Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Gatal-Gatal Saat Tidur? Waspada Kutu Kucing! Ini Dia Ciri-Cirinya Dan Cara Menghilangkannya

Yuk, usir kutu pada kucingmu dengan mengikuti cara menghilangkan kutu kucing ala Bob

Bagi kamu para pecinta kucing, pasti pernah mendengar masalah yang satu ini, kutu kucing. Kutu kucing merupakan musuh bebuyutan kucing peliharaan. Namun, masih banyak yang tidak tahu ciri-ciri gigitan kutu kucing dan cara menghilangkan kutu kucing.

Nah, kali ini Bob akan membahas bagaimana caranya menghilangkan kutu kucing yang sangat mengganggu kamu dan kucing kesayanganmu. Namun, sebelum Bob membahas cara menghilangkan kutu kucing, Bob akan membahas dari mana kutu kucing berasal.

Penyebab Kutu Kucing

cara menghilangkan kutu kucing
@ManjaVitolic via unsplash.com

Mungkin kamu merasa bahwa kucingmu tidak mungkin terkena kutu kucing karena kucingmu selalu di dalam rumah. Namun, meskipun kucing lebih rentan tertular kutu kucing di luar rumah, tidak menutup kemungkinan kucing juga bisa terkena kutu kucing walaupun hanya di rumah saja.

Umumnya kucing terkena kutu kucing dari hewan peliharaan atau kucing liar. Maka dari itu, sebagian orang memutuskan untuk tidak mengizinkan kucingnya main ke luar rumah. Namun, kutu kucing bisa juga terbawa oleh manusia, loh, terutama yang sering keluar masuk rumah.

Beberapa kasus kucing tertular kutu kucing ketika sedang berada di dokter hewan. Meskipun kemungkinannya kecil namun kesempatan tertular kutu kucing di dokter hewan selalu ada.

Ciri Kamu Terkena Kutu Kucing

Jika kamu memiliki kulit yang sensitif, ada kemungkinan besar kulitmu akan bereaksi saat terkena kutu kucing. Kulit yang terkena gigitan kutu kucing umumnya akan merasa gatal yang hebat. Kadang rasa gatal tersebut disertai dengan rasa sakit pada kulit.

Rasa gatal akibat gigitan kutu kucing ini umumnya akan muncul di tubuh bagian bawah seperti bagian pergelangan kaki maupun betis. Namun tidak menutup kemungkinan bagian tubuh yang lain juga terkena gigitan kutu kucing.

Bekas yang ditinggalkan gigitan kutu kucing pun beragam. Umumnya, terdapat bintik-bintik merah pada kulitmu yang terasa sakit jika disentuh.

Apalagi jika kamu memiliki riwayat kulit yang sangat sensitif. Meskipun sangat jarang terjadi, dampak gigitan kutu kucing pada manusia juga bisa menimbulkan reaksi yang lebih buruk yang disebabkan oleh alergi.

Nah, ternyata masalah kutu pada kucing memang tidak bisa dianggap sepele. Karena itulah Bob akan membagikan tips cara menghilangkan kutu kucing.

Cara Menghilangkan Kutu Kucing

Ada banyak cara menghilangkan kutu kucing. Kamu bisa memilih cara menghilangkan kutu kucing mana yang mau kamu coba untuk kucingmu.

Cara menghilangkan kutu kucing yang pertama adalah dengan membersihkan total semua perabotan dalam rumahmu terutama sofa, tempat duduk, bantal duduk, dan karpet. Supaya bisa maksimal dalam membersihkan karpet dan sofa, kamu sebaiknya menggunakan vacuum cleaner, ya.

Obat Kutu

Memakai obat kutu adalah cara menghilangkan kutu kucing lainnya yang bisa kamu gunakan di rumah. Obat kutu bisa sangat mudah didapatkan di petshop­ mana saja tanpa kamu harus membawa kucingmu ke dokter hewan.

Shampoo Kucing

Shampoo khusus kucing memang yang paling sering menjadi pilihan dari berbagai cara menghilangkan kutu kucing lainnya. Alasannya karena selain menghilangkan kutu kucing, shampoo kucing pun bisa membuat bulu-bulu kucingmu lebih wangi.

Pemakaian shampoo khusus kucing dan obat kutu kucing sebaiknya rutin dilakukan sebagai cara menghilangkan kutu kucing terutama jika kucingmu bukanlah kucing rumahan.

Jus Lidah Buaya

cara menghilangkan kutu kucing
@ErgitaSela via unsplash.com

Ternyata selain untuk memberi nutrisi pada rambut, lidah buaya juga bisa menghilangkan kutu kucing, loh. Meskipun banyak yang masih meragukan jus lidah buaya sebagai cara menghilangkan kutu kucing, namun, beberapa orang telah membuktikan bahwa jus lidah buaya juga cukup efektif untuk menghilangkan kutu.

