di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, dan Bandung. Kamu tahu nggak apa gedung pencakar langit pertama di Indonesia? Berdasarkan artikel di Kompas, Sarinah merupakan gedung pencakar langit dan juga mal pertama di Indonesia. Diresmikan pada tahun 1966, Sarinah memiliki tinggi 74 meter dan 15 lantai. Nah, rekor ini dilewati oleh Wisma Nusantara yang berada nggak jauh dari Sarinah. Dilansir dari Bisnis.com, bangunan pencakar langit ini punya tinggi 117 meter dan dijadikan prototipe bangunan tahan gempa, lho!

Seiring berkembangnya teknologi dan terbatasnya lahan, pembangunan pun makin dilakukan secara vertikal. Walhasil, kita bisa melihat banyak gedung-gedung tinggi di kota-kota besar. Nah, Bob punya informasi tentang 7 gedung tertinggi di dunia yang bakalan bikin kamu takjub! Lihat gedung-gedungnya saja bikin kamu ngerasa kayak semut! Penasaran apa saja gedung tertinggi di dunia? Bob akan mulai dari nomor 7, ya!

7. Guangzhou CTF Finance Centre (Guangzhou, Tiongkok)

Di posisi ketujuh gedung tertinggi di dunia, ada Guangzhou CTF Finance Centre. Dilansir dari China Highlights, menara yang punya julukan East Tower ini merupakan gedung tertinggi ketiga di Tiongkok. Guangzhou CTF Finance Centre diresmikan pada tahun 2016 dan memiliki tinggi 530 meter. Menara ini juga punya 111 lantai dan 5 lantai basemen. Wah! Pasti ngeri, ya, kalau kamu lihat ke bawah langsung dari lantai teratas. Oh, ya! Gedung multifungsi ini punya mal, hotel, apartemen, dan perkantoran, lho!

gedung tertinggi di dunia
Sumber: DeZeen

Salah satu keunikan gedung ini adalah sistem liftnya. Di salah satu artikel resminya, Hitachi menyebutkan bahwa mereka membuat lift tercepat untuk dipasang di Guangzhou CTF Finance Centre. Nggak main-main, lho! Lift ultracepat ini bisa melaju dengan kecepatan 72 kilometer per jam! Waduh! Bisa balapan sama mobil di jalan tol, nih! Untuk naik dari lantai 1 ke lantai 95, lift ini hanya perlu waktu 42 detik aja. Kebayang nggak kalau kamu harus menempuh jarak tersebut dengan tangga? Duh! Bob sih keburu lambaikan tangan ke kamera duluan!

6. One World Trade Center (New York, Amerika Serikat)

Sudah bukan rahasia kalau New York alias Big Apple merupakan gudangnya menara-menara pencakar langit. Beberapa bangunan di New York, seperti Empire States Building bahkan sempat memegang rekor gedung tertinggi di dunia. Nah, salah satu gedung yang bikin kamu merasa seperti di atas awan adalah One World Trade Center. Dilansir dari Statista, One World Trade Center merupakan gedung tertinggi di Amerika Serikat dengan tinggi 541 meter. Dibuka pada tahun 2015, gedung ini dibangun di area yang dulunya ditempati menara kembar World Trade Center.

gedung tertinggi di dunia
Credit: Laura Peruchi via Unsplash

Gedung tertinggi di dunia ini nggak hanya sebatas berfungsi sebagai menara perkantoran, lho! Ada One World Observatory yang akan mengajak kamu menikmati pemandangan kota New York dari ketinggian 102 lantai. Dilansir dari NYC Go, observatorium ini menempati tiga lantai teratas gedung dan menawarkan tur interaktif terpadu kota New York. Ada juga kafe dan bar yang berada di observatorium ini. Sambil menikmati kopi, kamu dan pasangan akan dimanjakan dengan panorama kawasan Lower Manhattan yang cantik. Duh! Bakalan jadi quality moment banget deh!

