Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Bikin Kangen! Diner Dash dan 6 Game PC Jadul Terbaik Ini Akan Mengajak Kamu Bernostalgia!

Pilihan game PC jadul terbaik yang bikin kamu kangen masa kecil dan remaja!

Teman-teman, ingat nggak sih zaman SD atau SMP dulu? Saat akhir pekan tiba, rasanya kita ingin cepat-cepat pulang sekolah supaya bisa main. Tiba di rumah, kita langsung ganti baju, makan, lalu main dengan teman-teman. Mungkin ada juga yang nggak pulang ke rumah dulu dan langsung main. Belum mandi dan bau keringat? Nggak apa-apa! Yang penting bisa menikmati hari libur. Apalagi di akhir pekan, kita juga biasanya ditemani kartun-kartun seru. Wah! Nostalgic banget!


Baca Juga: Klasik Itu Asik: Ini Dia Konsol Game Klasik Paling Keren Sepanjang Masa!


Sebagian dari kita juga mungkin punya PC di rumah. Nah! Biasanya, akhir pekan juga dimanfaatkan untuk mencoba berbagai game seru di komputer. Oh, ya! Coba deh kita ingat lagi ke zaman belum banyak permainan PC. Kita mungkin masih asyik main Solitaire atau Minesweeper. Yang Bob suka sih 3D Pinball – Space Cadet. Permainan yang dirilis tahun 1995 ini, dilansir dari PCGamer, tersedia secara bawaan di Windows 95 hingga Windows XP. Di 3D Pinball – Space Cadet, kita harus mengendalikan gerak bola di papan pinball supaya nggak sampai masuk lubang. Simpel sih, tapi seru!

game pc jadul terbaik
Interface 3D Pinball – Space Cadet | Sumber: Medium

Di tahun 2000an, kita menyaksikan banyak game PC yang seru dari berbagai genre. Dari arcade hingga simulasi, pilihan permainan yang ada sangat beragam! Seiring berkembangnya teknologi, muncul game-game dengan fitur dan grafis yang lebih keren. Beberapa permainan lawas, meskipun sudah jarang dimainkan, masih dikenang, lho. Baik karena gameplay yang unik maupun grafisnya, permainan-permainan tersebut dianggap sebagai game PC jadul terbaik.

Nah, Bob mau share 7 game PC jadul terbaik di artikel ini. Sebagian merupakan permainan offline, tetapi Bob juga akan mencantumkan beberapa game yang bisa dimainkan online. Ya, biar kamu bisa nostalgia ke masa-masa main ke warnet! Apa saja pilihannya? Langsung cek nomor satu, ya. Leggo!

1. Diner Dash

Wah! Game PC jadul terbaik yang ini sih jangan sampai terlewatkan dari list! Diner Dash, dilansir dari Gamehouse, adalah strategi dan permainan manajemen waktu yang dirilis pada tahun 2005. Dengan gameplay yang relatif straightforward, Diner Dash bisa dimainkan dengan mudah. Tantangannya adalah seberapa gesit dan teliti kamu dalam melayani semua pelanggan restoran. Hmm… Cocok nih sebagai latihan buat kamu yang ingin coba berbisnis restoran atau kafe.

game pc jadul terbaik
Sumber: Gamehouse

Dalam Diner Dash, kamu akan berperan sebagai Flo, mantan karyawan bursa efek yang banting setir jadi pemilik restoran. Flo harus melayani semua pelanggan dalam durasi yang ditentukan. Seperti halnya di dunia nyata, ada pelanggan nggak sabaran yang harus ditangani. Agar makin seru, penempatan tamu di warna yang sesuai bisa memberikan bonus. Dilansir dari Venture Beat, Diner Dash sudah memiliki 4 sekuel. Permainan ini juga tersedia untuk platform Windows, Mac OS, iOS, hingga konsol seperti Xbox dan Playstation.

