Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Sulap Hunianmu Jadi Makin Aesthetic ala Pedesaan Inggris dengan Gaya Rumah Cottagecore

Kembali ke masa lalu dengan gaya rumah cottagecore

Belakangan ini gaya rumah cottagecore sedang tren. Terima kasih kepada sosial media, gaya rumah bergaya jadul ini kini mulai banyak dibicarakan.

Lalu apa sih sebenarnya gaya rumah cottagecore? Kapan gaya ini mulai muncul dan bagaimana cara mengaplikasikannya di rumahmu?

Nah, daripada penasaran, simak terus di sini ya. Kita bahas bareng-bareng gaya rumah cottagecore.

Apa itu gaya rumah cottagecore?

gaya rumah cottagecore
Photo by Jilbert Ebrahimi on Unsplash

Sebenarnya, cottagecore bukan hanya sekadar gaya rumah. Cottagecore mengacu pada gaya hidup rural atau pedesaan yang mengedepankan sistem berkelanjutan (sustainability).

Namun, secara estetika cottagecore mengambil inspirasi dari gaya pedesaan tradisional Inggris. Tidak hanya dekorasi rumah, cottagecore juga melibatkan gaya berpakaian dan aktivitas sehari-hari seperti memasak dan berkebun.

Intinya, gaya hidup cottagecore adalah tentang bagaimana cara hidup mandiri dan sederhana.

Terlebih, di era teknologi modern yang mengharuskan seseorang untuk terus terhubung dan bergerak lebih cepat, cottagecore menjadi pilihan untuk menjalani hidup dengan lebih damai.

Selain itu, cottagecore mendorong seseorang untuk membuat sesuatu sendiri alih-alih membeli produk yang diproduksi secara massal.

Contohnya, kamu bisa membuat kebun herbal di halaman rumah yang nantinya bisa kamu gunakan untuk memasak. Selain itu, kamu juga bisa membuat roti atau pasta sendiri.

Kunci gaya rumah ini adalah terhubung dengan alam dan memiliki hidup yang berkelanjutan.

Cara mendekorasi gaya rumah cottagecore

Memang betul cottagecore adalah gaya hidup yang luas. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa menerapkan gaya rumah ini untuk hunianmu.

Soalnya, gaya adalah hal yang terus berkembang dan menyesuaikan dengan individu yang menganutnya.

Kamu pasti sering melihat gaya rumah cottagecore berkeliaran di lini masa Instagram atau TikTok. Kamu juga pasti tergoda untuk menerapkan gaya rumah cottagecore di tempat tinggalmu.

Nah, berikut adalah tips untuk menyulap rumahmu menjadi gaya rumah cottagecore.

BACA JUGA: Kenali Apa Itu Buah Kerben, Beri Asli Indonesia Yang Nikmat Dan Menyegarkan

Gunakan material alami

gaya rumah cottagecore
Photo by Annie Spratt on Unsplash

Gaya rumah cottagecore sangat berdekatan dengan alam. Itulah mengapa kamu harus menggunakan sebanyak mungkin material alami seperti kayu, rotan, bambu, batu, dan semacamnya.

Material alami ini bisa kamu buat menjadi dasar bangunan atau furnitur seperti kursi, meja, dan lain-lain. Material ini merupakan inti dari gaya rumah cottagecore, jadi jangan sampai dilewatkan ya.

Pilih furniture vintage

gaya rumah cottagecore
Photo by Ellen Auer on Unsplash

Jika kamu suka hunting barang-barang jadul, ini adalah saat yang tepat. Soalnya, gaya rumah cottagecore mendorong penganutnya untuk memakai perabotan antik.

Perabotan antik ini terutama yang memiliki tampilan rumah pedesaan atau pengaruh Prancis.

Dekorasi antik tidak hanya cocok dengan tampilan gaya rumah cottagecore tetapi juga membantu menciptakan suasana pondok yang memberikan kesan nostalgia.

Bermain dengan warna dan tekstur

gaya rumah cottagecore
Photo by Julian Hochgesang on Unsplash

Warna-warna bumi seperti hijau dan coklat sangat cocok untuk digunakan di gaya rumah cottagecore. Warna ini memberikan kesan hangat dan homey. Kamu bisa menggunakannya sebagai cat rumah, lantai, atau warna furnitur.

Selain itu, kamu juga bisa menerapkan motif bunga untuk gaya rumah cottagecore. Berbeda dengan desain modern, motif bunga sangat pas untuk dipadukan dengan warna-warna bumi dan pastel sehingga memberikan kesan lebih vintage.

