Capture

10 Fitur Mobil yang Akan Punah di Masa Depan

Bobobox.co.id — Teknologi tidak hanya bisa terlihat dari beberapa perangkat elektronik seperti smartphone, komputer, dan televisi. Mobil pun mengalami kemajuan yang signifikan berkat kemajuan teknologi.

Jika kamu menonton beberapa film di era 80 dan 90an, kamu bisa melihat dengan jelas bagaimana perkembangan mobil dari zaman ke zaman. Salah satu yang terlihat dengan jelas adalah fitur mobil.

Tuntutan zaman yang berbeda dengan teknologi yang semakin maju membuat banyak fitur mobil mengalami perubahan. Ada yang bisa dimodifikasi sedemikian rupa hingga bisa bertahan sebagai mobil. Ada pula yang akhirnya menghilang.

Nah, di sini, Bob akan membahas mengenai 10 fitur mobil yang kemungkinan besar akan hilang atau punah di masa yang akan datang. Fitur mobil yang Bob nanti sebutkan pun ada beberapa yang mulai hilang sekarang ini.

Kunci Konvensional

Fitur mobil pertama yang mungkin saja hilang di masa depan adalah kunci konvensional atau anak kunci. Fitur satu ini masih mudah ditemui di banyak mobil yang beredar saat ini.

Namun, dengan getolnya pabrikan mobil yang terus mengembangkan teknik penguncian mobil terbaru membuat kunci konvesinal bisa saja tergantikan dengan yang lebih mutakhir nantinya.

Salah satu indikasi yang bisa terlihat adalah sudah banyaknya mobil-mobil mewah atau varian tertinggi meninggalkan fitur mobil satu ini. Banyak dari mobil tersebut sudah terintegrasi dengan smartphone untuk penguncian mobil.

Pemutar Kaset dan CD

Era 90an, kaset dan CD menjadi hiburan yang bisa menemanimu saat melakukan perjalanan bersama mobil kesayangan. Sehingga, fitur mobil satu ini menjadi hal wajib untuk dipasang di setiap mobilnya.

Namun, dengan kemajuan teknologi, saat ini, kebanyakan mobil hanya menyisakan pemutar CD saja. Sedangkan, pemutar kaset sudah ‘disunat’ sejak tenarnya CD pada tahun 2000an.

Bahkan, bisa jadi pemutar CD pun akan lenyap sebagai fitur mobil di masa depan. Pasalnya, musik bisa diputar dengan menghubungkannya melalui Bluetooth. Jika tidak, ada juga fitur USB sebagai alternatif Bluetooth.

fitur mobil pemutar kaset

via ocdn.eu

Antena Atap

Radio menjadi salah satu fitur mobil selain pemutar kaset dan CD yang cukup populer pada zamannya. Nah, untuk mendengarkan siaran radio, antena atap dibutuhkan untuk menangkap sinyal radio.

Dulu, antena atap bisanya berbentuk seperti yang di bawah ini. Namun, seiring berjalannya waktu, pemakaian antena radio ini pun semakin berkurang bahkan cenderung menghilang dari peredaran.

Model bentuk sirip hiu justru semakin populer saat ini karena tampilannya yang lebih estetis dan berteknologi tinggi. Walaupun begitu, kemungkinan besar model ini pun bisa lenyap karena beberapa pabrikan mobil sedang mengembangkan antena yang tertanam di kaca depan.

via cloudinary.com

Rem Tangan

Pabrikan mobil sekarang ini sudah mulai banyak yang memroduksi mobil bertransmisi otomatis dan elektrik. Sehingga, salah satu fitur mobil yang kemungkinan akan hilang di masa depan adalah rem tangan.

Mobil keluaran sekarang ini sudah dilengkapi dengan rem otomatis. Rem otomatis sendiri bekerja berdasarkan sensor. Tidak seperti rem tangan yang cukup merepotkan untuk digunakan.

Rem otomatis sendiri sekarang ini lebih membantu dibandingkan rem tangan apalagi di saat berada di tanjakan. Pada kondisi seperti itu, sensor pada rem otomatis akan mengaktifkan fitur hill assist yang bisa menahan mobil agar tidak meluncur.

Panel Instrumen Analog

Teknologi dari tahun ke tahun semakin berkembang membuat banyak panel digital digunakan di berbagai barang. Salah satunya adalah diaplikasikannya panel instrumen digital di banyak mobil.