2. The Sims

Siapa sih yang nggak kenal game PC jadul terbaik ini? Dirilis tahun 2000, The Sims masuk ke daftar 2016 World Video Game Hall of Fame, dilansir dari Museum of Play. Permainan ini dikembangkan oleh Maxis dan dirilis oleh Electronic Arts. Dalam The Sims, kamu bisa berperan sebagai “tuhan” (aduh! Ngeri ya bahasanya). Ya! Kamu bisa mengendalikan karakter-karakter kamu, membangun dan mendesain rumah, membeli furnitur, dan lain-lain.

game pc jadul terbaik
Sumber: Sims VIP

Supaya “hidup” lebih gampang, kamu bisa pakai cheat alias kode curang. Mungkin ada cheat yang kamu masih ingat (“move_objects on”, anyone?). Seri permainan ini terdiri atas The Sims 1, The Sims 2, The Sims 3, dan The Sims 4. Di seri-seri berikutnya, kamu bahkan bisa memasang berbagai mods supaya permainan makin seru. Di seri-seri yang lebih baru, kamu juga bahkan bisa berkolaborasi dengan pemain lain dan membangun rumah bersama-sama. Hmm.. Kalian pernah main game yang mana nih?

 

3. Stronghold: Crusader

Buat penyuka game perang, mungkin Stronghold: Crusader jadi permainan yang pernah bermukim di komputer kalian. Dilansir dari Gamespot, game PC jadul terbaik ini merupakan penerus dari kakaknya, Stronghold. Stronghold Crusader dirilis pada tahun 2002 dan menawarkan gameplay yang kurang lebih sama dengan pendahulunya. Bedanya, Stronghold menggunakan Inggris sebagai latar tempatnya. Sementara itu, Stronghold: Crusader berlatar di Timur Tengah pada era perang salib.

game pc jadul terbaik
Sumber: Game Express

Di Stronghold: Crusader, kamu bisa membangun kerajaan sambil mengalahkan raja-raja lain. Tidak hanya mempersiapkan armada perang yang kuat, kamu juga harus mencari dan mengolah sumber daya alam. Ada juga sandbox mode yang memungkinkan kamu untuk bermain dengan santai. Jadi, kamu bisa puas mendesain dan membangun kerajaan kamu. Untuk kamu yang ingin “berperang” melawan kerajaan temanmu, mode multipemain juga tersedia di permainan ini.


Baca Juga: 7 Video Game Plot Twist Yang Paling Mengguncang Hati Dan Pikiran Para Gamers!


4. Rollercoaster Tycoon

Kebayang nggak sih rasanya punya taman bermain sendiri? Di Rollercoaster Tycoon, kamu bisa mewujudkan impianmu, lho! Dirilis tahun 1999, game PC jadul terbaik ini pertama kali dikembangkan oleh Chris Sawyer Production, dilansir dari Steam. Seri Rollercoaster Tycoon terdiri atas beberapa permainan. Namun, tentunya Rollercoaster Tycoon 1, “the real OG“, jadi permainan yang bisa dibilang paling ikonik di antara permainan-permainan yang lain.

game pc jadul terbaik
Sumber: Steam

Dalam game PC jadul terbaik ini, kamu bisa membangun taman hiburanmu sendiri. Setiap taman punya objective khusus yang harus dipenuhi. Rollercoaster Tycoon juga punya dua expansion pack yang menawarkan wahana dan fitur tambahan. Rollercoaster Tycoon 2, sang penerus dirilis pada tahun 2002 dan menghadirkan beberapa taman yang diadaptasi dari taman bermain sungguhan. Sementara itu, Rollercoaster Tycoon 3 dan Rollercoaster Tycoon World hadir dengan grafis tiga dimensi yang keren.

5. Insaniquarium

Ingin pelihara ikan, tapi malas merawatnya? Main Insaniquarium aja! Dalam game PC jadul terbaik ini, kamu bebas memelihara ikan sebanyak yang diinginkan. Nggak perlu repot-repot bersihkan akuarium. Semuanya kan dilakukan secara virtual. Namun, kamu tetap perlu memberi makan ikan secara manual dengan mengeklik tombol mouse. Dilansir dari Origin, Insaniquarium dirilis pada tahun 2001 dan dikembangkan oleh PopCap Games.

game pc jadul terbaik
Sumber: Microcap Magazine

Ada empat mode dalam permainan ini. Di awal permainan, seperti dikutip dari Fresh Pulp, kamu dimodali dua ekor ikan guppy. Setelah diberi makan, ikan-ikan ini akan bertambah besar. Makin besar tubuhnya, makin banyak uang yang bisa kamu dapatkan. Uang ini bisa kamu gunakan untuk membeli ikan baru, meng-upgrade makanan dan senjata, hingga membeli telur ikan. Senjata? Yes, guys! Meskipun kamu nggak harus mencuci akuarium, kamu harus melawan alien jahat yang siap membasmi semua ikan-ikanmu. Di akuarium kok ada alien? Ya, namanya juga game. He he he.

