gap year produktif

Mengambil Tahun Jeda Sebelum Kuliah? Ini Dia Kegiatan Gap Year Produktif yang Bisa Kamu Lakukan

Melanjutkan studi ke jenjang perkuliahan adalah hal yang umum setelah lulus SMA. Namun, ada juga yang memilih untuk menunda. Nah, waktu penundaan ini disebut gap year. Tahun jeda ini bisa digunakan untuk melakukan banyak hal seperti menekuni hobi atau memulai bisnis, intinya supaya menjadi gap year produktif. Kalau kamu mengambil tahun jeda dan bingung mau melakukan apa, ini dia beberapa kegiatan yang bisa kamu coba supaya jadi gap year produktif.

Menekuni hobi

gap year produktif

Photo by Gabriel Yuji on Unsplash

Saat masih sekolah kamu mungkin memiliki sedikit waktu untuk menekuni hobi. Padahal, hobi memiliki banyak manfaat dan bisa membuat gap year produktif. Hobi bukan hanya sekadar aktivitas yang dilakukan untuk menghabiskan waktu.

Dengan menekuni hobi, kamu bisa mengembangkan diri dari banyak aspek seperti kesehatan fisik, mental, kreativitas, dan kemampuan sosial. Selain itu, waktu gap year produktif juga bisa kamu gunakan untuk melakukan hobi lain yang belum pernah kamu coba sebelumnya.

Mengikuti kursus atau seminar, kegiatan gap year produktif

gap year produktif

Photo by Nick Morrison on Unsplash

Tidak ada kata berhenti untuk mencari ilmu. Mengikuti kursus atau seminar adalah hal yang bisa kamu lakukan selama gap year produktif untuk mengisi amunisi otakmu.

Kegiatan gap year produktif ini bisa untuk mendalami skill yang sudah kamu punya atau menambah skill baru. Dengan menambah skill baru yang bersifat praktis yang nantinya bisa kamu gunakan baik selama perkuliahan atau kegiatan gap year produktif selanjutnya, yaitu magang kerja.

BACA JUGA: Ingin Lebih Produktif? Ubah Pola Pikir Dan Kebiasaan-Kebiasaan Berikut

Magang kerja

gap year produktif

Photo by Kristin Wilson on Unsplash

Pengalaman kerja adalah hal yang berharga, baik untuk pengembangan diri atau modal kerja kantoran. Selain itu, kamu juga bisa menambah relasi di dunia profesional yang nantinya akan berguna di masa depan.

Kegiatan gap year produktif ini juga bisa menjadi sumber penghasilan kamu. Soalnya, beberapa tempat memang menyediakan upah bagi para pemagang.

Kalau kamu masih belum mengetahui apa yang akan kamu lakukan di masa depan, magang kerja juga merupakan kegiatan gap year produktif yang bermanfaat untuk menentukan tujuan hidup.

Traveling, kegiatan gap year produktif

gap year produktif

Photo by Edgar Chaparro on Unsplash

The world is a book and those who do not travel read only one page.” Kamu pernah dengar kutipan tersebut? Ini adalah kesempatan kamu untuk membaca lebih dari satu halaman yang ada di dunia.

Saat traveling, kamu berusaha keluar dari zona nyaman sehingga membuat kamu lebih berani dan menemukan hal-hal baru. Meskipun lokasinya tidak terlalu jauh, kamu tetap akan mendapatkan pengalaman baru yang berharga dari kegiatan gap year produktif ini seperti bertemu orang baru dan membuka sudut pandang baru.

Menjadi relawan

gap year produktif

Photo by Joel Muniz on Unsplash

Salah satu tujuan hidup manusia adalah supaya bisa bermanfaat bagi orang lain. Dengan menjadi relawan, kamu tidak hanya mengisi gap year produktif namun juga memberi kontribusi pada lingkungan sekitar.

Menjadi relawan menghubungkan kamu dengan banyak orang dan menjadikan sebuah komunitas sebuah tempat yang lebih baik. Bahkan jika kamu hanya membantu dengan hal kecil, kamu bisa membuat perbedaan nyata bagi kehidupan orang, hewan, dan organisasi yang membutuhkan.

