rekomendasi film perjuangan kemerdekaan

Sambut Hari Kemerdekaan dengan Menonton 10 Film Perjuangan Kemerdekaan Indonesia Berikut Ini!

Bobobox.co.id — Banyak cara yang bisa dilakukan dalam menyambut hari kemerdekaan. Di samping membagikan quote kemerdekaan, kamu bisa menyaksikan film perjuangan kemerdekaan.

Menonton film-film tentang perjuangan kemerdekaan para pahlawan ini berfungsi untuk mengenang perjuangan mereka. Tak hanya itu, ini bisa jadi cara dalam mengingat kondisi detik menuju proklamasi saat itu.

Film bertema perjuangan kemerdekaan tak hanya mengisahkan tentang kejadiannya saja. Beberapa di antaranya bahkan memfokuskan cerita pada figur atau tokoh pahlawan yang berkaitan langsung.

Melansir berbagai sumber, simak 10 rekomendasi film perjuangan kemerdekaan Indonesia yang Bob rekomendasikan berikut ini. Wajib ditonton pada tanggal 17 Agustus nanti!

Rekomendasi Film Perjuangan Wajib Ditonton

1. Soekarno (2013)

Rekomendasi film perjuangan kemerdekaan pertama adalah Soekarno. Sesuai judulnya, film garapan sutradara Hanung Bramantyo ini mengisahkan perjalanan hidup dari bapak proklamasi, Soekarno.

Pada film tersebut, aktor yang berkesempatan memerankan proklamator bangsa adalah Ario Bayu. Ia beradu peran dengan Lukman Sardi yang ditunjuk sebagai pemeran Mohammad Hatta.

Film berdurasi 137 menit ini sendiri dipenuhi bintang papan atas lainnya seperti Maudy Koesnaedi hingga Sujiwo Tejo. Berkat kualitasnya, film Soekarno menyabet gelar Film Terpuji di FFP ke-27.

film perjuangan kemerdekaan soekarno 2013

sumber: netflix.com

2. Battle of Surabaya (2014)

Rekomendasi film perjuangan kemerdekaan selanjutnya adalah Battle of Surabaya. Berbeda dengan film lain di daftar ini, film ini sendiri mengadaptasi konsep animasi pada filmnya.

Tak hanya itu, Battle of Surabaya menampilkan tokoh dan cerita fiktif. Namun, latar belakang yang berusaha diusung adalah sejarah perjuangan bangsa Indonesia pada saat perang Surabaya 1945/

Film yang disutradarai oleh Aryanto ini sempat menyabet beragam penghargaan. Beberapa di antaranya adalah Best Animation di Milan International Film 2017 dan Best Animation dalam Berlin International Film Festival 2017.

battle of surabaya

sumber: kompasiana.com

3. Merah Putih (2009)

Merah Putih merupakan salah satu film yang menjadi hasil kolaborasi rumah produksi nasional dan internasional. Tak heran kualitas yang disajikan pada film berdurasi 108 ini semakin memukau.

Apalagi, Merah Putih juga termasuk film pertama dari trilogi bertema perjuangan lainnya. Kedua film lanjutannya adalah Darah Garuda yang dirilis pada 2010 dan Hati Merdeka pada 2011.

Film yang dirilis pada 2009 ini mengisahkan tentang peristiwa Agresi Militer Belanda pada 1947. Di samping itu, film perjuangan ini dibintangi oleh Lukman Sardi, Donny Alamsyah, dan masih banyak lainnya.

film perjuangan kemerdekaan merah putih 2009

sumber: sinopsisfilmindia.com


Baca Juga: 10 Daftar Film Terbaik Yang Bertemakan Wabah Virus Mematikan


4. Tjokroaminoto (2015)

Dibanding rekomendasi film perjuangan lain, Tjokroaminoto menawarkan hal yang berbeda. Pasalnya, film yang dirilis pada 2015 ini memiliki latar belakang yang relatif jauh dari 1945.

Walau begitu, film ini masih mampu memperlihatkan perjuangan kemerdekaan. Hal ini terlihat dari bagaimana Oemar Said Tjokroaminto dalam memperjuangkan rakyat pada zaman itu.

Setelah dirilis, film tersebut sukses memenangkan tiga kategori pada Festival Film Indonesia 2015. Ketiga kategori tersebut adalah Sinematografi Terbaik, Tata Artistik Terbaik, dan Tata Busana Terbaik.

Tjokroaminoto 2015

sumber: arsip.festivalfilm.id

5. Jenderal Soedirman (2015)

Kamu tentu sudah tahu dengan sosok Jenderal Soerdirman. Pria kelahiran 24 Januari 1916 ini termasuk salah satu jenderal yang berjasa dalam memperjuangkan kemerdekaan.

Untuk melihat betapa gigihnya perjuangan sang jenderal, coba saja tonton filmnya yang dirilis pada 2015. Film perjuangan tersebut mampu memberikan gambaran tentang kehidupan Soedirman.

