Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Festival Paling Unik di Dunia yang Kemeriahannya Selalu Ditunggu-tunggu

Siap semarakan liburanmu!

Bobobox.co.id — Siapa bilang jika festival hanya begitu-begitu saja? Nyatanya, banyak kok festival yang termasuk festival paling unik di dunia. Saking uniknya, festival-festival ini banyak ditunggu oleh wisatawan dari berbagai negara.

Keunik dari masing-masing festival inilah yang menjadi daya tarik tersendiri. Pasalnya, mereka tidak bisa mendapatkan pengalaman yang seru dan jarang dialami karena tak diadakan di negara di mana mereka tinggal.

Jika kamu mau, kamu pun bisa ambil bagian untuk datang ke negara di mana festival paling unik di dunia ini diselenggarakan di saat liburan nanti. Tentunya saat penyebaran virus corona sudah bisa teratasi.

Tak usah berlama-lama lagi, langsung saja simak 7 festival paling unik di dunia yang saking uniknya kemeriahan festival selalu ditunggu-tunggu setiap tahunnya. Ada yang sudah kamu masukkan ke dalam wishlistmu?

Loy Krathong dan Yi Peng (Thailand)

Festival paling unik di dunia pertama adalah Loy Krathong dan Yi Peng yang berasal dari Thailand. Festival yang satu ini sendiri biasanya diadakan setiap tahunnya pada tanggal 23 November.

Acara dari festival paling unik di dunia ini terbagi ke dalam dua acara. Loy Krathong merupakan upacara keagamaan di mana semua orang akan melepaskan mahkota terapung untuk dilepaskan ke sungai.

Masyarakat Thailand sendiri biasanya akan membuat sendiri mahkota terapung untuk festival Loy Krathong. Nah, untuk wisatawan sendiri, kamu bisa membeli mahkota tersebut di beberapa toko di Thailand.

Acara festival selanjutnyalah yang paling ditunggu-tunggu. Yi Peng merupakan salah satu festival paling indah di mana kamu akan menerbangkan lampion di malam hari dan di saat bersamaan mengucapkan harapan.

festival paling unik di dunia loy krathong
via travelbeginsat40.com

Holi (India)

Tak jauh dari Thailand, kamu bisa mampir ke India untuk menyaksikan festival paling unik di dunia selanjutnya. Festival paling unik yang diselenggarakan di negara yang dijuluki anak benua adalah Holi.

Holi merupakan festival besar yang biasa diadakan setiap bulan Maret dan termasuk festival besar umat Hindu di India. Dikenal juga sebagai festival of colours, jangan heran jika festival ini melibatkan banyak warna.

Awal acara dari festival paling unik di dunia ini dibuka dengan menyalakan api unggun Holika. Setelah itu, orang-orang akan berkumpul sambil menari dan bernyanyi dengan riang gembira layaknya scene di ilm-film India.

Tujuan penyelenggaraan Holi sendiri adalah untuk menyambut datangnya musim semi di India. Tak hanya itu, festival ini diadakan untuk menghormati para dewa serta pengharap panen yang lebih berlimpah.

Poras Chaudhary/Getty Image via latimes.com

Dia De Los Muertos (Mexico)

Dia De Los Muertos merupakan festival paling unik di dunia berikutnya. Dari penampilan orang yang ikut festival ini, mungkin kamu akan teringat dengan salah satu film keluaran Pixar yakni Coco yang dirilis tahun 2017.

Sama seperti yang digambarkan pada film tersebut, Dia De Los Muertos merupakan festival yang diselenggarakan untuk mengenang orang-orang yang sudah meninggal dan biasa diadakan pada tanggal 1 dan 2 November.

Selama dua hari tersebut, semua orang Meksiko akan mengenakan kostum atau make-up tengkorak. Festival ini semakin meriah di mana kamu bisa menyaksikan berbagai dekorasi menarik di sepanjang jalan.

Walaupun tujuan untuk mengenang orang yang sudah meninggal, acara ini justru lebih terasa begitu ceria. Orang-orang menari dengan asyiknya dengan iringan musik. Jadi, bukan hari peringatan yang relatif khusyuk.

Ebliss/shuttershock via houstoniamag.com

La Tomatina (Spanyol)

Jika berbicara soal Spanyol, mungkin festival balap lari banteng merupakan salah satu festival paling terkenal di negeri satu ini. Namun, soal yang paling unik, La Tomatina layak untuk dikedepankan.