Sebenarnya, fitur mobil ini belum sepenuhnya hilang dari mobil. Namun, tidak menutup kemungkinan model panel instrumen analog nantinya bakal benar-benar hilang dari mobil keluar terbaru.

Pasalnya, semakin banyaknya mobil yang berpanel digital, harganya pun bisa menjadi lebih kompetitif lagi. Apalagi sekarang ini, banyak pabrikan yang sudah meninggalkan panel instrumen analog.

Tombol Fisik

Teknologi pada zaman dulu biasanya identik dengan tombol-tombol. Mulai dari telepon genggam hingga mobil dilengkapi dengan tombol fisik. Dulunya, hal ini untuk mempermudah penggunaannya.

Kini, peran tombol fisik sudah banyak tergerus dengan adanya layar sentuh di smartphone dan soft touch sebagai fitur mobil terkini. Hal tersebut membuat tampilan keduanya semakin minimalis dan terasa modern.

Bahkan, untuk beberapa mobil mewah banyak yang sudah merangkum semua tombol fitur mobil ke dalam satu unit yang berupa layar sentuh. Jadi, tampilannya semakin manis dan elegan.

Lampu LED

Fitur mobil selanjutnya yang kemungkinan besar akan hilang di masa depan adalah lampu bohlam halogen pada mobil. Pada zamannya, hampir semua mobil menggunakan lampu bohlam halogen.

Namun, mobil-mobil keluaran terbaru saat ini sebagian besar tampil dengan pencahayaan yang mumpuni. Hal ini terjadi karena mobil-mobil tersebut menggunakan lampu Xenon dan LED.

Lampu berwarna putih sendiri baik Xenon dan LED dinilai lebih terang dan lebih terlihat di siang hari dibandingkan lampu bohlam halogen. Sehingga, bisa jadi seiring berjalannya waktu, halogen mulai ditinggalkan.

Transmisi Manual

Setelah tadi Bob sudah singgung soal rem tangan konvensional, fitur mobil lainnya yang bisa jadi akan tergerus dengan perkembangan zaman adalah transmisi manual.

Transimisi manual sendiri masih dipilih oleh sebagian orang. Namun, transmisi otomatis yang mulai banyak diproduksi oleh pabrikan mobil menawarkan kemudahan dalam berkendara.

Sehingga, banyak yang akhirnya memilih untuk beralih ke mobil dengan transmisi otomatis. Apalagi dengan kemacetan di kota-kota besar di Indonesia rasanya semakin memperkuat banyak orang untuk memilih transmisi otomatis.

Pemantik Rokok

Fitur mobil ini bisa jadi sudah jarang sekali ditemui di banyak mobil keluaran terbaru. Dulu, fitur ini digunakan untuk menjadi pengganti korek api saat seseorang ingin merokok di dalam mobil.

Biasanya fitur pemantik rokok akan berdampingan dengan tempat untuk membuang abunya. Pada tahun 1980an, fitur ini menjadi fitur yang ada hampir di semua mobil yang diproduksi pada tahun tersebut.

Sekarang ini, fitur pemantik rokok di mobil masih tetap ada namun hanya sebagai fitur optional saja. Biasanya, tempat di mana fitur ini berada diganti atau diubah menjadi tempat mengisi baterai smartphone.

via theaa.com

Penutup Jendela Manual

Fitur mobil terakhir yang bisa saja hilang di masa yang akan datang adalah penutup jendela manual. Fitur ini memang termasuk salah satu fitur yang biasa ditemukan di mobil-mobil lawas.

Dulu, untuk membuka jendela mobil dibutuhkan tenaga ekstra. Pasalnya, kamu harus memutar tuas yang ada pada door trim untuk membuka jendela mobilnya.

Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat tuas penutup jendela manual semakin ditinggalkan. Sekarang ini, kamu hanya perlu menekan tombol untuk menutup atau membuka jendela mobil.

via outandaboutlocksmiths.com.au

Menginap dengan Rasa Aman? Ya di Bobobox Jawabannya

Seringkali, kamu merasa tidak aman dengan barang-barang bawaan saat menginap di sebuah akomodasi penginapan. Sekarang, kamu tidak perlu lagi merasakan hal tersebut karena ada Bobobox yang bisa menjamin keamanan barang-barangmu.

Tidak percaya? Langsung saja coba menginap di Bobobox. Pemesanan pod bisa dilakukan melalui aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

Lorong Pods bobobox bandung

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles