Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Makin Keren, Inilah Kehebatan dan Fitur iPhone 13 yang Kamu Harus Tahu!

Para gadget enthusiast harus tahu fitur iPhone 13 yang makin waw!

Seiring berkembangnya pengetahuan, teknologi pun jadi makin canggih. Kalau dulu kita berkomunikasi hanya lewat surat atau telegraf, sekarang kita bisa mengobrol dengan siapa pun lewat ponsel. Bahkan, kemajuan ini pun membuat orang-orang dari berbagai kalangan bisa menikmati teknologi. Sekarang, siapa pun punya ponsel sebagai media komunikasi, belajar, hiburan, hingga bisnis!

Kalau kamu penggemar produk-produk Apple, kamu mungkin ingat iPhone generasi pertama. Dilansir dari History, iPhone model atau generasi pertama dirilis di tahun 2007 sebagai ponsel layar sentuh. Ponsel ini punya layar berukuran 3,5 inci dan kamera berkekuatan 2 megapiksel. Fitur-fitur seperti iPod, YouTube, dan Safari ikut disematkan ke ponsel ini. Menurut Computer World, iPhone pertama diluncurkan dengan harga 499 dolar AS untuk versi 4 GB. Wow!

fitur iphone 13
Sumber: Showbiz Cheatsheet

Baca Juga: Mengapa iPhone XR Masih Layak Dibeli 2021: Lebih Terjangkau dengan Fitur yang Sebanding!


Nggak terasa sudah empat belas tahun setelah dirilis iPhone generasi pertama. Ponsel keluaran Apple ini pun berevolusi menjadi perangkat yang makin hebat dan canggih. Di tahun 2021 ini, kita dikasih surprise oleh Apple lewat hadirnya perangkat terbaru mereka, iPhone 13. Perangkat ini disebut-sebut sebagai iPhone terunggul, terutama dari aspek kinerja dan kamera. Dengan kehebatan dan fitur iPhone 13 yang makin canggih, perangkat ini akan menempati jajaran ponsel high-end.

September Ceria dari Apple

Ada kejutan dari tech giant asal Amerika Serikat di bulan September ini, terutama buat para gadget enthusiast dan penggemar Apple. Ya, apa lagi kalau bukan si iPhone 13! Dilansir dari Newsroom Apple, iPhone 13 dan iPhone 13 Mini diperkenalkan pada tanggal 14 September 2021. Untuk pasar Amerika Serikat, pre-order iPhone 13 dan versi mininya sudah mulai sejak 17 September 2021. Perangkat ini akan tersedia di pasaran pada tanggal 24 September 2021.

fitur iphone 13
Sumber: MS Poweruser

iPhone 13 dirilis sebagai successor dari iPhone 12 yang dirilis tahun kemarin. Model iPhone ini menghadirkan inovasi yang lebih unggul dalam berbagai aspek. Dari mulai kamera, platform, layar, hingga baterai, iPhone 13 akan bikin kamu takjub! Apalagi, iPhone 13 juga didesain dengan ketahanan yang lebih baik. Pengalaman main game, fotografi, dan sinematografi lewat ponsel akan dibawa to the next level! Ingin tahu lebih jauh? Bob akan jelaskan berbagai kehebatan dan fitur iPhone 13 di bawah ini!


Baca Juga: Suka Fotografi? Ini Dia 5 Ponsel dengan Kamera Terbaik yang Canggih!


Chipset Supercanggih, Fitur iPhone 13 Unggulan

Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat. Di dalam ponsel yang hebat, terdapat chipset yang kuat. Untuk mendukung beragam fitur canggih, iPhone 13 tentunya harus punya “jiwa” yang kuat. Dilansir dari situs resmi Apple, di balik casing iPhone 13 yang kokoh, terdapat chipset A15 Bionic. Perangkat ini juga dilengkapi CPU hexa-core dan GPU 4-core terbaru. Dilansir dari CNN Indonesia, cip ini diklaim sebagai cip tercepat pada ponsel. Wih!

fitur iphone 13
Credit: David Imel via Engadget

Cip A15 Bionic yang canggih dipadukan dengan daya baterai yang lebih besar pada iPhone 13 dan si mini. Dilansir dari Mac Rumors, daya baterai iPhone 13 lebih kuat 2,5 jam dibandingkan pendahulunya, iPhone 12. Sementara itu, iPhone 13 Mini punya daya 1,5 jam lebih lama dibandingkan iPhone 12 Mini. Fitur fast charging juga didukung keduanya. Daya 50% bisa dicapai lewat pengisian daya selama 30 menit menggunakan kabel Lightning atau adaptor 20 watt. Bisa denger lagu, foto-foto, main game, dan internetan lebih lama nih!