5. Lotte World Tower (Seoul, Korea Selatan)

Di Seoul, ada Lotte World Tower yang menjadi gedung tertinggi di dunia kelima. Nggak hanya menjadi ikon kebanggaan warga Seoul, Lotte World Tower juga mendapatkan beragam rekor dan penghargaan. Dilansir dari situs resminya, Lotte World Tower menerima sertifikat LEED Gold Rating tahun 2017 sebagai bangunan yang eco-friendly. Sebagai sumber energi, gedung ini menggunakan generator tenaga angin dan kolektor panas surya. Selain keren, gedung ini juga ramah terhadap lingkungan, ya!

gedung tertinggi di dunia
Sumber: Koreattract

Lotte World Tower memiliki tinggi 555 meter dan 123 lantai. Lantai-lantai terbawahnya digunakan sebagai mal. Bahkan, ada juga akuarium raksasa di sini, lho! Untuk yang hobi belanja, berbagai brand high-end seperti Celine, Piaget, Versace, dan Moschino siap bikin tagihanmu bengkak. Lotte World Tower juga punya apartemen mewah dan hotel bintang lima. Yang paling seru, kamu bisa menikmati pemandangan Seoul di Seoul SKY, dek observasi yang berada di lantai 117-123. Ajak pasangan kamu ke sini dan coba ajukan lamaran yang romantis buat dia. Bakalan lebih romantis daripada drama Korea, deh!

4. Ping An International Finance Center (Shenzhen, Tiongkok)

Gedung tertinggi di dunia yang berikutnya adalah Ping An International Finance Center. Kalau ingin menyaksikan keindahan gedung ini dari bawah, dijamin kamu mesti siap-siap tengadah lebih jauh. Pasalnya, dilansir dari e-Architect, gedung ini punya tinggi 599 meter dan 115 lantai. Aduh! Nanggung satu meter lagi, bisa jadi 600 meter! Ping An International Finance Center diresmikan pada tahun 2017 dan menjadi gedung tertinggi kedua di Tiongkok dan pertama di Shenzhen.

gedung tertinggi di dunia
Sumber: Arch Daily

Salah satu hal yang membuat gedung tertinggi di dunia ini unik adalah bentuknya. Gedung ini memiliki tampilan seperti pensil, dengan fasad yang menyempit menjadi semacam piramida di puncaknya. Ternyata, menurut Skyscrapercenter, fasad ini nggak hanya cantik, tetapi juga praktis. Bahkan, dengan bentuk seperti ini, kekuatan struktur menjadi lebih kuat dan beban terpaan angin bisa dikurangi hingag 35%. Ping An International Finance Center punya mal besar, ruang perkantoran, dan dek observasi di ketinggian 562 meter.

3. Abraj Al Bait (Mekkah, Saudi Arabia)

Kota suci umat Muslim di seluruh dunia, Mekkah, ternyata nggak hanya terkenal dengan Kabah dan Masjidil Haram aja, lho! Sejak tahun 2021, wajah Mekkah tampil memukau dengan Abraj Al Bait. Bangunan bergaya postmodern ini, dilansir dari Lonely Planet, punya tinggi 601 meter, serta memiliki mal besar 5 lantai. Nggak hanya itu! Kompleks menara mewah ini juga jadi rumah untuk hotel-hotel mewah yang akan menampung para jamaah haji. Yang lebih keren lagi, ada dua masjid besar (masing-masing untuk pria dan wanita) yang bisa menampung 10.000 jemaat!

gedung tertinggi di dunia
Sumber: Destination KSA

Abraj Al Bait tampil ikonik dengan keempat jamnya dan puncak menara berbentuk bulan sabit yang berwarna emas. Bangunan ini juga memegang beberapa rekor lain, lho! Dilansir dari World Atlas, keempat jam di menara ini dinobatkan sebagai jam dengan piringan terbesar di dunia. Diameternya mencapai 43 meter dan diterangi oleh 2 juta lampu LED! Sebuah artikel di CNN juga menyebutkan bahwa Abraj Al Bait merupakan salah satu proyek termahal di dunia. Pembangunannya memakan dana hingga 15 milyar dolar AS, lho!