Berolahraga, kegiatan gap year produktif

gap year produktif

Photo by Bruno Nascimento on Unsplash

Menjaga tubuh agar tetap sehat adalah hal yang penting, terutama jika kamu menginginkan gap year produktif. Menjadi produktif bukan berarti kamu mengabaikan kesehatan tubuh.

Justru sebaliknya, dengan tubuh yang sehat kamu akan bisa lebih produktif. Kamu memiliki waktu setahun penuh untuk melatih tubuh kamu supaya jadi lebih sehat dan bugar. Tidak perlu melakukan olahraga yang terlalu berat. Mulailah dari aktivitas yang kecil dan ringan lalu lakukan secara konsisten.

BACA JUGA: Susah Produktif Kalau Di Rumah Terus? Ini Dia 10 Tips Produktif Di Rumah

Memulai usaha

gap year produktif

Photo by Carlos Muza on Unsplash

Jika kamu ingin menjadi pengusaha, tidak ada salahnya memulai kegiatan gap year produktif ini dari sekarang. Kamu bisa memulai bisnis online kecil-kecilan seperti menjual barang bekas, pulsa, atau makanan ringan.

Kamu juga bisa menjual jasa seperti menjadi guru les. Yang penting dari kegiatan gap year produktif ini bukan cuannya melainkan pengalaman berdagang yang bisa kamu jadikan pelajaran untuk masa depan.

Belajar bahasa baru, kegiatan gap year produktif

gap year produktif

Photo by Dmitry Ratushny on Unsplash

Di era globalisasi seperti sekarang, menguasai lebih dari satu bahasa adalah hal yang sangat berguna. Sekarang, akses menuju dunia internasional lebih terbuka lebar. Kamu bisa berkuliah, magang, bekerja, atau sekadar bersosialisasi dengan orang di luar Indonesia dengan mudah.

Untuk itu, kamu memerlukan kemampuan berbahasa yang baik. Selain untuk karir, belajar bahasa baru juga bagus untuk otak. Orang yang berbicara lebih dari satu bahasa memiliki daya ingat, keterampilan memecahkan masalah, konsentrasi, dan keterampilan mendengarkan yang lebih baik.

Au pair, kegiatan gap year produktif

gap year produktif

Photo by Tyson on Unsplash

Jika kamu suka anak-anak dan ingin pergi ke luar negeri untuk mempelajari budaya baru, menjadi au pair adalah kegiatan gap year produktif yang sangat berharga. Au pair adalah orang yang membantu mengurus rumah dan anak dari sebuah keluarga di luar negeri

Namun, au pair berbeda dengan pengasuh (nanny). Pengasuh adalah pekerja yang dibayar dengan gaji. Di sisi lain, au pair dianggap sebagai anggota keluarga sementara yang memiliki kamar, makan bersama keluarga, dan menerima uang saku bulanan alih-alih gaji.

Memantapkan tujuan hidup selama waktu gap year produktif

gap year produktif

Photo by Mark Fletcher-Brown on Unsplash

Tujuan hidup adalah hal yang memengaruhi kamu dalam banyak aspek kehidupan. Jika kamu ingin menjadi seorang penulis, misalnya, semua aktivitas akan kamu arahkan menuju satu tujuan tersebut.

Namun, sayangnya tidak semua orang sudah memiliki tujuan hidup. Bahkan, banyak juga orang di usia 50-an yang masih kebingungan dengan tujuan hidupnya.

Oleh karena itu, gap year adalah waktu yang tepat untuk kamu bereksplorasi dan menemukan apa yang sebenarnya kamu ingin lakukan dalam hidup. Dengan demikian, kamu akan melangkah dengan lebih mantap dan mengambil keputusan dengan lebih yakin.

BACA JUGA: Tidak Punya Energi Untuk Produktif? Ini Dia Ciri-Ciri Dan Cara Terbaik Untuk Mengatasi Burnout!

Mau liburan singkat di akhir pekan? Staycation di Bobobox aja

Bobobox adalah hotel capsule Jakarta yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati, apalagi buat kamu yang suka foto-foto.

Nggak percaya? Tenang. Supaya kamu punya gambaran yang lebih jelas soal pengalaman menginap yang lebih nyata, kamu bisa lho keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob. Kamu bisa membuktikan sendiri sebelum dateng langsung ke tempatnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles