Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

10 Fobia Aneh Tapi Nyata Ini Akan Bikin Kamu Geleng-Geleng Kepala!

Fobia aneh yang unik, tapi betulan ada. Kamu mengalaminya?

Manusia tidak ada yang sempurna. Semua orang pasti memiliki kesalahan, kekurangan, dan ketakutannya tersendiri. Bicara soal ketakutan, setiap orang memiliki fobia yang berbeda. Dilansir dari Healthline, fobia dideskripsikan sebagai ketakutan irasional terhadap sesuatu yang sebenarnya tidak sampai menyebabkan bahaya bagi penderitanya. Fobia juga dikategorikan sebagai salah satu jenis gangguan kecemasan atau anxiety disorder. Namun, kamu perlu tahu perbedaan antara ketakutan biasa dan fobia. Menurut Help Guide, ketakutan dianggap sebagai fobia jika sudah parah dan sampai mengganggu kehidupan sehari-hari.

fobia aneh
Credit: @sashafreemind via Unsplash

Ada begitu banyak jenis fobia di dunia. Salah satu fobia yang cukup umum adalah fobia ketinggian (acrophobia) dan kegelapan (nyctophobia). Situs Mind.com menyebutkan beberapa hal pemicu fobia, termasuk trauma, faktor genetik, tanggapan yang dipelajari, dan stres jangka panjang. Gejala-gejala fobia juga beragam, dari berkeringat hebat, sesak napas, hingga kepanikan. Ada beberapa langkah yang bisa diambil untuk menangani atau meredakan fobia. Kamu bisa secara bertahap menghadapi ketakutan tersebut. Jika kondisi sudah sangat parah, ada baiknya kamu menemui psikolog atau mengikuti terapi.

Selain fobia yang cukup umum, ternyata ada banyak fobia aneh lho di dunia! Hmm… Fobia aneh ini biasanya berhubungan dengan benda atau situasi yang mungkin nggak terbayang oleh kita. Penasaran apa saja? Bob sudah rangkum 10 fobia yang akan bikin kamu bingung dan terheran-heran! Check these out!

1. Ablutophobia — Fobia Terhadap Mandi

fobia aneh
Sumber: Winnie

Mandi dan bersih-bersih adalah salah satu bagian dari kehidupan sehari-hari yang tidak bisa diabaikan. Dengan mandi, kita bisa menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh. Selain itu, badan juga akan terasa lebih segar dan harum. Namun, apa jadinya kalau kita justru takut mandi dan bersih-bersih? Para penderita ablutophobia justru mengalami ketakutan untuk mandi. Dilansir dari Medical News Today, mereka akan berusaha untuk tidak mandi dan bersih-bersih karena fobia aneh ini. Aduh! Padahal mandi itu penting untuk kebersihan pribadi, lho! Kalau badan kotor, lengket, dan bau, pasti nggak nyaman dong!

2. Ephebiphobia — Fobia Terhadap Remaja

fobia aneh
Sumber: New Zealand International Film Festival

Masa remaja adalah momen pencarian jati diri yang penting. Di masa ini juga, seseorang bisa mencari teman dan mengembangkan kedewasaannya. Eh, tapi apa jadinya kalau kamu punya fobia terhadap remaja? Fobia aneh ini dikenal dengan istilah ephebiphobia dan bisa membuat penderitanya risi atau takut saat berada di dekat remaja. Aduh! Kalau punya anak remaja, gimana dong? Sebuah artikel di Los Angeles Times membahas ketakutan tersebut dan menggambarkan bahwa salah satu pemicunya adalah kejahatan di kalangan remaja. Kepanikan ini diperkuat dengan media yang menggambarkan kekerasan atau kejahatan usia remaja. Waspada sih boleh, tapi kalau sampai fobia? Duh! Repot!

3. Chirophobia — Fobia Terhadap Tangan

fobia aneh
Credit: u/slowburnie via Reddit

Menikmati pengalaman spa yang memanjakan tentunya asyik banget, terutama untuk para perempuan. Beragam layanan seperti pijat, facial, hingga manicure akan menyegarkan kembali tubuhmu. Namun, penderita chirophobia sepertinya nggak bisa menikmati keseruan layanan manikur. Pasalnya, mereka takut dengan tangan! Kok bisa, ya? Dilansir dari Psych Times, penderitanya bisa jadi enggan berjabat tangan atau melihat tangan orang lain. Penyebab fobia aneh ini pun beragam, dari trauma hingga faktor genetik. Aduh! Nggak kebayang kalau kita takut sama tangan sendiri. Pasti bingung saat harus menggunakan tangan.

4. Genuphobia — Fobia Terhadap Lutut

fobia aneh
Sumber: The Kpoptify

Kalau sebelumnya ada chirophobia, fobia terhadap tangan, fobia yang satu ini berkaitan dengan lutut. Penderita genuphobia punya ketakutan irasional terhadap lutut, guys! Dilansir dari CBS News, penderitanya mungkin merasa bahwa lutut adalah bagian tubuh yang jelek. Sementara itu, beberapa penderita mengalami fobia ini karena hukuman berlutut yang pernah dialami di masa kecil. Aduh! Kasihan, ya. Kalau nanti kalian punya anak, jangan dihukum dengan disuruh berlutut, ya! Pasti repot banget saat harus beraktivitas yang menggunakan kaki dan lutut. Mungkin baiknya pakai knee pad terus, ya?

5. Chrometophobia — Fobia Terhadap Uang

fobia aneh
Sumber: Kpop Map

Wah, wah, wah! Kalau fobia aneh yang satu ini sih, Bob benar-benar bingung. Penderita fobia yang satu ini nggak mau banget mendengar dan berurusan dengan uang! Lho, kalau gitu, gimana saat mereka harus belanja atau menggunakan uangnya? Menurut Intuit Turbo, penderita chrometophobia sangat enggan memikirkan tentang uang atau menarik diri dari aktivitas yang berkaitan dengan uang. Penderita fobia ini juga bisa memiliki keinginan untuk terus-menerus menghitung uang. Duh! Jadi seperti Mr. Krab, ya? Penyebabnya pun banyak, dari kecemasan tentang pengeluaran hingga kompleksitas urusan uang. Hmm… Perihal uang memang ribet, sih.

6. Alektrophobia — Fobia Terhadap Ayam

fobia aneh
Sumber: Ameblo

Kamu pasti kenal artis dan MC terkenal Ruben Onsu. Masih ingat nggak catchphrase Kak Ruben saat terkejut atau takut? Ya, ayam! Dilansir dari Tribun WOW, Ruben Onsu ternyata pernah mengalami kejadian traumatis yang membuatnya takut dengan ayam. Nah, fobia terhadap ayam dikenal dengan istilah alektrophobia. Menurut Healthline, ketakutan terhadap ayam bisa muncul jika penderitanya pernah hidup di lingkungan dengan populasi ayam yang tinggi. Riwayat keluarga pun ternyata berperan dalam berkembangnya alektrophobia. Ayam yang masih hidup mungkin menyeramkan, tapi kalau ayam goreng yang crunchy? Nggak ‘kan?

7. Pentheraphobia — Fobia Terhadap Ibu Mertua

fobia aneh
Sumber: Brunch

Oke. Bob tahu. Fobia aneh ini mungkin terkesan meragukan, tapi sebetulnya nyata. Dilansir dari Common-Phobia, kejadian traumatis dan faktor bawaan genetik menjadi salah satu penyebab fobia ini. Penderitanya mungkin pernah mengalami kekerasan fisik atau emosional dari ibu mertua. Bisa jadi, penderita juga sering melihat atau mendengar gambaran negatif mengenai ibu mertua, dan mempercayai gambaran tersebut. Film drama komedi Korea Miss Granny menggambarkan kondisi menantu yang sering mendapatkan tekanan dari mertuanya. Walhasil, si menantu pun sampai harus dilarikan ke rumah sakit karena stres. Aduh! Jangan galak-galak dong, Bu.

8. Nomophobia — Fobia Terhadap Kehilangan Ponsel

fobia aneh
Credit: @cikstefan via Unsplash

Kita semua tahu bahwa ponsel sudah jadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Produk teknologi ini banyak membantu kita mengerjakan berbagai tugas, dari mengirim surel sampai memesan makanan. Tentunya kita nggak mau dong ponsel kesayangan sampai hilang. Namun, kalau keterikatanmu dengan ponsel terlalu kuat sampai memicu fobia, ini yang berbahaya. Dilansir dari National Institute on Drug Abuse, nomophobia adalah singkatan dari no-mobile-phone phobia. Ketakutan ini berawal dari kecanduan ponsel yang membuat seseorang selalu takut kehilangan atau ketinggalan ponsel. Penderita fobia aneh ini juga bisa memeriksa ponselnya secara obsesif, sampai menggunakannya di momen yang tidak tepat. Aduh, aduh! Bahaya ini mah!