Pada film berdurasi 2 jam ini, sosok Soedirman diperankan langsung oleh Adipati Dolken. Ia bersama artis lainnya seperti Ibnu Jamil dan Baim Wong mampu menghidupkan film ini dengan seutuhnya.

jenderal soedirman 2015

sumber: mamikos.com

6. Tjoet Nja’ Dhien (1988)

Cut Nyak Dien merupakan salah satu pahlawan perempuan terkenal Indonesia selain R.A Kartini. Berkat perjuangannya, sosok pahlawan yang berasal dari Aceh ini diangkat ke layar lebar.

Dirilis pada 1988, film dengan judul Tjoet Nja’ Dhien mengisahkan khusus soal Cut Nyak Dien dan teman-temannya. Mereka berusaha mengusir Belanda yang saat itu menduduki Aceh.

Film ini dibintangi oleh artis Indonesia ternama pada zaman itu seperti Christine Hakim, Piet Burnama, dan Rudy Wowor. Tjoet Nja’ Dhien ini berhasil memenangkan Film Terbik dalam Festival Film Indonesia 1988.

film perjuangan kemerdekaan tjoet nja dhien 1988

sumber: cnnindonesia.com


Baca Juga: 10 Rekomendasi Film Jepang Terbaik Sepanjang Masa. Wajib Ditonton Salah Satunya!


7. Bumi Manusia (2019)

Satu lagi novel karya Pramoedya Ananta Toer yang diadaptasi ke layar lebar. Di samping Perburuan, film perjuangan lain yang berasal dari adaptasi novel Pramoedya adalah Bumi Manusia.

Digarap oleh Hanung Bramantyo, Bumi Manusia mengisahkan tentang kisah cinta Minke dan Annelies. Kisah cinta keduanya tumbuh di antaranya banyak permasalahan di masa penjajahan Belanda.

Dirilis pada 2020 yang lalu, film bertema perjuangan ini berhasil memenangkan beberapa kategori pada FFB. Beberapa di antaranya adaah Film Terpuji, Sutradara Terpuji, hingga Penulis Skenario Terpuji.

film perjuangan kemerdekaan bumi manusia 2019

sumber: movieden.net

8. November 1828 (1979)

Film bertema perjuangan lainnya adalah November 1828. Film yang disutradarai oleh Teguh Karya ini mengisahkan tentang penduduk di sebuah desa di Jawa yang melakukan pemberontakan.

Pemberontakan itu mereka lakukan sebagai usaha mengusir penjajahan Hindia Belanda. Dirilis pada 1979, film November 1828 ini menawarkan kualitas cerita dan sinematografi terbaik pada zamannya.

Ini terlihat dari 7 penghargaan yang diraih oleh film ini. Beberapa kategori yang didapat antara lain Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Aktor Pendukung Terbaik, Sinematografi Terbaik, hingga Tata Musik Terbaik.

film perjuangan November 1828

sumber: channel-e.id

9. Doea Tanda Mata (1985)

Rekomendasi film perjuangan lainnya dari Bob adalah Doea Tanda Mata. Teguh Karya lagi-lagi dipercaya untuk menyutradarai film bertema perjuangan kemerdekaan setelah November 1828.

Kali ini, Teguh Karya menahkodai film yang diproduksi Cinema Delapan dan Benoa. Dalam penggarapannya, tim produksi benar-benar melakukan riset mendalam terkait kehidupan dan kehidupan di Akmil Magelang.

Film ini sendiri mengisahkan tentang 2 orang perwira berlatar belakang berbeda dengan tujuan yang sama. Ini membuat film tersebut memberikan bumbu drama yang menarik untuk ditonton.

film perjuangan kemerdekaan doea tanda mata

sumber: indonesianfilmcenter.com


Baca Juga: 10 Film Bertema Time Travel Terbaik Yang Siap Menemani Waktumu


10. Perburuan (2019)

Rekomendasi film perjuangan kemerdekaan terakhir adalah Perburuan. Film yang dirilis pada tahun 2019 ini diangkat dari novel dengan judul yang sama karya penulis ternama, Pramoedya Ananta Toer.

Film Perburuan mengambil latar belakang kemerdekaan Indonesia di era penjajah Jepang. Kisah yang diangkat sendiri adalah pemberontakan pasukan PETA dalam menghadapi para penjajah.

Perburuan sendiri dihuni beberapa aktor papan atas tanah air. Salah satunya adalah Adipati Dolken. Kira-kira tertarikkah kamu menonton film tentang perjuangan kemerdekaan dari Bob yang satu ini?

film perjuangan kemerdekaan perburuan 2019

sumber: kincir.com

Menginap sambil Menonton Film Perjuangan Favorit? Ya di Bobobox Tempatnya

Jika kamu sedang ingin menonton film perjuangan kemerdekaan yang Bob rekomendasikan tanpa ada gangguan, Bobobox menjadi tempat yang bisa menjamin hal tersebut.

Ditambah dengan lampu led yang bisa diubah sesuka hati dan pengeras suara Bluetooth, pengalaman menonton film-film perjuangan favorit di hotel kapsul ini akan semakin ciamik.

Informasi lebih lanjut soal pemesanan, kamu bisa mendapatkannya melalui aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles