Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

10 Film Adaptasi Novel Terbaik versi Bob. Wajib Masuk Watchlistmu!

Kualitasnya tak usah diragukan lagi!

Bobobox.co.id — Film adaptasi pada dasarnya merupakan sebuah karya film yang diangkat dari media lain. Novel menjadi salah satu media yang kerap diangkat ke layar lebar.

Namun, tak semua novel mampu diterjemahkan dengan baik untuk menjadi sebuah film yang memukau. Beberapa di antaranya bahkan bisa dikategorikan sebagai film adaptasi novel terburuk sepanjang masa.

Walaupun begitu, ada juga kok film adaptasi novel yang memiliki kualitas mumpuni. Rating pada laman ulasan film seperti IMDB menjadi bukti sahih di mana film-film tersebut mampu memuaskan para penonton.

Nah, kira-kira film mana saja yang masuk kategori tersebut? Berikut merupakan daftar film adaptasi novel terbaik versi Bob. Wajib masuk ke watchlistmu, lho!

Ini Dia Film Adaptasi Novel Terbaik versi Bob

1. Shawshank Redemption (1994)

Sutradara: Frank Darabont

Daftar film adaptasi novel terbaik versi Bob dibuka oleh Shawshank Redemption. Untuk film satu ini, laman situs IMDB pun menempatkan film sebagai film dengan rating tertinggi yakni dengan skor 9,3.

Diadaptasi dari novel karya Stephen King, kualitas dari adaptasi filmnya tak perlu diragukan Shawshank Redemption. Plot cerita kuat dengan twist di bagian akhir film siap memberikan sensasi tersendiri.

Walaupun terbilang mumpuni soal kualitas, film ini tak dibarengi dengan hasil box office yang menawan. Kisah persahabatan Redd dan Andy Dufrene hanya menorehkan 58,3 US Dollar saja.

Shawshank Redemption film adaptasi novel terbaik
Shawshank Redemption via cultura.id

2. The Godfather (1972)

Sutradara: Francis Ford Coppola

Film adaptasi novel terbaik lainnya tak kalah berkualiatas. Bahkan, bisa dibilang jika film ini merupakan film terbaik dari trilogi film tersebut. Film yang dimaksud oleh Bob sendiri adalah The Godfather.

The Godfather yang dirilis pada tahun 1972 ini diangkat dari novel karya Mario Puzzo. Francis Ford Coppola ini pun benar-benar mampu menunjukkan kharisma dari seorang Don Vito Corleone.

Nah, sebagai pembuka trilogi, The Godfather mampu menancapkan standar tinggi untuk film lanjutan untuk seri film ini. Sangat disayangkan, The Godfather III relatif tak mampu mengikuti jejak pendahulunya.

The Godfather film adaptasi novel terbaik
The Godfather via thehistoryofcinema.com

3. Schindler’s List (1993)

Sutradara: Steven Spielberg

Berbicara soal karya terbaik dari seorang Steven Spielberg, Schindler’s List adalah film yang akan muncul di kepalamu. Pasalnya, film ini benar-benar mengagumkan dari sisi plot dan juga karakter.

Film bernuansa hitam putih ini mengadaptasi langsung dari novel karya Schinder’s Ark karya novelis asal Australia, Thomas Keneally. Novel tersebut pertama kali rilis pada tahun 1982.

Nah, untuk plotnya sendiri, film ini mengambil latar Perang Dunia II. Fokus utama cerita akan mengantarmu pada kisah Oskar Schindler yang membuka perusahaan dan mempekerjakan orang Yahudi yang terancam.

Schindler's List film adaptasi novel terbaik
Schindler’s List via latimes.com

Baca Juga: Butuh Penyegaran Pikiran Dari Kepenatan Hari Senin? Ini Dia Rekomendasi Film Rom-Com 2000an Untuk Ringankan Beban Pikiranmu


4. The Lord of the Rings: The Return of the King (2003)

Sutradara: Peter Jackson

Sama sepertinya halnya The Godfather, The Lord of the Rings merupakan salah satu film trilogi tersukses. Nah, kamu tentu sudah tahu bahwa film ini diadaptasi dari novel karya J.R.R Tolkien.

Dari tiga film yang dirilis pada trilogi The Lord of the Rings, film penutup serinya menjadi yang terbaik dari trilogi film tersebut. Hal tersebut terbukti dengan rating dari The Lord of the Rings: The Return of the King.

Pada laman IMDB, film ini meraih skor sebesar 8,9 yang mengalahkan dua film sebelumnya. Tak mengherankan juga jika film ini dikategorikan juga sebagai salah satu film adaptasi novel terbaik versi Bob.

The Lord of the Rings: The Return of the King film adaptasi novel terbaik
The Lord of the Rings: The Return of the King via imdb.com

5. Fight Club (1999)

Sutradara: David Fincher

Bagi para penikmat film plot twist, Fight Club adalah salah film terbaik yang bisa ditemui. Kualitas film yang diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Chuch Palahniuk memang jempolan.

Dirilis pada tahun 1999, hampir sebagian besar elemen pada film ini serupa dengan apa yang ada pada novelnya. Namun, David Fincher menjadi dalang dibalik ending yang tak terduga dari film tersebut.