Baca Juga: Baterai HP-mu Cepat Habis? Ini Dia Aplikasi Paling Boros Energi


Jagoannya Para Fotografer dan Sinematografer

Di era Instagram dan TikTok seperti sekarang, ponsel dengan kekuatan kamera yang mumpuni sudah jadi semacam kebutuhan. Nah, iPhone 13 bisa memenuhi kebutuhan foto-foto dan rekam video kamu! Tidak seperti model sebelumnya, kamera belakang pada iPhone 13 dan si mini ditempatkan secara diagonal, bukan bersusun. Dilansir dari Mac World, iPhone 13 dipersenjatai dual camera, masing-masing berkekuatan 12 MP (f/1.6 wide) dan (f/2.4 ultrawide).

Eits! Kemampuan fitur iPhone 13 yang ini nggak sampai di situ! Kamera pada iPhone 13 punya sensor yang lebih besar. Dengan sensor yang lebih hebat, kamera iPhone 13 bisa menangkap cahaya 47% lebih banyak dibandingkan kamera iPhone 12. Hasil jepretan kameranya juga lebih jernih dan kaya warna. Bye bye, foto pecah! Fitur Smart HDR 4 juga disematkan pada kamera depan dan belakang. Backlight? Nggak masalah!

fitur iphone 13
Sumber: Phone Arena
Fitur iPhone 13 lainnya yang unik adalah Cinematic Mode. Dilansir dari situs resmi Apple, mode ini menawarkan efek kedalaman yang keren dan transisi fokus antara objek di kamera. Efek ini juga bisa kamu sunting setelah selesai merekam video. Udah kayak sinematografer profesional deh! Di iPhone 13, kamu bisa merekam video dengan resolusi hingga 4K. Fitur-fitur seperti slow-mo, timelapse, dan panorama pastinya ada dong.

Soal selfie, foto-foto kamu akan tampil crystal clear dengan kamera depan berkekuatan 12 MP. Kamu juga bisa mengakses mode Portrait Lighting dengan 6 pilihan efek biar selfie kamu makin wah! Kamera depan ini juga bisa dipakai merekam video dengan resolusi maksimal 4K dan mode Cinematic. TikTok-an dengan video yang buram dan pecah? Nggak lagi!


Baca Juga: 7 Lagu FYP TikTok September 2021 yang Trending!


Bisa Berenang dan Punya Ruang Penyimpanan yang Oke

Fitur iPhone 13 yang berikutnya dijamin cocok buat kamu yang suka underwater photography atau ingin bikin video sambil berenang. Pasalnya, dilansir dari situs resmi Apple, iPhone 13 punya sertifikasi IP68. Dengan sertifikasi ini, iPhone-mu bisa kamu bawa nyebur ke kedalaman hingga 6 meter selama maksimal 30 menit. Asyik! Bisa bikin foto Instagram atau video TikTok di dalam air nih!

fitur iphone 13
Sumber: Tech Radar

Soal ruang penyimpanan, iPhone 13 hadir dengan tiga versi. Ada versi 128 GB, 256 GB, dan 512 GB. Ketiga versi ini berlaku untuk iPhone 13 dan iPhone 13 Mini. Soal layar, keduanya menggunakan Super Retina XDX Display. Versi iPhone 13 standar memiliki layar 6,1 inci, sementara versi mininya dengan layar 5,4 inci. Sistem operasi iOS 15 pun sudah disematkan ke ponsel.


Baca Juga: Throwback ke 5 HP Jadul yang Ikonik di Eranya. Ada HP Kamu, Nggak?


Fitur iPhone 13 Pro Makin Canggih!

Bukan hal yang aneh kalau iPhone mengeluarkan beberapa versi. Selain iPhone 13 “standar” dan iPhone 13 Mini, Apple juga merilis iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max. Dilansir dari Mac Rumors, kedua iPhone tersebut hadir dengan casing stainless steel dan sistem kamera triple-lens. Di iPhone 13 Pro dan Pro Max, kamu bisa mengakses mode wide yang lebih canggih, ultra-wide, dan telephoto!

fitur iphone 13
Sumber: MakeMac

Peningkatan fitur iPhone 13 Pro dan Pro Max nggak hanya di urusan kamera. Menurut GSM Arena, iPhone 13 Pro dan Pro Max dilengkapi GPU 5-core. Berbeda dari iPhone 13 model basic yang dipersenjatai GPU 4-core. Selain itu, iPhone 13 Pro juga punya RAM sebesar 6 GB. Jadi, iPhone 13 Pro dan Pro Max bisa memberikan kinerja yang lebih baik daripada iPhone 13 dan 13 Mini.

fitur iphone 13
Sumber: CNN

Baik iPhone 13 Pro dan Pro Max punya dimensi yang lebih besar dibandingkan versi standarnya. Untuk iPhone 13 Pro, layarnya berukuran 6,1 inci, sementara iPhone Pro Max hadir dengan layar berdimensi 6,7 inci. Soal storage, kedua model hadir dalam opsi 128 GB, 256 GB, 512 GB, dan 1 TB. Fitur iPhone 13 dasar seperti sertifikasi IP68, Cinematic Mode, hingga video recording beresolusi 4K tetap ada kok.

Kapan Tanggal Rilis iPhone 13?

Setelah tahu fitur iPhone 13 dan beragam kehebatannya, kamu mungkin nggak sabar ingin segera ganti ponsel. Dilansir dari Liputan6, Amerika Serikat dan Singapura sudah membuka pre-order iPhone 13 sejak tanggal 17 September 2021. Ponsel ini pun akan siap tersedia di pasaran pada tanggal 24 September 2021. Namun, sayangnya untuk saat ini belum ada kabar pasti soal tanggal rilis iPhone 13 di Indonesia.

Pasalnya, situs web Apple versi Indonesia masih menayangkan iPhone 12. Maklum, ponsel ini memang belum begitu lama dirilis di Indonesia dan masih terbilang baru. Namun, dilansir dari Kompas, iPhone 13 diprediksi akan hadir di Indonesia pada bulan Desember 2021. Prediksi ini mengikuti tanggal penjualan iPhone 12 di tahun kemarin.

fitur iphone 13
Sumber: Archyde

Soal harga, menurut Tom’s Guide, iPhone 13 standar dijual dengan harga dari 799 dolar AS atau sekitar 11,4 juta rupiah. Untuk iPhone 13 Mini, harga jualnya mulai dari 699 dolar AS atau sekitar 10 juta rupiah. Sementara itu, iPhone 13 Pro dan Pro Max dibanderol dengan harga dari 999 dan 1.099 dolar AS. Berarti, sekitar 14,3 dan 15,6 juta rupiah!

Tertarik Beli iPhone 13?

Kamu sekarang sudah tahu kecanggihan fitur iPhone 13. Tertarik untuk beli? Hmm.. Kamu perlu bersabar, ya. Semoga aja iPhone 13 segera masuk ke pasar Indonesia. Jadi, kamu bisa upgrade ponselmu ke ponsel idamanmu. Tapi, nggak cuman Apple yang bisa kasih upgrade. Bobobox juga bisa, lho! Di Bobobox, pengalaman menginap di hotel kapsul akan dibawa to the next level. Dengan pod yang luas dan nyaman, serta berteknologi yang terintegrasi aplikasi ponsel, staycation jadi makin seru!

Jangan lupa download aplikasi Bobobox ke ponselmu. Aplikasi ini tersedia buat platform Android dan iOS. Lewat aplikasi Bobobox, kamu bisa melakukan reservasi secara langsung, mengakses pod, dan mendapatkan beragam promo seru! Dan yang pasti, aplikasi ini gratis!

You might also like