Kamu bisa memasangkan motif bunga ini di mana saja. Bisa dengan tirai motif bunga, kursi, atau, bunga-bunga kering yang diletakkan di dalam vas kayu.

Jangan khawatir jika cat tembokmu terkelupas atau mulai pudar. Estetika ini akan membuat rumahmu justru semakin keren.

Gunakan wallpaper

gaya rumah cottagecore
Photo by Liana Mikah on Unsplash

Jika kamu tidak menyukai cat dinding, wallpaper bisa menjadi alternatif. Gaya rumah cottagecore sangat lekat dengan wallpaper.

Namun, jangan gunakan wallpaper yang kekinian. Tetap hidupkan suasana cottagecore dengan motif bunga atau warna-warna pastel dan bumi.

BACA JUGA: Sukar Dipercaya, Simak 10 Controller Game Terunik Di Dunia

Buat barang-barang DIY

gaya rumah cottagecore
Photo by Constantin Panagopoulos on Unsplash

Semangat gaya rumah cottagecore adalah kemandirian. Untuk itu, kamu perlu barang-barang DIY sebagai penghias rumahmu. Kerajinan apa pun yang kamu buat akan menampilkan gaya yang mendukung estetika cottagecore.

Selain itu, kamu juga bisa melengkapi dekorasi rumah dengan barang-barang lembut seperti selimut, bantal, tirai, dan lain-lain.

Untuk membuat rumah terasa semakin hangat, gunakan karpet untuk menutupi lantai kayu. Lalu, tambahkan beberapa selimut agar sofamu tetap nyaman.

Dekorasi bunga dan tanaman

gaya rumah cottagecore
Photo by Anton Sukhinov on Unsplash

Setelah semua hal dasar dari gaya rumah cottagecore terpenuhi, saatnya kamu memberi sedikit sentuhan manis.
Karena estetika cottagecore memiliki tujuan untuk kembali ke budaya agraris, membawa tanaman hijau ke dalam ruangan sangat ideal untuk dekorasi rumahmu.

Kamu bisa meletakkan bunga apa pun yang sesuai dengan kerpibadianmu. Jangan terpaku pada satu jenis. Baik bunga kering atau bunga segar tak masalah untuk digunaka dalam gaya rumah cottagecore.

Buat kebun pribadi

gaya rumah cottagecore
Photo by Robin Wersich on Unsplash

Mungkin ini salah satu elemen penting dari gaya cottagecore setelah dekorasi. Ada dua jenis tanaman yang bisa kamu tanam di kebunmu, herbal dan hias.

Bunga mawar, melati, tulip, dan bunga-bunga yang tinggi bisa memberikan nuansa vintage untuk kebunmu. Aromanya juga membuat kebunmu semakin indah dan meriah.

Untuk tanaman herbal, kamu bisa menanam kayu manis, daun min, rosemary, lavender, dan tanaman lain yang bisa kamu gunakan untuk aktivitas sehari-hari.

Siap untuk mendekorasi ulang rumahmu?

Di atas adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mendekorasi gaya rumah cottagecore. Namun, jangan lupakan bahwa kenyamanan adalah yang utama.

Pastikan bawha rumahmu diatur senyaman mungkin dan memiliki pencahayaan alami yang cukup.

Meskipun menganut gaya hidup sederhana, tren cottagecore tidak sejalan dengan konsep minimalis modern.

Cottagecore sebenarnya mengedepankan “keberantakan” sebagai gaya hidup. Oleh karena itu, rumahmu tidak perlu terlihat terlalu tertata jika ingin mengadopsi gaya rumah cottagecore.

Jadi, kalau kamu tertarik dengan gaya rumah ini, bersiap untuk menghadapi semua “kekacauan”. Selamat mencoba!

BACA JUGA: Tak Hanya Benda, Berikut Warisan Budaya Tak Benda Yang Menarik Untuk Kamu Ketahui

Cari tempat menginap yang murah dan terjangkau? Di Bobobox aja!

Bobobox adalah hotel capsule Jakarta yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati, apalagi buat kamu yang suka foto-foto.

Nggak percaya? Tenang. Supaya kamu punya gambaran yang lebih jelas soal pengalaman menginap yang lebih nyata, kamu bisa lho keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob. Kamu bisa membuktikan sendiri sebelum dateng langsung ke tempatnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak.

You might also like