Hal tersebut menjadikan konklusi dari film ini begitu menohok dan bakal membuatmu tercengang. Hal ini pula yang menjadikan Bob memasukkan film ini sebagai salah satu film adaptasi novel terbaik.

Fight Club film adaptasi novel terbaik
Fight Club via billandtedmovies.com

6. Forrest Gump (1994)

Sutradara: Robert Zemeckis

Daftar film adaptasi novel terbaik versi Bob berlanjut ke film tahun 90an yang salah satu scene sering dijadikan sebagai klip motivasi. Yap, film yang Bob maksud adalah film Forrest Gump.

Setelah memberikan suguhan menarik seperti Back to the Future, Zemeckis kembali mengeluarkan film yang mampu membius para penontonnya untuk hanyut dalam alur cerita yang berusaha dibawa oleh Forrest Gump.

Film yang diadaptasi dari novel karya Winston Groom ini akan memberikanmu gambaran bagaimana keterbatasan tak boleh menghalangimu dalam upaya untuk mengejar apa yang kamu impikan.

Forrest Gump film adaptasi novel terbaik
Forrest Gump via indiewire.com

Baca Juga: Film Komedi 2000an Yang Dijamin Membuat Kamu Tertawa Lepas


7. Goodfellas (1990)

Sutradara: Martin Scorsese

Sejak zaman dulu, Martin Scorses terkenal dengan film-film bergenre crime. Salah satunya adalah Godfellas yang dirilis pada tahun 1990 yang di mana menjadi salah satu film adaptasi novel terbaik.

Film ini sendiri diangkat dari novel berjudul Wiseguy karya Nicholas Pileggi. Dicetak pertama kali pada tahun 1985, novel tersebut menceritakan tentang orang-orang yang bekerja dalam dunia kejahatan.

Oleh karenanya, film ini akan membawamu untuk mengikuti perjalanan hidup, Henry Hill. Henry Hill sendiri merupakan seorang gangster ternama di dunia nyata yang mengilhami film adaptasi novel ini.

Goodfellas film adaptasi novel terbaik
Goodfellas via indiewire.com

8. The Silence of the Lambs (1991)

Sutradara: Jonathan Demme

Bisa dibilang rekomendasi The Silence of the Lambs merupakan film yang sudah banyak direkomendasikan. Tak aneh jika film satu ini harus Bob masukkan ke dalam daftar salah satu film adaptasi novel terbaik juga.

Bagi kamu yang belum mengetahuinya, film ini merupakan film bergenre horor yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Thomas Harris. Novelnya sendiri pertama kali cetak pada tahun 1988.

Soal plot ceritanya, film ini menceritakan tentang agen FBI yang bertugas memecahkan kasus pembunuhan. Untuk membongkar kasus tersebut, ia harus mengorek informasi dari Dr. Hannibal.

The Silence of the Lambs film adaptasi novel terbaik
The Silence of the Lambs via imdb.com

9. The Green Mile (1999)

Sutradara: Frank Darabont

Sukses dalam mengadaptasi Shawshank Redemption, Frank Darabont kembali mengangkat novel karya Stephen King. Kali ini, The Green Mile dipilih sebagai film yang akan ia adaptasi dari sebuah novel.

Hasilnya sudah bisa ditebak. Frank Darabont berhasil menerjemahkan keunggulan dari novel yang dirilis pada tahun 1996. Bahkan, sentuhannya benar-benar mampu membuat penonton menitikan air mata.

Kegemilangan film ini juga tak luput dari akting aktor yang menghuni jajaran castnya. Tom Hank serta Michael Clarke Duncan menjadi bintang yang mampu menghidupkan film adaptasi novel terbaik ini.

The Green Mile film adaptasi novel terbaik
The Green Mile via movieklub.com

Baca Juga: Wah! Ini Dia 12 Film Terlaris Sepanjang Masa Dengan Rekor Penjualan Tiket Tertinggi!


10. The Shining (1980)

Sutradara: Stanley Kubrick

Daftar film adaptasi novel terbaik ditutup oleh The Shining. Film klasik karya Stanley Kubrick ini tentu tak boleh sampai terlewatkan untuk kamu masukkan sebagai salah satu watchlistmu.

Pasalnya, ketegangan dari psychological horror ini siap membuatmu sulit tidur. Bahkan, kengerian dari berbagai scene ikonik bakal menempel di kepalamu dan sulit untuk dilupakan begitu saja.

Walaupun terbilang sebagai film adaptasi novel, banyak elemen yang diubah oleh Kubrick. Hal ini yang menjadikan Stephen King sempat mengekspresikan ketidaksukaannya pada adaptasi film The Shining.

The Shining film adaptasi novel terbaik
The Shining via lux-nijmegen.nl

Menginap sambil Nonton Film Adaptasi Novel Terbaik di Bobobox

Jika kamu sedang ingin menonton rekomendasi film adaptasi novel terbaik terbaik yang Bob rekomendasikan tanpa ada gangguan, Bobobox menjadi tempat yang bisa menjamin hal tersebut.

Ditambah dengan lampu led yang bisa diubah sesuka hati dan pengeras suara Bluetooth, pengalaman menonton di hotel kapsul ini akan semakin ciamik.

Informasi lebih lanjut soal pemesanan, kamu bisa mendapatkannya melalui aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

bobobox aplikasi

You might also like