Sesuai nama festivalnya, La Tomatina merupakan festival yang melibatkan ribuan masyarakat di mana mereka akan perang tomat di tengah kota. Festival ini biasa diadakan setiap hari Rabu terakhir di bulan Agustus.

Selama satu jam mulai dari jam 11 siang, masyarakat kota Bunol akan merayakan festival paling unik di dunia ini. Saking besarnya, festival ini dinobatkan sebagai perang makanan terbesar di dunia, lho!

Saat melakukan perang tomat ini, ada beberapa aturan yang wajib ditaati. Beberapa aturan tersebut antara lain tidak boleh membawa benda padat, dilarang melucuti pakaian orang lain, dan tomat harus diremas sebelum dilempar.

agefotostock via idealista.com

Hadaka Matsuri (Jepang)

Soal hal-hal unik, Jepang mungkin salah satu negara yang muncul dalam kepalamu. Selain barang-barang unik dan ajaib yang mereka ciptakan, Jepang pun memiliki festival paling unik di dunia juga.

Festival tersebut adalah Hadaka Matsuri atau lebih populer dengan nama naked festival atau festival telanjang. Dari namanya sendiri, kamu mungkin sudah bisa menebak esensi dari festival paling unik di dunia ini.

Walaupun begitu, partisipan yang ikut berpartisipasi tidak telanjang bulat. Mereka wajib mengenakan fundoshi yang nantinya dililitkan membuat cawat dan juga mengenakan tabi, kaus kaki khusus.

Dilaksanakan setiap Sabtu ketiga di bulan Februari, proses awalnya berupa pembersihan dosa selama dua jam. Setelahnya, acara paling ditunggu-tunggu di mana pendeta kuil melemparkan ratusan tongkat untuk diperebutkan.

the asian shimbun/gettyimage via exavibes.com

Oktoberfest (Jerman)

Festival paling unik di dunia berikutnya adalah Oktoberfest. Festival ini termasuk event festival yang memiliki nilai sejarah yang tinggi di mana awal mulanya merupakan pesta kerajaan sebagai bentuk penghormatan.

Tepatnya pada 12 Oktober 1810, festival ini pertama kali ini diadakan. Walaupun awalnya sebagai pesta kerajaan, secara tak sengaja, acara tersebut bertepatan dengan acara penghabis bir musim semi.

Sejak saat itulah, acara ini mulai rutin diselenggarakan. Berlokasi di Kota München, Oktoberfest biasa dirayakan rutin di akhir bulan September hingga awal bulan Oktober dan dihadiri hampir 6 juta pengunjung.

Tak hanya bir saja yang menjadi sajian utamanya, festival paling unik di dunia ini pun menawarkan hidangan tradisional Jerman lainnya seperti sosis hendi, kasespatzle, dan saurkraut yang bisa disantap.

Matthias Schrader/AP via insider.com

Boryeong Mud Festival (Korea Selatan)

Festival paling unik di dunia terakhir adalah Boryeong Mud Festival. Tak seperti kebanyakan festival paling unik di dunia lainnya, festival ini bisa dibilang tidak mempunyai nilai histori dari perayaan festivalnya sendiri.

Pada mulanya, festival lumpur yang diselenggarakan di Desa Boryeong ini hanyalah sebuah strategi marketing biasa. Perusahaan kosmetik tersebut berusaha memperkenalkan lumpur Boryeong.

Lumpur Boryeong sendiri dipercaya memiliki kandungan mineral yang tinggi dan sering digunakan untuk produk kecantikan. Namun, festival ini justru meledak popularitasnya hingga diadakan sebagai event tahunan.

Banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan saat mengunjungi festival paling unik di dunia ini. Kamu bisa mandi lumpur, berselancar di lumpur, hingga saling lembar lumpur yang dijamin begitu mengasyikkan untuk dilakukan.

Stinkie Pinkie via commons.wikimedia.org

Mendapatkan Pengalaman Menginap yang Berbeda di Bobobox

Jika kamu sedang ingin mendapatkan pengalaman menginap yang berbeda selama staycationmu, maka tidak ada salahnya untuk langsung saja datang ke Bobobox.

Hotel kapsul berlogo Koala ini menawarkan fasilitas kekinian yang dijamin membuatmu serasa berada di tempat yang futuristik. Tak heran jika pemesanan podnya bisa dilakukan melalui aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

Bobobox Pods Malioboro

You might also like