2. Shanghai Tower (Shanghai, Tiongkok)

Di posisi kedua gedung tertinggi di dunia, ada Shanghai Tower. Berlokasi di kawasan Lujiazui, menara ini jadi ikon kota Shanghai, bersama Jin Mao Tower dan Shanghai World Financial Center. Dilansir dari Skyscraper Center, Shanghai Tower yang dibuka di tahun 2015 ini memiliki tinggi 632 meter dan 128 lantai. Fasadnya yang terlihat seperti silinder yang dipilin membuat gedung ini mudah dikenali. Tingginya juga tentu saja jadi aspek yang membuat Shanghai Tower gampang dicari.

gedung tertinggi di dunia
Credit: 丁亦然 via Unsplash

Gedung tertinggi di dunia ini punya banyak fasilitas. Ada grand ballroom, mal, ruang perkantoran eksklusif, hotel mewah, dan dek observasi. Eh! Ada lagi yang lebih keren, lho! Dilansir dari Fohhn, Shanghai Tower punya concert hall di lantai 126 dengan sound system tiga dimensi yang mutakhir! Wih! Kayaknya seru nih kalau bisa konser di ketinggian 600 meter! Kalau kamu ingin menikmati kecantikan gedung ini secara lengkap, kamu bisa main ke kawasan The Bund. Di sana, kamu bisa memotret Shanghai Tower dan beberapa landmark sister city kota Jakarta yang lainnya. Cocok juga, lho, buat foto pre-wedding!

1. Burj Khalifa (Dubai, United Arab Emirates)

Dan posisi pertama gedung tertinggi di dunia dimenangkan oleh Burj Khalifa! Menara super ini berdiri megah di Dubai, United Arab Emirates dan tampil keren dengan fasadnya yang sepintas mirip roket luar angkasa. Dilansir dari situs resminya, Burj Khalifa memiliki tinggi 828 meter dan lebih dari 160 lantai. Wah gila! Tingginya udah hampir satu kilometer, lho! Banyak rekor juga yang dipegang menara ini. Salah satunya adalah restoran tertinggi di dunia, dilansir dari Emirates 247. Di restoran yang berada di lantai 122 ini, kamu bisa menikmati sajian lezat sambil menyaksikan panorama Dubai dari ketinggian 442 meter.

gedung tertinggi di dunia
Credit: Wael Hneini via Unsplash

Ada yang unik lagi soal gedung tertinggi di dunia yang satu ini. Kalau kamu berpuasa dan kebetulan menginap atau masuk ke menara ini, siap-siap kaget dengan jam buka puasa kamu. Dilansir dari BBC, makin tinggi lantai yang kamu tempati, makin lama waktu kamu berbuka puasa. Walhasil, para penghuni lantai 80 ke atas harus berpuasa lebih lama 2 menit. Para penghuni lantai 150 ke atas harus tahan lagi puasa selama 3 menit. Bisa sampai kayak gitu, ya?

Itulah 7 gedung tertinggi di dunia versi Bob. Sudah ada bayangan, nggak, ingin mengunjungi yang mana? Semoga pandemi segera berakhir, ya, supaya kamu bisa segera berlibur. Namun, buat saat ini, kamu masih bisa liburan di dalam negeri kok dan menikmati pemandangan gedung-gedung tinggi di kota-kota besar. Soal akomodasi, percayakan aja sama Bobobox! Setiap pod dibersihkan secara menyeluruh. Jadi, kebersihan dan kesehatan kamu tetap terjaga.

Fasilitas seperti musala, shared bathroom, pantry, dan communal space akan melengkapi kebutuhanmu selama berlibur di Bobobox. Ditambah lagi, teknologi yang terintegrasi dengan ponselmu bikin apa-apa jadi lebih praktis! Nah, kamu bisa download dulu aplikasi Bobobox ke ponselmu sekarang. Setelah itu, kamu bisa melakukan reservasi secara langsung dan mendapatkan notifikasi promo yang sayang buat dilewatkan. Yuk download aplikasinya sekarang!

You might also like