6. Diablo II

Para penggemar game action sepertinya nggak asing dengan game PC jadul terbaik yang satu ini. Dilansir dari Games Radar, Diablo II dirilis pada tahun 2000 dan merupakan penerus permainan sebelumnya, Diablo (1997). Dalam Diablo II, kamu akan melewati empat babak dan berbeda dari Diablo I, setiap babak memiliki latar tempat yang berbeda. Tempat-tempat seperti padang pasir, kota di Timur Tengah, dan hutan bisa kamu jumpai di Diablo II.

game pc jadul terbaik
Sumber: Medium

Dalam game PC jadul terbaik ini, kamu bisa memilih satu dari lima kelas karakter. Di expansion pack Diablo II: Lord of Destruction, kamu bahkan punya dua kelas karakter tambahan. Setiap kelas karakter tentunya punya kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Oh, ya! Diablo II juga menawarkan mode multiplayer yang bisa kamu coba melalui koneksi LAN. Layanan daring Battle.net juga bisa kamu manfaatkan untuk menjelajahi dunia Diablo II bersama temanmu.


Baca Juga: Review Video Game Genshin Impact: Pesaing Kuat Legend Of Zelda – Breath Of The Wild!


7. Audition AyoDance

Ingin nge-dance, tapi nggak mau capek? Main Audition AyoDance! Masih aktif hingga sekarang, Audition AyoDance bisa dibilang salah satu game PC jadul terbaik. Dilansir dari Wikipedia, game asal negeri ginseng ini dirilis pertama kali pada tahun 2004. Di Korea Selatan, game ini dikenal dengan nama Club Audition. Sementara itu, di Filipina, Singapura, dan Malaysia, permainan ini hadir dengan nama Audition Next Level. Audition AyoDance adalah salah satu online game paling populer dan bisa kamu temui di warnet-warnet game.

game pc jadul terbaik
Sumber: Megaxus

Dalam Audition AyoDance, kamu akan diajak senam jari. Untuk menari, kamu harus menekan tombol panah mengikuti ikon panah yang ditampilkan. Ada banyak mode permainan yang bisa kamu coba. Mode Crazy-8, misalnya, akan menantang kamu menyelesaikan pattern panah hingga 12 not. Beberapa mode juga mengharuskan kamu menggunakan tombol-tombol NumLock. Ada juga mode BeatUp yang mirip permainan Pump It Up! di game center. Karaktermu juga bisa dikustomisasi sesuai keinginan. Bahkan, kamu bisa berteman dan “menikah” dengan pemain lain, lho!

Itulah 7 game PC jadul terbaik versi Bob. Ada yang pernah kamu mainkan? Atau mungkin kamu pernah main game lain yang seru? Share di kolom komentar, ya! Selain nostalgic, permainan-permainan ini juga bisa menjadi media hiburan kamu saat berlibur. Kamu juga bisa membawa laptopmu ke Bobobox untuk staycation sambil main game kesayanganmu, lho! Dengan koneksi WiFi yang mumpuni dan pod yang nyaman, dijamin kamu betah deh bersantai dan main game di Bobobox!

Nggak hanya itu! Fasilitas seperti pantry, shared bathroom, musala, dan communal space akan melengkapi kebutuhanmu saat menginap. Apalagi, ada banyak spot Instagrammable di Bobobox. Makin betah deh! Sebelum menginap, unduh dulu aplikasi Bobobox ke ponselmu. Lewat aplikasi gratis ini, kamu bisa melakukan pemesanan secara langsung hingga mendapatkan promosi menarik. Jadi, yuk buka App Store atau Google Play Store dan download aplikasinya sekarang!

You might also like