Selain karena bisa ditemukan dimana saja, cara menghilangkan kutu kucing dengan jus lidah buaya pun lebih alami. Cara membuat jus lidah buaya untuk menghilangkan kutu kucing ini mudah sekali. Kamu cukup membuat jus lidah buaya yang ditambahkan sedikit cabe rawit.

Kemudian campuran kedua bahan tersebut kamu saring. Jika kamu sudah selesai menyaring jus lidah buaya, kamu tinggal memasukkan airnya ke dalam botol. Mudah, kan, cara menghilangkan kutu kucing yang satu ini.

Semprotkan Cuka Apel

Tahukah kamu bahwa kutu kucing tidak suka bau cuka apel. Maka dari itu, menyemprotkan cuka apel pada bulu-bulu kucingmu menjadi salah satu cara menghilangkan kutu kucing yang bisa kamu lakukan di rumah.

Cara membuat semprotan cuka apel pun sangat mudah. Kamu cukup menyiapkan sari buah apel dan air lalu campurkan kedua bahan itu dengan perbandingan 2:1 dimana porsi sari buah apel harus lebih banyak daripada air.

Jika sudah selesai, kamu bisa masukkan cuka apel tersebut ke dalam otol semprot dan mulai menyemprotkan cuka tersebut pada bulu-bulu kucingmu sebagai cara menghilangkan kutu kucing.

Vaksin Ivermectin

cara menghilangkan kutu kucing
@EdCijs via unsplash.com

Salah satu cara menghilangkan kutu kucing adalah dengan memvaksin kucingmu. Selain kutu, vaksin yang satu ini juga bisa menghilangkan cacing dan ektoparasit lainnya yang mungkin terdapat dalam tubuh kucingmu.

Namun, dalam menggunakan vaksin ini pun kamu tidak boleh sembarangan. Jika kamu memutuskan memvaksin kucingmu, kamu sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter hewan. Cara menghilangkan kutu kucing dengan vaksin pun belum tentu tanpa resiko.

Anak kucing di bawah usia 3 bulan tidak disarankan untuk divaksin Ivermectin karena akan mengganggu fungsi ginjal mereka. Selain itu, cara menghilangkan kutu kucing dengan Vaksin Ivermectin sendiri tidak bisa menghilangkan telur kutu.

Kamu juga harus lebih rajin melihat jadwal saat memutuskan untuk memvaksin kucingmu. Biasanya penyuntikan Vaksin Ivermectin dilakukan tiga kali dengan jeda 3 minggu hingga satu bulan.

Membatasi Kucing Bermain di Luar Rumah

Jika kucingmu terbiasa kamu biarkan bermain di luar rumah, sekarang saatnya untuk membatasi kucing kesayanganmu menghabiskan waktu di luar rumah. Membatasi kucing bermain di luar rumah merupakan salah satu cara menghilangkan kutu kucing yang paling efektif.

Namun, tidak berarti kamu melarang kucingmu untuk main di luar rumah, hanya saja intensitas kucingmu di dalam rumah lebih banyak daripada di luar rumah. Kamu juga bisa mulai membelikan kucingmu mainan-mainan supaya kucingmu tidak bosan dan stres di dalam rumah.

Sisir Anti Kutu

Cara menghilangkan kutu kucing yang terakhir adalah dengan rajin menyisiri bulu-bulu kucingmu dengan sisir anti kutu. Sisir anti kutu ini bisa kamu daparkan di petshop-petshop langananmu.

Cara menghilangkan kutu kucing sebetulnya mudah. Hal yang paling penting saat kamu sedang berusaha menghilangkan kutu kucingmu adalah dengan terus menjaga kebersihan rumahmu. Rumah yang bersih akan membuat penghuninya lebih sehat dan bahagia, termasuk juga kucingmu.

Hotel Kapsul Paling Bersih ya Bobobox

cara menghilangkan kutu kucing

Kalau kamu adalah tipe orang yang sangat menjunjung tinggi kebersihan, kamu harus coba datang dan menginap di Bobobox. Bobobox merupakan hotel kapsul berkonsep futuristik yang juga terkenal akan kebersihannya.

Apalagi selama pandemi COVID 19, tingkat kebersihan di Bobobox semakin ditingkatkan supaya kamu lebih merasa nyaman dan aman selama menginap di masa pandemi. Kamu juga tidak perlu khawatir karena Bobobox telah berkomitmen untuk terus mematuhi dan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.

Penasaran dengan interiornya? Jangan khawatir, kamu bisa melakukan virtual tour untuk bisa melihat beragam fasilitas dan interior instagenic-nya Bobobox. Kemas baju-bajumu dan bersiap untuk staycation di Bobobox. Jangan lupa juga untuk terus cek info tentang Bobobox di sini.

 

 

 

 

 

You might also like