9. Anuptaphobia — Fobia Melajang

fobia aneh
Sumber: 시티저널

Punya pasangan memang ada senang, ada dukanya. Proses pencarian pasangan juga sering kali tidak mudah. Untuk kamu yang sedang cari pacar, mungkin ingin segera keluar dari status single. Nah, ada loh fobia aneh yang berkaitan melajang. Dilansir dari Halodoc, penderita anuptaphobia menganggap bahwa status lajang bisa membuatnya panik dan takut. Fobia ini sendiri bisa berawal dari ketakutan akan kesendirian dan membuat penderitanya sering merasa tidak puas dengan diri sendiri. Hmm… Kalau udah begini, sepertinya punya pacar bukan jadi solusi terbaik. Ada baiknya penderita mengikuti terapi dan konseling, ya.

10. Caligynephobia — Fobia Terhadap Wanita Cantik

fobia aneh
Sumber: Brunch

Fobia aneh terakhir adalah caligynephobia. Nah, fobia yang ini pun nggak kalah mengherankan. Penderita fobia ini kemungkinan nggak akan tertarik melihat aktris atau penyanyi cantik. Pasalnya, penderitanya punya ketakutan irasional terhadap wanita cantik! Kok bisa gitu ya? Dilansir dari Riliv, fobia ini bisa berkembang karena trauma yang berkaitan dengan sosok wanita cantik. Misalnya, si penderita pernah mengalami kekerasan atau pelecahan. Bahkan, cinta yang ditolak pun bisa memicu fobia ini, lho. Aduh…

Itulah 10 fobia aneh tapi nyata yang berhasil Bob rangkum. Semoga kita nggak sampai memiliki fobia-fobia tersebut, ya! Pasti repot kalau kita takut dengan tangan dan lutut sendiri, atau nggak mau mandi dan bersih-bersih. Yang pasti, selalu jaga kondisi tubuh kamu dan kendalikan tingkat stres. Nah, supaya nggak stres, coba deh berlibur di Bobobox bareng Bob! Dijamin seru dan menyenangkan!

Liburan Anti-Stress Seru dengan Bobobox!

Di Bobobox, kamu bisa menikmati sensasi menginap di hotel kapsul dengan teknologi canggih! Teknologi dalam pod-nya sudah terintegrasi dengan aplikasi seluler. Pengaturan pencahayaan, akses ke pod, dan interaksi dengan staf bisa dilakukan lewat aplikasi ponsel. Praktis dan no stress, ‘kan? Interior pod-nya pun luas dan nyaman. Kamu bisa menikmati tidur berkualitas sambil bersantai, baik sendiri maupun bersama teman-teman. Seru, ‘kan?

suasana kamar bobobox

Buat memenuhi kebutuhanmu, Bobobox menyediakan pantry, shared bathroom, musala, dan communal space. Di pantry dan communal space, kamu bisa nongkrong bareng teman-teman sambil ngemil. Mau foto-foto atau maraton serial seru juga boleh, kok! Di lobi, tersedia vending machine yang menjual minuman sehingga kamu nggak perlu repot-repot meninggalkan hotel. Soal kebersihan, kamu bisa percayakan ke Bobobox. Setiap pod dibersihkan secara menyeluruh mengikuti protokol keamanan yang ketat. Kamu bisa liburan dengan aman, tenang, dan nyaman deh!

Oh, ya! Jangan lupa unduh aplikasi Bobobox sebelum datang, ya! Aplikasi kece ini tersedia untuk platform iOS dan Android secar gratis. Lewat aplikasi Bobobox, kamu bisa memesan pod, mengobrol dengan tamu lain, hingga mendapatkan promo menarik. Sayang banget deh kalau dilewatkan! Jadi, yuk download aplikasi Bobobox sekarang dan nikmati liburan anti-stress bersama Bob di Bobobox!

You might also like